9 Wisata Museum di Bogor yang Paling Favorit Dikunjungi

Wisata Museum Bogor

Wisata edukasi seperti mengunjungi museum merupakan pilihan menarik saat liburan ke Bogor. Selain belajar sejarah, Anda dapat melihat koleksi antik museum.

Berbicara tentang liburan pernahkah terlintas di benak Anda untuk mengajak keluarga ke tempat-tempat wisata yang menyimpan banyak sejarah kuno? Museum misalnya, yang memang terkenal sebagai gudangnya informasi-informasi penting terkait sejarah di masa lampau. Namun, dimana Anda bisa menemukan museum yang unik dan menarik?

Mungkin sekilas pertanyaan itu akan Anda pikirkan sebelum melakukan kunjungan. Nah, Bogor bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda. Sebab kota ini memiliki sejumlah museum yang tentunya bisa Anda jadikan tempat pembelajaran sejarah yang sangat tepat. Tak hanya itu saja keunikan dari museum-museum bisa membuat Anda betah disana.

Bahkan keunikan yang dimiliki museum di Bogor tak bisa Anda temukan pada tempat lain. Akan tetapi banyaknya lokasi wisata yang ada di Bogor terkadang membuat Anda bingung ingin mengunjungi yang mana. Nah, untuk itu penjelasan di bawah ini terkait museum yang paling rekomendasi bisa membantu Anda untuk bisa memilih ketika ingin berkunjung.

1. Museum Balai Kirti

Museum Balai Kirti

Image Credit: Pojoksatu.id

Museum Balai Kirti merupakan tempat bersejarah yang memiliki luas bangunan sekitar 3211,6 meter per segi. MTempat wisata ini merupakan gagasan dari presiden RI yang keenam yaitu Susilo Bambang Yudhoyono dan diresmikan pada tanggal 18 Oktober 2014 silam.

Megahnya bangunan dari Museum Balai Kirti atau Istana Kepresidenan Bogor ini menyimpan cerita sejarah tentang presiden RI. Sehingga dengan adanya museum ini dapat memberikan kilas balik peristiwa-peristiwa penting bagi masyarakat Indonesia khususnya generasi muda.

Uniknya di museum ini juga dijadikan sebagai wahana wisata yang bertajuk pembelajaran sejarah. Itu artinya Anda bisa berlibur sekaligus belajar di tempat ini. Adanya visual dan memorabilia dari para presiden Indonesia sehingga membuat siapapun yang masuk bisa meneladani prestasi-prestasi orang hebat Indonesia.

Tak hanya itu saja, di museum Balai Kirti juga memiliki 3 lantai yang bisa Anda nikmati. Di lantai pertama Anda bisa melihat beberapa bab penting yang menjadi pondasi bagi Indonesia seperti patung garuda Pancasila, UUD, dll. Di lantai kedua terdapat koleksi prestasi dari presiden-presiden Indonesia.

BACA:  Kampung Cai Ranca Upas, Destinasi Wisata Alam Favorit di Bandung

Di lantai ini juga ada berbagai koleksi buku dari presiden atau lebih disebut sebagai Perpustakaan Kepresidenan. Terakhir, ada taman indah yang diwarnai dengan beberapa tanaman tropis cantik yang bisa Anda nikmati juga.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.1, RT.04/RW.01, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

2. Museum Herbarium Bogoriense

Museum Herbarium Bogoriense

Image Credit: Letsgo2museum.blogspot.com

Jika Anda menyukai hal-hal yang berbau penelitian mengunjungi Museum Herbarium Bogoriense sangat rekomendasi untuk Anda. Alasannya di lokasi wisata ini terdapat koleksi beragam jenis alat-alat penelitian. Jumlahnya jika dihitung mencapai kisaran 500 buah.

Semua peralatan penelitian yang ada di dalam museum ini digunakan sebagai taksonomi dengan pendekatan dari biologi molekuler RNA serta DNA. Fakta menariknya lagi Museum Herbarium Bogoriense juga menempati urutan pertama sebagai museum paling lengkap se-Asia Tenggara.

Serta menempati urutan ke 3 dunia setelah Museum Kew yang ada di negara Inggris, dan Museum Leiden yang ada di Belanda. Adanya penghargaan itu seharusnya membuat masyarakat Indonesia semakin mengapresiasi setiap tempat bersejarah yang ada.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.22, RT.02/RW.08, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

3. Museum PETA

Museum PETA

Image Credit: Pecintawisata.wordpress.com

PETA atau Pembela Tanah Air merupakan salah satu kelompok yang dahulunya berjuang untuk membela negara Indonesia. Untuk menghargai para pahlawan yang tergabung di PETA maka pada tanggal 14 November 1993 museum ini mulai dibangun.

Peletakan batu di Museum PETA pertama kali dilakukan oleh Umar Wirahadikusuma yang merupakan sesepuh dari YAPETA. Kurang lebih selama 2 tahun akhirnya tempat wisata edukasi ini selesai dikerjakan, dan pada tanggal 18 Desember 1995 museum ini diresmikan oleh Presiden Soeharto.

Museum PETA akan memberikan informasi tentang sejarah perjuangan anggota PETA ketika menghadapi penjajah. Hal ini juga dibuktikan kuat dengan adanya patung Jendral Sudirman yang memang menjadi perwira PETA kala itu. Patung ini bisa Anda temukan tepat di komplek Monumen bagian belakang.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.35, RT.01/RW.05, Pabaton, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

4. Museum Pasir Angin

Museum Pasir Angin

Image Credit: Phototour-id.blogspot.co.id

Museum Pasir Angin yang berada di Kecamatan Cibungbulan, Bogor ini juga tak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Di lokasi ini Anda bisa melihat bagaimana peninggalan nenek moyang berupa kapak besi, manik-manik yang terbuat dari batu atau kaca, kapak corong bertangkai ekor dari burung seriti, dll.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Cianjur Paling Populer

Beragam benda arkeologi yang dipajang dalam museum ada pada satu konteks sekitaran monolit. Sehingga bisa dikatakan jika benda-benda ini merupakan peninggalan prasejarah yang paling unik. Sebab, semua benda yang ditemukan dan di simpan di lokasi ini semuanya menghadap ke arah timur.

Lokasi: Cemplang, Kec. Cibungbulang, Kab.  Bogor.

5. Museum Mobil dan Keramik

Museum Mobil dan Keramik

Image Credit: Anekatempatwisata.com

Berkunjung ke kawasan sirkuit Sentul, Bogor rasanya ada yang kurang jika melewati kunjungan ke Museum Mobil dan Keramik. Di museum ini Anda akan melihat koleksi beragam jenis motor dan mobil. Tak hanya itu saja, ada pula beberapa koleksi keramik yang memiliki bentuk sangat antik.

Sementara itu, Anda juga bisa menikmati pameran tentang mobil dengan merek PACARD CUSTOM 2206 yang dibuat oleh perusahaan di negara Amerika. Konon katanya mobil ini juga pernah dipakai oleh Presiden Republik Indonesia yang pertama kali, yaitu Ir. Soekarno.

Lokasi: Jl. Citeureup, Desa Sentul, Kec. Babakan Madang, Kab. Bogor.

6. Museum Zoologi

Museum Zoologi

Image Credit: Barrabaa.com

MZB atau Museum Zoologicum Bogoriense merupakan tempat menyimpan sejarah yang dibangun sekitar tahun 1894. Pada awalnya, tempat wisata ini bukanlah berfungsi sebagai tempat bersejarah melainkan untuk lokasi labolatorium zoologi. Penelitian zoologi yang dilakukan disini memiliki kaitannya dengan pertanian.

Ada juga aktifitas inventarisasi fauna yang ada di Indonesia. Oleh karena itu, di dalam tempat yang kini beralih menjadi museum, banyak sekali ditemukan koleksi binatang yang telah diawetkan. Serta beberapa binatang yang masih hidup, namun hanya akan digunakan sebagai bahan untuk penelitian.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.9, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

7. Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Image Credit: Mediaindonesia.com

Munasein itulah singkatan nama untuk museum yang ada di wilayah Bogor ini. bulan Agustus 2016 lalu Munasein atau Etnobotani yang sudah mengalami perkembangan dan renovasi baru mendapatkan peresmian dari pemerintah. Munasein merupakan salah satu museum yang bertajuk modern.

Hal itu dikarenakan di dalamnya Anda bukan menemukan peninggalan sejarah ataupun bab-bab penting terkait perjuangan Indonesia. Melainkan adalah pameran kerjasama yang terjadi antara alam dengan manusia yang sudah terjadi sejak tahun silam.

BACA:  14 Wisata Pantai di Cianjur Paling Hits Dikunjungi

Bukan itu saja, di tempat ini Anda bisa mengamati tentang apa saja tanaman-tanaman yang menjadi teman manusia. Sehingga terjalinlah hubungan yang bisa saling mempengaruhi satu sama lain dalam kehidupan suku-suku yang ada di Indonesia.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda 22 – 24, Paledang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

8. Museum Tanah

Museum Tanah

Image Credit: Kelanaku.com

Museum aneh nan unik yang ada di Bogor dan bisa Anda kunjungi berikutnya adalah Museum Tanah. Di dalamnya tersimpan rapi berbagai jenis tanah yang dimiliki oleh negara Indonesia. Bahkan model setiap tanah juga ada disini dan bisa Anda amati secara langsung.

Tujuan pembangunan Museum Tanah ialah untuk memudahkan orang-orang melihat dan mempelajari struktur-struktur tanah. Terutama untuk orang-orang yang bermata pencaharian sebagai petani dan peneliti khusus tanah. Dengan adanya museum ini mereka akan tahu mana tanah yang baik dan mana tanah yang kurang baik.

Jika Anda mengunjungi museum ini, pastinya akan menambah wawasan yang lebih luas terkait macam-macam tanah dan kegunaannya. Sehingga kalaupun nanti ingin menanam tanaman bisa lebih paham tanah apa yang paling cocok dengan jenis tanaman yang Anda miliki.

Lokasi: Jl. Ir. H. Juanda No.98, RT.01/RW.01, Gudang, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

9. Museum Perjuangan

Museum Perjuangan

Image Credit: Tempatwisata.pro

Berbagai pameran terkait koleksi dari senjata modern sampai tradisional yang digunakan sebagai alat tempur, melawan koloni, serta mata uang bisa Anda jumpai disini. Bukan itu saja, ada juga replica heroik berbagai pertempuran yang pernah ada di Bogor sekitar tahun 1945-1950 juga bisa Anda temukan.

Museum Perjuangan yang diresmikan oleh Komandan Suryakancana pada tanggal 10 November 1957 menyimpan beberapa koleksi di atas dengan rapi. Adanya koleksi-koleksi tersebut akan membuat siapa saja yang mengunjunginya mengerti bagaimana perjuangan kaum pribumi untuk mengusir para penjajah dari Indonesia.

Lokasi: Jl. Merdeka No.56, RT.04/RW.01, Ciwaringin, Kec. Bogor Tengah, Kota Bogor.

Nah, itu tadi penjelasan tentang museum-museum yang ada di kota Bogor dengan segala keunikan yang dimilikinya. Tidak ada salahnya jika liburan sambil belajar, karena ilmu yang didapatkan bisa diturunkan ke anak cucu nantinya. Apalagi jika mengajak keluarga ketika berkunjung kesana pastilah akan semakin asik ketika melihat-lihat isi dari museum di atas.