Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Tugu Utara, Kec. Cisarua, Kab. Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Kota Bogor dan sekitarnya memang dikenal sebagai kawasan pariwisata dengan pemandangan menawan mata. Salah satu contohnya tercermin melalui Telaga Saat Puncak, sebuah destinasi baru yang memadukan lanskap pegunungan dan perairan. Berlokasi di Kecamatan Cisarua, Desa Tugu Utara, tempat ini terbilang mudah diakses.

Membentang di atas lahan seluas 1,5 hektare, posisinya berada di antara himpitan bukit terjal dan kebun teh. Hawa udaranya amat sejuk karena dikelilingi oleh aneka pepohonan. Dilengkapi dengan perairan yang jernih, serta kabut tipis turut menyelimuti kawasan ini. Tidak heran, ketika pertama kali menginjakkan kaki di sini Anda akan dibuat berdecak tanpa henti.

Telaga Saat mendapat julukan “the hidden paradise” di Puncak, Bogor. Hadirnya bagai permata tak ternilai. Terlebih, sejauh mata memandang Anda akan disuguhkan deretan pohon yang menciptakan kesan segar. Dataran yang menaungi objek wisata satu ini berdiri di ketinggian 2.182 meter dari permukaan laut. Selain itu, Anda punya kesempatan menyaksikan panorama lereng gunung.

Daya Tarik yang Dimiliki Telaga Saat

Daya Tarik Telaga Saat
Image Credit: Gogole Maps (Oliviasriyunita 96)

1. Kawasan Perairan Tenang dan Jernih

Sebagaimana harusnya telaga, Anda berkesempatan menikmati lanskap perairan yang jernih dan relatif tenang ketika menyambangi objek wisata ini. Sanitasinya masih terjaga dan alami, belum dicemari oleh tangan-tangan nakal manusia. Memandang telaga tersebut mampu mengantarkan kedamaian unik di hati.

Tidak heran, banyak sekali wisatawan yang betah berlama-lama seolah enggan pulang begitu berpijak di area ini. Hawa udaranya begitu sejuk, terasa mengalir deras ke dalam sistem pernapasan. Menariknya lagi, ke mana pun Anda menghadapkan wajah, panoramanya tidak akan terlepas dari suasana serba hijau.

Puncak gunung di kejauhan, hamparan perkebunan teh, dan sebangsanya. Bayangan pohon memantul di atas permukaan air sehingga menghasilkan potret yang sangat estetis. Ada dermaga kayu yang bisa Anda pakai berpijak hingga sedikit ke tengah telaga. Berkunjung ke sini terasa seperti menengok kembali situasi pedesaan di masa silam, begitu tenteram.

2. Lokasinya Tersembunyi

Lokasi tersembunyi tidak berarti susah diakses, melainkan letak Telaga Saat Puncak yang dikelilingi oleh perkebunan teh dan hutan lindung. Karena pamornya belum sepopuler objek wisata lain di wilayah Puncak, tidak heran suasananya pun begitu sunyi. Barangkali, para wisatawan tidak akan mengira bahwa ada sebuah telaga cantik di balik kepungan perkebunan.

Lingkungannya terbilang asri sehingga udara di sini masih sangat segar bebas dari polusi. Cocok dijadikan sebagai sarana healing diri akibat beratnya tuntutan aktivitas sehari-hari. Belum lagi, ukurannya cukup luas dan lapang tak pelak berhasil menciptakan kesan bebas. Selama menelusuri kawasan destinasi, Anda akan merasa seolah sedang dibawa berpetualang di tengah hutan.

3. Spot Foto Eksotis

Keberadaan spot foto eksotis di tempat ini sangat mudah ditemukan, bahkan tidak berlebihan jika dikatakan setiap sudutnya menyimpan kesan indah tersendiri. Ada dua respon yang kemungkinan langsung diberikan pengunjung ketika datang pertama kali, antara sibuk memilih spot terbaik karena semuanya bagus atau bernarsis ria tanpa henti.

Bahkan, Anda tidak perlu bergaya aneh-aneh karena pemandangannya sudah lebih dari cukup untuk menghasilkan potret instagenik. Cukup berdiri biasa atau candi saja dijamin hasilnya akan menarik dengan catatan yang memotret punya kemampuan mumpuni, serta diikuti kamera memadai.

Baik ketika cuaca cerah maupun mendung, Anda akan selalu punya ide untuk berpose di salah satu titik di antara banyaknya alternatif yang tersedia. Ada sebuah dermaga kayu sedikit menjauhi tepi telaga, rerumputan hijau nan subur, jajaran pepohonan, bahkan perairan itu sendiri. Tinggal pilih sesuai kata hati karena panoramanya mampu memanjakan setiap pasang mata.

Ketika turun hujan, Anda bisa memanfaatkan peralatan sederhana seperti payung yang justru akan semakin mempercantik hasilnya. Caranya dengan menonjolkan suasana melankolis seolah sedang mengalami kehilangan. Membayangkannya saja sudah memicu perasaan antusias. Lebih jauh, tempat ini sangat layak dijadikan lokasi foto prewedding.

Daya Tarik Dimiliki Telaga Saat
Image Credit: Instagram.com @nusan_klasik

4. Diselimuti Kabut Tipis

Kabut tipis merupakan salah pemandangan yang kerap diincar oleh para wisatawan. Ini karena hadirnya kesan misterius sekaligus memikat hati pada waktu bersamaan. Bayangkan Anda sedang berpose di tengah hutan dengan diselimuti kabut tipis. Telaga Saat Bogor memberikan kesempatan luas untuk memilih beragam tema fotografi.

Kabut tersebut tidak berbahaya sebab kemunculannya dipicu oleh suhu udara yang relatif rendah. Mengingat posisi telaga ada di antara himpitan kebun teh dan hutan lindung, maka situasi ini tidaklah mengherankan. Namun demikian, Anda justru harus menyiapkan jaket atau sejenisnya untuk menghangatkan tubuh.

5. Menyisakan Aroma yang Khas

Memiliki kedalaman kurang lebih 10 meter, telaga ini ternyata menyimpan kisah kerajaan masa lampau yang tersebar dari mulut ke mulut. Konon, para penunggang kuda di bawah kepemimpinan Prabu Kian Santang pada masa Kerajaan Pajajaran terjebak di sini. Atas dasar cerita tersebut, dikatakan akan tercium aroma khas seperti air seni kuda berasal dari perairannya.

Tentu, kabar tersebut harus dipastikan secara langsung, bisa jadi cara orang menafsirkan suatu bau berbeda-beda. Barangkali, ini dapat menjadi alasan tambahan kenapa setiap orang setidaknya perlu berkunjung ke sini sekali seumur hidup. Pastinya, di samping landasan eksotisme itu sendiri. Cukup unik dan menarik untuk ditelusuri kebenarannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Telaga Saat

Alamat Telaga Saat
Image Credit: Gogole Maps (Andy Hidajat)

Telaga Saat membentang di Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, jaraknya terpaut sekitar 35,2 km dengan pusat Kota Bogor. Dapat diakses menggunakan kendaraan roda empat dan estimasi waktu perjalanannya kurang lebih 1,5 jam bila memanfaatkan tol. Meski demikian, butuh sedikit tenaga ekstra begitu mendekati area destinasi karena medannya curam, berbatu, serta licin.

Untuk itu, pastikan Anda berkendara secara pelan dan penuh perhatian agar tidak celaka. Ukuran jalannya cukup sempit karenanya butuh tingkat konsentrasi tinggi ketika melintas apalagi jika berpapasan dengan sesama pengguna roda empat. Kabar baiknya, pihak pengelolaan menyediakan sewa mobil komodo persis mendekati pintu masuk.

Dengan keberadaan mobil komodo, Anda bisa memarkirkan kendaraan pribadi lantas melanjutkan perjalanan memakai fasilitas yang tersedia. Ini jauh lebih aman untuk kesehatan dan keamanan barang pribadi Anda. Beroperasi mulai pukul 08.00 hingga 18.00 setiap harinya. Disarankan datang lebih awal agar tidak terjebak macet, khususnya bagi Anda penduduk kawasan metropolitan.

Manfaatkan panduan Google Maps sebaik-baiknya jika tidak ingin tersesat. Bagaimanapun juga, tujuan Anda berada di antara himpitan hutan dan perkebunan. Meskipun sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan pemandangan memesona, pastikan untuk tidak menoleh sembarangan agar kemudi tetap berada dalam kendali aman. Nikmatilah panorama eksotis begitu tiba di titik lokasi.

Harga Tiket Masuk Telaga Saat Puncak

Harga Tiket Telaga Saat Puncak
Image Credit: Google Maps (Moses Heryanto – TX TRAVEL Bogor)

Penting untuk mengetahui tiket masuk lebih dulu agar bisa menyiapkan budget secara tepat sebelum datang ke Telaga Saat. Setiap pengunjung perlu membayar biaya retribusi senilai Rp 25.000 untuk tiket dan ini sudah termasuk tarif masuk ke Telaga Warna. Di samping itu, ada biaya tambahan yang harus Anda bayarkan begitu tiba di loket persis di dekat pintu masuk destinasi ini, yaitu Rp 10.000.

Biaya lain yang harus Anda keluarkan yaitu sewa parkir senilai Rp 2.000 untuk roda dua, sedangkan roda empat Rp 5.000. Jika ingin memanfaatkan fasilitas berupa mobil komodo, akan dikenakan biaya tambahan lagi dengan hitungan per 1 jam 30 menit sebesar Rp 400.000 tanpa sopir. Untuk menghemat pengeluaran, alangkah lebih bagus jika Anda datang bersama rombongan.

Sementara itu, jika ingin menghabiskan waktu lama di lokasi, Anda bisa minta diantar jemput tanpa khawatir batasan waktu. Tentu, alternatif tersebut perlu dibicarakan dengan pihak penyedia jasa angkutan wisata. Tarif lain yang perlu Anda ketahui yakni tukang foto, di mana per foto dipatok sekitar Rp 5.000 dan terbuka kesempatan untuk negosiasi apabila ingin melakukan banyak pose.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Telaga Saat

Kegiatan di Telaga Saat
Image Credit: Instagram.com @eka_hartatik

1. Menjelajahi Telaga

Ada sewa perahu yang dapat dimanfaatkan ketika ingin mengarungi perairan di Telaga Saat Puncak. Ini akan menyenangkan jika dilaksanakan bersama pasangan, anggap saja sebagai momen kencan di akhir pekan. Suasananya cukup mendukung untuk menambah kedekatan sekaligus menciptakan momen romantis.

2. Piknik

Piknik akan selalu menjadi opsi yang cukup bagus untuk dilaksanakan di wisata alam. Hadirnya kesan natural, sejuk, dan damai merupakan perpaduan paling lengkap dan tidak boleh dilewatkan. Anda dan rombongan bisa menggelar tikar di atas rerumputan sembari menyantap hidangan yang disiapkan sedari rumah. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk mengeratkan keakraban.

Kegiatan Menarik di Telaga Saat
Image Credit: Facebook.com @liburanyukindonesia

3. Mampir ke Perkebunan Teh

Sekali jalan dapat banyak kesempatan, barangkali hal ini bisa diterapkan selagi mengunjungi Telaga Saat. Posisinya yang tidak jauh dari Telaga warna dengan biaya retribusi digabungkan, sekaligus melintasi perkebunan teh merupakan keuntungan tersendiri. Tidak ada salahnya Anda memanfaatkan peluang tersebut untuk sekadar berfoto ria di antara tanaman teh.

4. Melukis

Jika Anda memiliki bakat di bidang seni lukis, cobalah menantang diri dengan melukis di kawasan wisata satu ini. Mengingat banyaknya spot menarik, tidak akan terlalu sulit menemukan objek yang pas sebagai bahan percobaan. Jika memungkinkan, barangkali lebih baik untuk menggunakan tablet agar Anda tidak perlu repot-repot menentang peralatan melukis seperti kanvas.

Fasilitas yang Tersedia di Telaga Saat Puncak

Fasilitas di Telaga Saat Puncak
Image Credit: Google Maps (Moses Heryanto – TX TRAVEL Bogor)

Tidak perlu khawatir mengenai ketersediaan fasilitas publik di Telaga Saat karena walau letaknya tersembunyi, tetapi kebutuhan dasar pengunjung dapat dipenuhi sebaik mungkin. Anda bisa dengan mudah menemukan deretan bangku untuk duduk sejenak, toilet, warung makan, parkiran luas, gardu pandang, mobil komodo, dan musala.

Jika Anda ingin mengabadikan momen yang indah tetapi tidak punya cukup kemampuan fotografi mumpuni dan kamera memadai, di sini bahkan telah dilengkapi jasa tukang foto. Selanjutnya,saat tergoda untuk menjelajahi telaga, disiapkan pula sejumlah perahu sebagai solusinya. Pada dasarnya, Anda dapat berwisata dengan nyaman tanpa perlu memusingkan hal-hal remeh.

Telaga Saat di Puncak Bogor bisa dibilang objek wisata yang komplet karena selain memikat dari segi eksotisme alam, juga didukung oleh fasilitas memadai. Bukan hal mustahil jika beberapa tahun mendatang tempat ini akan menjadi salah satu primadona di kawasan Puncak. Tinggal soal waktu hingga berhasil memicu rasa ingin tahu wisatawan dari berbagai penjuru.