Padang merupakan salah satu kota di Provinsi Sumatera Barat, yang menjadi kota terbesar di bagian pantai barat di Pulau Sumatera. Daerah yang memiliki banyak obyek wisata yang yang menarik, termasuk deretan air terjunnya yang terkenal. Ada banyak wisata air terjun di sekitar kota ini yang perlu Anda ketahui dan mungkin saja cocok sebagai tujuan liburan.

Wisata alam tersebut memiliki pemandangan cantik, menawan, dan eksotisnya. Tak khayal, jika destinasi wisata yang menyegarkan di sekitar Padang menjadi tujuan favorit wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia. Panorama alam yang menawan menjadikan deretan wisata alam ini mempunyai kesan tersendiri bagi para penikmatnya.

Jadi tidak heran jika banyak orang memadati kawasan wisata ini hanya sekedar ingin menyaksikan gemricik air yang jernih dan keindahan alam yang memukau. Berikut rekomendasi air terjun cantik di sekitar Kota Padang yang bisa Anda pilih.

1. Air Terjun Sarasah Ulu Gadut

Air Terjun Sarasah Ulu Gadut
Image Credit: Facebook Info Minang

Air terjun ini terletak di Jalan Koto Baru, atau tepatnya berada di Kelurahan Indagarung, dengan Kecamatannya bernama Pauh, Provinsi Sumatera Barat. Mempunyai jam operasional selama 24 jam dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000.

Sebagai salah satu destinasi wisata air terjun cantik di sekitar Padang wajib dikunjungi, Sarasah Ulu Gadut memberikan pemandangan eksotis melalui bentuknya yang khas dengan memiliki 7 tingkatan atau serupa piramid.

Panoramanya yang menawan indah dan memanjakan mata, ditambah dengan hembusan angin yang sangat sejuk dan gemricik air yang jernih membuat sensasi wisata berkunjung menjadi lebih nikmat. Serta dapat menenangkan jiwa dan pikiran, direkomendasikan bagi anda yang sedang penat setelah menjalani aktivitas atau hiruk pikuk di perkotaan.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Koto Baru, Indarung, Kec. Pauh, Kota Padang, Sumatera Barat.

2. Air Terjun Nyarai

Air Terjun Nyarai
Image Credit: Facebook Jelajahi Indonesia

Obyek wisata air terjun Nyarai ini terletak di Kecamatan yang bernama Lubuk Alung, dengan Kabupatennya yakni Padang Pariaman, dan berada di Provinsi Sumatera Barat. Mempunyai jam operasional selama 24 jam dengan biaya tiket masuk sebesar Rp 20.000.

Nyarai merupakan destinasi wisata air terjun yang cukup terkenal dan ramai dipadati oleh banyak orang di berbagai daerah. Pepeohonan rindang dan bebatuan dengan berbagai jenis ukuran di sekelilingnya, serta airnya yang jernih dan tenang menambah kesan asri. Menjadikan air terjun Nyarai ini sebagai daya tarik bagi para pengunjung.

Airnya yang jernih biasanya digunakan para wisatawan untuk berenang merasakan kesegaran air terjun ditambah dengan suasananya yang asri membuat ketenangan di jiwa. Meskipun dibutuhkannya perjuangan sampai ke obyek ini melalui hutan, serta menyebrangi sungai tersebut tak akan mengecewakan. Sebab semua akan terbayar, ketika melihat panorama yang eksotis.

Harga Tiket: Rp 20.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Dusun Gamaran, Nagari Salibutan, Kec. Lubuk Alung, Kab. Padang Pariaman, Sumatra Barat.

3. Air Terjun Lubuk Hitam

Air Terjun Lubuk Hitam
Image Credit: Twitter Rico Sajoo

Obyek wisata air terjun Lubuk Hitam ini terletak di desa Teluk Kabung Utara, dengan Kecamatannya bernama Bungus. Mempunyai jam operasional selama 24 jam dengan biaya tiket masuknya yang gratis.

Air terjun ini merupakan salah satu air terjun yang berada di kota Padang. Destinasi wisata ini hampir menyerupai air terjun Sarasah Ulu Gadut memiliki beberapa tingkatan, hanya saja tingkatan di Lubuk Hitam ini yaitu tiga tingkatan. Di dalam tiap tingkatan mempunyai jarak ketinggian berbeda-beda, serta lokasinya yang menghadap langsung ke Samudra Hindia.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Teluk Kabung Utara, Kec. Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat.

4. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai
Image Credit: Instagram Muhammad Fikri Akbar

Obyek wisata air terjun Lembah Anai ini terletak di Desa Singgalang, dengan Kabupatennya bernama Tanah Datar, Provinsi Sumatera Barat. Mempunyai jam operasional selama 24 jam dengan biaya tiket masuknya yang gratis.

Sebagai salah satu obyek wisata air terjun yang wajib dikunjungi, Lembah Anai menawarkan pemandangannya yang luar biasa keindahannya. Airnya yang jernih dan segar dapat memanjakan semua wisatawan yang berkunjung kesana. Tak hanya itu saja, destinasi wisata ini juga menjadi spot yang sering digunakan ketika berburu foto instagramble.

Pesona panoramanya yang indah membuat banyak orang penasaran, dan ingin mengunjungi tempat wisata air terjun lembah anai ini. Maka tak heran, jika banyak para pengunjung datang untuk melihat pesonanya yang luar biasa.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Singgalang, Kec. Sepuluh Koto, Kab. Tanah Datar, Sumatera Barat.

5. Air Terjun Lubuak Tampuruang

Air Terjun Lubuak Tampuruang
Image Credit: Instagram Al Muhajirin Koto

Obyek wisata air terjun ini terletak di daerah Gunung Sarik, atau tepatnya di Desa Kuranji, yang berada di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Mempunyai jam operasional selama 24 jam dengan biaya tiket masuknya sebesar Rp 3000.

Destinasi wisata lubuak tampuruang memiliki kemiripan dengan curug ciupang. Meskipun hampir serupa, namun air terjun ini tetap menjadi salah satu tempat wisata terindah. Nama Lubuak Tampuruang tersebut diambil dari lokasi tempat wisata ini yang mempunyai sebuah kolam renang yang berbentuk tempurung kelapa.

Serta memiliki kedalaman 2-3 meter dengan warnanya yaitu hijau lumut. Selain merasakan pemandangannya yang indah dan asri, disini anda dapat berenang dan bermain air. Tak heran jika obyek wisata ini menjadi favorit wisatawan dan digandrungi oleh banyak orang.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Gunung Sarik, Kec. Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat.

6. Air Terjun Sarasah Bunta

Air Terjun Sarasah Bunta
Image Credit: Instagram GenPi Sumbar

Air terjun Sarasah Bunta terletak di Desa Tarantang, atau tepatnya di Kecamatannya yang bernama Harau, dengan Kabupaten bernama Lima Puluh Kota, di Provinsi Sumatera Barat. Mempunyai jam operasional selama 24 jam dengan biaya tiket masuknya yang gratis.

Bunta merupakan salah satu destinasi wisata yang cukup terkenal, dan menjadi favorit para wisatawan dari luar negeri. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alamnya yang sangat eksotis, ditambah dengan derasnya air yang jatuh mengalir dengan melewati dinding bebatuan dapat membawa rasa tenang di jiwa.

Destinasi wisata ini mempunyai kolam mandi alami di bawah gemricik suara air terjun. Masyarakat sekitar meyakini ketika seseorang yang datang ke tempat itu, lalu membasuh wajahnya maka mereka akan semakin awet muda.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tarantang, Kec Harau, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat.

7. Bendungan Niagara Koto Pulai

Bendungan Niagara Koto Pulai
Image Credit: Google Maps Hicler Sihombing

Obyek wisata Bendungan Niagara Koto Pulai terletak di daerah Koto Panjang Ikua, yang berada di Kota Tangah, Provinsi Sumatera Barat. Mempunyai jam operasional pada pukul 08.00-18.00 WIB dengan biaya tiket masuknya yang gratis.

Tempat wisata ini menyuguhkan destinasi yang hampir serupa dengan air terjun Niagara yang berada di luar negeri. Bendungan Niagara Koto Pulai juga menjadi salah satu obyek wisata yang banyak diburu oleh para fotografi. Hasil foto dari tempat ini menampilkan latar belakang Niagara yang sangat indah dan eksotis.

Jadi bagi anda yang ingin berfoto seperti di Niagara waterfall, anda tak perlu datang ke luar negeri. Sebab hanya dengan di Bendungan Niagara Koto Pulai anda dapat merasakan sensasinya seperti berkunjug di luar negeri.

Harga Tiket: Gratis; Map: Cek Lokasi
Alamat: Koto Panjang Ikua Koto, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

8. Air Terjun Baburai

Air Terjun Baburai
Image Credit: Instagram RamakesatriaKISWONO

Air terjun Baburai terletak di daerah Nagari Sikucur, atau tepatnya di Kecamatan bernama Kampung Dalam, yang berada di Kota Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Mempunyai jam operasional selama 24 jam dengan biaya tiket masuknya yang gratis.

Baburai merupakan salah satu air terjun yang cukup terkenal. Destinasi wisata ini menyuguhkan panoramanya yang indah. Suara gemricik air ditambah airnya yang segar membuat para wisatawan merasa menikmati keindahan alami.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sikucur, Kec. V Koto Kp. Dalam, Kab. Padang Pariaman, Sumatera Barat.

9. Air Terjun Ngungun Saok

Air Terjun Ngungun Saok
Image Credit: Facebook Pesona Sumatera Barat

Obyek wisata Ngungun Saok terletak di daerah Koto Tangah, atau tepatnya berada di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Mempunyai jam operasional pada pukul 09.00-20.00 WIB dengan biaya tiket masuknya yang gratis.

Air terjun ini menawarkan suasana alamnya yang asri, dengan airnya yang sangat jernih, ditambah dengan udaranya yang sejuk dan pemandangan cantik. Membuat siapa saja yang mengunjungi merasa senang akan keindahan yang disuguhkannya. Dengan begitu banyak para wisatawan yang datang berkunjung untuk melihat dan menyaksikan eksotisnya destinasi ini.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Minturun, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

10. Air Terjun Lubuak Rantiang

Air Terjun Lubuak Rantiang
Image Credit: Google Maps ADYA PUNYA CERITA

Obyek wisata air terjun Lubuak Rantiang atau Ngaluan terletak di daerah Balai Gadang, tepatnya berada di Koto Tangah, yang ada di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat. Mempunyai jam operasional selama 24 jam dengan biaya tiket masuknya sebesar Rp 5.000.

Lubuak Rantiang atau Ngaluan merupakan salah satu air terjun cukup terkenal. Dengan pemandangan yang disuguhkan serupa dengan curug kembar yang berada di Solok. Lokasi wisata ini biasa digunakan oleh para pengunjung sebagai berenang, bermain air, dan meloncat dari ketinggian. Pesonanya yang indah membuat destinasi ini ramai dikunjungi orang.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Balai Gadang, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat.

Itulah beberapa rekomendasi air terjun cantik di Kota Padang dan Sekitarnya. Dengan panorama keindahan yang eksotis, suasananya yang alami dan asri, airnya yang segar. Serta hembusan anginnya yang sejuk membuat panorama destinasi ini menjadi cantik dan menjadi obyek wisata yang paling wajib dikunjungi bagi para pengunjung lokal maupun non lokal ketika berada di ibukota Sumatera Barat ini.