Tumurun Private Museum Solo, Museum yang Penuh Karya Seni Bernilai Tinggi

Tumurun Private Museum Solo

Tumurun Private Museum termasuk museum seni pribadi di Solo yang menarik dikunjungi untuk menyaksikan beragam koleksi karya seni unik dan bernilai tinggi milik keluarga besar Lukminto.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 10.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Kebangkitan Nasional No.2/4, Sriwedari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Museum yang satu ini berbeda dengan museum yang lainnya. Meniti konsep modern art yang megah, Tumurun Private Museum membawa sejuta budaya yang berasal dari Solo. Dari kuliner hingga seni. Museum ini selesai dibangun dan dibuka pada tahun 2018. Oleh karena itu, Anda dapat menikmati berjalan di museum serasa berjalan di mall dengan karya yang berderet di dindingnya.

Museum ini dikelola oleh keluarga dari H.M. Lukminto yang mengurus PT. Sritex secara turun temurun. Tentunya hal ini cukup unik dan juga menarik untuk ditelaah. Museum ini mengandung koleksi pribadi dari H.M. Lukminto yang sangat banyak. Beberapa dari koleksi ini memiliki nilai yang sangat tinggi. Ketertarikannya pada seni membuat koleksi dari museum ini sangat menarik.

Museum ini dikelola secara turun temurun dan secara kekeluargaan. Oleh karena itu, setiap kunjungan ke museum ini harus melewati izin dari sang pemilik resmi museum. Berikut ini merupakan beberapa informasi yang terkait dengan Tumurun Private Museum di Solo yang dapat Anda simak sebelum memutuskan untuk berkunjung ke gedung ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Tumurun Private Museum

Daya Tarik Tumurun Private Museum

Image Credit: Google Maps (Ap Chanel)

1. Koleksi Seni

Walaupun baru saja resmi dibuka, namun koleksi dari Museum Tumurun ini sudah tidak diragukan lagi keunikannya. Anda dapat melihat berbagai koleksi lukisan bersejarah dan juga karya-karya seni yang unik. Karya-karya yang dipajang memiliki nilai tersendiri yang tentunya tidak dapat diganti dengan apapun.

Anda dapat menikmati berbagai jenis karya seni yang indah dan juga unik. Beberapa diantaranya dapat berupa koleksi kain, koleksi lukisan, koleksi patung hingga koleksi mobil antikpun dapat Anda nikmati hanya di satu museum saja. Banyaknya koleksi dari Tumutun Private Museum ini tidak akan membuat Anda bosan berada di dalamnya.

2. Koleksi Benda Bernilai

Di museum ini Anda dapat melihat berbagai koleksi seni yang sangat unik. Anda dapat melihat karya dari pelukis Indonesia hingga pelukis dari luar negri. Di lantai satu Anda dapat menikmati koleksi karya unik seperti karya dari Affandi, Raden Saleh, hingga Johan Rudolf Bonnet. Nama-nama tersebut merupakan seniman terkenal yang lukisannya selalu menjadi pusat perhatian.

BACA:  Taman Wisata Kopeng, Taman Keren & Kekinian di Semarang

Sementara itu di lantai dua Anda akan disajikan dengan berbagai karya seni kontemporer Indonesia seperti lukisan karya Eddy Susanto, Tisna Sanjaya, Rudi Mantofani ataupun Hery Dono. Lukisan yang dipamerkan berukuran cukup besar dan dapat terlihat dengan jelas. Koleksi lukisan kontemporer museum ini cukup banyak untuk memenuhi seluruh dinding lantai 2 museum.

3. Privasi yang Ketat

Untuk hal yang satu ini, Museum Tumurun menjaga dengan sangat ketat. Setiap orang yang akan masuk ke museum ini harus mendaftar dari seminggu sebelum kedatangannya. Anda perlu mendaftar melalui website resmi milik Tumurun Private Museum. Setelah selesai register, Anda akan butuh untuk mengisi data diri dan juga rombongan yang akan datang ke museum.

Setelah menyelesaikan pendaftaran, Anda dapat mengajukan permohonan kunjungan di bagian menu lalu pilih bagian Your Message. Di bagian ini Anda dapat menuliskan detail rombongan kunjungan Anda ke Private Museum. Anda harus mengisi data ini dengan baik dan sebenar-benarnya dan berkunjung ke museum sesuai dengan jam yang ditentukan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Museum Tumurun

Alamat Museum Tumurun

Image Credit: Google Maps (Muhammad Usmar Arif)

Tumutun Private Museum berada tepat di tengah Kota Solo. Museum yang berdiri di Jalan Kebangkitan ini berlokasi tidak jauh dari Museum Batik dan juga Monumen Pers. Tentunya kedua acuan ini dapat memudahkan Anda dalam mencari arah di dalam Kota Solo. Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi ini dengan menggunakan GPS ataupun Google Map.

Tiket masuk ke wisata museum pribadi ini gratis. Namun Anda perlu mengisi berbagai data yang akurat seminggu sebelum kunjungan dengan acc dari sang empunya museum. Hal ini diberlakukan karena tingginya keamanan yang diberlakukan di Tumurun Private Museum Solo. Banyaknya koleksi barang antik dan tidak ternilai ini membuat keamanan di museum ini harus sangat baik.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Museum Tumurun

Kegiatan di Museum Tumurun

Image Credit: Google Maps (Rayyan Hanugrah)

1. Berkeliling Museum

Berkeliling museum merupakan fokus utama dari kunjungan Anda. Selama perjalanan Anda akan dipandu oleh seorang pemandu yang mengerti akan seluruh seluk beluk dari setiap karya yang dipajang di Tumurun Private Museum ini. Anda diperbolehkan untuk berfoto ataupun memfoto setiap sudut yang Anda kunjungi.

BACA:  Taman Lampion Klaten, Taman Bermain & Bersantai Favorit Warga

Di lantai satu Anda dapat berkeliling melihat-lihat koleksi 100 lukisan yang dilukis oleh pelukis ternama. Di lantai ini Anda juga dapat melihat mobil tua yang antik. Tentunya Anda dapat berfoto di depan mobil ini. walaupun sebenarnya masih bisa menyala, namun mobil ini sengaja tidak dinyalakan agar kondisinya tidak semakin memburuk oleh usia.

2. Menikmati Koleksi Langka

Koleksi di musum unik ini dapat dikatakan cukup langka. Lukisan yang dimiliki memiliki nilai yang tidak terhingga. Apalagi Anda dapat melihat banyak dari koleksi lukisan berharga ini. Di Temurun Private Museum ini Anda dibebaskan untuk melihat koleksi lukisan tua yang antik dan juga unik. Lukisan ini dapat Anda nikmati dari dekat.

Selain itu di lantai dua, Anda dapat menikmati berbagai karya tiga dimensi yang unik. karya ini berbentuk patung mata. Patung ini dapat diartikan menjadi berbagai macam arti yang berbeda tergantung dengan siapa patung ini ditafsirkan. Selain itu, di lantai dua ini Anda bebas berfoto dengan koleksi patung yang menarik dan tentunya unik ini.

Namun Anda harus ekstra berhati-hati. Walaupun diperbolehkan untuk mendekati dan berfoto, jangan sampai Anda menyentuh ataupun jatuh ke patung ini. Anda tetap harus menaati berbagai peraturan yang telah ditetapkan dan berlaku di dalam Temurun Private Museum.

3. Mengenal Sang Kolektor

Tumurun Private Museum ini merupakan hasil koleksi yang dimiliki oleh H.M. Lukminto. Beliau merupakan salah satu penggemar dan juga kolektor seni. Beliau juga yang memilih setiap barang-barang antik yang berada di Museum Tumurun ini. Oleh karena itu, Anda dapat meraba bagaimana karakter beliau dalam memilih koleksi benda antik ini.

Anda akan dibawa ke dalam pengalaman maupun cara H.M. Lukminto dalam mengapresiasi karya seni. Seleranya yang cukup tinggi membuat setiap karya memiliki arti yang mendalam. Anda juga akan diceritakan mengenai sejarah dan juga mengapa karya seni tersebut memiliki makna yang unik dan antik.

Kegiatan di Museum

Image Credit: Google Maps (Saeq)

4. Berfoto-Foto

Berfoto-foto merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan ketika Anda berada di Tumurun Private Museum ini. Selain karena banyak terdapat sudut foto yang indah, Anda dapat berfoto di samping berbagai koleksi karya seni anak bangsa yang begitu indah dan unik. Beberapa dari karya ini memiliki ukuran yang cukup besar sehingga cantik bila berada di dalam foto.

BACA:  15 Tempat Wisata di Grobogan Terbaru & Terhits Dikunjungi

Anda juga dapat memfoto berbagai karya seni lukisan yang berada di lantai satu maupun lantai dua. Berderet-deret lukisan mahakarya dari seniman jenius ini dapat Anda nikmati dengan berfoto dengan karyanya ataupun sekedar memfoto lukisan. Tentunya Anda tidak boleh memegang ataupun merusak satupun dari karya yang tengah dipajang ini.

5. Memesan Lokasi Museum untuk Acara

Temurun Private Museum memiliki ruangan yang cukup besar untuk menampung galeri dan juga pengunjung yang ingin mengadakan acara di museum ini. Anda hanya perlu mengajukan beberapa surat permohonan dan juga mengatur segala runtutan kegiatan di dalam suatu proposal. Tentunya walaupun Anda telah diizinkan untuk beraktivitas, Anda juga harus menjaga keamanan karya.

Beberapa diantaranya ialah bertanggung jawab terhadap setiap pengunjung yang datang, memberikan himbauan untuk tidak merusak mahakarya dan juga selalu mengawasi pengunjung agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan untuk terjadi di Tumurun Private Museum Solo ini.

Fasilitas yang Tersedia di Tumurun Private Museum Solo

Fasilitas di Tumurun Private Museum

Image Credit: Google Maps (Daniel Herdianto)

Di museum ini tentunya Anda akan menikmati fasilitas dasar yang ada. Fasilitas ini berupa toilet, musholla dan juga area parkir. Anda dapat berjalan-jalan di Museum Tumurun dengan nyaman dan aman. Selain itu, kawasan museum ini telah dilengkapi dengan AC, sehingga Anda tidak boleh merokok di area ini. selain karena dapat mengganggu yang lain, rokok juga tidak baik untuk lukisan.

Selain itu, Anda juga dapat menikmati berbagai fasilitas yang disediakan oleh museum. Salah satunya ialah kemudahan dalam booking jam wisata dan juga fasilitas tour guide yang dengan senang hati senantiasa memandu perjalanan Anda di museum unik ini. Ia juga akan menceritakan mengenai berbagai koleksi yang ada di museum ini.

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai Tumurun Private Museum di Solo, Anda dapat mulai merencanakan kegiatan bersama dengan kerabat untuk ke museum ini. Selain karena perencanaannya yang cukup memakan waktu lama, Anda juga dapat mempersiapkan hal-hal sederhana seperti kamera untuk dibawa ke museum.