15 Tempat Wisata di Jakarta Selatan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Jakarta Selatan

Inilah Daftar Tempat Wisata Terbaik di Jakarta Selatan. Destinasi Wisata Terbaru, Kekinian dan Terhits yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berencana Liburan ke Jakarta.

Jakarta Selatan, kota yang mengusung konsep Smart City yang dikenal sebagai kota dengan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang pesat. Jakarta Selatan didominasi oleh gedung-gedung pencakar langit dan perumahan elite.

Di samping itu, Jakarta Selatan juga memiliki beragam destinasi wisata yang patut Anda kunjungi. Destinasi ini memiliki daya tarik masuk, mulai dari wisata budaya dan sejarah, alam terbuka, hingga destinasi yang instagramable karena sangat unik dan menarik.

Mulai sekarang, jika Anda melancong ke Jakarta Selatan, tidak perlu bingung lagi mencari destinasi wisata yang harus dikunjungi. Berikut rekomendasi tempat wisata di Jakarta Selatan dengan pesona memikat dan dapat membuat Anda semakin betah berada di kota ini.

1. Kebun Binatang Ragunan

Kebun Binatang Ragunan

Kredit Gambar: AyoJakarta.com

Nama salah satu destinasi wisata ini pasti sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Kebun Binatang Ragunan adalah salah satu destinasi yang paling terkenal di Jakarta Selatan.

Di Kebun Binatang Ragunan, Anda akan disuguhkan dengan berbagai jenis satwa, seperti gajah, jerapah, reptil, harimau, dan sebagainya. Selain satwa, di Kebun Binatang Ragunan juga terdapat berbagai jenis spesies flora yang terawat dengan baik. Karenanya, sangat tepat bila Anda mengajak anak-anak untuk menambah wawasan mereka tentang flora dan fauna.

Lokasi : Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.

2. Taman Air Pondok Indah

Pondok Indah Water Park

Kredit Gambar: Travelspromo.com

Pilihan lain untuk berwisata bersama keluarga adalah Pondok Indah Water Park. Wisata udara ini sangat diminati oleh para wisatawan karena memiliki wahana bermain yang variatif. Wahana-wahana tersebut di antaranya adalah Olympic Swimming Pool, Flow Rider, Whizzard Slide, The Wave and Sandy Beach, dan Tube Slide.

Khusus bagi anak-anak, Pondok Indah Water Park menyediakan wahana bermain yang aman dan menyenangkan, yaitu Aqua Play dengan ember tumpahnya dan Lazy River untuk bersantai.

Lokasi : Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Pinang, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan.

3. Wisata Pendidikan Pinisi

Wisata Pendidikan Pinisi

Kredit Gambar: Bukalapak.com

Wisata Pendidikan Pinisi adalah pilihan lain yang layak dikunjungi bersama anak Anda. Wisata ini mengusung one stop destination yang mana dalam hal ini anak-anak akan mempelajari kesenian dan kebudayaan Indonesia. Anak-anak akan belajar tentang cara membatik, memainkan alat musik tradisional, dan bermain wayang.

Selain itu, terdapat juga wahana bermain kids indoor playground, wall climbing, pinisi boat, dan masih banyak lagi. Dengan berwisata ke Wisata Pendidikan Pinisi, anak akan memperoleh pengetahuan tentang kesenian dan kebudayaan serta kebahagiaan bermain sambil belajar.

BACA:  15 Tempat Wisata di Jakarta Pusat Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Lokasi: Jl. Iskandar Syah II No. 2, Gedung Pasaraya Blok M, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan

4. Kampung Main Cipulir

Kampung Main Cipulir

Image Credit: Kompasiana.com

Destinasi yang satu ini juga tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Sesuai namanya, konsep destinasi wisata Kampung Main Cipulir menawarkan sensasi berpetualangan di sebuah kampung yang berisi wahana permainan.

Ada beragam wahana menarik yang bisa Anda coba, di antaranya outbond, flying fox, trampoline, shooting target, menangkap ikan, dan masih banyak lagi. Semua itu bisa Anda dapatkan dengan harga yang sangat terjangkau.

Lokasi: Jl. Masjid Nurul Yaqin, Gang H. Sairi No.1A, Grogol Selatan, Kec. Kebayoran Lama, Kota Jakarta Selatan

5. Museum Satriamandala

Museum Satriamandala

Image Credit: Tempatwisataseru.com

Museum Satriamandala merupakan salah satu museum perjuangan TNI (Tentara Nasional Indonesia) yang dibuka pada tahun 1972 silam. Di museum ini terdapat berbagai benda-benda bersejarah, seperti replika senjata berat maupun ringan, beragam jenis pesawat terbang, atribut ketentaraan, dan sebagainya.

Sebelum dijadikan museum, dahulunya tempat ini lebih dikenal dengan Wisma Yaso. Gedung ini merupakan tempat kediaman Ratna Sari Dewi, istri Presiden Pertama RI. Sekaligus rumah dimana Presiden Soekarno mengembuskan napas terakhirnya.

Lokasi: Jl. Gatot Subroto No.14, Kuningan Baru, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

6. Museum Harry Darsono

Museum Harry Darsono

Image Credit: Okezone.com

Museum Harry Darsono merupakan museum fashion yang didirikan oleh seorang perancang busana bernama Harry Darsono. Museum ini menyuguhkan karya-karya fenomenalnya dalam bidang fashion.

Di museum Harry Darsono Anda bisa menikmati karya-karya rancangan Harry Darsono yang telah dibuat sejak tahun 1970 hingga saat ini. Karya-karya tersebut tentu saja berkaitan dengan rancang busana, seperti gaun-gaun adibusana yang sudah go International.

Lokasi: Jl. Cilandak Tengah Raya No.71, Cilandak Barat, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

7. Hauwke’s Auto Gallery

Galeri Mobil Hauwke

Image Credit: Phinemo.com

Bagi Anda yang memiliki hobi dalam dunia otomotif, Hauwke’s Auto Gallery wajib dikunjungi. Secara konsep, Hauwke’s Auto Gallery mirip dengan Museum Angkut yang terdapat di Malang. Di tempat ini Anda bisa menikmati berbagai koleksi berbagai kendaraan antik. Akan tetapi, untuk dapat masuk ke tempat ini Anda tidak perlu merogoh kocek karena gratis.

Selain koleksi kendaraan yang antik, Anda juga bisa menemukan spot-spot foto yang sangat menarik. Tempat ini sengaja didesain dengan artistik dan instagramable agar siapa pun yang mengunjungi Hauwke’s Auto Gallery merasa nyaman. Oleh karena itu, jika Anda pecinta dunia otomotif dan senang berfoto, maka tempat ini sangat sayang jika dilewatkan.

BACA:  22 Tempat Makan Enak di Jakarta Favorit Wisatawan

Lokasi: Jl. Puri Mutiara VI No. 18B, Cipete, Cilandak Timur, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan

8. Pusat Primata Schmutzer

Pusat Primata Schmutzer

Image Credit: WordPress.com

Jika Anda menyambangi Kebun Wisata Ragunan, Anda juga wajib mengunjungi Pusat Primata Schmutzer. Pusat Primata Schmutzer merupakan pusat penangkaran satwa primata yang terletak di dalam Kebun Binatang Ragunan. Kendati demikian, jika Anda ingin memasuki tempat ini, maka harus membayar tiket lagi.

Di Pusat Primata Schmutzer terdapat banyak sekali spesies primata yang berasal dari seluruh penjuru Nusantara bahkan dari negara-negara lain. Adapun untuk dapat masuk ke Pusat Primata Schmutzer, para pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan ke dalam. Hal tersebut dilakukan agar kesehatan primata tetap terjaga.

Lokasi: Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Pasar Minggu, Kota Jakarta Selatan.

9. Taman Spatodhea

Taman Spatodhea

Image Credit: Backpackerjakarta.com

Taman Spatodhea bisa menjadi pilihan berwisata secara gratis. Di tengah padatnya perumahan dan gedung pencakar langit, pemerintah kota Jakarta Selatan merancang secara khusus taman ini sebagai paru-paru kota.

Nama Spatodhea sendiri diambil dari nama bunga yang banyak tumbuh di taman tersebut, yakni bunga Spatodhea. Taman ini juga memiliki beragam fasilitas umum, seperti trek joging, danau, dan area bermain untuk anak-anak.

Lokasi: Jl. Kriep No.13, Jagakarsa, Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

10. Taman Langsat

Taman Langsat

Image Credit: Gotravelly.com

Sama halnya seperti Taman Spatodhea, Taman Langsat juga bisa menjadi pilihan destinasi gratis di Jakarta Selatan. Konsep yang diusung di taman langsat juga hampir sama dengan Taman Spatodhea.

Mulanya, Taman Langsat adalah tempat penampungan sementara bibit-bibit tanaman. Namun, setelah dilakukan revitalisasi, taman ini kini menjadi tempat yang menyenangkan untuk dikunjungi. Taman ini juga cocok untuk menghilangkan penat setelah mengerjakan aktivitas kantor yang padat.

Lokasi: Jl. Barito, Kramat Pela, Kec. Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan.

11. Setu Babakan

Setu Babakan

Image Credit: Bukalapak.com

Setu Babakan adalah destinasi selanjutnya yang wajib kamu kunjungi. Destinasi ini dibangun sebagai situs penyimpanan memori kebudayaan kolektif masa lalu Etnis Betawi. Sebagaimana yang kita ketahui, bahwa etnis Betawi saat ini perlahan mulai terpinggirkan. Oleh karena itu, Setu Babakan dapat menjadi pijakan Anda untuk merasakan hidup di lingkungan etnis Betawi.

Di Setu Babakan terdapat tiga buah danau buatan. Anda bisa menikmati beragam wahana permainan, seperti sepeda air, angsa, dan memancing. Selain itu, di tempat ini Anda juga bisa mencicipi beragam kuliner khas Betawi, di antaranya kerak telor, dan dodol. Maka, Setu Babakan wajib masuk dalam daftar tempat yang kamu kunjungi!

BACA:  20 Wisata Kuliner di Jakarta yang Enak & Wajib Anda Coba

Lokasi: Jl. Mohammad Kahfi II, Srengseng Sawah, Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan.

12. Museum Layang-Layang

Museum Layang-Layang

Image Credit: Bukalapak.com

Berawal dari kecintaan seorang perempuan Indonesia yang bernama Ibu Endang Ernawati terhadap layang-layang. Pada 21 Maret 2003 didirikanlah Museum Layang-layang. Di museum ini terdapat banyak sekali koleksi layang-layang dengan bentuk yang beraneka ragam, mulai dari layang-layang tradisional, kreasi, olahraga, dan sebagainya.

Di museum ini Anda juga dapat mempelajari sejarah permainan layang-layang dari mancanegara. Selain itu, jika ingin mempelajari cara membuat layang-layang, maka petugas museum akan menunjukkan bagaimana caranya. Dengan harga tiket yang murah, di museum ini kita bisa mendapatkan ilmu sekaligus praktik membuat layang-layang. Menarik, bukan?

Lokasi: Jl. H. Kamang No.38, Pondok Labu, Kec. Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

13. Playparq Kemang

Playparq Kemang

Image Credit: Tesyaskinderen.com

Playparq Kemang adalah destinasi selanjutnya yang bisa dikunjungi bersama anak-anak. Playparq Kemang merupakan tempat bermain anak-anak dengan konsep yang lebih modern. Sejumlah permainan yang disediakan di sini juga dirancang khusus agar dapat meningkatkan daya kreativitas dan meningkatkan kebahagiaan anak.

Di tempat ini, anak-anak dapat menikmati berbagai macam permainan indoor dan outdoor. Terdapat lebih dari delapan permainan, di antaranya super sliding, flying fox, big trampoline, Kora Duck, dan masih banyak lagi.

Lokasi: Jl. Kemang Timur No.72, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

14. The Escape Hunt

Perburuan, escap

Image Credit: Seputarkota.com

Apabila Anda menyukai petualangan untuk memecahkan sebuah permasalahan, maka The Escape Hunt wajib dikunjungi. Di sini, Anda akan berperan sebagai detektif untuk mengetahui dalang di balik permasalahan yang terjadi.

Anda dapat memilih tema utama yang ingin dipecahkan, yaitu Explosion in The Kitchen Room, Kidnaping in The Study Room, dan Murder in The Bedroom. Untuk memecahkan permasalahan tersebut, Anda harus menyelesaikan teka-teki dan tantangan-tantangan yang tengah menanti. Selamat mencoba!

Lokasi: Jl. Kemang Raya No.15, Bangka, Kec. Mampang Prapatan, Kota Jakarta Selatan.

15. Museum Reksa Artha

Museum Reksa Artha

Image Credit: Panduanwisata.id

Destinasi wisata terakhir yang wajib kamu kunjungi di Jakarta Selatan adalah Museum Reksa Artha. Museum ini merupakan museum yang menyimpan benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan percetakan uang zaman dahulu.

Nama Museum Reksa Artha berasal dari kata “Reksa” yang berarti menjaga dan “Artha” yang berarti uang. Di museum ini, Anda juga dapat melihat berbagai macam koleksi uang dari zaman orde baru hingga saat ini.

Lokasi : Jl. Lebak Bulus I, Kecamatan Cilandak, Kota Jakarta Selatan.

Itulah rekomendasi tempat wisata terbaik di Jakarta Selatan yang paling populer dikunjungi wisatawan. Ternyata di tengah padatnya wilayah Jakarta Selatan oleh gedung-gedung pencakar langit, masih terdapat beragam pilihan destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.