Taman Punti Kayu, Hutan Wisata & Tempat Rekreasi Keluarga di Palembang

 

Taman Punti Kayu, Hutan Wisata & Tempat Rekreasi Keluarga di PalembangTaman Punti Kayu salah satu hutan wisata dengan pesona pohon pinus di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Kesegaran dan wahana permainan di taman wisata ini bisa menjadi alternatif pilihan tempat rekreasi keluarga.

Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Jl. Kol. H. Burlian, Srijaya, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan; Map: Cek Lokasi

Palembang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki alam yang cukup indah. Itulah mengapa lahan di tempat ini kerap dijadikan sebagai destinasi wisata. Dengan demikian, maka akan berdampak pada berkurangnya lahan alami yang mana menjadi sumber oksigen. Oleh karena itu, pemerintah daerah setempat memutuskan untuk mendirikan sebuah taman wisata.

Destinasi tersebut bernama Taman Punti Kayu. Perlu Anda ketahui, taman tersebut menjadi hutan wisata yang ada dalam sebuah yang menempati urutan kedua terluas di dunia. Dengan demikian, selain digunakan sebagai pemasok oksigen yang utama di wilayah Sumatera Selatan, juga sekaligus menjadi tempat wisata yang bisa Anda kunjungi ketika memasuki waktu liburan.

Anda bisa berkunjung di taman ini mulai jam 08.00 setiap harinya. Untuk hari Senin sampai Jumat, tempat ini tutup jam 16.00, sedangkan Sabtu dan Minggu tutup lebih sore, yakni jam 17.00. Di tempat ini, wisatawan berkesempatan menikmati suasana alam yang luasnya mencapai 50 hektare. Lokasi ini telah menjadi wisata alam sejak sekitar tahun 2010.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Wisata Punti Kayu

Daya Tarik Taman Wisata Punti Kayu

Image Credit: Google Maps (Krysna K. Manggala)

1. Replika & Landmark Dunia Populer

Inilah salah satu spot wisata di tempat ini yang paling banyak dicari oleh pengunjung. Di sini, wisatawan bisa mendapatkan foto yang unik dengan latar belakang berupa replika dan landmark yang cukup terkenal di dunia, seperti Eropa, Perancis, Afrika, dan Tiongkok.

Perlu Anda pahami, karena berupa replika, maka ukurannya tidak sama dengan aslinya. Meskipun demikian, tidak menyurutkan minat pengunjung untuk mengambil gambar di spot wisata yang satu ini. Terutama mereka yang gemar berfoto dan sering mengunggahnya di media sosial. Maka foto ini akan menjadi koleksi baru pada beranda media sosial miliknya.

2. Jembatan Gantung

Jembatan ini juga menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki destinasi wisata ini. Jembatan ini bukanlah terbuat dari beton melainkan dari papan yang disusun dan didirikan dengan posisi menggantung di atas danau. Sensasi berjalan di jembatan ini cukup menegangkan, namun justru inilah yang menantang para pengunjung untuk mencobanya.

BACA:  22 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Jembatan tersebut membentang di antara dua pucuk pohon dan dikenal dengan sebutan canopy bridge. Danau yang ada di bawah jembatan inilah yang menjadi tempat berlayar perahu naga, sepeda air, serta perahu bebek untuk mengelilingi danau.

3. Wahana Berkemah

Tempat ini juga menyediakan wahana berkemah. Sehingga bagi Anda yang ingin menginap, Anda bisa mendirikan tenda di sekitar lokasi wisata. Tepatnya ada 3 kawasan yang telah disediakan pihak pengelola wisata untuk menginap, diantaranya Akasia, Pinus, dan Mahoni.

Karena lokasinya yang berada di alam terbuka, sehingga menjadikan tempat ini juga kerap dipilih oleh para aktivis pramuka yang berkemah. Di tempat ini, mereka dapat merasakan sensasi hidup di alam dengan kesegaran yang masih sangat terasa.

4. Keanekaragaman Hayati

Taman wisata ini memiliki tanaman yang cukup beragam. Tidak hanya itu, hewan yang hidup di tempat ini pun juga cukup bervariasi. Pohon yang paling banyak dijumpai di tempat ini yaitu pohon meranti dan pinus. Sedangkan tanaman yang lain diantaranya akasia, sengon, mahoni, bamboo, ketapang, albasia, jarak, angsana, seru, lamtoro, waru, dan masih banyak yang lain.

Sedangkan hewan yang ada di destinasi wisata ini sebagian besar berkumpul di kebun binatang mini yang juga menjadi spot wisata di Taman Punti Kayu. Mulai dari hewan jinak hingga hewan liar ada di tempat ini. Untuk spesies burung yang ada di sini cukup banyak. Beberapa diantaranya yaitu burung pipit, perkutut, kutilang, dan lain-lain.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Taman Punti Kayu

Alamat dan Harga Tiket Taman Punti Kayu

Image Credit: Google Maps (Afif Afandi)

Destinasi wisata ini terletak di Kota Palembang, tepatnya ada di daerah yang bernama Karya Baru dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Alang-alang Lebar. Rute yang dapat digunakan untuk sampai di lokasi wisata yakni arah Ampera menuju AAL. Anda bisa menggunakan taksi dan LRT yang nantinya sampai di stasiun Punti Kayu. 

Tiket masuk yang diberlakukan di tempat ini dibedakan antara pengunjung dewasa dan anak-anak. Untuk orang dewasa diharuskan membayar tiket senilai Rp 25.000 ketika hari kerja, sedangkan di akhir pekan Rp 30.000. Untuk anak-anak tarif tiket masuk ketika hari kerja hanya Rp 20.000, sedangkan ketika akhir pekan menjadi Rp 25.000.

BACA:  12 Tempat Wisata di Muara Enim Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Selain biaya tiket masuk tersebut, apabila pengunjung menggunakan kendaraan, maka akan dikenakan biaya parkir. Untuk mobil dipatok dengan tarif Rp 10.000, sedangkan untuk sepeda motor dikenai biaya parkir Rp 5.000. Tarif parkir ini berlaku setiap harinya dengan jumlah yang sama. Setelah pengunjung membayarkan tiket masuk, maka akan memiliki akses untuk masuk pada seluruh atraksi wisata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Punti Kayu

Kegiatan di Taman Punti Kayu

Image Credit: Google Maps (Shefrieni Maria)

1. Mengelilingi Hutan Wisata

Keberadaan hutan di tengah Kota Palembang yang mulai padat penduduk menjadi penyejuk di tempat tersebut. saat Anda mulai memasuki rute menuju lokasi wisata, akan tampak pemandangan alam yang begitu indah dan menyejukkan. Di sekitar sini, terdapat pohon pinus yang tumbuh berderet.

Walaupun tempat ini menjadi daerah wisata alam, ada pula beberapa tempat yang bukan termasuk dalam vegetasi hutan, melainkan telah menjadi spot rekreasi yang bisa digunakan oleh wisatawan. Selain itu, ada pula beberapa pondok yang bisa digunakan untuk beristirahat setelah berkeliling.

Udara di hutan ini terasa begitu segar. Bahkan aroma yang tercium pun terasa harum. Hal tersebut disebabkan karena pohon yang mendominasi tempat ini yaitu pohon pinus. Dengan luas wilayahnya yang cukup besar, menjadikan kawasan ini menjadi hutan yang paling besar di Indonesia.

2. Bermain di Punti Kayu Waterpark

Wahana sudah ada sejak tahun 2019. Anda bisa bermain di wahana air ini setelah Anda berkeliling. Tentunya setelah Anda menyusuri hutan, Anda akan merasa lelah, maka di waterpark ini, kesegaran akan kembali didapatkan. Spot wisata ini sangat cocok menjadi tempat untuk merilekskan badan.

Bahkan banyak pengunjung yang menyukai wahana air tersebut, terutama mereka yang masih anak-anak. Sebab, waterpark ini dilengkapi dengan waterslide dan perosotan yang tentunya menarik perhatian anak-anak yang melihatnya untuk segera mencobanya. Wahana ini dikelilingi dengan pagar oleh pihak pengelola tempat ini.

3. Mengunjungi Mini Zoo dan Melakukan Aktivitas Outbound

Di taman wisata ini juga terdapat kebun binatang, hanya saja ukurannya mini. Beberapa binatang yang dapat Anda jumpai di tempat ini yakni rusa, kelinci, buaya, beruang madu, owa, orang utan, dan beberapa spesies burung.

Di sini wisatawan diperbolehkan untuk memberi makan binatang yang ada. Walaupun hewan di kebun binatang ini tidak lengkap dan banyak, spot ini cukup menarik untuk dijadikan wisata edukasi.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Palembang Paling Populer

Di dekat kebun binatang, terdapat sebidang tanah lapang hijau yang menjadi tempat pacuan kuda. Di sini terdapat atraksi yang dipertontonkan kepada pengunjung. Namun sayangnya, pengunjung hanya bisa melihatnya sekali dalam satu minggu. Sehingga jika Anda ingin menonton atraksi ataupun merasakan naik kuda di tempat ini, maka berkunjunglah di hari Minggu.

Akan tetapi, jika Anda tak memiliki kesempatan untuk datang di hari Minggu, Anda masih bisa menikmati wahana lain yang tentunya tak kalah seru. Pihak pengelola wisata menyediakan wahana outbound yang cukup menantang diantaranya trampolin dan flying fox. Sehingga Anda masih bisa menikmati wahana tersebut ketika sedang tidak ada pacuan kuda.

4. Menelusuri Rawa Hutan

Di destinasi wisata ini, Anda juga bisa mengelilingi rawa yang ada di hutan. Pihak pengelola wisata telah menyediakan perahu yang dapat digunakan untuk berkeliling yang dikenal dengan nama perahu naga. Perahu ini akan berlayar hingga ke Danau Punti Kayu, di mana pada sisi kanan dan kiri danau ditumbuhi oleh pohon pinus.

Apabila beruntung, Anda akan melihat sekawanan kera yang memiliki ekor yang panjang. Tidak hanya itu, Anda juga bisa melihat burung yang cukup langka sedang bertengger di beberapa pepohonan.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Punti Kayu Palembang

Fasilitas di Taman Punti Kayu

Image Credit: Google Maps (Yogi Salwa)

1. Kuliner

Bagi Anda yang berkunjung ke tempat ini tanpa membawa bekal makanan, tak perlu khawatir. Sebab, di sini telah tersedia beragam kuliner yang ada di beberapa kedai. Sehingga selain melakukan wisata alam, Anda juga bisa sekaligus melakukan wisata kuliner.

2. Jalur Bersepeda

Kawasan hutan yang begitu luas menjadikan beberapa wisatawan tertarik untuk mengelilingi setiap sudutnya. Bagi pengunjung yang gemar bersepeda, dapat menggunakannya dengan menyewanya sehingga bisa berkeliling tanpa harus berjalan kaki.

3. Sarana Ibadah

Meskipun termasuk dalam wisata alam, pihak pengelola wisata tetap menyediakan fasilitas yang cukup lengkap. Salah satunya yakni sarana ibadah. Sehingga wisatawan tidak akan kebingungan mencari tempat ibadah ketika sedang melakukan kegiatan wisata di taman ini.

Taman wisata Punti Kayu ini kini masih tetap buka meskipun masih dalam kondisi pandemi. Oleh karena itu, setiap wisatawan yang berkunjung diwajibkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan, diantaranya selalu menggunakan masker, melakukan pemeriksaan suhu sebelum memasuki kawasan wisata, dan sering-sering mencuci tangan ataupun menggunakan hand sanitizer.