Jembatan Ampera, Kemegahan Ikon Kota Palembang di Tepian Sungai Musi

Jembatan Ampera, Kemegahan Ikon Kota Palembang di Tepian Sungai Musi

Jembatan Ampera menjadi ikon Kota Palembang, Sumatera Utara berada di tepian Sungai Musi. Jembatan ikonik menjadi tujuan populer wisatawan menikmati sunset, kuliner dan berbagai aktivitas seru lainnya.

Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kota Palembang, Sumatera Selatan; Map: Cek Lokasi

Menjadi salah satu negara kepulauan yang beriklim tropis, Indonesia memang memiliki kenampakan alam yang luar biasa. Sektor pariwisatanya pun ikut berkembang pesat seiring berjalannya waktu. Baik itu destinasi wisata alam maupun buatan, keduanya mampu menarik minat wisatawan. Dari berbagai tempat yang ada di Indonesia Jembatan Ampera adalah salah satunya.

Jembatan ikonik ini bisa Anda temukan di Kota Palembang, Sumatera Selatan. Nama jembatan yang satu ini sebenarnya adalah sebuah akronim dari Amanat Penderitaan Rakyat. Jembatan panjang yang menghubungkan dua kota berbeda ini nyatanya menjadi ikon Kota Palembang. Jembatan ini dibangun memanjang hingga 1117 meter.

Jembatan Ampera merupakan akses jalan yang ada di atas sungai Musi. Dengan batas lebar 22 meter, jembatan ini adalah tempat lalu lalang pengendara. Perlu Anda ketahui bahwa dulu seringkali kapal besar melewati Jembatan Ampera, sehingga desain yang ada di tengah jembatan dibuat fleksibel, alias bisa dibuka tutup sesuai kebutuhan.

Daya Tarik yang Dimiliki Jembatan Ampera

Daya Tarik Di Jembatan Ampera

Image Credit: Google Maps (Anak Sungai.TV)

1. Gemerlap di Malam Hari

Untuk Anda penyuka wisata malam, Jembatan Ampera bisa menjadi tempat yang tepat untuk liburan mengesankan. Meski menjadi jembatan penghubung dari sungai Musi, jembatan ini tetap menjadi wisata primadona di sini. Hal ini karena jembatannya yang unik dan tentunya besar.

Wisatawan banyak yang tertarik dengan keindahan jembatan di malam hari. Pasalnya ketika matahari sudah kembali ke peraduan, Anda akan melihat gemerlap lampu jalanan yang begitu indah. Hal ini karena kolaborasi warna yang ada di jembatan ini.

Selain itu, disini pula Anda akan menyaksikan puluhan lampu hias yang menarik perhatian. Di mana nyala yang dihasilkan bermacam-macam. Sudah dipastikan menjadi tempat yang instagenik.

2. Puluhan Wisata Kuliner Palembang

Teruntuk Anda yang menyukai wisata kuliner, Palembang memiliki apa yang Anda butuhkan. Salah satu daya tarik yang dimiliki adalah lokasi wisata kulinernya. Tempat ini berada di area Taman Jembatan Ampera. Telah berjajar berbagai produk kuliner khas Palembang yang bisa Anda coba.

Tempat ini akan menawarkan sensasi menyantap makanan dengan pemandangan sungai yang luas. Selain itu, Anda juga akan nampak bahwa jembatan ini memang layak dijadikan ikon Kota Palembang. Mengingat desain arsitekturnya yang unik, tidak heran banyak yang mengais rizky dengan berjualan di sekitar area jembatan.

BACA:  10 Mall Terbaik di Palembang untuk Belanja & Nongkrong

3. Pesona Sungai Musi yang Membentang Indah

Daya tarik selanjutnya adalah Sungai Musi. Seperti yang sudah diketahui bahwa Sungai Musi merupakan sungai terusan yang sangat luas. Sungai inilah yang biasa menjadi salah satu rute kapal besar yang lewat. Untuk itu akan menjadi pemandangan yang sangat epik melihat sungai Musi dari Jembatan Ampera.

Meski bentang tengah dari jembatan kini sudah tidak bisa diangkat, tempat yang satu ini tetap menjadi ikon Kota yang unik dan menarik. Dibangun oleh tangan kreatif manusia, Jembatan ikonik tampak begitu kokoh.

Daya Tarik Jembatan Ampera

Image Credit: Google Maps (-)

4. Sejarah yang Meliputi Jembatan Ampera

Jembatan yang letaknya berada di pusat Kota Palembang ini nyatanya memiliki sejarah yang begitu unik dan menarik untuk dikupas. Bagaimana tidak, dulu jembatan ini masih berwarna abu-abu. Namun seiring waktu jembatan mulai memiliki warna yang baru. Sebelum berwarna merah seperti sekarang, jembatan ikon kota Palembang ini juga pernah dicat dengan warna kuning.

Selain itu, Jembatan Ampera juga hanya menjadi tempat penyebarangan biasa dulunya. Namun zaman yang semakin berubah dengan manusia yang seakan haus dengan tempat-tempat indah, dijadikanlah jembatan ini menjadi tempat wisata yang unik.

5. Sunset yang Indah

Daya tarik Jembatan Ampera selanjutnya adalah penampakan sunset yang bisa dilihat dari atas jembatan. Bagaimana tidak, ketika senja mulai naik dan matahari kembali ke peraduan. Sedikit demi sedikit terlihat sebuah cahaya jingga di langit. Sehingga nampaklah sunset indah yang menghiasi hari itu.

Oleh karenanya Anda juga akan melihat pengunjung memadati area wisata tersebut ketika malam tiba. Sebab lampu-lampu akan menyala dengan indah menyinari sepanjang jembatan yang menjadi penghubung dua lokasi berbeda.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Jembatan Ampera

Alamat Jembatan Ampera

Image Credit: Google Maps (Jordan Thang)

Untuk Anda yang ingin menjadikan jembatan ikonik ini sebagai lokasi liburan, langsung saja pergi ke Palembang. Karena merupakan bangunan ikon sebuah kota, hingga saat ini Jembatan Ampera terus saja melakukan perbaikan. Selain itu dari atas jembatan tersebut Anda akan nampak sebuah benteng bernama Benteng Kuto yang masih sangat kokoh berdiri.

Agar bisa sampai di lokasi jembatan, Anda bisa menaiki bus yang merupakan Trans Musi Koridor I. Bis tersebut akan secara otomatis membawa Anda menuju Ampera. Pengunjung hanya perlu duduk manis lalu sopir akan membawa Anda ke tujuan yang tepat.

Selayaknya tempat wisata pada umumnya yang mematok tarif bagi setiap pengunjung, wisata ikonik ini juga begitu. Jika kita melihat kebiasaan pada umumnya tiket masuk antara hari biasa dan weekend memang berbeda. Namun Anda bisa senang, karena Wisata Jembatan Ampera bisa dikunjungi siapa saja dengan gratis alias non pungutan.

BACA:  15 Cafe & Tempat Nongkrong Hits di Palembang yang Bikin Betah

Hal ini karena jembatan ini sudah biasa dijadikan tempat lalu lalang transportasi pribadi dan umum. Sehingga siapapun bisa melewati jembatan dan berwisata di sini. Untuk itu Anda bisa sekalian mengajak rombongan pergi ke Palembang menikmati suasana dan kuliner di kawasan jembatan ini.

Selain tidak ada tarif untuk masuk ke lokasi wisata, Jembatan ini juga terbuka 24 jam. Meski begitu disarankan untuk tidak terlalu malam. Karena boleh nadi pedagang kuliner di area taman sudah tutup semua. Jadi, pastikan kunjungan Anda berakhir dengan baik ya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Jembatan Ampera

Aktivitas di Jembatan Ampera

Image Credit: Google Maps (Rina Yeniarti)

Jembatan yang sudah mulai dibangun sejak tahun 1962 ini memiliki berbagai daya tarik tersendiri. Selain itu ada banyak pula aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini. Beberapa dj antaranya adalah;

1. Menikmati Jajanan Khas Palembang Berupa Pempek

Seperti yang kita tahu bahwa pempek merupakan makana. Khas Palembang yang banyak disukai orang Indonesia. Nah, di Jembatan Ampera ini Anda bisa menikmati pempek dengan pemandangan Sungai Musi.

Pengunjung bisa langsung melipir ke tepian Sungai musi, karena disitulah letak berbagai kedai serta restoran kuliner. Selain itu terdapat pula. Pedagang pempek bakar kaki lima. Jadi, Anda bisa pilih sendiri pempek favorit di Palembang.

Sungai Musi yang luas, angin semilir, serta kendaraan yang lalu lalang menjadi pemandangan yang begitu menarik. Belum lagi dengan pempek yang pedas, asam sekaligus manis. Tentunya semakin menambah kesan liburan sederhana Anda.

2. Hunting Foto Keren

Aktivitas yang tidak boleh ketinggalan adalah mencari spot foto yang menarik. Selain foto di tepi jembatan Ampera Anda juga bisa menemukan Tugu Belida sebagai background foto. Di sinilah tugu dengan sejarah yang unik. Seperti yang sudah banyak diketahui bahwa pempek jaman sekarang banyak dibuat dari racikan ikan tenggiri.

Dulu ada jenis ikan yang menjadi bahan utama pempek yaitu ikan belida. Namun seiring waktu keberadaan ikan belida mulai berkurang. Dan lama kelamaan ikan belida mulai menjadi satwa laut yang sangat sulit untuk ditemukan. Untuk itu Tugu Belido dibuat untuk mengenang keberadaan ikan belida

3. Berfoto Ria di Depan Tulisan PALEMBANG

Sebagai bukti kunjungan bahwa Anda pernah ke Palembang, tidak ada salahnya untuk mengabadikan momen di depan tulisan besar PALEMBANG. Delapan huruf besar tersebut memang sengaja dibuat untuk memeriahkan pemandangan Jembatan Ampera. Apalagi ketika malam. Mulai datang maka akan nampak pula tulisan yang bercahaya.

BACA:  Taman Punti Kayu, Hutan Wisata & Tempat Rekreasi Keluarga di Palembang

Pasalnya di tepi huruf-huruf tersebut telah tersemat sebuah lampu yang kelap-kelip alias lampu sorot. Sehingga hasil foto pun menjadi lebih memukau. Bagi yang ahli fotografi pasti punya skill untuk memiliki hasil foto yang instagramable. Anda bisa pas foto lanskap atau dengan mode epik lainnya.

Aktivitas Dilakukan di Jembatan

Image Credit: Google Maps (Pryono Sasmita)

4. Memancing di Sungai Musi

Apa yang terbersit di benak Anda ketika mendengar kata sungai? Tentu saja aktivitas yang bisa dilakukan tidak lain adalah berenang dan memancing. Namun di Sungai musi ini hanya boleh memancing ya. Sungai Musi yang sangat luas itu banyak dijadikan tempat hidup oleh ikan Lumajang dan ikan Baung.

Meski bisa menjadi spot memancing, di sini masih belum ada tempat sewa alat pancing. Otomatis pengunjung harus berinisiatif untuk membawa peralatan sendiri dari rumah ataupun bisa membeli di beberapa toko sekitar Sungai Musi. Melakukan aktivitas memancing di Sungai Musi bisa menjadi hal yang menyenangkan.

Untuk bisa mendapatkan ikan, para pemancing bisa menggunakan ikan wader maupun seluang sebagai umpan. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan ikan peder dan kocor agar ikan berhasil ditangkap.

Hasil tangkapan dari pancingan pengunjung bisa langsung dibakar. Tentunya akan sangat menyenangkan bisa piknik kecil-kecilan di tepi Sungai Musi.

5. Menikmati Sunset Sungai Musi

Untuk Anda yang sangat suka dengan matahari senja, Jembatan Ampera bisa menjadi lokasi yang tepat. Selain bisa berwisata kuliner, di tempat ini juga memiliki spot matahari terbenam yang memukau. Berdiri di tepi jembatan sambil menunggu matahari kembali ke peraduan akan menjadi pengalaman tak terlupakan.

Sungai Musi yang tidak bergelombang seakan memantulkan cahaya jingga yang begitu eksotis. Belum lagi jembatan yang terlihat begitu kokoh. Agar lebih mengesankan Anda bisa menyewa perahu dan berkeliling sungai Musi. Melewati bawah jembatan sambil melihat matahari terbenam yang indah.

6. Restoran Terapung

Wisata yang satu membuat pengunjung melakukan aktivitas yang tidak biasa, yaitu dengan kulineran di atas kapal. Jadi, Jembatan Ampera Sungai Musi memiliki konsep restoran terapung. Dengan demikian, pengunjung bisa menghampiri pedagang satu ke pedagang lainnya yang membawa makanannya di atas kapal.

Fasilitas yang Tersedia di Jembatan Ampera Palembang

Fasilitasdi Jembatan Ampera

Image Credit: Google Maps (Kevin Danudoro)

Karena termasuk area publik dan telah menjadi tempat lalu lalang kendaraan dari daerah satu ke daerah lainnya jembatan Ampera memiliki fasilitas berupa tempat makan. Selain itu, terdapat pula taman di dua ujung jembatan. Taman tersebut biasa digunakan sebagai tempat bersantai para pengunjung. Tempat ini juga difasilitasi dengan akses internet.

Itulah ulasan mengenai Jembatan Ampera yang sarat dengan kisah sejarah. Anda pasti menjadi semakin tertarik untuk segera mengunjunginya sekaligus menikmati pesona Sungai Musi. Segera rencanakan liburan Anda ke jembatan ikonik Kota Palembang.