Danau Ranau, Intip Keindahan Danau Eksotis di OKU Selatan

Danau Ranau, Intip Keindahan Danau Eksotis di OKU Selatan

Danau Ranau termasuk danau terbesar kedua di Pulau Sumatera setelah Danau Toba yang menarik untuk dijelajahi. Objek wisata alam nan eksotis di OKU Selatan yang memiliki pulau cantik tapat ditengahnya bernama Pulau Marisa.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Desa Sukamarga, Kec. BPR Ranau tengah, Kab. Oku Selatan, Sumatera Selatan; Map: Cek Lokasi

Danau Ranau merupakan danau yang sangat luas dan cantik yang terletak di provinsi Sumatera Selatan. Danau ini menjadi danau terluas ke dua setelah Danau Toba di Pulau Sumatera. Warna airnya yang biru serta banyaknya bukit hijau di sekitarnya juga pegunungan Seminung membuat para wisatawan tertarik untuk berlibur kemari.

Selain itu, Danau Ranau juga kaya akan binatang tawar seperti ikan mujair, ikan semah, ikan keprat, ikan arongan, dan banyak lagi lainnya. Sehingga ia juga menjadi mata pencaharian penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Ikan-ikan yang di tangkap oleh nelayan akan dijual kepada pemilik restoran ikan bakar yang terletak di kawasan danau cantik ini.

Sangat beragam sekali bukan kekayaan flora dan fauna di tempat ini. Tentunya sangat pas untuk rencana berlibur Anda. Namun, bukan itu saja banyak sekali hal-hal menarik yang ada di tempat ini dan harga tiket masuknya pun cukup terjangkau loh. Oleh sebab itu mari kita baca sampai habis artikel tentang Danau Ranau ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Danau Ranau

Daya Tarik Danau Ranau

Image Credit: Instagram.com @febrianggara09

1. Wahana yang Beragam

Danau Ranau memiliki wahana yang sangat beragam yang bisa dinikmati oleh para wisatawan. Tentunya wahana tersebut ada yang cocok untuk anak-anak maupun dewasa. Beberapa diantarannya adalah kolam renang berupa waterpark atau waterboom yang terletak di pinggir danau. Anda pun bisa melakukannya sambil menikmati panorama Gunung Semuning.

Adapun Arung Jeram dengan arus yang sangat deras. Arus tersebut berasal dari sungai Banyu Sablung. Namun jangan khawatir arus ini juga ada yang besar dan ada yang kecil. Sebab hal ini dikendalikan melalui bendungan. Anda juga bisa menyewa kapal karet disini.

Selain itu adapula pemandian Air Panas yang terletak di kaki Gunung Seminung atau lebih tepatnya di selatan dermaga Muara Baru. Air panas ini berasal dari kandungan asam sulfur atau belerang. Wahana wisata di tempat tersebut masih banyak lagi seperti sesebik hill, aneka air terjun, dan lain-lain.

2. Keindahan Alam

Alam Danau Ranau memang sangat indah. Selain karena airnya yang jernih sehingga tampak berwarna biru, adapun gunung dan bukit yang mengelilinginya. Anda pun akan merasakan kesejukan udara dan ketenangan di tempat ini. Apalagi jika Anda menaiki perahu, pasti akan terasa lebih nikmat.

BACA:  Benteng Kuto Besak, Benteng Peninggalan Kesultanan Palembang Darussalam

Bukit-bukit tersebut bisa Anda daki dan melihat pemandangan telaga yang cantik disertai puncak gunung yang biru ketika cuacanya sedang cerah-cerahnya. Adapun ikan-ikan yang beragam yang biasa di tangkap nelayan untuk dijual ke restoran ikan bakar. Sehingga pengunjung bisa menikmati ikan bakar sambil memandang cantiknya panorama ini.

Tempat ini juga memiliki air terjun bernama Subik Tuha. Air terjun yang sangat deras yang bersal dari gunung Seminung. Tempat ini sangat sejuk dan dingin serta menyegarkan. Banyak pepohonan hijau di sekitarnya yang akan membuat mata dan pikiran jernih.

Bukan itu saja, di tengah-tengah Danau Ranau tersebut juga terdapat pulau layaknya danau Toba yang di tengahnya ada pulau Samosir. Pulau di danau tersebut bernama Pulau Marisa. Selain itu titik terdalam danau yang terbentuk atas aktivitas gunung berapi yang meletus ini, tidak memiliki oksigen disebabkan mengandung belerang.

3. Festival Budaya

Setiap tahunnya masyarakat di sekitar Danau Ranau bekerjasama dengan pemerintah setempat untuk mengadakan festival tahunan. Festival tersebut ada banyak sekali budaya daerah atau kesenian dari masyarakat setempat. Kearifan lokal ini sangat menarik untuk ditonton.

Bukan masyarakat Lampung saja tapi masyarakat lain juga boleh berpartisipasi untuk menunjukkan karya seni maupun tarian-tarian adat. Festival ini juga membahas pentas seni, budaya, dan info pariwisata di daerah Lampung.

4. Kaya Akan Hewan Laut Seperti Ikan

Banyak sekali hewan laut yang terdapat di Danau ini. Diantaranya ikan mujair, ikan semah, ikan keprat, ikan arongan, dan banyak lagi lainnya. Hal ini juga merupakan mata pencaharian penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan. Ikan-ikan tersebut dijual kepada pemilik restoran ikan bakar yang terletak di kawasan danau ini.

Anda pun bisa menikmati ikan bakar super lezat ini di pinggir danau. Apalagi saat masih hangat. Pastinya liburan Anda di tempat ini takkan terlupakan. Saat seperti inilah sangat cocok untuk mengabadikan momen.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Danau Ranau

Alamat Danau Ranau

Image Credit: Instagram.com @norca25

Danau Ranau ini berada diantara dua provinsi, yaitu perbatasan antara provinsi Sumatera Selatan dengan Provinsi Lampung. Namun biasanya orang lewat di Desa Bandar Agung Ranau, Banding Agung yakni sebuah desa yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ulu di Provinsi Sumatera Selatan.

Ada berbagai Rute untuk menuju ke wisata ini. Pertama yaitu dari Bandar Lampung dimana akan menempuh waktu selama 6 hingga 7 jam perjalanan. Kemudian menuju ke Kota Bumi. Setelah sampai Anda akan melewati Bukit Kemuning, selanjutnya ke Liwa. Berikutnya menuju ke Kota Batu dan melewati Suka Marga dan Anda pun akan sampai di lokasi wisata danau.

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer

Selanjutnya ada rute yang ke-2, yakni jika Anda berangkat dari Kota Jakarta menggunakan transportasi umum berupa bus. Pertama pergilah ke Terminal Kampung Rambutan pilih bus dengan jurusan Jakarta – Ranau. Kemudian Anda pun akan diturunkan di wisata Danau Ranau ini. Tarifnya hanya Rp 300.000 yang sudah termasuk biaya penyebrangan Merak – Bakuheni dan sudah mendapat makan dalam perjalanan.

Adapun cara untuk biaya yang lebih murah daripada sebelumnya yakni hanya Rp 200.000 saja. Pertama Anda pergi ke terminal bus dan mencari bus jurusan Merak, Banten dan berlanjut ke pelabuhan untuk naik kabal Bakuheni. Kemudian Anda bisa menyewa mobil untuk jurusan Terminal Rajabasa Lampung.

Saat sudah sampai di Terminal Anda bisa lanjut menggunakan mobil jurusan Banding Agung – Ranau. Selain itu Anda juga bisa naik pesawat namun biayanya tentu lebih mahal daripada menggunakan dua jalur yang sudah disebutkan sebelumnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Ranau

Harga Tiket Danau Ranau

Image Credit: Youtube.com

Danau Ranau merupakan danau yang terletak di perbatasan antara dua provinsi yakni Provinsi Sumatera selatan tepatnya di Kabupaten Ogan Komerling Ulu Selatan dengan Provinsi Lampung lebih tepatnya di Kabupaten Lampung Barat.

Wahana yang bisa Anda lakukan salah satunya adalah waterboom yang harganya sekitar Rp 50.000 per orang. Kemudian Anda juga bisa menyewa perahu dengan harga Rp 300.000. Harga tersebut tentu sesuai dengan kesenangan yang akan Anda rasakan.

Untuk harga tiket masuknya cukup murah yaitu hanya Rp 10.000 saja per orang, tapi Anda harus membayar untuk menikmati wahana lainnya yang ada di tempat ini. Wah terjangkau sekali bukan? Sangat sesuai untuk Anda yang masih pelajar dan memiliki komunitas pecinta alam atau justru untuk liburan pasca kelulusan Anda.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Danau Ranau

Aktivitas di Danau Ranau

Image Credit: Menakar.com

1. Menikmati Keindahan Alam

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, tempat wisata ini memang memiliki banyak sekali keindahan alam. Bahkan hampir lengkap, mulai dari air yang jernih dengan ombak kecilnya, gunung yang berwarna biru dan menjulang tinggi, bukit-bukit hijau yang menyegarkan mata, hingga beragamnya ikan.

2. Menikmati Aneka Wahana

Pertama ada wisata air terjun Subik Tuha, yang mana ia terletak di kaki Gunung Seminung. Air terjun ini masih terjaga kealamiannya, hingga di tebingnya masih banyak lumut-lumut yang menempel. Selain itu di tempat ini juga ada pepohonan hijau disertai udaranya yang menyejukan.

Selanjutnya ada Sesebik hill, yang merupakan wahana terbaru di danau ini. Tempat ini dibangun sebagai tempat peristirahatan di perbukitan. Sehingga Anda bisa melihat keindahan Danau Ranau yang Luas didampingi Gunung Seminug.

BACA:  16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan

Ada juga wahana Arung Jeram, yang asal deras airnya dari sungai Banyu Selabung. Wisata ini sangat menantang sebab alirannya yang deras. Namun ada pun aliran sungai yang kecil sebab dikendalikan oleh bendungan. Anda juga bisa menyewa ban karet di tempat ini.

Kegiatan yang paling disukai yaitu berendam di Air panas yang berada di selatan Muara Baru. Air panas ini berasal dari Gunung Seminung ke danau yang mengandung belerang. Belerang terkenal akan manfaat loh, yang mana ia dapat menghilangkan berbagai penyakit misalnya penyakit kulit.

Terakhir ada waterboom dimana Anda bisa berenang disini, sebab kolamnya sangat luas. Anda juga tidak perlu takut hanyut, sebab ombak disini relatif kecil. Airnya juga sangat jernih karena ia berasal dari danau langsung.

3. Makan Ikan Bakar

Salah satu kegiatan yang menarik dilakukan di tempat ini yaitu menikmati lezatnya ikan bakar. Anda bisa menikmati ikan bakar yang enak ini dipinggir danau dengan cara membungkusnya. Tentu, liburan Anda menjadi takkan terlupakan apalagi jika momen ini diabadikan.

Hal tersebut bisa terjadi karena, Danau Ranau ini kaya akan ikan-ikanan yang mana ikan tersebut di tangkap oleh nelayan. Sebab, nelayan merupakan profesi utama warga setempat, sehingga tidak heran jika ikan bakar disini terasa enak dan segar.

4. Menyewa Perahu

Saat menikmati pemandangan air jernih Danau Randau lebih dekat, Anda bisa menyiasatinya dengan cara menyewa perahu. Puncak gunung yang biru serta pepohonan yang hijau bisa Anda lihat dengan nyaman dan tentram saat Anda memandangnya dari atas perahu.

Dengan menyewa perahu Anda juga bisa berfoto indah dengan latar gunung secara jelas. Selain itu Anda juga bisa pergi ke Pulau Marisa yang berada di tengah-tengah Danau menggunakan perahu. Di Pulau tersebut Anda bisa menikmati berendam di pemandian air panas.

Fasilitas Wisata yang Tersedia di Danau Ranau

Fasilitas di Danau Ranau

Image Credit: Wisma PT Pusri

Fasilitas yang dimiliki Danau Ranau bukan hanya sekedar menyajikan keindahannya saja tetapi juga banyak sekali fasilitas buatan yang menunjang kebutuhan pengunjung. Diantarannya yaitu berbagai penginapan, baik yang seperti rumah sendiri maupun hotel.

Selain itu adapula berbagai wahana seperti waterboom, festival danau, persewaan perahu, spot foto yang menarik, restoran ikan bakar, bahakan pemandian air panas pun juga tersedia di tempat wisata ini. Tentu saja fasilitas ini sangat lengkap, dengan begitu Anda bisa berlibur dengan nyaman.

Danau Ranau memiliki pesona yang indah sehingga menarik banyak wisatawan. Demikianlah informasi mengenai danau cantik di Oku Selatan ini. Sebab sudah mengetahuinya semoga rencana liburan Anda bisa tersiapkan dengan baik dan sesuai ekspektasi Anda.