Air Terjun Bidadari, Air Terjun Terindah di Karang Dalam Lahat

Air Terjun Bidadari Lahat

Air Terjun Bidadari salah satu wisata alam terindah dan tersembunyi di Lahat, Sumatera Selatan. Air terjun unik dengan pesona alam yang menakjubkan berada di tengah hutan, memiliki 7 puncak dan 3 kolam pemandian.

Harga Tiket: -, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang Lahat. Kab. Lahat, Sumatera Selatan; Map: Cek Lokasi

Air terjun yang satu ini merupakan salah satu air terjun dengan keindahan yang luar biasa yang belum terlalu dikenal oleh banyak orang. Sedikit yang tahu bahwa Air Terjun Bidadari Lahat ini digunakan sebagai latar belakang untuk film Legenda Pahit Lidah dari Lahat di Sumatra Selatan. Kawasan ini dinilai cukup mirip dengan kisah legenda tersebut.

Di kawasan ini Anda dapat menemui 7 air terjun yang mengalir dari sumber. Antar air terjun ini tidak berjarak terlalu jauh. Anda dapat mengitari kawasan ai terjun cantik ini sambil melihat keindahan alamnya yang mempesona. Ketinggian dari air terjun di kawasan ini berbeda satu dengan yang lainnya. Anda dapat menikmati keindahan alam ini tanpa bosan.

Sebelum mengunjungi Air Terjun Bidadari, tentunya Anda memerlukan beberapa persiapan tertentu sebelum memutuskan untuk berangkat mengunjungi destinasi wisata yang indah dan menarik ini. Berikut merupakan beberapa informasi sederhana yang dapat Anda simak sebagai persiapan awal sebelum mengunjungi ai terjun terindah di Kabupaten Lahat.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Bidadari

Daya Tarik Air Terjun Bidadari

Image Credit: Facebook.com @dimas.iqbal.92

1. Pemandangan Alam yang Indah

Berkunjung ke wisata alam tentunya Anda akan berekspektasi melihat pemandangan yang indah dan juga mempesona. Begitu juga dengan wisata air terjun ini. Anda dapat melihat pemandangan air yang mengalir deras dari balik tebing batu cadas yang tinggi. Di kawasan ini Anda dapat melihat batu gunung dengan berbagai ukuran. Dari yang sangat besar hingga kerikil.

Hempasan airnyapun membentuk butiran embun kecil yang membuat suasana menjadi lembab dan juga memperlihatkan titik air hingga pada siang hari dapat terlihat pelangi kecil di bawah air terjun ini. Tentunya fenomena alam ini menjadi ciri khas dari air terjun.

2. Lingkungan yang Masih Asri

Lingkungan dari kawasan wisata Air Terjun Bidadari ini masih cukup asri. Anda dapat menikmati suasana hutan tropis yang lembab dengan kesegaran udaranya yang tidak dapat dipungkiri. Udaranya yang dingin membuat suasana menjadi semakin terasa nikmat. Segala penat yang terkumpul di perkotaan tentunya akan hilang jika berlama-lama di kawasan ini.

BACA:  10 Tempat Wisata di Ogan Komering Ulu Terbaru & Terhits Dikunjungi

Pohon yang berada di kawasan ini tumbuh alami dan tidak banyak disentuh oleh manusia. Keasrian alam dari sekitar kawasan air terjun ini sangat terjamin. Anda dapat mengelilingi ketujuh air terjun dengan suasana alam yang indah ini. Walaupun harus melewati rintangan dan terjalnya gunung, namun pemandangan dan suasananya menghilangkan lelah dari perjalanan.

3. Kolam yang Jernih dan Segar

Kolam dibawah air terjun ini memiliki air yang dingin dan juga menyegarkan. Sensasi dingin dari air yang mengalir kencang ini berbeda dengan sensasi dingin yang biasa Anda rasakan. Airnya yang penuh dengan mineral membuat kesegarannya memiliki ciri khas yang berbeda dengan air sumur ataupun PDAM.

Airnya juga jernih dan bersih. Anda tidak akan menemukan sampah yang mengalir di kawasan ini. Tentunya Anda juga harus ikut menjaga kawasan ini agar tetap lestari dan dapat dinikmati hingga generasi anak dan cucu mendatang. Membuang sampah di kawasan ini juga dikatakan sebagai pamali oleh warga sekitar. Dan tentunya tidak baik untuk dilakukan.

4. Dekat dengan 6 Air Terjun Lainnya

Air Terjun Bidadari ini terdiri dari satu mata air yang terpecah menjadi tujuh air terjun yang lokasinya saling berdekatan. Anda dapat berjalan menyusuri jalan setapak yang tentunya dipandu oleh pemandu wisata yang dipercaya ataupun oleh panduan warga sekitar. Jarak antar air terjun hanya sebatas 5 hingga 15 menit berjalan kaki.

Tentunya perjalanan tersebut tidak melelahkan. Apalagi sepanjang perjalanan Anda akan dijamu dengan pemandangan alam yang indah dengan suasana ala hutan tropis khas Indonesia yang lembab.

Setiap air terjun ini memiliki ciri khas yang berbeda-beda. Dari ketinggian tebing yang berbeda satu dengan yang lain hingga kedalaman kolam yang cukup berbeda drastis. Anda dapat menikmati berenang pada kolam yang cukup dalam

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Air Terjun Bidadari

Alamat Air Terjun Bidadari

Image Credit: Facebook.com @ricky.ck.94

Air Terjun menawan ini dapat Anda kunjungi dengan membawa kendaraan pribadi maupun dengan ikut travel. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kota Lahat. Anda hanya perlu menempuh 15 menit dengan kendaraan roda empat saja untuk dapat sampai ke lokasi wisata Air Terjun Bidadari. Jalan menuju lokasi ini sudah rapi dan juga sudah diaspal dengan baik.

BACA:  10 Tempat Wisata di Prabumulih Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Namun, perjalanan Anda tidak berhenti disitu. Ketika sudah sampai di kawasan wisata ini, Anda harus melanjutkan dengan berjalan kaki. Sepanjang perjalanan Anda akan melihat pemandangan yang indah. dari perkebunan milik warga. Jalannya cukup terjal dan juga licin. Anda harus cukup berhati-hati di sepanjang perjalanan Anda menuju lokasi air terjun.

Anda juga disarankan untuk menggunakan tour guide ataupun meminta penduduk sekitar untuk mengantarkan Anda menuju air terjun. Selain karena medannya yang cukup berbahaya, kawasan ini juga cukup tertutup dan minim fasilitas penunjuk jalan. Selain itu, Anda juga disarankan untuk membawa berbagai perlengkapan yang diperlukan seperti obat ataupun kotak P3k.

Untuk masuk ke kawasan wisata Air Terjun Bidadari ini Anda hanya perlu membayar retribusi parkir kendaraan bermotor saja. Harga yang dikenakan tidak terlalu mahal dan juga tidak menguras kantong Anda. Tentunya hal seperti ini cocok untuk Anda yang senang dengan wisata backpacker.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Air Terjun Bidadari

Aktivitas di Air Terjun Bidadari

Image Credit: Facebook.com (Astri)

1. Hunting Foto

Hunting foto di kawasan ini tentu menjadi salah satu hal yang wajib Anda lakukan. Selain areanya yang indah, Anda juga dapat menemukan berbagai macam spot foto yang berbeda yang tentunya indah dan juga menarik untuk digunakan sebagai background foto yang Anda ambil.

Kombinasi warna gelap dari bebatuan dan juga semak dan pepohonan yang rindang membuat apapun objek foto yang Anda ambil akan bersinar dan menjadi pusat perhatian yang menarik. Foto yang dasarnya sudah indah akan menjadi lebih indah lagi tentunya jika Anda memperhatikan frame dan background yang digunakan di kawasan ini.

Selain itu Anda juga dapat menggunakan keuntungan indahnya suasana di waktu-waktu tertentu seperti pada saat pagi hari ataupun sore hari. Di pagi hari Anda dapat melihat matahari terbit dengan sinarnya yang memancar lurus. Pemandangan ini dapat dilihat dengan jelas di kawasan yang berembun seperti Wisata Air Terjun Bidadari Lahat ini.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Palembang Paling Populer

Di sore hari Anda dapat melihat suasana yang berbeda dari suasana pada siang hari di sekitar air terjun. Cahaya oranye menyelimuti seluruh kawasan air terjun ini. Suasana indah pada siang hari akan berubah menjadi suasana yang sendu dengan warna dasar yang hangat.

2. Berenang di Kolam

Berenang di air terjun merupakan aktivitas yang cukup menarik. Anda dapat berenang di dalam kolam yang terletak di bawah air terjun ini. Airnya cukup jernih dan juga segar. Airnya jernih hingga Anda dapat melihat dasar kolam dengan sangat jelas. Dasar kolam yang terbentuk dari batu-batu gunung yang besar membuat pemandangan kolam hingga sungainya menjadi indah.

Tentu saja Anda harus sedikit berhati-hati karena banyak lumut dan juga licin. Namun, Anda tidak perlu khawatir akan batu yang tajam. Hal ini dikarenakan batu di kawasan Air Terjun Bidadari ini mulus dan juga tidak pecah. Batu yang ada juga cukup besar dan dapat Anda gunakan sebagai objek foto yang indah.

3. Menelusuri Kawasan Sekitar

Di sekitar kawasan ini terdapat 6 air terjun yang masih menjadi satu dalam kawasan Air Terjun Bidadari ini. Anda dapat menelusuri ke 6 lokasi yang berbeda oleh karena masih dalam satu jalur dan lokasinya yang cukup berdekatan. Tentunya Anda dapat menikmati berbagai hal. Dari perjalanan hingga kawasan air terjunnya.

Perjalanan mencari air terjun ini tidak terlalu mudah. Walaupun Anda telah menggunakan tour guide sebagai pemandu, Anda tetap memerlukan stamina ekstra dan juga adrenalin yang tinggi oleh karena jalannya yang jauh, mendaki dan juga berliku-liku. Perjalanan seperti ini tentunya sangat menarik jika Anda senang dengan kegiatan gunung yang ekstrim.

Fasilitas yang Tersedia di Air Terjun Bidadari Lahat

Fasilitas di Air Terjun Bidadari Lahat

Image Credit: Facebook.com @vermes.yofiawd

Oleh karena lokasi air terjun yang masuk cukup dalam, Anda tidak dapat menemukan fasilitas yang lengkap di dalam kawasan air terjunnya. Namun Anda dapat menemukan beberapa fasilitas seperti musholla, toilet dan juga kamar mandi di dekat area parkir.

Setelah membaca informasi mengenai Air Terjun Bidadari di Kabupaten Lahat, tentunya persiapan liburan Anda akan lebih tertata dengan rapi. Anda perlu membawa berbagai bekal pribadi seperti obat-obatan, peralatan pertolongan pertama, air minum dan lain sebagainya agar perjalanan Anda selama berada di kawasan air terjun akan menyenangkan dan tetap aman.