21 Tempat Wisata di Lahat Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Lahat

Di jaman sekarang ini liburan bukan hanya sebagai sampingan saja. Melainkan banyak orang yang telah menjadikan hal itu sebagai hobi. Bahkan tak jarang yang menjadikan liburan dan bepergian sebagai mata pencaharian. Hal itu menyebabkan banyak tempat wisata dibuka dan mulai dikembangkan di Indonesia.

Indonesia memang memiliki banyak surga tersembunyi yang belum tereksplor dunia luar. Sehingga keindahannya masih terjaga. Tak heran peminat setiap tempat wisata meningkat drastis. Pengunjungnya pun di dominasi oleh turis mancanegara.

Salah satu tempat wisata  kali ini akan dibahas bertempat di Lahat, Sumatera. Meski disana menyimpan banyak tempat indah dan menarik, banyak yang belum mengetahui hal itu. Tempat wisata yang ditawarkan pun beragam. Lahat bisa dijadikan referensi menarik untuk setiap orang yang ingin berlibur. Nah, berikut ulasan tempat wisata terhits di Lahat, Sumtera Selatan yang wajib Anda kunjungi.

1. Bukit Besar Lahat

Bukit Besar Lahat

Image Credit: Travelingyuk.com

Untuk setiap orang yang menyukai ketinggian mungkin tempat ini bisa dijadikan pilihan yang tepat. Selain menyuguhkan keindahan pemandangan, tempat ini juga masih hijau dan asri. Sesuai namanya, bukit ini memiliki puncak yang luas.

Bukit dengan ketinggian 1.700 mdpl ini memiliki track yang cukup mudah. Kemiringan track sekitar 45 derajat dan cocok untuk seseorang yang ingin mencoba sensasi mendaki.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Pedara, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

2. Bukit Serelo

Bukit Serelo

Image Credit: Pegipegi.com

Tempat ini memiliki track yang cukup sulit untuk menuju puncaknya. Jika ingin menikmati pemandangan dari atas bukit ini sebaiknya melakukan pendakian bersama seseorang yang telah berpengalaman.

Namun, ketika pengunjung akan melihat pemandangan yang indah ketika sampai pada puncaknya. Selain itu, bukit ini juga memiliki keunikan tersendiri yaitu berbentuk menyerupai jempol.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

3. Air Terjun Laye

Air Terjun Laye

Image Credit: Instagram.com @mario_andramartik

Tidak banyak yang tahu bahwa Sumatra Selatan memiliki banyak sekali wisata yang dapat dikunjungi dan tidak mengecewakan. Salah satunya adalah Air Terjun Laye, terletak di Desa Sapay, Kecamatan Pagar Gunung. Air terjun ini cukup ekstrim jalurnya, karena harus menaiki tebing dengan kemiringan 80 derajat.

Namun, tidak perlu khawatir karena dari kelelahan untuk menanjak tebing, bakal terbayarkan dengan keindahan yang tersaji di Air Terjun Laye. Di mana airnya yang segar dan sejuk membuat tenang pikiran dan rasanya ingin berada di tempat itu.

Suara air yang berjatuhan membuat tentram hati dan pikiran. Jadi, destinasi wisata alam ini wajib untuk disambangi ketika berkunjung ke Lahat.

Harga Tiket: Rp 3.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sapay, Kec. Pagar Gunung, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

4. Air Terjun Buluh

Air Terjun Buluh

Image Credit: Srivijaya.id

Untuk tempat wisata yang satu ini menyuguhkan keindahan alamnya berupa air terjun. Tempat ini juga memiliki keunikan yaitu memiliki 7 tingkatan berupa undakan. Selain itu tumbuhan dan pohon di sampingnya juga menambah keindahan dari tempat ini.

Ketika pengunjung memasuki tempat wisata ini, akan merasakan keindahan alamnya yang masih alami. Udara di sekitar air terjun juga akan terasa segar dan bersih. Bagi seseorang yang ingin menghilangkan penat, air terjun buluh adalah pilihan yang tepat.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Lubuk Selo, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat, Sumatera selatan.

5. Air Terjun Gunung Nyawe

Air Terjun Gunung Nyawe

Image Credit: Google Maps (Fir Wendi)

Tidak kalah cantiknya dengan Air Terjun Laye, Air Terjun Gunung Nyawe juga sangat eksotis. Bisa juga digunakan untuk berselfie dan liburan bersama keluarga ataupun teman. Air terjun ini memiliki kolam yang dapat digunakan pengunjung untuk bersenang-senang menikmati air yang jernih dan segar.

BACA:  16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan

Lokasi Air Terjun Gunung Nyawe terletak di Desa Talang Sejumput. Bagi Anda yang ingin berlibur ke Sumatra Selatan, jangan lupa mengunjungi Air Terjun Gunung Nyawe yang bisa membuat Anda sekejap melupakan masalah Anda karena keindahannya yang masih natural dan masih bersih dari tangan-tangan manusia yang jahil.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Talang Sejemput, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

6. Green Canyon Pulau Pinang

Green Canyon Pulau Pinang

Image Credit: Wartawisata.ID

Tempat ini dinamakan seperti itu karena memang suasananya hampir sama dengan green canyon yang berada di Amerika. Mulai dari warna airnya hingga bebatuan yang menghiasi sungai ini. Pembeda dari keduanya hanya ukuran tempat ini lebih kecil.

Air yang mengalir pada sungai ini terlihat sangat jernih. Pemandangan yang mengelilinginya pun tampak indah dan asri. Selain itu, pengunjung yang datang bisa berenang dan menikmati segarnya air Green canyon pulau pinang.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Pinang , Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

7. Air Terjun Duguk

Air Terjun Duguk

Image Credit: Instagram.com @explorelahat

Dari berbagai air terjun yang berada di Sumatra Selatan, Air Terjun Duguk inilah yang terbilang unik, karena airnya tidak jatuh dari atas ke bawah, melainkan airnya mengalir melalui dinding-dinding tebing. Para wisatawan bisa menikmati air terjun ini dengan duduk-duduk di atasnya sambil menikmati suasana yang sejuk dan melepaskan beban pekerjaan untuk sementara waktu.

Keindahan yang berada di air terjun ini tidak kalah eksotisnya dengan air terjun yang ada di Kabupaten Lahat. Anda tidak perlu pergi ke luar negeri hanya untuk menikmati air terjun, Indonesia masih memiliki banyak air terjun yang belum terjamah oleh manusia dan masih terbilang asri atau natural. Salah satunya air terjun yang ada di Kabupaten Lahat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Sapaya, Kec. Pagar Gunung, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

8. Air Terjun Goa Mata

Air Terjun Goa Mata

Image Credit: Okezone.com

Tempat wisata ini juga tak kalah terkenalnya dengan yang lain. Air terjun ini tidak cukup tinggi. Namun yang menarik adalah tempat ini memiliki air yang sangat jernih. Serta keindahan alamnya yang masih terjaga dengan baik.

Biasanya pengunjung mengambil gambar dari bawah air atau biasa disebut underwater. Hasilnya pun cukup bagus untuk dipamerkan di media sosial. Hal itu menjadi daya tarik untuk membuat setiap orang datang ke tempat ini.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Serambi, Kec. Jarai, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

9. Air Terjun Panjang

Air Terjun Panjang

Image Credit: Google Maps (Siti Rahmawati)

Dikatakan Air Terjun Panjang karena memang air terjun ini berukuran panjang sekitar 50 meter. Di bawahnya terdapat kolam yang luas, bisa digunakan untuk mandi atau bersantai dengan keindahan alam di sekitarnya yang membuat mata menjadi segar kembali saat melihatnya.

Air terjun ini merupakan air terjun yang terpanjang daripada air terjun yang lain di Lahat. Jika Anda ke air terjun ini, jangan heran jika Anda bertemu dengan hewan-hewan yang ada di sana, karena hutan yang ada di sekitar air terjun menjadi tempat bagi flora dan fauna untuk hidup dan berkembang biak di sana.

Tempat ini masih menjadi tempat natural yang belum terjamah oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Jadi, jika Anda berkunjung kesini, sangat disarankan untuk menjaga kelestariannya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

10. Situs Megalitikum Batu Macan

Situs Megalitikum Batu Macan

Image Credit: Jemepadangguci.blogspot.com

Tempat wisata ini selain cocok untuk berlibur juga bisa untuk sarana belajar. Disini bisa melihat peninggalan pra sejarah berupa batu ataupun fosil. Untuk seseorang yang tertarik mempelajarinya tempat ini akan sangat menyenangkan untuk didatang.

BACA:  22 Tempat Wisata di Pagar Alam Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat ini sangat mengagumkan. Dengan datang dan mengunjunginya kita bisa mengetahui kehidupan pada masa lampau. Mempelajari cara orang yang hidup di jaman pra sejarah bisa bertahan hidup.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pagar Alam Pagun, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

11. Agrowisata Tanjung Sakti

Agrowisata Tanjung Sakti

Image Credit: Google Maps (Yogastian Trimukti)

Jika Anda bosan dengan air terjun yang berada di tengah hutan, ada suatu air terjun yang berada di pinggiran kota, yakni Taman Agrowisata Tanjung Sakti. Lokasi taman ini terletak di Desa Sindang Panjang, Kecamatan Tanjung Sakti. Agrowisata ini merupakan tempat wisata yang masih baru di Lahat, dengan berbagai fasilitas yang memadai.

Agrowisata Tanjung Sakti dibuat dengan struktur milenial, di mana para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini bisa selfie atau berfoto dengan keluarga atau pasangan. Di taman agrowisata ini dibuat juga air terjun mini yang bisa digunakan untuk bermain oleh para pengunjung yang berdatangan. Mereka bisa bersenang-senang di tempat yang indah ini.

Selain itu, Agrowisata Tanjung Sakti tidak membuang sisi alaminya. Meskipun berada dekat dengan kota, tempat ini dibuat senatural mungkin sehingga mirip dengan aslinya. Jadi mirip seperti air terjun yang terdapat di tengah hutan. Bahkan para pengunjung tidak ditarik uang untuk memasuki area taman ini, karena tempat ini gratis buat siapa saja yang ingin menikmati pesona alam di dekat kota.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Jl. Raya Manna-Pagar Alam, Kec. Tanjung Sakti Pumi, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

12. Jembatan Gantung Pagar Batu

Jembatan Gantung Pagar Batu

Image Credit: Adheb.info

Selain air terjun dan bukit, di Lahat juga memiliki tempat wisata berupa jembatan. Bahkan jembatan ini merupakan yang terpanjang di daerahnya. Sebagian orang juga masih menggunakannya untuk aktivitas keseharian.

Disamping bisa asik mengambil gambar, pengunjung bisa menikmati pemandangan dibawah jembatan yang merupakan sungai. Air yang mengalir pun juga jernih disertai dengan pohon yang masih rimbun.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Pagar Batu, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

13. Rumah Pohon “Jomblo”

Rumah Pohon “Jomblo”

Image Credit: Wisatalengkap.com

Di lahat ada sebuah rumah pohon yang dinamakan rumah pohon jomblo. Hal itu dikarenakan adanya sebuah pohon yang tumbuh di bukit itu tanpa pohon lain. Tentu hal itu merupakan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Letaknya yang di atas bukit sehingga cocok jika ingin menikmati pemandangan matahari terbit ataupun tenggelam.  Pengunjung juga bisa menjadikan pohon yang berada tak jauh dari rumah pohon untuk spot foto yang indah.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Reli, Kec.Merapi Timur, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

14. Air Terjun Maung

Air Terjun Maung

Image Credit: Infoanekawisata.blogspot.com

Air terjun maung atau bisa juga disebut curug maung. Tempat ini juga tak kalah indah dari air terjun yang dibahas sebelumnya. Hal itulah yang menyebabkan banyak orang yang tertarik mengunjunginya.

Tempat ini memiliki keunikan dengan tinggi sekitar 80 meter diatas air. Serta kelestarian alamnya yang masih terjaga meski sudah dibuka sebagai tempat wisata. Air yang mengalir pun masih sangat bersih dan jernih.

Harga Tiket: Rp 2.500; Map: Cek Lokasi
Alamat: Rinduhati, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

15. Taman Batu Organik

Taman Batu Organik

Image Credit: Ourtraveling.id

Taman ini memiliki susunan batu sebagai daya tarik pengunjung. Meski sederhana tempat ini cukup bagus untuk dikunjungi. Selain itu wisata ini memiliki keunikan yaitu batu yang disusun begitu erat merekat satu sama lain.

BACA:  13 Oleh-Oleh Khas Palembang Paling Populer

Didalam taman ini juga di tanami berbagai jenis tumbuhan dan bunga untuk mempercantik wisata ini. Hingga kini sudah banyak orang yang tertarik dan mengunjunginya.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Bandu Agung, Kec. Muara Payang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

16. Telaga Bukit Serelo

Telaga Bukit Serelo

Image Credit: Kumparan.com

Selain bukitnya yang dijadikan wisata, tidak jauh dari bukit serelo terdapat sebuah telaga yang juga dibuka untuk tempat wisata. Air yang mengalir pun masih bersih dan jernih. Hingga pengunjung bisa melihat dengan jelas bebatuan yang indah didalamnya.

Bagi seseorang yang memiliki minat untuk memacu adrenalin, maka tempat ini sangat cocok. Arusnya biasa digunakan untuk arung jeram dan olahraga sejenisnya. Hal itu yang membuat orang tertarik untuk mengunjungi tempat ini.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Padang, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

17. Penangkaran Gajah Lahat

Penangkaran Gajah Lahat

Image Credit: Twitter.com @Pesonasriwijaya

Jika tadi membahas wisata alam berupa air terjun,sungai dan bukit yang berada di lahat. Tempat ini bisa dijadikan edukasi untuk para gajah untuk dilatih menjadi jinak. Gajah tersebut yang nantinya bisa membantu aktivitas keseharian manusia.

Pengunjung bisa datang ke tempat ini dan berinteraksi langsung dengan para gajah. Selain itu pemandangan alam di sekitar penangkarang juga masih sangat terjaga dan asri. Sehingga disamping sebagai tempat wisata bisa menjadi tempat edukasi.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Perangai, Kec. Merapi Selatan, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

18. Air Terjun Tembok

Air Terjun Tembok

Image Credit: Wisatalengkap.com

Tempat wisata ini memiliki keunikan yang berbeda dari tempat wisata lain. Hal itu disebabkan air yang mengalir berasal dari bebatuan yang menyerupai sebuah tembok. Alasan itulah yang membuat tempat ini dinamai air terjun tembok.

Tentu keistimewaan dari tempat ini mengundang daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Tak heran banyak pengunjung yang mengunjungi air terjun ini untuk menghabiskan waktu liburan.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Desa Tanjung Raja, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

19. Goa Asnawi

Goa Asnawi

Image Credit: Okezone.com

Di lahat juga memiliki tempat wisata berupa goa. Tempat ini tentunya tidak kalah indah dengan destinasi wisata lainnya di lahat. Pemandangan dalam goa yang begitu istimewa membuat setiap orang kagum dan betah berada di dalamnya.

Untuk menikmati keindahan pemandangannya, pengunjung harus melewati medan yang cukup sulit. Namun tak perlu khawatir, karena tempat ini menyediakan pemandu yang berpengalaman dan bisa menjamin keamanan Anda.

Harga Tiket: -; Map: Cek Lokasi
Alamat: Sukajadi, Kec. Pseksu, Kab Lahat, Sumatera Selatan.

20. Air Terjun Haman

Air Terjun Haman

Image Credit: Okezone.com

Air terjun ini memiliki ketinggian yang tidak tinggi jika diukur dari dasar air. Sehingga pengunjung aman untuk menikmati air yang mengalir. Arus airnya pun tidak terlalu deras.

Hal itu membuat tempat ini menarik minat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain itu pun medan yang dilalui untuk sampai pada tujuan tidak sulit dan aman.

Harga Tiket: Rp 5.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Simpur, Kec. Gumay Ulu, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

21. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari

Image Credit: Jhansenmartogi.wordpress.com

Untuk destinasi wisata yang terakhir adalah air terjun bidadari. Tempat ini masih terjaga kelestarian alamnya. Tak heran air yang mengalir pun masih sangat jernih. Pepohonan yang berada di sekitarnya pun menambah keindahan tempat ini.

Menurut mitos tempat ini dijadikan pemandian para bidadari sehingga orang memberi nama air terjun bidadari. Tentunya hal itu menambah keistimewaan bagi setiap pengunjung yang datang.

Harga Tiket: Rp 10.000; Map: Cek Lokasi
Alamat: Karang Dalam, Kec. Pulau Pinang, Kab. Lahat, Sumatera Selatan.

Tempat diatas bisa Anda jadikan pilihan jika ingin menghabiskan waktu liburan. Selain karena alamnya yang masih terjaga, transportasi untuk menuju tempat wisatanya pun juga mudah. Jadi jangan ragu untuk menentukan liburan terbaik bersama keluarga ataupun teman.