Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 05.00–18.30 WIB, Alamat: Giricahyo, Kec. Purwosari, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Menjelang sore hari saat matahari mulai tenggelam biasanya menjadi momen yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Apalagi ketika cuaca sedang cerah, pasti keindahan matahari sore akan lebih terasa. Dan lagi, bila menikmati sunset dari ketinggian tepi laut pasti akan menjadikan momen romantis yang tercipta semakin kuat.

Bukit Paralayang Watugupit di Gunung Kidul bisa menjadi salah satu pilihan tempat cantik untuk melihat matahari tenggelam atau sunset. Tempat wisata ini akan memanjakan mata Anda dengan menyajikan pemandangan Pantai Parangtritis dari ketinggian dan pemandangan matahari tenggelamnya.

Kawasan ini sudah sangat populer bagi kalangan warga Jogja dan sekitarnya. Menyenangkan untuk berwisata dengan keluarga, teman, maupun sendiri. Keindahan alam yang begitu memukau dari spot-spot di tempat wisata ini pastinya akan memberikan Anda pengalaman wisata yang mengesankan.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Paralayang Watugupit

Daya Tarik Bukit Paralayang Watugupit
Image Credit: Google Maps Soul Incubator

1. Melihat Para Atlet Paralayang

Salah satu daya tarik dari bukit paralayang ini ialah melihat para atlet paralayang yang terbang diatas permukaan pantai. Bila berminat, Anda juga bisa mencoba olahraga ekstreme ini. Tak perlu khawatir akan keselamatan, sebab Anda akan dibimbing langsung oleh para ahli. Dan Anda pun bisa menikmati keindahan pantai dari atas.

2. Panorama Memukau di Atas Bukit

Bukit dengan letak yang berada di tepi pantai ini memberikan nuansa yang begitu memukau. Anda akan langsung ternganga dengan keindahan alam yang tersaji dan ingin berlama-lama berada di kawasan ini ketika baru menginjakkan kaki di atas bukit. Keindahan Pantai Parangtritis yang nyata terlihat jelas sungguh dapat membuat mata tak bisa terpejam.

3. Bukit Gupit

Bukit Paralayang tidak sendiri. Bukit ini ditemani dengan bukit lain, yakni Bukit Gupit. Bukit ini terletak di sebelah tempat wisata ini. Anda juga bisa melihat panorama indah dari bukit ini, Bukit Gupi menyajikan pemandangan Sendang Beji, Candi Gembirowati, Pasanggrahan Gembirowati dan masih banyak lagi.

4. Nuansa Puncak Tebing

Nuansa puncak tebing yang begitu indah dengan view hamparan laut biru luas akan membuat Anda merasa damai saat berada di bukit ini. Objek wisata ini sangat cocok dinikmati bersama teman, sahabat, keluarga, bahkan kekasih. Nuansa yang ada di kawasan wisata ini sungguh memberikan suasana romantis yang menawan.

Daya Tarik Dimiliki Bukit Paralayang Watugupit
Image Credit: Goole Maps Maryadi Maryadi

5. Spot Melihat Sunset Terbaik

Bila datang di sore hari, Anda tidak boleh ketinggalan untuk menyaksikan keindahan matahari tenggelam dari sudut puncak bukit. Pemandangan menakjubkan layaknya di lukisan akan bisa Anda temui di spot ini. Matahari tenggelam di sisi barat bukit ini sungguh terlihat jelas dengan semburat oranye dari pantulan air laut yang membuat suasana menjadi seketika romantis.

6. Pantai Parangtritis

Pantai yang berada di bawah bukit paralayang ini bisa membuat Anda semakin jatuh cinta dengan kawasan wisata ini. Keindahan pemandangan pantai dari atas bukit terlihat sangat menawan. perpaduan hamparan air laut berpadu dengan angin sejuk dapat merilekskan pikiran.

7. Lokasi yang Instagrammable

Saat ini banyak anak muda yang mencari tempat wisata dengan view pemandangan yang instagrammable tentunya. Bukit ini bisa menjadi pilihan bagi Anda yang sedang mencari tempat wisata yang instagrammable. Anda bisa mendapatkan foto yang menarik di kawasan wisata ini.

8. Warung Sederhana

Kawasan wisata Bukit Paralayang ini memiliki fasilitas warung dengan desain kursi dan meja yang unik dan menarik. Ketika Anda berada di warung ini pastinya akan semakin menambah nuansa estetik dan romantis yang cocok dijadikan sebagai tempat bersantai juga nongkrong sambil berbincang dan bergurau bersama teman, sahabat, atau bahkan kekasih.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Bukit Plarayang
Image Credit: Twitter GUMMYMONGIE

Yogyakarta memang sudah terkenal memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu objek wisata Yogyakarta yakni Bukit Paralayang Jogja yang berada di daerah Purwosari, Gunung Kidul. Tempat wisata ini memiliki jarak sekitar 30 kilometer atau sekitar satu jam perjalanan dari pusat Kota Yogyakarta.

Untuk menuju bukit ini, Anda bisa melakukan perjalanan menggunakan kendaraan pribadi, jasa taksi online maupun jasa ojek online. Anda juga bisa menggunakan jasa penyewaan mobil untuk rombongan.

Jika Anda berangkat dari pusat Kota Yogyakarta Anda bisa melalui Jalan Panembahan Senopati hingga sampai perempatan Gondomanan. Sampai di perempatan, belok kanan lanjut menuju Jalan Brigjn Katamso hingga bertemu lampu merah. Setelah itu Anda hanya perlu lurus hingga kea rah Jalan Parangtritis.

Anda akan menempuh perjalanan cukup panjang di Jalan Parangtritis, yakni sekitar satu jam hingga bertemu pintu masuk wisata Pantai Parangtritis. Anda bisa melanjutkan perjalanan ke Bukit Paralayang. Jalan menanjak akan Anda lalui hingga sampai ke bukit. Tak jauh, Anda akan langsung menemukan tempat parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Bukit Palarayang
Image Credit: Google Maps goriezt sw

Seperti biasa saat akan memasuki kawasan wisata dan menikmati pemandangan indahnya Anda diharuskan membayar biaya masuk. Namun Anda tak perlu cemas, sebab untuk memasuki kawasan Bukit Paralayang Watugupit ini Anda tak perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Untuk memasuki kawasan wisata ini Anda tidak lagi dikenakan tiket atau biaya. Anda hanya perlu membayar satu kali di bagian retribusi. Biaya retribusi inipun terhitung sangat murah, yakni hanya Rp 5000,- per orang. Juga biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2000,- untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000,- untuk kendaraan roda empat.

Kawasan wisata ini bisa menjadi salah satu alternatif liburan ramah kantong saat Anda sedang berada di Yogyakarta. Walaupun dikatakan cukup murah, Anda bisa mendapatkan panorama pemandangan alam yang sangat menakjubkan. Anda bisa sejenak melepaskan beban pikiran dan berlibur ke kawasan bukit cantik ini.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Paralayang

Aktivitas Menarik Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps annisa nur istiana

1. Bersantai dan Menikmati Pemandangan

Anda perlu menyisihkan sebagian waktu Anda untuk bersantai agar segala beban terasa lebih ringan. Waktu rileks dan santai sangat diperlukan bagi kesehatan tubuh, salah satunya yakni untuk mengembalikan semangat kerja. Anda bisa sejenak santai dengan berlibur ke bukit paralayang dan mengembalikan semangat kerja juga menghilangkan rasa lelah Anda.

2. Berburu Foto

Lokasi wisata di bukit ini tidak hanya menyuguhkan kenampakan alam yang cantik dan tapi juga mendapat perawatan yang bik oleh pengelola. Tidak heran bila fasilitas di sekitar Bukit Paralayang ini sudah tertata rapi dengan berbagai spot foto yang menarik.

3. Melihat Panorama Pantai Parangtritis

Anda bisa menikmati keindahan Pantai Parangtritis yang terletak di bawah perbukitan ini. Sensasi angin sejuk berpadu dengan hamparan laut biru akan menjadi pengalaman menarik yang bisa Anda dapat di kawasan wisata ini.

4. Berpiknik

Kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah piknik. Anda bisa berpiknik dengan keluarga atau teman-teman Anda. Dengan membawa tikar dan beberapa makanan ringan Anda sudah bisa berpiknik sambil menikmati suasana alam yang disuguhkan. Bila malas membeli makanan, Anda bisa cukup membawa tikar dan membeli makanan di penjual makanan yang tesedia.

5. Menikmati Sunset dan Sunrise

Bukit Paralayang Jogja merupakan kawasan wisata yang memiliki pemandangan sangat mengagumkan saat menjelang sore hari. Ketika sore hari saat cuaca sedang cerah Anda bisa menikmati momen sunset di tempat ini. Suasana tenang nan romantis akan tercipta saat semburat warna oranye di langit bagian barat bertemu dengan hamparan Pantai Parangtritis

Selain itu, bila datang di pagi hari Anda juga bisa menikmati indahnya sunrise yang ada di bukit ini. Anda bisa datang sekitar jam 05.30 pagi untuk bisa menyaksikan matahari terbit yang tak kalah indah dari panorama matahari tenggelam.

Aktivitas Menarik di Bukit Paralayang
Image Credit: Google Maps GHoLiB

6. Berjalan-jalan di Pantai Parangtritis

Di bawah bukit ini juga terdapat Pantai Parangtritis yang menawan. Anda bisa turun dan berjalan-jalan di pantai ini untuk mendapat sensasi lain saat sedang berlibur di kawasan wisata ini. Selain hanya berjalan-jalan Anda dapat pula bermain main dengan air laut dari Pantai Parangtritis.

7. Menikmati Kopi Sambil Menikmati Keindahan Alam

Udara di atas bukit yang dingin dan juga sejuk sangat cocok untuk minum seduhan kopi yang bisa menghangatkan tubuh. Di sini Anda bisa menemukan beberapa penjual yang menyediakan kopi atau teh. Pasti sangat menyenangkan bisa menyeruput segelas kopi sambil menikmati panorama alam yang tersaji di sekitar bukit.

8. Mencoba Paralayang

Bukit ini menjadi tepat favorit bagi penggemar paralayang. Di sini Anda akan menemui banyak atlet paralayang yang sedang berlatih. Anda bisa mencoba kegiatan paralayang di Bukit Paralayang Watugupit. Pengelola menyediakan jasa penyewaan parasut paralayang bagi yang ingin mencoba.

9. Menikmati Camilan Sambil Memandangi Keindahan Alam

Menikmati camilan atau makanan ringan sambil memandangi keindahan alam adalah suatu hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa memakan makanan ringan sambil menikmati keindahan bukit juga hamparan air laut pantai yang terlihat sangat cantik dari atas bukit.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Bukit

Fasilitas Bukit Plarayang
Image Credit: Google Maps Ikramullah Sultana

Fasilitas dan layanan di suatu tempat wisata memang sangat diperlukan untuk menunjang kenyamanan para pengunjung. Fasilitas yang ada di Bukit Paralayang sudah cukup menunjang untuk keperluan dan kenyamanan para pengunjung. Fasilitas yang ada di Bukit Paralayang ini sungguh dikelola dengan baik oleh para pihak pengelola.

Kawasan wisata ini pun juga terus dikembangkan demi menunjang kenyamanan pengunjung. Hal ini dapat dibuktikan dengan fasilitas yang disediakan. Fasilitas-fasilitas tersebut meliputi area parkir yang sangat luas untuk bisa menampung ribuan kendaraan, warung dan penjual makanan, tersedia tempat ibadah juga kamar mandi dengan kebersihan yang terjaga.

Fasilitas lain dari kawasan wisata ini yakni seperti kolam renang yang ada di dekat pantai, yang bisa digunakan oleh anak anak. Tepat di bukitnya, terdapat tangga yang dapat memudahkan pengunjung. Terdapat pula bangku bangku yang dapat dipakai untuk duduk sambil menikmati panorama keindahan pantai dari atas. Anda tak perlu khawatir celana kotor dengan disediakannya bangku ini.

Nah, itulah tadi beberapa hal menarik yang ada di kawasan wisata Bukit Paralayang Watugupit di Gunung Kidul, Jogja. Bukit dengan keindahan panorama pantai yang bisa memanjakan mata siapapun yang berada di sana. Kesimpulannya tempat wisata ini merupakan tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan namun dengan biaya masuk yang terbilang cukup ramah di kantong.