Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Songbanyu, Kec. Girisubo, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Wisata pantai yang ada di Yogyakarta memanglah tak pernah mengecewakan pengunjung dari mana saja mereka datang. Termasuk pula bagian di laut Selatan, kawasan tersebut menyuguhkan lanskap lautan yang mengesankan dengan rata-rata ombak berintensitas tinggi, salah satunya Pantai Krokoh.

Berada di Kabupaten Gunung Kidul, pantai yang mempesona ini sejatinya belum terlalu terkenal untuk kebanyakan pengunjung. Apalagi jaraknya pun tergolong jauh bila bertandang dari pusat perkotaan Yogyakarta, bahkan terletak di perbatasan Gungkidul dan Wonogiri.

Akan tetapi, pemandangannya siap mengistirahatkan rasa cape yang mungkin Anda alami. Suasanya sangatlah asri serta jauh dari sampah yang berserakan. Pasir putih yang menghampar mampu menyegarkan panorama di sekitar. Terdapat banyak hal yang bisa dilakukan setelah Anda menginjakkan kaki di Pantai Krokoh.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Krokoh

Daya Tarik Pantai Krokoh
Image Credit: Google Maps Bernardinus Axcel

1. Batuan Karang

Baik pada saat airnya pasang maupun surut, Anda tetap dapat menyaksikan batuan karang yang eksotis di kawasan Pantai Krokoh. Namun, kondisinya akan tampak lebih menawan ketika air lautnya sedang surut. Hal itu karena karang dan rumput laut di dasar laut akan muncul hingga ke permukaan.

Sehingga, sangat menarik minat pengunjung untuk menjelajahi lebih jauh lagi. Tetapi, ketika airnya pasar Anda dapat melihat tebing karang pada sisi-sisi pantai sembari memanfaatkan kondisi lautan. Tebing karang itu berwarna hitam dan sedikit abu-abu yang di atasnya ditumbuhi oleh pepohonan yang subur.

Lanskap tersebut tidak pelak memunculkan kesan natural yang mempesona yang mana dapat membuai pengunjung untuk lama-lama menghabiskan waktu berliburnya di Pantai Krokoh. Kadang juga Anda memiliki pilihan untuk menjadikannya sebagai tempat istirahat mengingat kalau fasilitas di sana masih terbatas.

Cari saja batuan yang terbilang cukup bersahabat untuk dipakai duduk barang sejenak sembari mengumpulkan energi kembali. Tentunya Anda tidak akan kecewa dengan hal semacam ini.

2. Bebas dari Sampah yang Berserakan

Telah menjadi suatu masalah umum kalau di Pantai Krokoh kerap kali dijumpai sampah yang berterbaran. Khususnya di tempat wisata alam dengan penjagaan yang kurang ketat sebab tak sedikit pengunjung yang enggan membersihkan sampahnya sendiri.

Hal itu mengakibatkan tempat wisata berkurang drastis serta berpotensi untuk menurunkan minat pengunjung. Namun, di Pantai Krokoh, kondisi itu masih bisa dicegah yang mana tampilannya menyeluruh tampak bersih dari adanya sampah anorganik.

Kalaupun Anda menjumpai sampah, maka itu biasanya ada dari daun pepohonan yang ada di sekitarnya. Untuk itu, tak salah untuk masuk dalam daftar berkunjung bila berharap dapat menikmati waktu dengan seutuhnya. Anda akan dijauhkan dari perasaan rishi akibat sampah yang bertebaran.

Suasanya yang sepi pun akan menjadikan agenda Anda untuk hangout dengan taman menjadi semakin berkesan. Terdapat kebebasan yang seolah-olah menanti ketika menginjakkan kaki Anda di atas tempat wisata yang eksotis tersebut.

3. Hamparan Pasir Putih yang Mengkilau

Pasir merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan hampir selalu dapat Anda jumpai ketika mampir ke tepian pantai. Akan tetapi, tak seluruh hamparan pasir menyuguhkan pemandangan mempesona, bahkan tak jarang sebagiannya justru tampak rusak dan tidak terawat.

Pantai Krokoh termasuk diantara sedikitnya pantai pasir putih yang dimiliki Gunung Kidul yang tetaplah bersih walau berulang kali dikunjungi oleh pengunjung. Tak hanya jalan menyusuri butiran pasir saja, Anda bahkan dapat memilih berbaring sembari merasakan alamnya yang sunyi di sekitar.

Bahkan, kondisinya terlihat berkilauan ketika bersentuhan dengan teriknya matahari. Oleh sebab itu, Anda jangan sampai tidak merasakan indahnya pasir putih yang ditawarkan oleh pantai tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Krokoh
Image Credit: Google Maps Rochmat Purwanto

Berada di perbatasan Wonogiri dan Gunung Kidul, ada baiknya bila Anda memakai kendaraan pribadi ketika tertarik untuk berwisata ke Pantai Krokoh yang menjadi andalan di Yogyakarta ini. Hal ini akan lebih asyik ketika dilakukan dengan kawan sembari mempersiapkan diri melalui hari yang menggembirakan di Desa Songbanyu.

Harus ditempuh setidaknya 2 jam lebih, sehingga ada baiknya bila Anda gentian menyetir supaya tak begitu capek. Apalagi, medan untuk menuju ke Kabupaten Gunung Kidul yang ada di Kecamatan Girisubo, Yogyakarta ini kurang bersahabat dengan jalan cor serta masih didominasi dengan hutan.

Ingatlah kalau peta online akan selalu bisa diandalkan selama koneksi Anda mencukupi. Hal ini akan meminimalisir Anda mengalami tersesat saat ada di tengah perjalanan menuju ke pantai tersebut.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Pantai Krokoh
Image Credit: Google Maps Febri Wahyudi

Belum terdapat tiket atau biaya khusus yang diberlakukan kepada tiap pengunjung di Pantai Krokoh yang sangat asri ini. Akan tetapi, kondisi tersebut dapat saja berubah seiring dengan berlalunya waktu. Oleh sebab itu, tak ada salahnya apabila Anda mempersiapkan uang.

Bagaimanapun, tarifnya tak akan lebih tinggi dibandingkan dengan standar umum pariwisata pantai yang berada di Kabupaten Gunung Kidul. Umumnya berkisar diantara 5 ribu hingga 20 ribu rupiah menyesuaikan dengan keadaan fasilitas yang disediakan di dalamnya.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Krokoh

Aktivitas Menarik Pantai Krokoh
Image Credit: Google Maps Agus Greenterior

1. Menikmati Segarnya Air Laut

Main di dalam air adalah agenda yang wajib ketika Anda datang ke Pantai Krokoh walau tentunya wajib tetap hati-hati. Ombak di sana tak terlalu kuat di bagian pesisirnya, tetapi perlahan makin kencang ketika ke tengah laut.

Artinya Anda hanya perlu menikmati suguhan air laut yang terdapat di dekat tepian supaya meminimalisir pengunjung terkena bahaya. Aktivitas seperti berenang ataupun sekedar rendam di dalam air cukup seru untuk Anda coba ketika berkunjung sendirian.

Lingkungannya yang bersih dimana sampah tak terlihat di permukaan air menjadi kelebihan yang menjanjikan. Semua pengunjung bisa mengoptimalkan pengalaman main air tanpa merasa terganggu.

2. Menyaksikan Sunrise

Sebagian pengunjung memang kesusahan untuk datang dengan lebih pagi ke Pantai Krokoh. Tetapi percayalah kalau pantai ini menawarkan kecantikan maksimal di pagi hari. Untuk itu, perjalanan wisata dari rumah maupun penginapan Anda bisa dilakukan sedini mungkin.

Di sekitaran pantai cantik tersebut terdapat beberapa tebing yang dapat Anda daki saat hendak menyaksikan sunrise. Ditemani dengan udara sejuk di pagi hari dan deru ombak yang mengenai bebatuan. Jangan sampai Anda melewatkan pemandangan matahari terbit bila Anda memiliki kesempatan untuk melihatnya secara langsung.

3. Camping di Pantai Krokoh

Bila Anda mempunyai keberanian yang cukup, maka camping di pantai ini bukan ide yang buruk. Kegiatan tersebut layak dicoba karena kondisinya masih sepi orang serta terasa natural jika dibandingkan dengan pantai serupa yang lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Krokoh
Image Credit: Google Maps Wahyu Nugroho

Walaupun belum memiliki popularitas di mata pengunjung, namun Pantai Krokoh sendiri sudah mempunyai fasilitas standar guna memudahkan pengalaman Anda dalam berlibur. Keperluan seperti makan tak perlu dicemaskan sebab ada beberapa warung miliki orang lokal yang dibuka dalam kawasan wisata yang indah tersebut.

Demikian pula ketika Anda hendak bilas badan setelah main di dalam air, dimana ada kamar mandi guna mewujudkannya. Oleh sebab itu, Anda dapat tenang berkunjung dengan bawa baju ganti sebagai pencegahan kalau saja baju awal basah secara menyeluruh.

Mengenai shalat pun tak harus dikhawatirkan sebab terdapat mushola kecil di kawasan pantai mempesona tersebut. Hanya saja, Anda sebaiknya bawa peralatan shalat sendiri supaya tak harus mengantre ketika tiba di sana. Pengunjung juga harus menjaga kebersihan dan kesucian mushola.

Kesunyian yang ada di Pantai Krokoh sebetulnya bagian 2 sisi mata uang, yang mana memiliki pro dan kontra. Hal ini justru menjadi keunikan di pantai tersebut yang patut sekali untuk Anda kunjungi.