20 Tempat Wisata di Sorong Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat Wisata Sorong

Sorong merupakan salah satu kota atau kabupaten yang masuk ke dalam wilayah provinsi Papua Barat. Meskipun bukan ibukota provinsi, namun kota ini tak kalah ramai dengan kota terkenal Papua seperti Jayapura.

Salah satu alasan banyak orang mengunjungi Sorong adalah karena ingin merasakan keindahan destinasi wisata yang dimiliki. Dikenal sebagai gerbang masuk Raja Ampat, Sorong menghadirkan berbagai macam jenis wisata yang menakjubkan mulai dari wisata bahari, wisata alam, wisata sejarah, dan wisata lainnya.

Sudah penasaran apa saja tempat wisata di Sorong yang sayang untuk dilewatkan? Berikut ini adalah rekomendasi tempatnya untuk Anda yang hobi traveling.

1. Pulau Doom

Pulau Doom

Lokasi: Doom, Kec. Kepulauan, Kota Sorong. – Image Credit by Bisniswisata.co.id

Pulau yang berbatasan langsung dengan samudera pasifik ini memiliki keindahan yang tak perlu diragukan lagi. Pasir putih yang luas serta batu karang yang indah menjadi alasan banyak wisatawan mengunjunginya setiap hari.

Tak hanya itu saja, ternyata Pulau Doom juga menyimpan nilai sejarah yang tinggi. Anda bisa menemukan bangunan-bangunan lawas seperti penjara Doom, lapangan sepak bola, kantor Hoofd Van Plaatselijik Bestuur, dan berbagai bangunan peninggalan penjajahan Belanda lainnya.

2. Danau Ayamaru

Danau Ayamaru

Lokasi: Framu, Kec. Ayamaru, Kab. Maybrat. – Image Credit by Travelingyuk.com

Untuk sampai ke danau ini, Anda harus melakukan perjalanan cukup jauh yaitu sekitar 7 jam dari pusat kota Sorong. Namun perjalanan melelahkan tersebut akan terbayar dengan keindahan dan keasrian alamnya.

Di sekeliling danau terdapat perbukitan dan pepohonan yang menambah kesejukan udara di sekitarnya. Anda pasti suka berwisata ke tempat ini karena warga sekitar menjaga danau dengan baik agar tetap bersih dan asri.

3. Pulau Buaya

Pulau Buaya

Lokasi: Pulau Buaya, Kec. Sorong Kepulauan, Kota Sorong. – Image Credit by Phinemo.com

Dari namanya saja pulau ini cukup menarik untuk disinggahi ketika berwisata ke kota Sorong. Dinamakan pulau buaya karena pulau ini memiliki bentuk seperti buaya. Untuk bisa sampai ke Pulau Buaya Anda hanya perlu menaiki kapal kecil yang pelabuhannya bisa dijangkau dengan mudah.

Jenis wisata yang paling disukai pengunjung adalah wisata bahari. Pengunjungnya yang tidak terlalu banyak membuat air di sekitar Pulau Buaya lebih bersih dan jernih sehingga Anda bisa menikmati pemandang dengan lebih baik.

4. Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari

Lokasi: Tj. Kasuari, Kec. Sorong Barat, Kota Sorong. – Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Pantai Tanjung Kasuari merupakan destinasi wisata di Sorong yang paling terkenal bahkan hingga ke mancanegara. Tak lengkap rasanya berkunjung ke Sorong jika tidak mampir ke pantai yang terkenal akan pasir putihnya ini.

Di pantai ini, Anda bisa merasakan keindahan layaknya pantai-pantai yang ada di Pulau Bali. Hamparan pasir putih yang bersih bisa Anda nikmati di bawah rindangnya pepohonan yang ada. Anda yang hobi camping bersama teman bisa melakukannya di pantai ini karena suasananya sangat cocok untuk camping.

5. Taman Wisata Alam Sorong

Taman Wisata Alam Sorong

Lokasi: Klasaman, Kec. Sorong Timur, Kota Sorong. – Image Credit by Tutorialwp2017.wordpress.com

Taman Wisata Alam Sorong merupakan hutan lindung dengan berbagai macam jenis hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya. Taman ini sangat cocok untuk Anda yang ingin berlibur bersama keluarga dan mengajak serta buah hati.

Ada berbagai macam aktivitas yang bisa dilakukan seperti outbond dan berkemah. Namun Anda harus membawa perlengkapan sendiri karena tidak ada jasa penyewaan yang menyediakannya. Selain aktivitas tersebut, Anda juga bisa melihat air terjun dengan air yang bening di sekitar taman.

6. Pulau Um

Pulau Um

Lokasi: Jl. Sorong – Tambrauw, Malaumkarta, Kec. Makbon, Kab. Sorong. – Image Credit by Reyginawisataindonesia.blogspot.com

Pulau Um terletak di Makbon yaitu desa pedalaman yang tidak jauh dari pusat kota Sorong. Pulau ini dikenal masyarakat sebagai tempat tinggal binatang kelelawar dan juga burung camar. Meskipun begitu, Pulau Um memiliki daya tarik tersendiri untuk Anda kunjungi.

Aktivitas yang bisa Anda lakukan di pulau ini diantaranya adalah merasakan sensasi berenang di dekat sapi laut, menangkap lobster, menyelam, dan aktivitas lainnya. Jika beruntung, Anda bisa mencicipi ikan segar dari nelayan yang singgah di Pulau Um.

7. Pantai Saoka

Pantai Saoka

Lokasi: Saoka, Kec. Sorong Barat, Kota Sorong. – Image Credit by Phinemo.com

Meski memiliki nama yang hampir sama dengan Pantai Soka di Bali, namun Pantai Saoka di Sorong memiliki daya tarik yang berbeda. Airnya yang jernih, pasirnya yang bersih, serta ombak berdebur menjadi pemandangan yang bisa Anda saksikan di pantai ini.

Terdapat batu karang dengan ukuran raksasa yang dapat Anda gunakan untuk menikmati pantai dari arah yang berbeda. Jangan lupakan pepohonan rindang yang membuat suasana menjadi semakin sejuk.

8. Tembok Berlin

Tembok Berlin

Lokasi: Jl. Yos. Sudarso, Kampung Baru, Kec. Sorong, Kota Sorong. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Jika Tembok Berlin di Jerman memisahkan antara Jerman Barat dan Jerman Timur, maka Tembok Berlin di Sorong memisahkan Jalan Raya dengan Kawasan Pantai. Tembok yang memanjang di pesisir Sorong ini memiliki ketinggian yang cukup rendah yaitu sekitar 1 meter saja.

Dengan tembok yang tidak terlalu tinggi, Anda bisa melihat pemandangan pantai dengan lebih nyaman. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Tembok Berlin adalah di sore hari. Pasalnya di waktu tersebut Anda bisa melihat sunset sembari menikmati kuliner yang dijual di sekitar lokasi.

9. Puncak Arfak

Puncak Arfak

Lokasi: Jl. Puncak Arfak No. 22, Klasuur, Klabala, Kec. Sorong Barat, Kota Sorong. – Image Credit by Mytrip.co.id

Puncak Arfak menjadi destinasi wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat berada di kota Sorong. Seperti puncak pada umumnya, Anda bisa melihat keindahan kota Sorong secara landscape melalui ketinggian.

Pemandangan akan terlihat lebih indah jika Anda datang di saat malam hari. Selain bintang yang terlihat dekat, lampu-lampu yang menyinari kota Sorong juga terlihat menarik untuk diabadikan.

10. Air Terjun Sasnek

Air Terjun Sasnek

Lokasi: Sasnek, Kec. Sawiat, Kab. sorong. – Image Credit by Lifestyle.okezone.com

Selain Air Terjun Sasnek, masyarakat sekitar juga menyebut air terjun ini dengan Air Terjun Sefrok. Namanya memang terbilang unik untuk Anda yang berasal dari luar Papua. Namun jangan salah, keindahan yang dihadirkan dapat memanjakan mata Anda.

Di tempat wisata ini, Anda bisa menemukan ikan-ikan kecil yang berenang di bawah jernihnya air. Anda juga bisa merasakan dinginnya air atau berfoto di spot-spot menarik yang ada di sekitar air terjun.

11. Puncak Petik Bintang

Puncak Petik Bintang

Lokasi: Ayawasi, Aifat Utara, Kab. Maybrat. – Image Credit by Mytrip.co.id

Puncak Petik Bintang sebenarnya merupakan tempat tertinggi dari Trans Papua. Namun karena pemandangan indah yang dihadirkan cukup menakjubkan, masyarakat sekitar sering mengunjunginya sebagai tempat wisata.

Selain menikmati pemandangan dari ketinggian, Anda juga bisa mengambil gambar yang indah dengan background yang menarik. Banyak wisatawan tertarik datang ke Puncak Petik Bintang karena berada di sini seperti berada di atas awan.

12. Sungai Kohoin

Sungai Kohoin

Lokasi: Klablim, Kec. Sorong Selatan, Kota Sorong . – Image Credit by Jalanblog.wordpress.com

Sungai Kohon terletak di Sorong Selatan yang terkenal akan destinasi sungainya. Ada banyak sekali sungai menarik di tempat ini, salah satunya yaitu Sungai Kohoin.

Selain sungai, Anda juga bisa menikmati pemandangan air terjun mini yang ada di lokasi. Airnya Sungai Kohoin sangat jernih jadi Anda bisa berenang dengan puas.

13. Pantai Walio

Pantai Walio

Lokasi: Moraid,Kec. Seget, Kab. Sorong. – Image Credit by Pidii.info

Setelah lelah dengan aktivitas kota, mengunjungi pantai merupakan cara terbaik untuk mengembalikan semangat dan energi yang hilang. Pantai Walio bisa menjadi destinasi wisata Sorong menarik untuk Anda yang ingin melepas penat.

Selain menikmati pemandangan, kegiatan yang paling banyak dilakukan pengunjung Pantai Walio adalah berselancar. Ombak yang ada di pantai ini memang sangat cocok digunakan untuk berlatih selancar.

14. Danau Framu

Danau Framu

Lokasi: Framu, Kec. Ayamaru, Kab. Maybrat. – Image Credit by Muslimtravelergirl.com

Selain sungai, Sorong Selatan juga memiliki destinasi wisata alam lain yang tak kalah menarik yaitu Danau Framu. Danau ini terlihat unik dan menarik untuk dilihat karena mampu menyajikan pemandangan gradasi warna dari hijau ke biru muda yang memanjakan mata.

Karena jarang dikunjungi, Danau Framu termasuk bersih sehingga Anda bisa berenang dengan nyaman. Anda harus membantu menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya saat berkunjung.

15. Jembatan Tarof

Jembatan Tarof

Lokasi: Jl. Yos. Sudarso, Klasuur, Kec. Sorong, Kota Sorong. – Image Credit by Regional.kompas.com

Jembatan yang berlokasi di Distrik Kokoda ini terlihat sangat unik sehingga banyak dikunjungi. Bagaimana tidak, jembatan ini memiliki panjang yang lebih panjang daripada jembatan biasanya. Karena letaknya sedikit menjorok ke laut, masyarakat sekitar juga menggunakan Jembatan Tarof sebagai dermaga.

Banyak hal menarik yang bisa Anda lakukan di tempat ini seperti berfoto atau melihat pemandangan. Pasalnya, pemandangan di jembatan Tarof cukup indah dan akan menjadi kenangan tak terlupakan.

16. Sungai Kais

Sungai Kais

Lokasi: Kec. Kais, Kab. Sorong Selatan. – Image Credit by Calandraadventures.blogspot.com

Sama seperti Sungai Kohoin, Sungai Kais juga berada di daerah Sorong Selatan tepatnya di Distrik Kais. Meski tidak sejernih sungai lainnya, namun sungai ini memiliki daya tarik tersendiri untuk Anda kunjungi. Terutama bagi Anda yang sudah bosan dengan destinasi wisata terkenal, sungai ini layak untuk dicoba.

Di sepanjang sisi Sungai Kais tertanam pepohonan rindang yang membuatnya terlihat seperti Sungai Amazon. Namun Anda harus berhati-hati jika berenang atau bermain di sungai ini karena terdapat buaya yang hidup di dalamnya.

17. Tanjung Batu

Tanjung Batu

Lokasi: Jl. Tj. Kasuari, Malaingkedi, Kec. Sorong Manoi, Kota Sorong. – Image Credit by Putrabalantak.blogspot.com

Selain Tanjung Kasuari, Tanjung Batu juga layak untuk Anda kunjungi karena pemandangannya tak kalah menarik. Bahkan banyak orang yang sering mengira bahwa Tanjung Batu dan Tanjung Kasuari merupakan destinasi yang sama.

Kedua destinasi tersebut sebenarnya tidaklah sama, bahkan Tanjung Batu terletak lebih jauh dibandingkan Tanjung Kasuari jika datang dari pusat kota. Namun bagaimanapun, Tanjung Batu memiliki keindahan yang harus Anda rasakan sendiri.

18. Telaga Bintang

Telaga Bintang

Lokasi: Saukabu, Kec. Waigeo Barat Kepulauan, Kab. Raja Ampat. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Telaga Bintang menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik terutama untuk Anda pecinta alam. Pasalnya, untuk sampai ke lokasi Anda harus melakukan trekking dengan rute yang lumayan sulit.

Meskipun begitu, keindahan yang dihadirkan setelah sampai di telaga akan membuat Anda lupa akan kelelahan setelah trekking. Jangan lupa melakukan persiapan dengan baik sebelum mulai mengunjungi destinasi wisata ini.

19. Pagoda Sapta Ratna

Pagoda Sapta Ratna

Lokasi: Jl. Sapta Taruna, Kec. Sorong Utara, Kota Sorong. – Image Credit by Bisniswisata.co.id

Pagoda Sapta Ratna merupakan destinasi wisata berupa pagoda bagi Cina Budha yang tinggal di wilayah Papua Barat. Berada di atas bukit, pagoda ini memiliki bangunan yang unik dan artistik sehingga bisa digunakan sebagai lokasi berfoto.

Selain bangunannya yang indah, Anda bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan dari atas pagoda ini. Sebagai tempat wisata yang religius, Anda harus menjaga sikap selama berkunjung ke Pagoda Sapta Ratna.

20. Pantai Dofior

Pantai Dofior

Lokasi: Jl. Dr. Sam Ratulangi No.35, Klabala, Kec. Sorong Barat, Kota Sorong. – Image Credit by Antarafoto.com

Pantai Dofior merupakan pantai yang dibatasi dengan destinasi wisata lain yaitu Tembok Berlin. Jika berkunjung ke tembok tersebut, Anda bisa sekaligus menikmati pemandangan dari Pantai Dofior ini.

Meskipun terhalang oleh tembok setinggi 1 meter, namun Anda masih bisa merasakan keindahan yang dihadirkan dari Pantai Dofior. Selain menikmati pemandangan, Anda bisa mengabadikan momen dengan berfoto karena latarnya sangat bagus untuk diunggah ke sosial media.

Itulah 20 lokasi wisata di Sorong yang bisa Anda kunjungi ketika berwisata di daerah Papua Barat. Lakukan persiapan dengan matang karena destinasi-destinasi tersebut tidak akan bisa dikunjungi dalam satu hari saja. Selamat menikmati liburan di kota Sorong.