Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Padang Sidempuan, Kec. Pandan, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara; Map: Cek Lokasi

Pantai Pandan adalah salah satu pantai di Pesisir Sibolga, Tapanuli Tengah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Medan, Sibolga, dan daerah sekitarnya. Memiliki warna yang cantik, perpaduan dari air laut berwarna biru jernih, pasir putih, dan pepohonan rindang, pantai ini menjadi salah satu destinasi favorit bagi para wisatawan. Karenanya pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Berada di sebuah teluk membuat pantai ini memiliki ombak yang tenang. Pasir putihnya yang halus juga menyenangkan untuk dinikmati dengan kaki telanjang. Beberapa rombongan wisatawan bahkan juga seringkali terlihat bersepeda di sekitar pantai. Dengan pepohonan yang rindang, wisatawan akan betah berlama-lama berada di sana.

Masyarakat di sekitar Pantai Pandan juga memiliki keunikan. Letak geografis Sibolga yang berbatasan dengan Sumatera Barat membuat budaya masyarakat juga bercampur. Masyarakat mencampur bahasa Batak dan Minang, sehingga menghasilkan aksen yang unik. Anda akan mendengarnya jika berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Pandan

Daya Tarik Pantai Pandan
Image Credit: Facebook.com @astrahondacare

1. Keindahan Pantai

Tidak kalah dengan pantai-pantai lain yang memiliki keindahan mempesona, pantai ini juga memiliki keindahan yang akan memikat hati Anda. Suasana yang teduh karena pepohonan, juga pasir putih lembut, serta ombak yang tenang. Anda tidak perlu khawatir bermain-main air atau sekedar berjalan-jalan di sekitar pantai.

Pantai Pandan juga bersih, tidak ada sampah yang berserakan di sembarang tempat. Tentu saja ini sangat berpengaruh dengan keindahan. Anda tentu akan merasa jauh lebih nyaman menikmati tempat wisata tanpa terganggu oleh sampah yang berserakan. Kebersihan pantai ini sudah sepatutnya juga dijaga oleh pengunjung itu sendiri dengan membuang sampah pada tempat yang sudah disediakan.

2. Sunset

Pantai merupakan tempat yang selalu menjadi pilihan untuk melihat keindahan sunset. Demikian juga dengan pantai Pesisir Sibolga ini. Anda dapat melihat matahari tenggelam dengan warna langit yang kekuning-kuningan. Menikmati sunset bersama orang terkasih di pantai ini pasti akan jauh lebih romantis.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Pandan
Image Credit: Instagram.com @dianfebe

3. Perahu Nelayan

Pantai yang tenang membuat banyak nelayan dapat mencari ikan di perairan Pantai Pandan ini. Jika sore hari, perahu-perahu ini justru menjadi daya tarik tersendiri. Dengan latar matahari tenggelam dan langit merah kekuningan, perahu-perahu ini membuat pemandangan yang ada di depan mata Anda tampak seperti lukisan alam.

4. Flora dan Fauna

Selain keindahan alamnya, pantai ini juga menyimpan flora dan fauna yang cantik. Masyarakat di sekitar pantai terus menjaga dan melestarikan tanaman dan juga pepohonan di sekitar pantai. Tidak hanya itu, terumbu karang di perairan pantai ini juga dalam keadaan baik sehingga ekosistem yang ada di dalamnya juga terjaga

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Pandan
Image Credit: Instagram.com @surya_tito

Pantai Pandan berada di Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Lokasinya di Jalan Singsingamangaraja yang berada di Desa Pandan, Kecamatan Pandan. Infrastruktur menuju pantai ini sudah sangat baik. Karenanya, Anda dapat mengaksesnya dengan mudah.

Anda juga dapat menggunakan dua pilihan untuk menuju pantai ini, yaitu jalur udara dan jalur darat. Menggunakan jalur udara, Anda dapat menggunakan maskapai Wings Air dari Bandara Kualanamu, Medan, menuju Bandara Pinangsori, Sibolga.

Sedangkan menggunakan perjalanan darat akan membutuhkan waktu yang cukup lama jika Anda berada di Medan. Perjalanan yang harus ditempuh bisa 8 sampai 10 jam. Namun, jika Anda ada di pusat Kota Tapanuli Utara, Anda tinggal mengikuti rute Jl. Sibolga Barus menuju Jl. Ade Irma Suryani Nasution kemudian menuju Jl. Sutoyo Siswomiharjo dan kemudian menuju lokasi pantai.

Selain itu, ada banyak kendaraan umum yang dapat Anda pilih untuk menuju ke sana. Setiap harinya, travel minibus maupun bus umum arah Medan-Sibolga banyak beroperasi. Anda dapat menggunakan pilihan ini jika tidak memungkinkan membawa kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Pandan
Image Credit: Facebook.com @jonarimeido

Pantai Pandan buka setiap hari selama 24 jam dan tidak ditarik tiket masuk. Jika pantai populer lainnya mengenakan tiket masuk, namuan di pantai ini Anda dapat berlibur menikmati panorama alam yang tersaji secara gratis.

Anda hanya perlu membayar biaya parkir jika membawa kendaraan pribadi, itupun sangat terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp 3.000 untuk motor dan Rp 4.000 untuk mobil.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Pandan

Kegiatan di Pantai Pandan
Image Credit: Google Maps (Puperpo)

Ada banyak sekali kegiatan menarik yang dapat Anda lakukan saat berada di wisata pantai ini. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di sekitar pantai. Jika tidak, Anda juga dapat menikmati berbagai permainan di air yang tenang.

1. Berfoto

Berlibur tentu tidak lengkap rasanya jika belum mengabadikan momen. Apalagi di pantai ini terdapat banyak sekali spot-spot foto yang menarik. Jika Anda datang saat langit cerah, hasil jepretan yang Anda dapatkan juga akan semakin bagus. Perpaduan langit dan laut, pasir putih, ditambah perahu-perahu nelayan akan mendapat latar foto yang cantik.

2. Berenang

Ombak yang tenang membuat pantai ini sangat aman untuk berenang. Anda bahkan dapat mengajak keluarga dan anak-anak bermain air laut. Apalagi air di pantai ini sangat jernih sehingga membuat Anda betah berlama-lama berendam di dalam air.

3. Jet Ski

Jet Ski merupakan olahraga air yang sedang tren di kalangan muda-mudi sekarang. Menariknya, sarana untuk olahraga air satu ini sudah tersedia di Pantai Pandan. Jika Anda ingin mencobanya, Anda dapat menyewa berbagai kelengkapan untuk Jet Ski yang tersedia di sekitar pantai.

4. Berkeliling Pulau

Anda dapat berkeliling pulau yang ada di sekitar pantai di Pesisir Sibolga ini. Ada beberapa pulau sekitar yang bisa Anda kunjungi seperti Pulau Mursala dengan air terjunnya yang cantik atau Teluk Tepian Nauli. Anda butuh waktu dua jam untuk mengelilingi pulau-pulau ini dengan menyewa kapal berkapasitas maksimal 25 orang dengan harga sewa 2 juta rupiah.

Jika tidak, Anda juga dapat berkunjung di Batu Lobang atau dikenal juga dengan nama Batu Gajah yang berada di ujung teluk. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 per orang untuk sewa perahu nelayan. Sedangkan waktu yang dibutuhkan hanya 45 menit saja.

Kegiatan Menarik di Pantai Pandan
Image Credit: Facebook.co @OfficialSumutkita

5. Diving

Anda juga dapat melakukan kegiatan diving di Pantai Pandan. Apalagi keindahan terumbu karang di perairan ini sangat cantik. Jika Anda ingin menyelam, di sana sudah disediakan peralatan menyelam lengkap yang dapat Anda gunakan.

6. Bermain Bola

Di sekitar pantai banyak pengunjung yang bermain bola, seperti voli pantai atau sepak bola pantai. Memang pasir pantai yang lembut sangat menyenangkan untuk digunakan tempat olahraga ini. Jika Anda berkunjung, Anda juga dapat bermain bola di pantai ini.

7. Kuliner

Di area pantai ini ada banyak wisata kuliner yang bisa Anda coba. Banyak tersedia menu-menu kuliner khas lokal yang dapat Anda cicipi. Seafood yang merupakan hasil laut masyarakat sekitar merupakan salah satu yang menjadi favorit. Sedangkan kelapa muda menjadi minuman yang banyak tersedia untuk melepas dahaga Anda.

8. Berburu Souvenir

Ada banyak barang-barang souvenir yang dijual di sekitar pantai ini. Ada barang-barang seperti kalung, gelang, juga baju pantai yang dapat Anda beli untuk oleh-oleh. Harga souvenir di sekitar pantai juga tidak mahal, bahkan ada yang hanya Rp 5.000 saja per itemnya.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan di Sekitar Pantai Pandan
Image Credit: Agoda.com

Ada beberapa penginapan yang tersedia tidak jauh dari Pantai Pandan. Anda dapat memilih penginapan di sekitar pantai dengan harga yang beragam. Berikut adalah 3 rekomendasi penginapan terdekat yang bisa Anda pilih.

1. Pandan Carita Hotel

Pandan Carita Hotel berada di lokasi yang cukup strategis dengan lokasi pantai. Anda bahkan dapat cukup berjalan kaki dari penginapan menuju pantai. Harga sewa juga sangat murah, hanya sekitar Rp 150.000 sampai Rp 350.000 per malam tergantung kamar yang akan Anda tempati. Fasilitas juga cukup lengkap seperti ranjang yang nyaman, AC, kipas angin, restoran, area parkir, dan sebagainya.

2. Pia Hotel Pandan

Penginapan ini berjarak 122 meter dari lokasi pantai. Anda dapat memilih beberapa tipe kamar yang tersedia dengan harga paling murah adalah tipe standart single dengan harga sewa Rp465.000 per malam dan yang paling mahal adalah tipe President Suite dengan harga Rp1,9 juta rupiah per malam. Fasilitas yang disediakan oleh Pia Hotel Pandan juga sangat lengkap.

3. Prima Indah Hotel

Penginapan ini juga memiliki beberapa tipe kamar. Tipe Deluxe seharga Rp 296.000 per malam. Selanjutnya Deluxe Triple tarifnya sebesar Rp 394.000 per malam. Sedang paling mahal adalah tipe Suite Room dengan harga Rp 460.000 per malam. Dengan harga demikian, Anda sudah mendapat fasilitas yang lengkap termasuk sarapan dan akses wifi gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Pandan Sibolga

Fasilitas di Pantai Pandan Sibolga
Image Credit: Google Maps (Raden)

Ada banyak fasilitas yang telah disediakan pengelola untuk mendukung kebutuhan wisatawan. Terdapat lahan parkir yang aman untuk kendaraan pribadi Anda. Ada pula banyak gazebo untuk Anda duduk dan beristirahat.

Selain itu, juga tersedia toilet umum untuk pengunjung. Jika butuh mengisi perut, di Kawasan pantai juga terdapat tempat makan yang menawarkan hidangan dengan harga terjangkau.

Pantai Pandan sudah selayaknya menjadi pantai favorit tujuan liburan Anda selanjutnya. Anda dapat melakukan berbagai aktivitas tanpa harus membayar biaya masuk. Demikian, sudah semestinya para pengunjung senantiasa menjaga kebersihan saat berkunjung.