Pantai Timang, Pantai Unik yang Menantang Adrenalin di Gunung Kidul Jogja

Pantai Timang Gunung Kidul

Pantai Timang salah satu pantai yang populer di Gunung Kidul, Jogja dengan suguhan wahana menantang adrenalin. Pantai pasir putih yang memiliki pemandangan pulau karang kecil dan jembatan tali menarik untuk dijelajahi saat liburan ke Jogja.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Pantai Selatan, Kec. Tepus, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Kawasan Gunung Kidul mempunya destinasi wisata bahari berupa Pantai Timang yang sudah terkenal. Pantai ini merupakan salah satu dari banyaknya pantai memukau yang ada disana. Ramainya wisatawan menjadikan pantai tersebut menjadi ikon dan sorotan masyarakat di sekitar sana.

Pemandangan pantai dan alam sekitarnya disajikan dengan apik. Sehingga, mampu membuat banyak orang ingin datang ke pantai tersebut. Tak hanya wisatawan lokal saja, wisatawan yang berasal dari mancanegara juga tidak mau melewatkan untuk menikmati pesona pantai ini.

Banyak yang penasaran tentang keunikan apa saja yang dimiliki oleh pantai tersebut. Bagi Anda yang ingin tahu lebih dalam mengenai pantai tersebut. Berikut beberapa informasi yang menarik tentang Pantai Timang.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Timang

Daya Tarik Pantai Timang

Image Credit: Twitter.com @hanya_salik

1. Pulau Karang di Tengah Laut

Di tengah pantai terdapat sebuah pulau yang cukup menarik. Bukan hanya sebuah pulau biasa, melainkan pulau karang. Pulau tersebut dulunya merupakan tempat persinggahan para warga yang berprofesi sebagai nelayan. Pasalnya, di pulau karang terdapat banyak lobster yang bisa ditangkap oleh para nelayan.

2. Jembatan Gantung

Jembatan gantung membuat Pantai Timang semakin menarik minat karena keunikan tersebut. Melewati jembatan gantung di tempat tersebut bisa membuat merasakan sensasi yang luar biasa. Adrenalin pun akan teruji karena jembatan akan terombang ambing seperti mau jatuh. Ditambah lagi kalau jembatan tersebut membentang mulai dari tepi pantai hingga ke pulau karang.

3. Gondola Gantung yang Ekstrem

Selain jembatan gantung, ada pula gondola atau kereta gantung yang menggunakan tenaga manusia untuk menggerakkannya. Kereta gantung tersebut dimanfaatkan sebagai alat penyeberangan ke pulau seberang. Pengunjung yang ingin merasakan kereta gantung tersebut sangat banyak. Sehingga, Anda harus sabar sedikit karena harus antri terlebih dahulu.

4. Pantai yang Bersih

Kebersihan tempat merupakan hal yang akan menentukan kenyamanan kita saat berlibur. Apalagi saat mengunjungi sebuah pantai, jika tempatnya bersih, maka pikiran pun terasa segar. Pantai Timang dirawat oleh pengelola dengan baik. Sehingga, pantai tampak bersih dan terawat.

Daya Tarik dari Pantai Timang

Image Credit: Facebook.com @qtiket

5. Pemandangannya Asri

Perpaduan air laut, pepohonan, pasir pantai, dan berbagai fauna yang ada di sekitar pantai menambah pesona tempat wisata tersebut. Keasrian dan kelestarian alamnya tidak perlu lagi diragukan. Dengan begitu, pengunjung akan dapat merasakan bersih dan segarnya udara yang berasal langsung dari alam yang asri.

BACA:  20 Wisata Pantai di Jogja Favorit Dikujungi Para Wisatawan

6. Sunset yang Memukau

Pemandangan sinar matahari tenggelam atau sunset menjadi susuatu yang kerap ditunggu-tunggu oleh kalangan muda. Momen seperti itu sangat cocok apabila dilakukan di Pantai Timang Gunung Kidul. Siluet yang terbentuk merupakan daya tarik utamanya. Lebih nikmat lagi ditemani dengan air kelapa muda dan cemilan sembari menyaksikan tenggelamnya sinar matahari di pantai tersebut.

7. Tebing yang Curam

Daya tarik pantai yang selanjutnya yakni terdapat banyak tebing dengan bebatuan yang sangat curam. Tebing-tebing tersebut tampak besar dan megah dengan ukuran yang sangat tinggi. Keindahannya membuat siapapun yang melihatnya semakin geleng-geleng kepala. Walaupun sangat memukau, Anda harus tetap berhati-hati saat berada di tebing tersebut agar tidak terjadi hal yang fatal.

8. Deburan Ombak Besar

Keindahan wisata pantai ini juga dilengkapi dengan deburan ombak yang terbilang besar. Hal tersebut karena pantai tersebut berada di kawasan yang langsung bersebelahan dengan Samudra Hindia. Gemuruh ombak pun semakin terdengar dan membuat suasana semakin santai. Apalagi sapuan ombak yang bisa dirasakan dibibir pantai merupakan hal yang seru.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pantai Timang

Harga Tiket Pantai Timang

Image Credit: Google Maps (Brasukra G Sudjana)

Pantai dengan beragam daya tarik tersebut berada di pesisir Kota Yogyakarta. Lebih tepatnya lagi ada di Pendukuhan Danggolo, Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Pastinya Anda sudah tidak asing lagi dengan kepopuleran daerah Gunung Kidul.

Rute perjalanan yang ditempuh dari Yogyakarta kurang lebih berjarak 50 km dengan melewati jalur ke arah Wonosari. Setelah itu, mengambil jalur menuju Pantai Baron. Sebelum tiba di Pantai Baron, belok kiri menuju arah Pantai Siung. Setelah terlihat Pasar Dakbong, akan ada petunjuk jalan yang akan memandu Anda sampai tiba di Pantai Timang.

Wisatawan disarankan untuk berhati hati saat ada di perjalanan menuju lokasi pantai. Anda akan menemukan jalur yang dipenuhi dengan batu-batu kapur. Bebatuan pun memiliki ukuran mulai dari yang kecil sampai yang paling besar. Namun, jalur yang terbilang sulit itu hanya akan dilalui sekitar beberapa meter saja.

Pantai Timang merupakan tempat wisata yang cocok untuk Anda yang datang sendirian maupun rombongan. Terlebih lagi, harga tiket untuk memasuki kawasan pantai sangat ramah di kantong alias murah meriah.

Nominal yang perlu dibayar senilah Rp 10.000,00 saja, namun, masih ada tarif parkir senilai Rp 2000,00 untuk motor dan Rp 5.000,00 untuk mobil. Dengan begitu, liburan bisa dilakukan tanpa harus membutuhkan biaya yang terlalu mahal.

BACA:  The Lost World Castle, Objek Wisata Hits Mirip Benteng Takeshi di Sleman Jogja

Aktivitas yang Seru Dilakukan di Pantai Timang

Aktivitas di Pantai Timang

Image Credit: Instagram.com @agildwih

1. Mencari Lobster

Melimpahnya lobster yang ada di Pantai Timang bisa dimanfaatkan oleh seluruh pengunjung. Lobster tersebut bebas diburu oleh siapapun asalkan tidak sampai merusak ekosistem.

Hal ini tentu menjadi suatu kegiatan yang sangat menarik untuk para pengunjung. Ditambah lagi tidak perlu terlalu susah untuk bisa mendapatkan lobster tersebut.

2. Kulineran

Kegiatan berburu kuliner merupakan favorit semua pengunjung yang ada di pantai tersebut. Berbagai makanan dan minuman yang menggugah selera telah dijual di kawasan pantai.

Misalnya saja seperti olahan seafood, kelapa muda, gorengan, dan masih banyak lagi. Harganya pun bervariasi mulai dari yang paling terjangkau hingga yang tergolong mahal.

3. Berfoto Ria

Ada banyak spot foto keren di sekitar pantai yang sangat sayang jika dilewati begitu saja. Spot foto yang paling menjadi favorit pengunjung adalah gondola, jembatan gantung, dan pulau karang.

Selain itu, keindahan pantainya sendiri juga cocok dijadikan sebagai spot foto. Ada juga tebing yang tinggi dan megah sebagai objek latar belakang foto Anda agar semakin tampak eksotis.

4. Berkemah

Kegiatan menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di pantai ini adalah berkemah. Kapan pun Anda bisa bebas berkemah disini karena pantai buka selama 24 jam. Bagi para pecinta kemping, kegiatan ini tentu saja sangat menarik untuk dilakukan.

Suasana malam menjadi momen yang paling menyenangkan saat melakukan kemah. Lengkapi momen berkemah dengan menyalakan api unggun dan bernyanyi bersama agar semakin seru.

Aktivitas Pantai Timang

Image Credit: Twitter.com @area_jogja

5. Piknik

Apabila ingin piknik di tempat yang suasanya nyaman dengan udara yang segar, Pantai Timang Gunung Kidul merupakan tempat yang tepat. Hanya dengan berbekal tikar dan sejumlah makanan yang dibawa dari rumah.

Pengunjung lain yang melakukan kegiatan piknik di pantai tersebut juga cukup banyak. Kegiatan ini cocok untuk mempererat hubungan dengan keluarga maupun teman-teman.

6. Bermain Pasir

Membuat istana dari pasir di pantai tersebut bisa menjadi kegiatan yang membuat Anda lupa dengan berbagai masalah. Pasir di pantai ini juga sangat bersih, halus, dan berkilau.

Anak-anak juga pasti sangat senang apabila diajak bermain pasir disana. Pasir pantai juga terdapat banyak cangkang kerang yang cantik.

7. Bermain Air

Bermain air dengan cara membasahi kaki dengan deburan ombak juga menjadi salah satu kegiatan menarik di Pantai Timang Gunung Kidul. Oleh karena itu, jangan lupa untuk membawa baju ganti untuk berjaga-jaga apabila baju basah karena bermain air.

BACA:  Bukit Bintang, Destinasi Wisata Malam Romantis di Jogja

Namun, perlu diingat juga untuk lebih berhati-hati saat bermain air di pantai ini. Tak lain karena ombak di pantai tersebut cukup besar.

Penginapan Murah Dekat dari Pantai Timang

Penginapan Dekat Pantai Timang

Image Credit: Pegipegi.com

1. Penginapan BoB Home

Penginapan tersebut jaraknya hanya sekitar 7,3 km dari Pantai Timang Gunung Kidul. Pelayanan di penginapan tersebut sangat professional, ramah, dan nyaman. Layanan resepsionis pun dibuka selama 24 jam penuh. Fasilitas yang ada disana berupa parkir, antar jemput bandara, AC, ruang merokok khusus, dan lain-lain.

2. Penginapan Sea View Sundak Indraprastha

Penginapan yang satu ini dilengkapi dengan tv satelit yang berlayar datar dan juga kamar mandi pribadi. Untuk Anda yang ingin membawa hewan peliharaan, penginapan ini pun memperbolehkan. Tempat parkir kendaraan juga disediakan secara gratis. Jarak penginapan ini dengan dengan lokasi wisata pantai kurang lebih 7 km saja.

3. Radika Paradise Villa & Cottage

Biaya untuk menginap disana sekitar Rp 750.000,00 per malamnya. Villa tersebut dilengkapi dengan balkon, kolam renang, dan juga taman yang indah. Fasilitas lain yang tersedia di Radika Paradise Villa & Cottage restaurant, AC, akses pantai, tempat parkir gratis, antar jemput bandara, dan masih banyak lagi.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Timang Jogja

Fasilitas di Pantai Timang

Image Credit: Instagram.com @devaraolgivie

Berbagai fasilitas yang terdapat di Pantai Timang sudah cukup dikatakan baik. Paling penting, di tempat wisata tersebut sudah disediakan toilet umum. Toilet disana pun juga dirawat dan diperhatikan kebersihannya secara rutin. Sehingga, pengunjung yang datang ke pantai tersebut tidak perlu khawatir apabila secara mendadak ingin buang air.

Fasilitas berupa lahan parkir juga tidak kalah penting bagi pengunjung wisata pantai ini. Ukuran lahan parkir pun tidak hanya kecil, melainkan cukup luas. Sehingga, Anda tidak perlu takut tidak kebagian area parkir untuk kendaraan yang dibawa. Namun, fasilitas yang satu ini tidak gratis alias bayar dengan harga yang terbilang murah.

Hebatnya lagi, ada fasilitas berupa asuransi kecelakaan apabila Anda menaiki jembatan gantung. Hal tersebut tentu untuk menjamin pengunjung apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Pembayaran asuransi kecelakaan tersebut termasuk harga tiket masuk ke jembatan gantung ke Pulau Karang sebelumnya. Adanya asuransi itu pula mengingat bahwa jembatan gantung yang ada di Pantai Timang memang cukup ekstrem.

Nah, itulah ulasan mengenai berbagai hal yang ada di Pantai Timang, Gunung Kidul. Semoga pembahasan yang menarik diatas bisa menjawab penasaran Anda mengenai tempat wisata tersebut. Apabila masih ingin tahu lebih dalam lagi, langsung saja buat rencana untuk mengunjungi pantai ektrem ini bersama orang tersayang.