Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Borobudur – Ngadiharjo, Kec. Borobudur, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Berdekatan dengan Yogyakarta, beragam detinasi wisata di Magelang juga tidak kalah menarik. Magelang populer dengan candi borobudur yang tidaklah asing di telinga para wisatawan baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak hanya Borobudur saja, Magelang semakin dikenal dengan hadirnya destinasi wisata terbaru yang instagramable bernama Svargabumi Borobudur.

Destinasi wisata ini pernah viral di sosial media sehingga jumlah pengunjungnya semakin hari semakin membludak. Baru saja dibuka 8 Agustus 2020 yang lalu, destinasi wisata ini berhasil menghipnotis para wisatawan dari berbagai daerah.

Pemandangan yang tak biasa bisa ditemukan disana. Jika biasanya setiap hari hanya melihat bangunan-bangunan gedung, jalanan yang ramai, suara bising kendaraan yang lalu-lalang, maka disana para wisatawan akan merasakan suasana yang tenang dan damai. Terkadang suara burung-burung berkicau turut mewarnai ketenangan dan kedamaian suasana disana.

Daya Tarik yang Dimiliki Svargabumi Borobudur

Daya Tarik Svargabumi Borobudur
Image Credit: Instagram Mixx

1. Memiiki Nama yang Unik

Destinasi wisata instagramable satu ini mempunyai nama yang unik. Nama ‘svargabumi’ diartikan sebagai secuil kecil surga yang ada di bumi. Dinamakan surga karena lokasinya berada di tengah persawahan hijau. Area persawahan disana bukan area persawahan yang berlumpur dan becek, namun penataannya sangat rapi mengelilingi spot-spot foto cantik.

Objek wisata ini dibangun di tengah lahan persawahan yang luasnya 3 hektar. Sawah tersebut pure milik penduduk sekitar dan disewakan karena memiliki potensi wisata yang besar. Karena merupakan lahan sewaan, persawahan tersebut masih digarap oleh para pemiliknya sehingga hasil panennya 100% merupakan milik mereka.

2. Mengusung Konsep Wisata Back to Nature

Daya tarik utama destinasi wisata tersebut ada pada konsepnya yang beda dari destinasi wisata lainnya. Svargabumi menawarkan konsep wisata back to nature dimana suasana yang disajikan adalah suasana pedesaan yang terasa kental. Pengunjung akan dibuat takjub dengan hamparan persawahan alami untuk menikmati keasrian Magelang dengan cara berbeda.

Konsep wisata back to nature diaplikasikan pada beragam spot foto yang sengaja dibuat oleh pengelola wisata yang selaras dengan hamparan persawahan hijau tanaman padi. Menariknya, suasana khas pedesaan sangat terasa disana karena para petani sibuk bekerja menggarap sawahnya sehingga tetap sawah mereka tetap produktif dan indah dipandang mata.

Daya Tarik Dimiliki Svargabumi
Image Credit: Google Maps IG awantenggara

3. Menyaksikan Beragam Panorama dari Sudut Berbeda

Sesuai namanya, Svargabumi Borobudur merupakan salah satu spot terbaik untuk menyaksikan candi Borobudur, bukit menoreh, dan puncak Borobudur dari kejauhan. Selain itu, para wisatawan bisa menyaksikan panorama gunung Merapi dan Merbabu dari sebelah timur. Di sebelah barat, para wisatawan bisa menyaksikan panorama gunung Sumbing.

Dengan keunggulan beragam panorama yang bisa disaksikan oleh para wisatawan dari satu tempat sekaligus, tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai pengunjung. Pihak pengelola sukses menghadirkan Svargabumi sebagai tempat wisata yang memadukan budaya modern serta unsur alam yang menarik. Sehingga tempat ini menjadi buruan para pecinta swafoto.

4. Merupakan Wisata Second Layer’ Setelah Candi Borobudur

Salah satu pemilik Svargabumi, Putranto Cahyono, beliau memaparkan bahwa disebut second layer karena para wisatawan tetap dapat menikmati keindahan candi Borobudur ketika berada di tempat ini. Bahkan, tempat ini dianggap layaknya surga atau svarga karena lokasinya begitu memanjakan mata.

Pihak pengelola mengedepankan pemberdayaan masyarakat sekitar. Sawah disewa untuk dijadikan tempat wisata, namun para petani tidak kehilangan pekerjaannya. Mereka tetap bisa menggarap sawah dan pemilik lahan mengelolanya. Pupuk, pengairan, dan bibit dibantu oleh pihak pengelola Svargabumi dan hasilnya dikembalikan pada masyarakat.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Svargabumi
Image Credit: Instagram Mixx

Viralnya destinasi wisata ini membuat banyak wisatawan yang penasaran dengan lokasinya. Mereka ingin mengunjungi secara langsung dan menikmati suasana yang bisa menghilangkan kepenatan dalam pikiran. Foto-foto para wisatawan di Svargabumi Borobudur yang lalu-lalang di sosial media berhasil membuat wisatawan lainnya merasa penasaran dengan situasi dan kondisi realita di lokasi.

Lokasi tempat wisata hits tersebut yakni di Dusun Ngaran, Magelang. Tempat wisata ini menjadi alternatif wisata di Magelang selain candi Borobudur. Panorama yang disuguhkan pun berbeda. Keberadaannya tak begitu jauh dari candi Borobudur, hanya sekitar 3 kilometer saja di sebelah selatan candi.

Letaknya strategis, tepat berada di sisi jalan Borobudur-Ngadiharjo, daerah Desa Borobudur. Akses jalan menuju lokasi wisata sudah bagus. Para wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat untuk menuju ke lokasi.

Ancer-ancernya cukup mudah, dengan mengambil rute ke candi Borobudur. Sazsetelah para wisatawan sampai di area parkir kawasan candi Borobudur, mereka bisa melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur lurus dengan melewati Jalan Badrawati.

Setelah melewati Jalan Badrawati, para wisatawan bisa mengikuti papan petunjuk jalan ke arah destinasi wisata tujuan, Svargabumi. Agar tidak kebingungan, terutama yang berasal dari luar daerah, para wisatawan bisa menggunakan bantuan google maps atau bertanya ke warga sekitar saat menuju ke Svargabumi.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Svargabumi Borobudur
Image Credit: Google Maps Habibi Yusuf Sarjono

Sebelum berencana mengunjungi Svargabumi, sebaiknya para wisatawan memahami hari dan jam operasionalnya terlebih dahulu. ‘Surga bumi’ tersebut dibuka untuk umum setiap hari Senin-Minggu kecuali hari Kamis. Saat weekend, tempat wisata hits di Magelang ini buka lebih pagi dan tutupnya juga lebih sore dibandingkan saat weekday.

Waktu terbaik saat mengunjungi Svargabumi Borobudur adalah ketika pagi atau sore hari, dimana pemandangan disana sedang bagus-bagusnya. Para wisatawan yang berkunjung saat pagi atau sore hari akan disuguhi oleh panorama langit biru berpadu dengan sawah hijau dan kuning yang menawan. Jam buka sendiri saat weekday (Senin-Jumat) yakni pukul 08.00 hingga 17.00.

Sementara saat weekend (Sabtu-Minggu) yakni pukul 06.30 hingga 18.00. Hari Kamis tempat wisata tidak buka. Untuk harga tiket masuknya, wisatawan dikenakan biaya Rp 30ribu untuk orang dewasa dan Rp 15ribu untuk anak-anak. Biaya tersebut sudah termasuk biaya untuk berfoto di setiap spot yang telah disediakan, sehingga wisatawan tidak perlu membayar biaya tambahan untuk setiap spot foto.

Agar menghindari kepadatan pengunjung, waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah saat weekday. Setiap spot foto biasanya ada antreannya ketika sedang ramai, oleh karena itu wisatawan sebaiknya mengikuti antrean tanpa menyerobot supaya suasana tetap tenang dan damai.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Svargabumi Borobudur

AktivitasDilakukan di Svargabumi Borobudur
Image Credit: Instagram DEKORASI RUMAH UNIK

1. Hunting Foto di Berbagai Spot Foto yang Tersedia

Pihak Svargabumi Borobudur menyediakan 22 spot foto yang berbeda-beda. Bahkan, ada spot yang menyajikan kemegahan candi Borobudur dari sudut tertentu. Setiap spot foto dihubungkan dengan jalanan setapak terbuat dari kayu yang disusun secara rapi dan teratur. Jalan setapak tersebut terlihat sangat estetik dipadukan dengan beragam spot foto yang ciamik.

Bahkan, para wisatawan tidak perlu membayar biaya tambahan untuk setiap spot foto yang tersedia disana. Sehingga semua spot foto pun gratis jika memang para wisatawan tidak ingin melewatkan satu pun spot foto yang tersedia. Svargabumi kerap dijadikan sebagai lokasi foto prewedding karena pemandangannya yang unik dan suasananya menenangkan jiwa.

2. Bermain Ayunan

Selain spot-spot kursi unik dengan berbagai bentuk mulai dari kursi taman sampai kursi rotan yang bentuknya tidak biasa, para wisatawan juga bisa menikmati sensasi bermain ayunan di tengah persawahan hijau. Sambil berayun, angin semilir dan segar menghampiri para wisatawan. Tentu saja sensasi berayunnya akan berbeda dengan ayunan biasa.

Bermain ayunan di Svargabumi akan sangat terasa sejuknya ketika mengajak pasangan. Sambil berayun, para wisatawan bisa meminta tolong fotografer untuk memotret momen tersebut atau menggunakan tripod yang telah dibawa oleh para wisatawan sendiri dari rumah. Hasil fotonya pasti akan mengundang rasa penasaran mengenai lokasi tempatnya.

3. Menkmati Gemericik Air Kolam

Svargabumi Borobudur juga menyediakan spot kolam kecil berisi ikan-ikan. Suara gemericik airnya begitu meneduhkan, apalagi suasananya di tengah persawahan yang sejuk dan anginnya begitu semilir. Para wisatawan juga bisa menjadikan spot ini sebagai lokasi berfoto karena berfoto di spot ini memberikan sensasi seperti berada di tengah pedesaan Bali.

Banyak wisatawan yang pernah mengunjungi destinasi hits ini dan memberikan review bahwa suasana tempat wisata ini mirip dengan suasana persawahan Ubud, Bali. Oleh karena itu, para wisatawan yang ingin menikmati sensasi seolah berada di Bali bisa mencoba mendatangi tempat wisata tersebut.

Aktivitas di Svargabumi Borobudur
Image Credit: Google Maps bungsu ratu

4. Bersantai Sambil Duduk di Bean Bag

Di Svargabumi terdapat beberapa bean bag untuk tempat duduk bersantai para wisatawan sambil berfoto. Selain bean bag, ada juga tempat bersantai di spot ‘melayang’ yang bisa juga digunakan untuk bersantai. Beberapa spot bersantai tersebut bisa dimanfaatkan oleh para wisatawan secara gratis sambil menikmati semilir angin khas pedesaan yang sejuk.

Duduk bersantai sambil menikmati pemandangan persawahan merupakan kegiatan wisata yang tiada duanya. Pemandangan yang masih sangat alami tergambar jelas dengan aktivitas para petani yang sedang menggarap sawah. Sehingga Svargabumi Borobudur ini tidak mematikan ladang rejeki para petani, karena mereka masih bisa bekerja seperti biasanya.

5. Kuliner di Resto atau Café Sekitar Lokasi

Di sekitar lokasi wisata terdapat beberapa resto atau café dengan sajian kuliner yang menarik. Para wisatawan yang berasal dari luar daerah bisa menikmati sajian kuliner khas Magelang sambil memandangi pemandangan persawahan yang indah.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Svargabumi
Image Credit: Google Maps Bayu Putranto

Ketika memiliki rencana untuk pergi berlibur ke Svargabumi Borobudur, para wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang ada disana. Meskipun termasuk objek wisata baru, namun pihak pengelola wisata menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap.

Fasilitas yang dimaksud seperti mushola, café atau resto, area parkir kendaraan yang luas, toilet, kamar, mandi, serta berbagai macam spot foto yang unik dan anti mainstream. Para wisatawan dari luar daerah tidak perlu takut zonk karena sikon di lokasi sama dengan yang ada di social media.

Dari satu spot menuju ke spot lainnya, pihak pengelola menyediakan jalan setapak dari kayu yang disusun dengan rapi sehingga area persawahan tidak rusak akibat diinjak-injak oleh para wisatawan yang datang berkunjung.

Svargabumi Borobudur bisa dijadikan sebagai alternatif wisata di area Magelang. Tidak melulu Jogjakarta saja, Anda bisa mencoba mendatangi Magelang dan mendatangi beberapa destinasi wisata yang ada disana. Magelang tidak hanya memiliki objek wisata candi Borobudur saja.