Harga Tiket: Rp 2.000, Jam Operasional: 05:30–18.00 WIB, Alamat: Desa Pakis, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Sekarang ini, Pantai Cemara menjadi salah satu destinasi wisata hits di Banyuwangi yang semakin dikenal oleh banyak orang. Hal tersebut tentu saja karena pantai yang satu ini menyuguhkan berbagai macam keindahan yang cukup berbeda dengan objek wisata lainnya. Bagi Anda yang suka melakukan wisata ke alam, maka sangat sayang apabila pantai ini dilewatkan begitu saja.

Walaupun masih terbilang sebagai destinasi wisata yang baru, akan tetapi jumlah wisatawan yang datang ke tempat tersebut cukup banyak. Menariknya, tidak hanya wisatawan lokal saja melainkan juga terdapat beberapa wisatawan asing yang kerap terlihat menghabiskan waktu di sana. Waktu yang dihabiskan di sini akan jauh lebih menyenangkan apabila mengajak sahabat, kerabat, maupun pasangan.

Oleh karena itu, rugi sekali jika Anda tidak mencoba pengalaman baru dengan berlibur ke pantai tersebut. Siapa saja yang berwisata ke sini dijamin tidak ingin pulang karena telah terhipnotis dengan keindahan alamnya. Nah, sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan waktu berlibur di pantai ini, maka alangkah lebih baik jika mengetahui berbagai hal tentang Pantai Cemara di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Cemara

Daya Tarik Pantai Cemara
Image Credit: Instagram Muy

1. Memiliki Hutan Cemara

Sesuai dengan namanya, di sekitar pantai tersebut ada hutan cemara laut yang cukup asri dan lebat. Tentu saja hutan tersebut ditumbuhi oleh ribuan pepohonan cemara udang yang ada di sepanjang bibir pantai. Sehingga, membuat pantai tersebut lebih menarik serta berbeda dengan beberapa pantai lainnya yang ada di Banyuwangi.

Pasalnya, Anda akan disuguhkan dengan nuansa yang adem serta rindang dari pepohonan cemara yang ada di sana. Hutan cemara yang terdapat di tempat wisata ini juga seperti membentuk beberapa lorong yang unik.

2. Tempat Konservasi Penyu

Tempat konservasi penyu ini tidak lain juga berada di hutan cemara. Penyu-penyu yang bertelur di sana umumnya membuat sarangnya di bawah pepohonan cemara yang tumbuh pada tepian pantai. Wisatawan dapat melihat sarang-sarang itu tetapi dilarang untuk mengganggunya. Puncak intensitas dari masa bertelurnya penyu yang ada di Pantai Cemara ini sekitar Bulan Maret sampai April.

Tempat wisata yang dikelola oleh KUB atau Kelompok Usaha Bersama Pantairejo serta bekerja sama dengan Dinas Perikanan & Kelautan Banyuwangi tersebut ternyata mempunyai dua zona. Zona pertama yaitu yang dapat dimasuki oleh masyarakat umum. Kedua, yaitu zona inti guna melindungi kawasan tempat penyu bertelur. Hanya pengunjung yang diizinkan saja yang diperbolehkan masuk ke zona inti ini.

Daya Tarik Dimiliki Pantai Cemara
Image Credit: Instagram Riky Saputra

3. Spot Sunset Terbaik

Waktu dimana matahari tenggelam atau yang biasa disebut dengan sunset merupakan pemandangan yang sering diburu oleh banyak wisatawan. Apabila Anda melihat pemandangan sunset di pantai, tentu saja terasa semakin afdol. Apalagi, pemandangan sunset yang ada di pantai ini sungguh cantik dan memukau setiap pasang mata yang menyaksikannya.

4. Pasir Hitam

Jika biasanya Anda hanya menemui pasir pantai yang berwarna coklat maupun putih, maka cobalah datang ke Pantai Cemara untuk menemukan pasir berwarna hitam. Walaupun warnanya hitam, namun pasir tersebut sangat bersih. Selain itu, teksturnya pun terbilang cukup halus.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Cemara Banyuwangi
Image Credit: Instagram Riky Saputra

Pantai Cemara merupakan salah satu andalan di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Lokasinya sendiri berada di Dsn Rowo, Desa Pakis, Kec Banyuwangi. Jaraknya dekat sekali dengan pusat Kota Banyuwangi, yakni hanya sekitar 7 km saja.

Waktu yang dibutuhkan hanya 20 menitan saja mengendarai kendaraan pribadi roda empat ataupun roda dua dengan kondisi lalu lintas yang ramai lancar. Dikarenakan lokasinya yang tidak jauh dengan pusat kota, maka dipastikan jika akses jalanan tidak akan merepotkan.

Rute mulai dari pusat kota yakni dengan melalui Jl Adi Sucipto dan jalan terus ke depan sampai melihat perempatan besar. Dari situ, beloklah ke kiri untuk menuju ke Jl Ikan Layur serta terus ikutilah arus jalannya.

Kemudian, di ujung jalanan akan terdapat pertigaan buntu, beloklah ke kanan untuk menuju ke Jl Pantai Rejo. Tetaplah ikuti papan petunjuk yang mengarah ke lokasi pantai. Setelah Anda tiba di Jl Pantai Cemara maka itu artinya perjalanan sudah hampir selesai.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Cemara
Image Credit: Twitter afin yulia

Wisatawan dapat berkunjung ke Pantai Cemara tersebut kapan saja. Akan tetapi, waktu yang paling tepat untuk mendatangi salah satu pantai cantik tersebut adalah sore dan pagi hari. Selain karena udaranya yang masih segar, saat pagi hari umumnya pantai tersebut tidak terlalu dipadati oleh wisatawan.

Untuk biaya tiket masuk ke pantai ini pun tergolong sangat terjangkau. Setiap wisatawan yang ingin masuk ke sana hanya akan dikenakan tiket masuk sekitar 2 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah saja. Uang yang Anda bayarkan tersebut tentunya akan digunakan untuk retribusi. Perlu diingat bahwa biaya retribusi tersebut nantinya bisa berubah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Cemara

Aktivitasdi Pantai Cemara
Image Credit: Twitter ijen

1. Camping

Terdapat sebuah lapangan yang luas sekali dan bisa dipakai untuk camping. Lapangan yang luas tersebut bisa dijadikan sebagai tempat mendirikan tenda tidur serta juga bisa dimanfaatkan untuk olahraga seperti senam. Wisatawan juga diperbolehkan membangun tenda di tepian pantai.

Akan tetapi, Anda wajib meminta izin terlebih dahulu terhadap petugas wisata jika ingin bermalam atau kemah di kawasan Pantai Cemara. Jika memang telah diberi izin, maka jangan sampai Anda melanggar segala hal yang dilarang.

2. Berfoto

Destinasi wisata kini bukan hanya dimanfaatkan sebagai tempat guna menghilangkan rasa penat saja, melainkan juga dipakai untuk berfoto ria. Demam media sosial sudah merambah ke siapa saja yang hidup pada zaman globalisasi ini. Di sini juga akan ditemukan beberapa spot foto yang sangat instagramable.

Misalnya saja seperti kursi yang berwarna cerah nan indah, bunga warna-warni dengan bentuk cinta, dan bahkan bisa foto bersama penyu. Oleh karena itu, apabila Anda datang ke sini maka stok foto bagus yang dimiliki akan bertambah.

3. Berenang

Aktivitas Menarik di Pantai Cemara
Image Credit: Twitter Ninin Zandrea

Pantai Cemara Banyuwangi mempunyai ombak yang tidak besar. Bukan hanya itu saja, kawasan pantai tersebut juga tidak mempunyai banyak batu karang yang dapat mengganggu kegiatan seperti menyelam dan berenang.

Kawasan pantai tergolong aman untuk seluruh wisatawan yang ingin melakukan kegiatan berenang baik anak kecil maupun orang dewasa. Akan tetapi, hal yang wajib diperhatikan yaitu tetap waspada serta jangan sampai melewati batas yang telah diizinkan untuk renang.

4. Piknik

Jika Anda datang ke pantai cantik ini bersama dengan rombongan, maka kegiatan menarik yang sayang jika dilewatkan adalah piknik. Melakukan piknik beramai-ramai merupakan kegiatan yang sangat seru dan menyenangkan. Anda dapat saling mengobrol sembari menikmati cemilan yang telah dibawa dari rumah. Sehingga, tubuh menjadi semakin rileks dan nyaman.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Sekitar Pantai Banyuwangi
Image Credit: Google Maps Melodikaputri99 chanel

1. One South

One South merupakan resort yang sangat estetik, dengan bangunan yang minimalis serta balkon sebagai tempat berkumpul dengan keluarga. Harga sewa untuk satu malamnya sekitar 300 ribu rupiah saja. AC dan Wifi menjadi fasilitas unggulan dari resort tersebut.

2. Santika Hotel

Hotel yang menyajikan suasana Bali ini sering dijadikan pilihan menginap oleh banyak orang. Fasilitas yang ada di sini seperti minibar, gym, wifi, kolam renang, dan lain-lain. Hotel tersebut mampu membuat staycation Anda semakin nyaman dan seru. Harga sewa per malamnya kurang lebih 500 ribu rupiah.

3. Hotel Blambangan

Hotel Blambangan merupakan salah satu penginapan yang pas apabila Anda melakukan staycation dengan keluarga. Pasalnya, komplek hotel tersebut terbilang sangat asri dan nyaman. Sejumlah fasilitas yang ditawarkan seperti wifi, kolam renang, dan area kumpul keluarga.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Pantai Cemara Banyuwangi
Image Credit: Instagram Riky Saputra

Untungnya, Pantai Cemara Banyuwangi ini sudah dikelola secara baik oleh pemerintahan setempat. Jadi, Anda tidak harus khawatir sebab di sana akan menemukan beberapa fasilitas penunjang yang cukup memadai. Ketika ada di sana tidak perlu bingung untuk menemukan toilet umum di kawasan ini sebab sudah disediakan beberapa fasilitas toilet yang cukup bersih dan terawat.

Untuk wisatawan yang tidak mau repot membawa bekal dari rumah, maka di kawasan hutan cemara telah terdapat beberapa toko, warung, dan pedagang keliling yang menjajakan berbagai menu makanan maupun minuman. Harganya pun berbeda-beda sesuai dengan jenis makanan yang Anda beli. Sehingga, jangan takut kelaparan apabila berlibur ke sini.

Bagi wisatawan yang ingin santai sembari menikmati panorama sekitar, maka dapat duduk di gazebo yang sudah disediakan di tempat tersebut. Gazebo tersebut biasanya akan dipenuhi oleh wisatawan pada siang hari saat matahari sedang terik. Lahan parkir yang cukup luas juga telah tersedia, sehingga kendaraan pribadi yang Anda bawa bisa aman.

Demikianlah beberapa hal tentang Pantai Cemara di Banyuwangi. Dengan begitu setidaknya rasa penasaran Anda dengan tempat wisata tersebut bisa sedikit terobati.