Pantai Pulau Merah salah satu objek wisata bahari yang mempesona di Banyuwangi, Jawa Timur. Kawasan pantai yang terkenal dengan bukit kecil nan hijau, tanah berwarna merah dan tempat terbaik menikmati matahari terbenam.

Harga Tiket: Rp 8.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Dusun Pancer, Sumberagung, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Banyuwangi menjadi salah satu tujuan destinasi wisatawan baik wisatawan dalam negri maupun luar negri. Tempat wisata yang paling sering didatangi para wisatawan saat ini adalah Pulau Merah. Penyebab pulau ini menjadi salah satu tujuan utama destinasi wisata para wisatawan karena di tempat ini masih sangat indah dan bersih.

Sebetulnya, banyak sekali tempat wisata di Banyuwangi yang patut Anda coba seprti Pulau Tabuhan, Pantai Plengkung atau yang biasa disebut G-Land, dan juga ada Teluk Ijo. Namun, Pulau Merah masih menjadi salah satu favorit destinasi wisata.

Letak tempat ini ada di sebelah selatan Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini diberi nama pantai merah karena disana ada sebuah bukit yang terdiri dari bahan tanah merah, dan juga bukit tersebut memiliki tinggi sekitar 200 meter. Selain itu, di tempat ini juga ada sebuah pura yang digunakan untuk beribadah umat yang beragama hindu.

Daya Tarik yang Dimiliki Pulau Merah

Daya Tarik Pulau Merah
Image Credit: Twitter.com @indtravel

Salah satu destinasi wisata ini adalah tempat yang wajib Anda kunjungi ketika sedang berkunjung atau sekedar mampir ke Banyuwangi. Kota Banyuwangi merupakan salah satu kota penghasil kopi di Indonesia. Tempat wisata di kota ini juga memiliki daya tarik tersendiri dibanding kota kota lain. Berikut ini adalah daya tarik yang ada di Pulau Merah Banyuwangi.

1. Air Laut yang Jernih dan Hamparan Pasir yang Luas

Di tempat ini masih terjamin kualitas kebersihan air lautnya. Tidak heran jika disini Anda dapat melihat keindahan bawah lautnya tanpa perlu menyelam yang dalam atau bahkan tanpa perlu menyelam. Selain hanya airnya yang jernih, di tempat ini juga banyak sekali pepohonan yang tumbuh. Hal tersebut membuat suasana disini menjadi teduh dan sejuk karena pohonnya yang rindang.

2. Ombak yang Tenang dan Besar

Ombak di laut ini sangat tenang walaupun ombaknya cukup besar. Maka dari itu, tempat ini bisa disebut sebagai surganya para pecinta olahraga selancar. Banyak wisatawan disini yang berkunjung untuk menikmati keindahan alamnya dan juga mencoba olahraga selancar untuk memacu adrenalin Anda di tempat ini.

Daya Tarik Dimiliki Pulau Merah
Image Credit: Google Maps (Minoru Nishio)

3. Bukit Hijau dan Tanah Berwarna Merah

Di tempat ini ada sebuah bukit yang memiliki tinggi sekitar 200 meter yang tanahnya berwarna merah. Nama pantai ini diambil dari bukit ini, karena bukit ini berwarna marah maka dinamakan pulau merah. Saat Anda naik bukit ini, Anda bisa melihat keindahan pantai ini secara keseluruhan sambil melihat banyak orang berlalu lalang di pantai.

Bukit merah ini tidak bisa untuk Anda kunjungi Ketika air laut sedang pasang. Karena saat air laut pasang, bukit ini tidak terlihat seperti bukit melainkan hanya terlihat seperti pulau yang dipisahkan air laut. Bukit ini hanya Anda bisa untuk Anda kunjungi Ketika air laut sedang surut saja. Karena saat surut, Anda bisa mendaki bukit tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Pulau Merah

Alamat Pulau Merah
Image Credit: Google Maps (Arifin Muchzuri)

Letak dan alamat pulau cantik ini berada di Kecamatan Pesanggaran, Desa Sumberagung, Banyuwangi, Jawa Timur. Apabila Anda berangkat dari kota Banyuwangi, tempat ini berjarak sekitar 60 km. Jadi apabila Anda berangkat dari Kota Banyuwangi, maka Anda akan membutuhkan waktu sekitar 2 jam untuk bisa sampai ke tempat ini. Tetapi selama perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan persawahan yang menyegarkan mata.

Saat dari pusat kota, Anda harus menuju ke arah Srono setelah itu Anda akan menuju Kesilir lalu akhirnya Anda akan sampai ke Pulau Merah. Walaupun jalanan untuk menuju tempat ini banyak belokan dan melewati desa desa kecil, Anda tidak perlu khawatir karena saat di jalan nanti banyak sekali tulisan penunjuk jalan untuk menuju ke lokasi pulau.

Apabila Anda menaiki kendaraan umum, setelah turun dari Terminal Banyuwangi Anda diharuskan untuk naik bis lagi untuk jurusan ke Pesanggaran. Saat sampai di Pesanggaran, Anda bisa menyewa jasa ojek online, taxi online atau juga bisa menyewa ojek yang berada di área Pesanggaran. Karena dari tempat ini, tujuan wisata Anda sudah tidak jauh lagi dari daerah ini.

Jika Anda ingin masuk ke tempat ini, tiket masuknya cukup murah dan terjangkau. Karena untuk menikmati tempat yang cantik ini, Anda hanya dikenakan biaya masuk sebesar 8.000 rupiah saja untuk satu orang.

Dan untuk untuk biaya parkir, di tempat ini tidak mematok biaya retribusi untuk parkir atau bisa dibilang parkir di tempat ini gratis. Tempat parkir di wisata ini terbilang sangat sejuk, teduh dan juga luas karena luasnya hamparan tepi pantainya yang luas.

Di tempat ini, Anda tidak bisa melihat matahari terbit. Karena tempat wisata ini tidak buka selama 24 jam, melainkan memiliki jam operasional. Tempat ini bisa dibilang memiliki jam operasional cukup panjang, karena tempat ini buka pada pukul 07.00 dan tutup pada pukul 17.00.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pulau Merah

Kegiatan Menarik di Pulau Merah
Image Credit: Twitter.com @indtravel

1. Berwisata Kuliner

Saat Anda datang ke tempat ini tetapi lupa untuk membawa bekal, Anda tidak perlu khawatir. Karena di tempat ini tersedia banyak sekali warung makan yang siap mengisi kekosongan perut Anda ketika Anda seharian lelah berjalan jalan di pantai ini. Tidak hanya itu, di warung makan ini makanannya juga enak enak untuk Anda makan.

Anda bisa mencicipi berbagai masakan khas Indonesia di warung makan sekitaran tempat ini. Ada beberapa makanan khas yang tersedia di tempat ini seperti rawon, soto, rujak bakso, rujak soto, ikan bakar kecap, dan juga masih banyak makanan yang lainnya. Selain rasanya yang enak, makanan di tempat ini juga memiliki harga yang ramah di kantong.

2. Snorkeling

Meskipun spot snorkeling di tempat ini tak seindah di Raja Ampat atau Bunaken, bisa dibilang tempat ini memberikan Anda pemandangan bawah laut yang bisa dibilang cukup cantik. Dan jika Anda lupa membawa peralatan snorkeling dari rumah, disini tersedia persewaan alat untuk membantu aktivitas snorkeling Anda. Selain hanya bisa disewa, Anda juga bisa langsung membeli alat snorkeling.

Kegiatan di Pulau Merah
Image Credit: Google Maps (Haris Faray)

3. Menikmati Pemandangan di Pantai

Pantai ini memiliki hamparan pasir pantai seluas 3 km, hal itu membuat Anda akan merasa lelah mengelilingi pantai dan juga memakan waktu yang lama untuk mengelilinginya. Jika Anda tidak ingin berjalan jalan di pantai, Anda bisa menikmati suasana dan pemandangan pantai sembari menunggu hari menjadi gelap.

4. Surfing

Pantai Pulau Merah merupakan salah satu tujuan utama destinasi di Banyuwangi bagi para pecinta olahraga selancar. Bahkan tempat ini pernah dijadikan sebagai tempat diselenggarakannya turnamen selancar berskala internasional.

Walaupun ombaknya tidak terlalu tinggi, tempat ini bisa dijadikan sebagai tempat belajar untuk para peselancar pemula. Karena ombak disini tidak terlalu tinggi dan mudah untuk dikuasai.

Penginapan Murah Dekat Lokasi Pulau Merah

Penginapan Dekat Lokasi Pulau Merah
Image Credit: Agoda.com

1. Red Island Villa

Untuk bisa sampai ke tempat ini, Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar 5 menit saja. Pemandangan di penginapan ini juga terlihat sejuk dan asri, karena di sekitar penginapan ini terdapat tanaman hijau tropis yang sejuk. Selain itu, penginapan ini beratapkan jerami membuat suasana semakin tenang dan damai,

2. Wisma Pulau Merah

Hotel ini merupakan hotel bintang 2 yang dekat dari Pulau Merah. Secara keseluruhan, tempat penginapan ini sangat cocok untuk Anda bermalam disini. Fasilitas di tempat ini seperti Wi-Fi gratis, kolam renang, tempat parkir yang luas dan nyaman, room service, sarapan gratis dan juga memiliki layanan untuk jemputan bandara.

3. Homestay Pulau Merah

Penginapan ini merupakan penginapan termurah dibanding yang disebutkan diatas. Walaupun terbilang cukup murah, pasti Anda akan nyaman Ketika menginap di penginapan ini. Kamar kamar di penginapan ini juga lumayan luas dan bersih. Di penginapan ini Anda akan mendapatkan pelayanan sarapan gratis.

Fasilitas yang Tersedia di Pulau Merah Banyuwangi

Fasilitas di Pulau Merah Banyuwangi
Image Credit: Google Maps (Valentine Hope)

Menjadi tempat yang paling populer dikunjungi di Provinsi Jawa Timur, membuat tempat ini memiliki fasilitas yang cukup mewadahi. Hal itu membuat para wisatawan disini betah berlama-lama. Di tempat ini memiliki fasilitas seperti warung makan, kamar mandi, musholla, toilet, tempat parkir yang luas, dan juga persewaan untuk kegiatan di air.

Untuk menjaga keamanan para wisatawan, di tempat ini disediakan menara pandang yang memiliki tinggi sekitar 3 meter yang difungsikan untuk melihat keadaan sekitar pantai ketika ada pengunjung yang membutuhkan bantuan. Hal itu bisa menjadi bukti bahwa tempat ini dikelola dengan sangat baik dari segi manapun.

Itu tadi merupakan ulasan singkat mengenai tempat wisata Pulau Merah yang berlokasi di daerah Banyuwangi. Setidaknya ulasan tadi dapat Anda jadikan sebagai referensi apabila ingin berlibur dengan bertemakan pantai. Ketika Anda berlibur ke tempat ini, jangan lupa untuk selalu mengabadikan momen dalam setiap perjalanan Anda.