20 Tempat Wisata di Banyuwangi

Terletak di ujung Pulau Jawa dan dekat dengan Bali, maka tak heran Banyuwangi juga memiliki tradisi dan Budaya dengan Bali. Selain memiliki unsur kebudayaan yang kental dengan adat, kota yang memiliki julukan The Sunrise of Java ini dapat dipastikan memiliki segudang keistimewaan.

Keistimewaan tersebut tercermin dari kisah nusantara tentang asal mula Banyuwangi yang sudah melegenda. Di samping keutamaan nilai sejarahnya, Banyuwangi juga punya berbagai potensi wisata yang tidak kalah dengan provinsi lainnya. Mulai dari wisata belanja, wisata kuliner, dan wisata alam.

Untuk wisata alam, Anda tak perlu ragu untuk mengunjunginya. Pasalnya, kota ini akan menawarkan beragam keindahan dari setiap tempat yang kamu kunjungi. Berikut 20 Tempat Wisata di Banyuwangi yang eksotis.

1. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran

Lokasi: Sumberwaru, Banyuputih, Kab. Situbondo, Jawa Timur. – Image Credit by Tourbanyuwangi.com

Destinasi wisata pertama yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Banyuwangi adalah Taman Nasional Baluran. Lokasinya terletak di Jalan Raya Situbondo, Banyuwangi, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih. Di sini kamu dijamin bakal mendapatkan foto yang instragrammable.

Selain lanskap padang savananya yang istimewa, kamu juga bisa menjumpai aneka satwa yang berkeliaran secara bebas. Yang terpenting utamakan keselamatan, jangan sampai para hewan jadi terganggu karena kedatangan kamu.

2. Jembatan Selfie Kalilo

Jembatan Selfie Kalilo

Lokasi: Jl. Kalilo, Singonegaran, Pengantigan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Akurat.co

Akhir-akhir ini, Banyuwangi punya destinasi wisata hits, namanya Jembatan Selfi Kalilo. Lokasinya terletak di Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi. Di sini, kamu bakal menjumpai lanskap jembatan panjang dengan rumah warna-warni yang ada di sampingnya.

Sudah banyak anak-anak muda yang berfoto di sini. Apalagi hasilnya dijamin eksotis dan bakal keren abis kalau diposting di media sosial. Maka dari itu usahakan datang dan langsung ambil foto terbaikmu. Bisa juga dikunjungi saat malam, jadi tambah terlihat mengesankan dengan efek cahaya yang berasal dari lampu-lampu sekitar.

3. Waduk Bajulmati

Waduk Bajulmati

Lokasi: Watukebo, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Phinemo.com

Waduk Bajulmati lokasinya terletak di Desa Watukebo, Kecamatan Wongsorejo. Di sini, kamu bakal dimanjakan dengan suasana air jernih khas waduk dengan panorama pelengkap yang tidak kalah cantiknya.

Meskipun baru dibuka pada tahun 2016, kawasan ini sudah memiliki banyak peminat. Ada gundukan-gundukan kecil di tengah waduk bakal jadi latar belakang menarik khas pulau Raja Ampat. Selain itu, kamu juga bisa menyewa speed boat untuk menyusuri luasnya area waduk yang sejuk.

4. Kawah Ijen

Kawah Ijen

Lokasi: Desa Tamansari, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Wikipedia.org

Pasti sudah tahu kan kalau blue fire hanya ada dua di dunia, yaitu di Islandia dan di Banyuwangi. Di Banyuwangi, tepatnya Kawah Ijen kamu bakal menemukan panorama blue fire yang eksotis. Tak heran jika pemandangan tersebut banyak diburu wisatawan domestik maupun mancanegara.

Untuk mendapatkan moment istimewa tersebut, ada baiknya kamu melakukan pendakian saat pukul 1 dini hari lewat pos Paltuding. Biasanya, cahaya blue fire yang fantastis akan tampak sebelum fajar.

5. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Lokasi: Bengkak, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Ulinulin.com

Banyuwangi ternyata punya pantai berpasir putih dengan kejernihan airnya, namanya Pulau Tabuhan. Pulau ini masuk dalam nominasi wisata terfavorit untuk pengunjung domestik maupun mancanegara. Lokasinya berada di Desa Bangsring, Kecamatan Wongsorejo.

Saking jernih airnya, kamu bisa menyaksikan keindahan bawah laut yang begitu memikat hati. Untuk pencinta olahraga ekstrem, bisa mencoba wind surfing dan kite surfing. Selain itu, kamu juga bisa bermain air dan berenang di sekitar kawasan pantai ini.

6. Pantai Penyu Sukamade

Pantai Penyu Sukamade

Lokasi: Desa Sarongan, Kec. Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Wisata-osing.blogspot.com

Pantai Penyu Sukamade terletak di Sarongan, Pesanggaran. Di sini, kamu bakal melihat fenomena alam dari insting penyu untuk bertelur dan menyusuri pantai. Untuk sampai ke lokasi ini, jalurnya cukup ekstrem jadi sangat cocok bagi siapa saja yang memiliki jiwa petualang.

Kabarnya, dari keenam jenis penyu yang ada di seluruh dunia, empat jenisnya ditemukan mendarat di pantai ini. Tenang saja, kondisi pantainya memang baik karena sudah masuk ke dalam area Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).

7. Rumah Apung Bangsring

Rumah Apung Bangsring

Lokasi: Bangsring, Wongsorejo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Cluringtravel.blogspot.com

Kalau Kalimantan terkenal dengan pasar terapungnya, Banyuwangi justru terkenal dengan rumah apungnya. Masyarakat lebih mengenalnya dengan sebutan Rumah Apung Bangsring karena letaknya yang berada di tengah-tengah pantai Bangsring.

Di sini, kamu bakal menjumpai rumah apung yang sekaligus berfungsi sebagai wahana pembudidayaan terumbu karang. Kalau mau sampai ke sini, bisa menaiki perahu yang telah disediakan penduduk sekitar.

8. Jawatan Benculuk

Jawatan Benculuk

Lokasi: Purwosari, Benculuk, Cluring, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Pegipegi.com

Jika kamu ingin berkunjung ke tempat yang mirip dengan lanskap film The Lord of The Rings, cobalah berkunjung ke Jawatan Benculuk. Lokasinya ada di Desa Benculuk, Kecamatan Cluring. Destinasi wisata ini memang menggemparkan, terkenal dengan panorama hutan yang tampak penuh dengan misteri.

Pepohonan-pepohonan dari jenis trembesi tersebut berkumpul dan merambat hingga menjadi pemandangan yang eksotis. Apalagi jika didukung oleh sinar matahari yang muncul dari celah-celah pohon, dijamin panoramanya bikin kamu terkesima.

9. Lori Wisata Kalibaru

Lori Wisata Kalibaru

Lokasi: Jl. Raya Kalibaru, Dusun Krajan, Banyuanyar, Kalibaru, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Flickr.com

Spot foto menarik dengan gaya klasik akan kamu temui saat singgah ke Lori Wisata Kalibaru. Lokasinya terletak di Stasiun Kalibaru, Banyuanyar. Di sini, kamu bakal diajak jalan-jalan menggunakan kereta api mini dari stasiun Kalibaru sampai Stasiun Mrawan PP.

Selama perjalanan, pesona pemandangan dari pegunungan dan kebun kopi di Gunung Gumitir akan bergantian memanjakan liburan kamu di sini. Apalagi, suasananya sejuk berkolaborasi secara sempurna dengan paduan kegagahan Gunung Gumitir.

10. Bukit Mondoleko Sragi

Bukit Mondoleko Sragi

Lokasi: Sragi, Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Traveltime-ku.blogspot.com

Pesona lima gunung Jawa Timur akan tersaji dalam satu paket saat kamu melancong ke Bukit Mondoleko Sragi. Karena berada di ketinggian, kamu akan menjumpai gugusan gunung megah yang terdiri dari: gunung raung, suket, kendil, merapi, dan meranti. Untuk bisa sampai ke sini, jarak yang dibutuhkan mencapai kurang lebih 1,5 km yang ditempuh dengan jalan kaki.

Selama perjalanan, hawa sejuk akan selalu menyertai. Selain itu, di sini juga ada berbagai spot menarik yang bisa dijadikan ajang selfi, mulai dari kebun stroberi, bunga beraneka jenis, hingga lading bunga matahari.

11. Rumah Kurcaci Glenmore

Rumah Kurcaci Glenmore

Lokasi: Jl. Untung Suropati No. 44, Desa Karangharjo, Glenmore, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Dakatour.com

Kafe Glenmore yang berlokasi di jalan Untung Suropati No. 44, Kecamatan Glenmore. Rumah Kurcaci tersebut ternyata ada di belakang kafe, tentunya ada alasan kenapa dibangun di sana.

Rumah Kurcaci tersebut terdiri dari empat bangunan dengan warna-warni cantik, motifnya cerah sehingga sedap dipandang mata. Apalagi dilengkapi dengan bebatuan yang ditata secara estetik.

12. Desa Wisata Osing Kemiren

Desa Wisata Osing Kemiren

Lokasi: Dusun Krajan, Kemiren, Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Detik.com

Rasanya suku osing sebagai penghuni lama Kota Banyuwangi tidak perlu dipertanyakan lagi kepopulerannya. Jejak-jejak mereka bisa kamu temukan saat melancong ke Desa Wisata Osing Kemiren. Lokasinya ada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah.

Kamu bisa menjumpai tradisi suku osing yang masih ada lewat hunian-hunian rumahnya dengan desain tradisional. Rumah-rumah tersebut kabarnya sudah berumur ratusan tahun dan masih kokoh berdiri. Di sini juga ada rumah besar sebagai tempat penyelenggaraan acara kesenian.

13. Mangrove Bedul Ecotourism

Mangrove Bedul Ecotourism

Lokasi: Dusun Bloksolo, Desa Sumberasri, Kec. Purwoharjo, Gebang Kandel, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Sukita.info

Di Banyuwangi, kamu akan menjumpai kawasan mangrove terbesar di Pulau Jawa, namanya Mangrove Bedul Ecotourism. Lokasinya terletak Dusun Bloksolo, Desa Sumberasri, Kecamatan Purwoharjo.

Berdasarkan namanya, bedul berasal dari jenis ikan yang mirip dengan ikan gabus. Selain itu, di sini juga ada 27 jenis mangrove yang bisa dijadikan media pembelajaran yang efektif. Kalau lapar, kamu pun bisa mencicipi ikan bedul yang dibungkus daun jati.

14. Pulau Merah

Pulau Merah

Lokasi: Dusun Pancer, Sumberagung, Pesanggaran, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Rancahpost.com

Objek Wisata di Banyuwangi ini sudah terkenal di masyarakat nusantara, bahkan sudah dikenal baik oleh para peselancar internasional. Nama wisata tersebut adalah Pulau Merah. Lokasinya terletak di desa sumberagung, kecamatan pesanggaran. Objek wisata satu ini menyajikan panorama berupa pulau mini di bibir pantai.

Selain itu, pasirnya berwarna merah sehingga menjadikan lanskap jadi tampak eksentrik. Ombak di sini cukup besar jadi tak heran jika banyak peselancar dunia tandang ke pulau merah.

15. Pantai Boom

Pantai Boom

Lokasi: Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Pegipegi.com

Banyuwangi tidak hanya memiliki pantai berpasir putih saja, namun juga ada pantai berpasir hitam. Nama pantai tersebut adalah Pantai Boom. Lokasinya terletak di Kelurahan Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi.

Di tempat wisata ini, kamu bakal dimanjakan latar belakang pantai yang identik dengan suasana Bali. Kamu juga bisa menyusuri kawasan ini dengan menunggangi kuda.

16. Air Terjun Kampung Anyar

Air Terjun Kampung Anyar

Lokasi: Dusun Krajan, Kampung Anyar, Glagah, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Plesiryuk.com

Banyuwangi juga punya air terjun yang tak kalah menakjubkan. Salah satunya bernama Air Terjun Kampung Anyar. Pemberian nama tersebut diambil dari lokasinya yang terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah.

Di kawasan ini, kamu dapat menikmati tiga panorama air terjun secara langsung. Selain memiliki daya tarik dari tampilannya, nama Air Terjun Kampung Anyar dikenal memiliki berbagai nama, mulai dari Air Terjun Kembar, Air Terjun Bidadari hingga Air Terjun Jagir.

17. Puncak Asmoro

Puncak Asmoro

Lokasi: Kacangan Asri, Gombeng, Gombengsari, Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Explorewisata.com

Keindahan selat Bali bisa kamu saksikan saat berkunjung ke Puncak Asmoro. Lokasinya terletak di Dusun Kacangan Asri, Kecamatan Kalipuro. Dengan harga tiket masuk yang murah, kamu langsung bisa menatap indahnya barisan kapal-kapal yang ingin menyeberang selat Bali.

Tempat wisata ini terletak di ketinggian 640 meter dari permukaan laut sehingga kemegahan gunung meranti, merapi, dan raung akan terlihat jelas. Kawasannya juga sudah dilengkapi berbagai spot foto menarik yang kekinian, mulai dari spot bintang, dermaga kecil, dan gardu pandang.

18. Pantai Plengkung

Pantai Plengkung

Lokasi: Desa Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Sukita.info

Banyuwangi punya pantai yang sudah dinobatkan sebagai The Seven Giant Waves Wonder. Nama pantai tersebut adalah Pantai Plengkung. Lokasinya terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, kabupaten Banyuwangi.

Diketahui bahwa tujuh gulungan ombak di sini memiliki ketinggian mencapai 6 meter sehingga sering diincar para peselancar, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Informasi selanjutnya mengatakan bahwa ombak Pantai Plengkung termasuk ombak terbaik kedua di dunia.

19. Rowo Bayu

Rowo Bayu

Lokasi: Kentangan, Bayu, Songgon, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur. – Image Credit by Asliindonesia.net

Wisata bersejarah khas kerajaan Blambangan bisa kamu temukan saat singgah ke Rowo Bayu. Lokasinya terletak di dusun sambung rejo, Kecamatan Songgon. Tempat wisata ini berdiri kurang lebih 800 meter di atas permukaan laut. Maka tak heran, kondisi alamnya akan sejuk dan segar.

Kawasan Rowo Bayu dikelilingi area telaga dan jajaran hutan lebat. Karena faktor lokasi tersebut, matahari pun sulit menerobos masuk sehingga siang hari akan tampak seperti suasana sore, mirip keadaan matahari tenggelam.

20. Gunung Raung

Gunung Raung

Lokasi: Besuki, Banyuwangi, Bondowoso, Jember, Jawa Timur. – Image Credit by Lokalkarya.com

Berdasarkan geografisnya, gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa ini tergolong ke dalam wilayah, Kabupaten Bondowoso, Banyuwangi, dan Jember. Keistimewaan gunung ini terlihat dari bentuknya yang seperti elips dengan kedalaman mencapai 500 meter.

Kawah Gunung Raung termasuk kaldera kering terbesar nomor dua di nusantara, setelah Gunung Tambora. Untuk bisa ke sini, kamu akan melewati jalur yang tidak mudah dan terkesan ekstrem.

Demikian informasi tentang 20 Destinasi Wisata di Banyuwangi yang memesona saying untuk dilewatkan. Semoga bisa menjadi panduan wisata bagi kamu saat berkunjung ke kota ini. Selamat berlibur.