Pantai Boom salah satu objek wisata yang menawan dan instagenik di Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini memiliki landmark ikonik yaitu Jembatan Spiral dan menjadi tempat kumpul kawula muda.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kampungmandar, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Pantai Boom ini berada di tengah kota. Dimana keberadaannya ini membuat para pengunjung lebih mudah untuk mendatangi tempat wisata kece tersebut. Sebelumnya pantai ikonik ini adalah sebuah pelabuhan yang menghubungkan antara Jawa dan Bali. Pantai tersebut juga dulunya pernah menjadi tempat singgah para pedagang.

Pantai Boom sering digunakan untuk menggelarkan beberapa acara besar. Acara-acara yang sering diselenggarakan di pantai ini yaitu festival seni yang menampilkan Gandrung Sewu, konser dan acara-acara besar lainnya. Selain itu, pantai ini juga sangat ramai saat weekend tiba.

Seiring waktu berjalan, kini Pantai Boom dikelola dan dikembangkan menjadi tempat wisata yang semakin keren dan kece. Dimana dilakukan perbaikan, pembangunan dan pengembangan. Ditata tempat dan lokasi untuk berjualan supaya rapi. Dibuatkan taman bermain, lokasi camping ground yang indah dan cantik.

Daya Tarik yang Dimiliki Wisata Pantai Boom

Daya Tarik Pantai Boom
Image Credit: Facebook.com @cnnindonesia

1. Keindahan Pantai Boom

Pasir pantai yang menghiasi pantai ini adalah pasir hitam yang memiliki kilau yang indah. Selain indah, menurut beberapa orang, jika berjalan-jalan tanpa alas kaki di sekitar pantai, akan dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Penyakit yang disebutkan yaitu penyakit tulang dan penyakit kulit lain yang diderita.

Luas pantai yang mencapai 44 hektar ini memiliki ombak yang bersahabat dan aman. Namun, air laut di sekitar pantai itu cukup dalam. Sehingga beberapa orang yang tidak pandai berenang akan dilarang untuk berenang di sekitar pantai.

Yang lebih menakjubkan lagi, Anda bisa menyaksikan pemandangan indah pulau Bali dengan Gunung Batur dari kejauhan Pantai Boom Banyuwangi tersebut. Pemandangan estetik yang membuat tidak ingin beralih.

2. Panorama The Sunrise Of Java

Daya tarik utama dan yang paling terkenal di pantai adalah adanya matahari terbit. Tidak aneh jika banyak pengunjung datang saat pagi buta hanya untuk mengejar view sunrise terindah di pantai tersebut.

Para pengunjung beramai-ramai datang untuk bisa berfoto bersama keindahan matahari terbit di pantai itu. Saat pagi, selain menunggu matahari terbit, Anda bisa jalan-jalan keliling pantai, bisa jogging di jalur yang dibuatkan di sekitar area pantai.

Daya Tarik dari Pantai Boom
Image Credit: Google Maps (Dewi Em)

3. Pantai yang Sarat Nilai Sejarah

Di bagian selatan pantai terdapat makam pahlawan yang menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung untuk datang. Selain karena keindahan pantai, terdapat nilai sejarah yang dapat dipelajari.

Makam tersebut adalah milik pahlawan-pahlawan angkatan laut yang dahulu mati syahid melawan penjajah di Banyuwangi. Dimana makam pahlawan tersebut diberikan nama Taman Makam Pahlawan Wisma Raga Laut. Beberapa pengunjung ada yang datang berlibur, beberapa ada juga berkunjung dan berziarah ke makan tersebut.

4. Tugu Inkai di Kawasan Pantai

Tugu tersebut merupakan tugu yang dibangun untuk mengenang tragedi Inkai. Tragedi Inkai adalah sebuah cerita nyata yang terjadi pada tahun 1982. Dimana, para peserta Inkai atau Institut Karate-Do Indonesia, tengah melakukan pemanasan di sekitar Pantai Boom guna mengikuti ujian kenaikan sabuk yang sedianya akan dilaksanakan di gedung PMI Banyuwangi.

Sore air laut sedang surut, para peserta berencana kembali ke Gedung PMI dengan jalan pintas yakni menyebrangi muara sungai yang cukup dangkal. Namun, di tengah perjalanan datang ombak yang sangat besar.

Kemudian ombak tersebut menggulung 86 peserta Inkai yang sedang berlatih. Dan 26 diantaranya ditemukan meninggal. Tragedi naas tersebut tentu sangat menghebohkan sehingga dibuatlah tugu Inkai untuk mengenang para korban.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Pantai Boom

Alamat Pantai Boom
Image Credit: Google Maps (Syamsul Arifin)

Alamat pantai cantik ini berada di Kampung Mandar, Banyuwangi, Jawa Timur. Jalur menuju pantai yaitu jika berada dari simpang lima di Banyuwangi, lurus saja menuju ke jalan Dr. Sutomo. Setelah berada di Taman Blambangan, Anda akan menemukan pertigaan lalu belok kiri. Kemudian lurus menuju ke jalan RA Kartini.

Setelah itu lurus ke jalan Nusantara menuju ke jalan Ikan Cucut. Kemudian belok kiri dan lurus saja, tidak jauh dari jalan tersebut Anda akan menemukan Pantai Boom di sebelah kanan.

Objek wisata ini buka dari jam enam pada pagi hari. Sehingga Anda bisa menikmati sunrise yang menyambut dunia. Pantai ini tutup pada jam sembilan malam. Anda juga masih bisa menikmati sunset di sebelum pulang dari pantai.

Harga tiket untuk masuk ke tempat wisata ini yaitu hanya Rp 5000 saja. Untuk parkir Anda akan dikenakan biaya Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 3000 untuk kendaraan roda empat.

Selain pembayaran tiket masuk dan pembayaran parkir, Anda bisa menyewa beberapa alat olahraga air yang ada di lokasi pantai. Setiap alat olahraga memiliki harga sewa yang berbeda-beda.

Namun, jika Anda hanya ingin duduk santai di pinggir pantai, Anda bisa bersantai di kursi yang disediakan. Anda hanya perlu membayar sewa sekitar Rp 20.000 perjam untuk bisa duduk dan santai di kursi dengan payung sebagai tempat berteduh itu.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Boom

Kegiatan di Pantai Boom
Image Credit: Twitter.com @azwarAnas_a3

1. Hunting Foto Estetik di Dermaga Kapal

Di dekat pantai terdapat sebuah dermaga kapal pesiar. Tempat ini adalah salah satu lokasi berfoto yang estetik banget. Terdapat sebuah jembatan yang memiliki model dan bentuk yang unik dan menarik.

Bentuk spiral dari tudung jembatan itu menjadi tempat yang selalu ramai untuk dijadikan tempat berfoto. Jembatan megah ini memiliki pemandangan yang indah. Pada malam hari, jembatan akan terlihat lebih mewah. Karena dihiasi dengan lampu yang indah berkilau. Sehingga menjadikan foto Anda menjadi sangat instagrammable.

Ada tulisan Boom Banyuwangi di pinggir pantai. Lokasi ini juga di jadikan spot berfoto yang cantik. Karena Anda bisa mendapatkan dua view sekaligus jika berfoto di tempat tulisan dengan nama pantai, dan view pemandangan pantai secara langsung.

2. Keliling Sekitar Pantai dengan Sepeda

Jika ingin berkeliling sekitar pantai namun lelah berjalan kaki, Anda bisa menyewa sepeda di sekitar pantai. Sepeda berderet tersebut disewakan oleh penduduk sekitar. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 20.000 saja untuk satu jam.

Menikmati sekitar pantai dengan bersepeda akan semakin seru. Bersepeda saat pagi atau sore hari akan memberikan kesan dan nuansa yang indah dan menarik. Anda bisa berkeliling di sekitar pantai atau di jalur jogging yang sengaja dibuat untuk olahraga. Berkeliling pantai dengan sepeda bersama pasangan akan semakin seru.

3. Rekreasi Seru di Pinggir Pantai

Anda bisa mengajak keluarga untuk rekreasi seru di pinggir pantai. Selain mandi dan berenang, Anda bisa mengajak keluarga untuk wisata bersama. Dimana dekat parkiran di pantai ini disediakan tempat rekreasi untuk keluarga.

Di lokasi rekreasi tersebut disediakan beberapa wahana hiburan. Wahana itu bisa dimainkan oleh orang dewasa maupun anak-anak. Anda bisa menyewa beberapa permainan yang bisa dimainkan bersama.

Seperti motor cross yang bisa dimainkan untuk anak-anak. Permainan tersebut dilengkapi dengan alat pengaman dan jalur bermain. Adanya penyewaan kapal yang bisa digunakan untuk berkeliling Pantai Boom.

Ada bianglala yang bisa dinaiki oleh anak-anak maupun orang dewasa. Dari ketinggian bianglala Anda bisa menikmati view pantai yang indah dan cantik. Dan masih banyak lagi permainan menarik yang bisa dimainkan di tempat rekreasi keluarga tersebut.

Kegiatan Pantai Boom
Image Credit: Google Maps (Permana Aji)

4. Olahraga Air

Selain mandi, berenang dan berendam, Anda akan menemukan banyak kegiatan seru yang dilakukan di sekitar Pantai Boom. Ada olahraga air yang menarik untuk dilakukan yaitu Bermain Jet Ski, Paralayang, Paramotor, dan berkeliling pantai dengan perahu.

Kegiatan-kegiatan itu dilakukan oleh para pengunjung yang datang ke tempat wisata terkenal ini. Kegiatan-kegiatan seru tersebut dapat menambah keseruan bagi para pengunjung.

5. Berkuda di Pinggir Pantai

Rasakan sensasi naik kuda di pinggir pantai. Anda bisa menyewa kuda dan perlengkapan keamanannya dengan harga yang terjangkau di sekitar pantai cantik ini.

Menikmati panorama alam pantai sambil menaiki kuda di pinggir pantai. Anda akan diberikan pengalaman yang seru dan menarik.

6. Camping Ground

Ada kawaasan Ecopark, dimana ada lokasi yang disediakan untuk pengunjung yang ingin berkemah. Pengelola pantai menyediakan area camping untuk wisatawan yang bermalam di kawasan pantai.

Anda juga bisa menyewa peralatan camping, alat-alat outdoor lainnya. Bermalam di pinggir pantai ini mejadi salah satu kegiatan menarik dilakukan bagi para pecinta alam. Sebelum berkemah, Anda bisa memberitahukan pihak pengelola pantai supaya aman dan nyaman.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai Boom

Penginapan Pantai Boom
Image Credit: Booking.com

1. OYO 90297 Welaran Homestay

Penginapan tersebut hanya berjarak 325 meter saja dari Pantai Boom. Anda bisa berjalan kaki jika ingin menuju pantai yang indah ini.

Hanya dengan Rp 156.000 Anda sudah bisa menyewa homestay tersebut untuk satu malam. Penginapan murah dan bagus tersebut memberikan banyak fasilitas yang dapat memuaskan pengunjung.

2. BRB Guesthouse

Jarak penginapan ini dengan pantai hanya 342 meter saja. Jarak yang dekat itu bisa dijangkau dengan jalan kaki atau bersepeda. Penginapan tersebut mendapatkan 64 poin untuk kepuasan pelanggan. Sehingga Anda tidak perlu takut untuk memilih penginapan ini untuk bermalam.

Hanya dengan Rp 320.000 saja Anda sudah bisa bermalam di penginapan bagus dan nyaman itu. Selain bagus, pelayanan dan fasilitas yang diberikan juga sangat baik.

3. Hotel dan Resto Selamet

Penginapan yang dilengkapi dengan restoran tersebut hanya berjarak 529 meter saja dari lokasi Pantai Boom. Penginapan yang memiliki restoran ini dapat mempermudah pengunjung untuk tidak perlu jauh-jauh jika ingin mencari tempat makan.

Selain menyediakan tempat makan yang dekat, penginapan ini juga memberikan tarif yang terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp. 392.000 saja untuk setiap malam.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Boom Banyuwangi

Fasilitas Pantai Boom
Image Credit: Google Maps (Eko Hartanto)

Fasilitas yang ada di sepanjang pantai yaitu kedai yang menyediakan makanan dan minuman. Makanan yang paling favorit adalah seafood. Ada kursi-kursi yang disediakan di pinggir pantai. Ada toilet, mushola. Selain itu ada tempat parkir yang luas.

Di sekitar pantai juga terdapat taman bermain untuk anak-anak dan dewasa. Ada jalur untuk bersepeda dan berkuda. Ada tempat sewa alat bermain, sewa alat camping dan alat lainnya. Area wisata yang sangat mendukung dan nyaman.

Kawasan wisata Pantai Boom ini sangat populer di kalangan masyarakat. Selain dijadikan tempat bermain air, masyarakat yang datang berkunjung juga datang hanya sekedar olahraga, bermain dan bersepeda.