17 Tempat Makan Enak di Banyuwangi Favorit Wisatawan

Tempat Makan Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu tempat wisata yang layak untuk Anda kunjungi. Karena, di sini terdapat berbagai spot wisata yang menawan. Selain itu Anda bisa berwisata kuliner di Banyuwangi karena terdapat berbagai makanan dan minuman yang lezat khas daerah yang dapat Anda nikmati baik itu sendiri, bersama teman, kekasih ataupun keluarga.

Berbagai kuliner di Banyuwangi sangat menggoda selera karena terbuat dari berbagai bahan masakan yang umumnya berasal dari daerah tersebut. Selain itu Anda bisa menemukan berbagai makanan nusantara lainnya di tempat ini dengan mudah.

Tujuan wisata kuliner di Banyuwangi cukup banyak sehingga Anda akan kesulitan jika ingin mengunjungi semuanya. Oleh karena itu, Anda bisa menjadikan daftar di bawah ini sebagai patokan untuk memilih tempat kuliner ketika akan berkunjung ke Banyuwangi di kemudian hari nanti.

1. Sego Cawuk Bu Mantih

Sego Cawuk Bu Mantih

Lokasi: Pancoran Kulon, Rogojampi, Kec. Rogojampi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Travelingyuk.com

Nasi cawuk adalah pilihan makanan yang pas selepas beraktifitas seharian. Anda bisa menemukan warung Bu Mantih yang berjarak sangat dekat dengan stasiun Rogojampi, Banyuwangi.

Sego cawuk ini merupakan nasi yang kemudian ditaburi dengan kelapa parut, lalu ditambah dengan kuah serta bumbu-bumbu pelengkap pilihan lainnya. Warung ini biasa buka dari jam 7 pagi, namun Anda jangan kaget karena saking larisnya lauknya akan habis pada jam 11 siang.

2. Pecel Pitik Desa Kemiren

Pecel Pitik Desa Kemiren

Lokasi: Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangibagus.com

Makanan khas satu ini dapat Anda temukan di Desa Kemiren dimana Desa Adat Osing berada. Layaknya pecel pada umumnya, pecel pitik terbuat dari sayur-sayuran segar lengkap dengan kuah pecelnya.

Perbedaannya terdapat pada campuran daging ayam kampung kemudian diurap dengan berbagai bumbu rempah lalu ditaburi dengan parutan kelapa. Parutan kelapa yang dipakai masih segar atau tidak dimasak, namun hal inilah yang membuat pecel pitik menjadi unik dan enak.

3. Sego Bungkus Bu Poer

Sego Bungkus Bu Poer

Lokasi: Jl. Jendral Sudirman No 26 Panderejo, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Darwinchai.com

Sesuai namanya, makanan ini merupakan olahan nasi yang masih dibungkus dengan daun pisang. Penggunaan daun pisang ini akan membuat Anda teringat bagaimana orang terdahulu membungkus makanan.

BACA:  14 Tempat Wisata di Ponorogo Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Walaupun dibungkus, Anda bisa memakannya di tempat. Selain itu, Anda bisa memilih berbagai lauk seperti telur, ayam, ikan, lalapan serta sambal sebagai pelengkap nasi.

4. Rujak Soto Mbok Mbret

Rujak Soto Mbok Mbret

Lokasi: Kepatihan, Kec. Cluring, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Kumparan.com

Kuliner satu ini dibuat berdasarkan namanya, yaitu rujak buah atau sayuran yang kemudian disiram dengan kuah soto lengkap dengan ayam dan bumbu soto lainnya.

Salah satu warung yang menjual rujak soto terenak adalah Mbok Mbret. Anda dapat mengunjungi tempat ini mulai dari jam 8 pagi sampai dengan 4 sore.

5. Mie Ayam Ahem

Mie Ayam Ahem

Lokasi: Jl. Imam Bonjol No.54, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Tripadvisor.co.id

Mie ayam tentu tidak asing di telinga Anda. Walaupun mie ayam dapat ditemukan dengan mudah dimanapun, namun Anda wajib mencoba Mie Ayam Ahem.

Alasannya adalah mie yang digunakan bertekstur kenyal dan tebal, terlebih potongan ayam yang diberikan cukup banyak. Selain itu penjual akan menambahkan bakso sebagai pelengkap.

6. Mie Kuah Warung Kepiting

Mie Kuah Warung Kepiting

Lokasi: Jl. Kepiting, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Aningasalnulis.com

Sesuai dengan namanya, warung satu ini menyediakan berbagai aneka olahan kepiting dan salah satu menu Andalannya adalah mie dengan memakai daging kepiting yang rasanya dijamin enak dan lezat.

Pemilik warung menggunakan racikan bumbu khusus agar rasa mie dan kepiting saling berpadu sehingga menghasilkan cita rasa yang luar biasa nikmat. Namun, jika Anda tidak suka kepiting, maka Anda bisa memesan seafood atau makanan lainnya di warung ini.

7. Pecel Rawon Mbok Sumi

Pecel Rawon Mbok Sumi

Lokasi: Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Kulinermudikddb.ucontest.info

Makanan ini terbuat dari pecel yang segar dan gurih karena memakai bumbu kacang kemudian dicampur dengan kuah rawon yang kaya akan kaldu ayam sehingga makanan ini akan terasa semakin gurih dan nikmat.

BACA:  13 Tempat Wisata di Lumajang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Biasanya kuah rawon yang disertakan tidak menggunakan daging seperti rawon umumnya. Namun, Anda bisa menambahkan daging secara terpisah sesuai dengan keinginan masing-masing.

8. Rawon Bu Atik

Rawon Bu Atik

Lokasi: Jl. A. Yani, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Rachman14.wordpress.com

Rawon yang tersedia di warung Rawon Bu Atik cukup lengkap yaitu rawon empal, rawon buntut goreng, rawon biasa dan lainnya ada disini.

Menikmati rawon akan semakin lengkap jika ditemani dengan sepiring nasi putih dan kerupuk. Anda juga bisa menambahkan sambal cabai sesuai dengan selera masing-masing.

9. Bakso Kiki Genteng

Bakso Kiki Genteng

Lokasi: Jl. Temuguruh, Dusun Krajan, Genteng Wetan, Kec. Genteng, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Superadventure.co.id

Bakso juga tentunya tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Namun, bakso Kiki Genteng ini cukup terkenal dan wajib untuk Anda datangi. Karena, bakso disini sangat enak dan selalu diramaikan oleh para pengunjung.

Anda bisa menikmati berbagai macam bakso disini seperti bakso halus, bakso bakar, bakso telur, bakso kasar dan lainnya. Pilihan tersebut bisa Anda campur agar dapat merasakan seluruh kenikmatan jenis bakso dalam satu mangkuk.

10. Ayam Pedes Rantinem

Ayam Pedes Rantinem

Lokasi: – Image Credit by Merahputih.com Krajan, Genteng Kulon, Kec. Genteng, Kab. Banyuwangi.

Banyuwangi juga memiliki tempat makan dengan spesialisasi sambel yang mantap. Nama tempatnya adalah Ayam Pedas Rantinem. Sesuai dengan namanya, Anda akan menikmati aneka olahan ayam baik bakar dan goreng plus sambel pedas yang nikmat.

Tempat ini merupakan alternatif yang tepat setelah berkeliling Banyuwangi. Ayam pedas ini akan semakin nikmat jika dimakan bersama dengan nasi putih serta lalapan.

11. Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi

Ikan Bakar Blimbingsari Rogojampi

Lokasi: Jl. Pantai Blimbingsari, Pacemengan, Blimbingsari, Kec. Rogojampi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Banyuwangibagus.com

Banyuwangi sangat dekat dengan daerah pantai sehingga mudah untuk menemukan aneka makanan seafood. Namun, di Blimbingan Rogojampi Anda hanya akan menemukan aneka olahan seafood seperti ikan, cumi dan lainnya.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Kediri yang Enak & Wajib Anda Coba

Tempat makan yang berlokasi di Pantai Blimbingan ini sangat terkenal karena kepiawaiannya dalam mengolah aneka makanan laut. Rasanya juga enak dan lezat sekaligus memiliki pemandangan yang indah.

12. Lodeh Koro Pedas Warung Lya

Lodeh Koro Pedas Warung Lya

Lokasi: Jl. Raya Wongsorejo, Dusun Alasmalang, Alasrejo, Kec. Wongsorejo, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Tribunnews.com

Letaknya dekat dengan jalur pantura sehingga mudah untuk dikunjungi. Sesuai namanya, makanan utama di warung ini adalah buah sayuran koro plus bumbu cabe Lombok yang pedas.

Warung ini menyediakan makanan tradisional namun enak dan lezat. Selain itu, tempatnya dibuat sedemikian rupa sehingga terasa kesan klasik dan jadul di warung ini.

13. Warung Pesantogan Kemangi Kemiren

Warung Pesantogan Kemangi Kemiren

Lokasi: Krajan, Kemiren, Kec. Glagah, Kab. Banyuwang.- Image Credit by Banyuwangi.asia

Pesantongan yang  berarti tempat nongkrong ini sangat cocok dikunjungi bersama teman dan keluarga selepas mengunjungi tempat wisata lainnya di Banyuwangi. Tempat ini cukup nyaman dan bersih sehingga Anda akan betah berada di dalamnya.

Selain itu, makanan dan minuman yang tersedia cukup lengkap dan bisa Anda pilih dengan bebas. Bahkan Anda bisa menemukan kuliner tradisional seperti pecel pitik, beras kencur, temulawak dan lainnya di tempat ini.

14. Warung Biru

Warung Biru Banyuwangi

Lokasi: Jl. Kapten Piere Tendean, Karangrejo, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Tripadvisor.com

Tempat makan ini telah dikenal oleh banyak orang. Menu utamanya merupakan makanan seafood seperti ikan dan cumi dengan varian olahan yang cukup lengkap.

Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa menikmati kelezatan ayam goreng, sayur dan makanan lainnya di warung biru ini. Anda sangat dianjurkan untuk mengunjungi tempat ini karena terdapat banyak varian makanan yang cocok untuk selera Anda.

15.

Nasi Tempong Mbak Nah

Lokasi: Jl. Kolonel Sugiono No.16, Kertosari, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Travelingyuk.com

 

Warung Mbak Nah berada dekat dari pusat Banyuwangi. Warung ini cukup terkenal sehingga sering dikunjungi banyak orang baik di hari biasa ataupun hari libur.

Sesuai namanya Anda akan menikmati nasi rames dengan berbagai lauk yaitu ikan ataupun ayam beserta lalapan. Anda juga bisa menikmati rujak soto dan pecel rawon di tempat ini. Kelebihan warung ini adalah sambal terasinya yang sangat pedas seperti di tampar (tempong). Karena itulah dinamakan dengan nasi tempong.

16. Sop Kesrut Rodiyah

Sop Kesrut Rodiyah

Lokasi: Karang Sari, Segobang, Kec. Licin, Kab. Banyuwangi. – Image Credit by Kompas.com

Mungkin bagi sebagian besar rakyat Indonesia tidak mengenal kuliner satu ini. Karena masakan ini salah makanan asli Banyuwangi. Sop kesrut terbuat dari olahan kaldu kental dengan tambahan tulang ayam kampung. Tentu terdapat daging ayam di dalamnya dan bahan lainnya sebagai pelengkap.

Namun, sop kesrut memiliki rasa pedas dan sedikit asam  plus kuah kaldunya yang gurih. Oleh karena itu, makanan ini sering dicari oleh para pendatang. .

17. D’Copiz Café Banyuwangi

D'Copiz Café Banyuwangi

Lokasi: Jl. Brawijaya, Kebalenan, Kec. Banyuwangi, Kab. Banyuwangi.- Image Credit by Topijelajah.com

Tempat nongkrong anak muda satu ini juga menyediakan berbagai makanan seperti nasi goreng, kentang goreng, siomay, tahun goreng dan lain-lain.

Tempat ini biasanya ramai pada hari sabtu dan minggu malam dan sering menjadi tempat tongkrongan anak-anak muda. Jadi, jika Anda ingin mengunjungi kafe satu ini maka usahakan untuk datang sedikit lebih cepat agar tidak kehabisan tempat.

Itulah 17 pilihan tempat wisata kuliner enak di Banyuwangi yang bisa Anda kunjungi ketika berkunjung nantinya. Semua tempat makan sangat direkomendasikan karena tempatnya yang nyaman serta makanan dan minumannya enak dan nikmat.