Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Purworejo, Kalipait, Kec. Tegaldlimo, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Nama Pantai Plengkung diambil oleh warga lokal Banyuwangi dari bentuk pantai yang melengkung. Jika dilihat dari satelit, pantai ini memiliki bentuk seperti huruf G yang terbalik. Posisi inilah yang membuat ombak di pantai ini sangat tinggi, bahkan hingga sampai 8 meter. Justru dengan keadaan ombak yang tinggi membuat pantai ini terkenal sebagai tempat terbaik untuk kegiatan surfing.

Pantai ini juga sering disebut dengan nama G-land. Alasannya ada beberapa versi, bukan hanya karena bentuknya yang seperti huruf G terbalik saja. Ada yang menyebut G-land berasal dari nama teluk, yaitu Grajagan. Ada juga yang menganggap G-land berasal dari kata Green karena pantai ini dikelilingi hutan tropis. Juga ada yang menyebut G-land dari kata great karena ombaknya yang tinggi.

Pantai Plengkung sendiri telah dikelola oleh PT. Plengkung Indah Wisata sejak tahun 1990. Dengan dilengkapi oleh fasilitas yang lengkap. Karena pantai ini sudah terkenal hingga mancanegara, beberapa fasilitas seperti penginapan, bar, dan lainnya menggunakan dollar amerika sebagai alat pembayaran.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Plengkung

Daya Tarik Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps Barra 110117

Pantai Plengkung merupakan salah satu pantai yang terkenal di kalangan peselancar dunia. Menjadi tempat diadakannya lomba surfing tingkat internasional, sudah tentu daya tarik di pantai ini juga layak untuk dikunjungi dengan keindahannya. Berikut beberapa daya tarik yang membuat pantai ini menjadi primadona baik lokal maupun mancanegara.

1. Ombak

Daya tarik utama Pantai Plengkung adalah ombaknya yang sangat cocok sebagai tempat untuk surfing. Bahkan ombak di pantai ini merupakan spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan termasuk dari 7 yang terbaik di dunia. Ombak di pantai ini besar dan konsisten, tingginya bahkan sampai 4 hingga 8 meter dengan panjang sejauh 2 kilometer.

Ada tiga tingkatan ombak di pantai ini. Pertama adalah Kong Waves, tinggi ombak mencapai 6 hingga 8 meter. Tingkat kedua adalah Speedis Waves yang memiliki ombak setinggi 5 hingga 6 meter. Tingkat terakhir adalah Many Track dengan ketinggian 3 hingga 4 meter. Tingkat terakhir ini biasa digunakan untuk pemula untuk mengasah skill berselancar.

2. Keindahan Pantai

Pantai ini memiliki keindahan yang sangat menawan. Dengan pasir putih, pengunjung yang tidak bisa berselancar, dapat duduk di pinggir pantai untuk menikmati keindahan yang ada. Pemandangan ini jauh lebih indah saat sunset. Dengan matahari yang kekuningan mulai tenggelam di antara lautan, pemandangan ini sangat mempesona bagi pengunjung.

3. Asri

Pantai ini berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo sehingga banyak pepohonan yang membuat kawasan ini menjadi asri. Jika tidak menggunakan transportasi yang sudah disediakan oleh pengelola Taman Nasional, pengunjung dapat melakukan tracking. Perjalanan akan terasa lebih menantang dan sekaligus dapat merasakan suasana hutan sepanjang perjalanan menuju lokasi.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps mohammad taufiqurahman

Pantai Plengkung Banyuwangi berada dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo yang berada di ujung timur Pulau Jawa. Untuk mencapai lokasi, Anda dapat menggunakan dua jalur yaitu jalur darat dan jalur laut. Untuk jalur darat, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi baik motor maupun mobil. Selain itu, juga tersedia transportasi umum berupa bus.

Jika Anda dari Banyuwangi, Anda dapat menuju ke Kalipahit yang jaraknya kurang lebih 60 kilometer. Tujuan selanjutnya adalah Pasar Anyar sejauh kurang lebih 4 kilometer. Dari Pasar Pancar, Anda dapat menuju Pos Pancur yang jaraknya kurang lebih 15 kilometer. Pos ini merupakan pemberhentian terakhir untuk kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Selanjutnya Anda dapat memilih perjalanan menuju lokasi dengan dua pilihan, yaitu berjalan kaki sejauh kurang lebih 9 kilometer atau dengan menggunakan kendaraan khusus yang sudah disediakan oleh pihak pengelola dari Taman Nasional Alas Purwo. Kendaraan ini berupa mobil pick up yang sudah dimodifikasi untuk penumpang yang merupakan salah satu upaya pemberdayaan masyarakat sekitar.

Sementara untuk jalur laut, Anda dapat menggunakan speedboat selama 1 jam perjalanan atau perahu nelayan selama 2 jam perjalanan dari Grajagan. Pantai Plengkung juga dapat diakses dari Bali menggunakan speedboad. Biasanya para turis asing yang menggunakan jalur laut dari Bali ini.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps W Nazaria

Tiket masuk menikmati keindahan Pantai Plengkung tidak mahal. Pengunjung hanya perlu membayar Rp 5.000 saja per orang. Akan tetapi, Anda masih harus mempersiapkan dana naik mobil pick up menuju lokasi.

Mobil pick up ini dapat diisi 10 hingga 12 orang. Tarifnya Rp 250.000 untuk pulang pergi. Harga ini dihitung per trip, sehingga semakin banyak penumpang akan jauh lebih murah.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pantai Plengkung

Aktivitas di Pantai Plengkung
Image Credit: Twitter febunmerMALANG

Menghabiskan waktu di pantai memang menyenangkan, apalagi jika dapat melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Jika Anda berkunjung ke Pantai Plengkung, Anda tidak akan merasa bosan karena akan ada banyak sekali kegiatan-kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Berikut beberapa kegiatan seru yang banyak dilakukan.

1. Surfing

Surfing menjadi salah satu kegiatan yang membuat banyak pengunjung, terutama dari mancanegara untuk mengunjungi pantai cantik ini. Jika Anda menyukai kegiatan satu ini atau ingin belajar melakukannya, maka Anda dapat datang dan mencobanya. Perlengkapan berselancar sendiri sudah tersedia sehingga Anda tidak perlu bingung untuk membawa peralatan surfing.

Ombak di pantai ini memang tidak selalu cocok untuk kegiatan surfing. Ombak terbaik hanya dapat dijumpai pada bulan-bulan tertentu. Biasanya ombak akan meninggi pada bulan April hingga Oktober, terutama pada bulan Agustus. Karena itu, jika ingin mendapatkan ombak terbaik untuk surfing, Anda dapat datang pada bulan-bulan ini.

2. Memancing

Kegiatan ini sudah tentu menyenangkan, apalagi jika Anda memang hobi melakukannya. Anda dapat membawa perlengkapan memancing dan mencari spot-spot untuk melakukan kegiatan ini. Ikan hasil tangkapan Anda akan cukup beragam, namun sudah pasti akan memuaskan hobi Anda dalam melakukan kegiatan menyenangkan satu ini.

Aktivitas Menarik di Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps Sonia Chubby

3. Bersepeda

Pantai ini menjadi tempat yang menyenangkan untuk melakukan kegiatan bersepeda. Dengan berkeliling pantai menggunakan sepeda, Anda tidak hanya dapat berolahraga namun juga dapat merasakan keindahan pantai dan segarnya udara. Dengan dekatnya pantai ini dengan hutan membuat pantai ini terasa segar sehingga cocok digunakan untuk melakukan olahraga seperti bersepeda.

4. Melihat Pemandangan

Keindahan pantai ini sangat sayang untuk dilewatkan. Anda dapat datang untuk menikmati keindahan pantai. Bahkan pengelola juga telah menyediakan menara sehingga pengunjung dapat menikmati panorama dari ketinggian. Tidak hanya pantai saja, dari menara ini pengunjung juga dapat melihat pemandangan hutan Alas Purwo.

Matahari terbit memang tidak terlihat bagus jika dilihat dari Pantai Plengkung karena tertutup oleh gunung. Pemandangan menarik akan terlihat mulai pukul 9 pagi. Pada jam-jam tersebut, pantai akan mulai berombak sehingga Anda dapat melihat para peselancar mulai beraksi.

Penginapan Murah Dekat Pantai

Penginapan Dekat Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps Sholeh DS

1. Bobby’s Surf Camp

Penginapan ini sedikit lebih mahal jika dibandingkan penginapan lain di G-land. Akan tetapi fasilitas yang ditawarkan sangat lengkap dengan penginapan yang bersih dan pelayan yang ramah. Penginapan ini juga menyediakan beberapa fasilitas hiburan seperti sufing dan trip ke hutan di Taman Nasional Alas Purwo.

2. G-Land Jungle Surf Camp

Bangunan dari penginapan ini tampak sederhana, namun kamar di dalamnya bersih dan nyaman. Dekat dengan alam sehingga terasa sejuk dan asri. Fasilitas yang ditawarkan juga sangat lengkap dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan penginapan yang lain.

3. Joyo’s Surf Camp

Merupakan salah satu alternatif untuk menginap dan sangat dekat dengan lokasi pantai, hanya kurang lebih 100 meter saja. Tersedia beberapa jenis kamar yang dapat dipilih, semuanya memiliki fasilitas yang sangat memadai untuk pengunjung. Selain berupa kamar-kamar, penginapan ini juga memiliki bungalow yang cukup luas dengan beberapa kamar di dalamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Kawasan Pantai Plengkung
Image Credit: Google Maps alan nobita

Sebagai pantai yang telah dikenal hingga mancanegara, Pantai Plengkung menyediakan fasilitas yang sangat lengkap dan memadai untuk pengunjung. Apalagi pantai ini telah dikelola dengan baik sejak tahun 90-an. Fasilitas umum seperti pos jaga untuk kendaraan pribadi, serta akomodasi kendaraan khusus menuju ke lokasi pantai telah tersedia.

Selain itu tersedia juga penginapan, restoran, bar, dan lain sebagainya. Fasilitas-fasilitas ini menggunakan pembayaran dollar amerika karena umumnya digunakan oleh turis-turis asing. Terdapat juga peralatan surfing yang dapat disewa oleh pengunjung.

Tidak banyak turis domestik yang menginap di kawasan ini karena memang cukup mahal. Mereka lebih memilih untuk pulang. Akan tetapi tersedia juga fasilitas yang dapat digunakan, seperti bangku-bangku untuk beristirahat di bawah pohon-pohon rindang. Juga pantai yang terjaga kebersihannya sehingga nyaman untuk dipandang.

Pantai Plengkung di Banyuwangi atau yang biasa disebut G-land merupakan pantai yang sudah terkenal di mata dunia karena ombaknya. Pantai ini juga menjadi tempat lomba selancar tingkat internasional sehingga tidak hanya pengunjung domestik, namun juga banyak turis-turis dari mancanegara.