10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Paling Populer

10 Oleh-Oleh Khas Banyuwangi Paling Populer

Banyuwangi adalah nama dari daerah yang berada di paling ujung timur Pulau Jawa. Di Banyuwangi Anda bisa menemukan berbagai macam wisata alam dan juga melihat kesenian daerah yang masih sangat kental. Setelah puas berkeliling, belum pas rasanya apabila Anda tidak membawa oleh-oleh khas Banyuwangi untuk keluarga di rumah.

Di Banyuwangi Anda bisa menemukan berbagai macam sajian kuliner yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Mulai dari makanan basah, kue kering, makanan tradisional dan juga berbagai jenis minuman khas yang sudah dikenal luas oleh para traveller yang datang.

Dengan rasa yang lezat dan juga unik, berbagai jenis oleh-oleh tersebut juga menawarkan harga yang bervariasi, sehingga cocok di kantong para traveller. Oleh karena itu, dibawah ini ada 10 macam oleh-oleh khas Banyuwangi favorit para traveller yang harus Anda ketahui.

1. Kue Bagiak

Kue Bagiak

Image Credit by Adira.co.id

Kue yang satu ini merupakan jajanan ringan khas Banyuwangi yang sudah terkenal sejak dulu. Kebanyakan para wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi biasanya akan menjadikan kue bagiak sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Anda bisa mencicipi berbagai macam varian rasa yang ditawarkan kue bagiak. Beberapa diantaranya adalah kacang, durian, vanilla, pAndan dan lain lain. Harga yang ditawarkan juga sangat murah, sehingga cocok untuk kantong para traveller.

2. Sale Pisang

Sale Pisang

Image Credit by Indonesiakaya.com

Sesuai dengan namanya, jajanan khas Banyuwangi yang satu ini terbuat dari buah pisang yang disisir kemudian dijemur. Anda dapat membeli jajanan sale pisang di semua daerah Banyuwangi dengan harga yang cukup murah.

Dengan cita rasa pisang manis dan juga gurih membuat jajanan sale pisang banyak dijadikan sebagai oleh-oleh wisatawan yang berkunjung ke Banyuwangi. Apalagi Banyuwangi sendiri dulunya dikenal sebagai kota pisang, sehingga mempunyai buah pisang yang berkualitas.

3. Kerupuk Rumput Laut

Kerupuk Rumput Laut

Image Credit by Okezone.com

Sama seperti beberapa daerah pesisir yang ada di Indonesia, Banyuwangi juga mempunyai berbagai macam olahan laut yang sangat lezat. Salah satu produk Andalannya adalah rumput laut yang diolah menjadi kerupuk.

Meskipun diolah tanpa menggunakan pengawet buatan, tetapi produk yang satu ini dapat bertahan cukup lama. Dengan rasanya yang khas dan juga tekstur gurih membuat kerupuk rumput laut ini terkenal di seluruh Indonesia.

4. Kopi Khas Banyuwangi

Kopi Khas Banyuwangi

Image Credit by Banyuwangi-mall.com

Banyuwangi adalah daerah yang merupakan penghasil kopi terbesar di Indonesia. Berbagai macam jenis biji kopi dapat Anda temukan di daerah ini. Kualitas biji kopi khas Banyuwangi juga sudah terkenal hingga mancanegara, bahkan berada di urutan keempat dengan kualitas terbaik di dunia.

Setiap tahunnya, Banyuwangi memproduksi hampir 3.900 ton biji kopi. Beberapa diantaranya yang paling terkenal dan menjadi Andalan adalah kopi kemiren, kopi lanang dan juga kopi seblang.

5. Ladrang

Ladrang

Image Credit by Katalogkuliner.com

Kue ladrang atau yang biasa disebut sebagai sabrang adalah jajanan khas Banyuwangi yang sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. Selain karena rasanya yang lezat dan gurih, kue ini juga dibandrol dengan harga yang relative murah.

Ladrang juga dipercaya mempunyai segudang manfaat bagi orang yang memakannya. Beberapa diantaranya seperti dapat mengobati diabetes, kanker, dan juga obesitas.

6. Pia Glenmore

Pia Glenmore

Image Credit by Detik.com

Bukan hanya di Jogja, Banyuwangi juga mempunyai bakpia khas yang dinamakan pia glenmore. Kue yang satu ini menawarkan rasa yang sangat lezat serta harga yang cukup terjangkau.

Ada berbagai macam varian rasa yang bisa Anda pilih dari pia glenmore, seperti strawberry, nanas, kacang merah dan masih banyak lagi. Tentunya Anda bisa memilih salah satu varian rasa tersebut untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat akan pulang ke kampung halaman.

7. Tape Buntut

Tape Buntut

Image Credit by Tempatwisataindonesia.id

Tape buntut adalah salah satu makanan khas di Banyuwangi yang bisa Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Berbeda dengan tape pada umumnya, tape buntut dibungkus dengan menggunakan daun jati.

Dinamakan tape buntut karena bungkus dari tape ini seperti mempunyai ekor yang menjulang. Tape buntut juga merupakan makanan tradisional suku using Banyuwangi yang masih populer hingga saat ini.

8. Savana Cake

Savana Cake

Image Credit by Hobimakanbanyuwangi.com

Savana merupakan nama yang diambil dari padang savana yang terkenal di alas purwo, Banyuwangi. Cake ini dapat Anda jadikan buah tangan saat berkunjung ke Banyuwangi.

Cake yang satu ini dibuat dengan menggunakan bahan dasar pisang. Ada beberapa varian yang bisa Anda temukan, mulai dari savana wedi ireng, savana sunrise of java, savana blue fire, savana red island dan savana green bay.

9. Rengginang

Rengginang

Image Credit by Mamikos.com

Jajanan yang satu ini sudah terkenal di seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Hampir semua kota di Indonesia menjual jajanan tradisional yang satu ini.

Namun, rengginang kha Banyuwangi memiliki ciri tersendiri yang membuatnya berbeda dengan rengginang pada umumnya. Salah satunya adalah karena rengginang Banyuwangi dikeringkan dengan metode oven, bukan dibawah terik matahari.

10. Kue Untir-Untir

Kue Untir-Untir

Image Credit by Mamikos.com

Sama seperti nama yang diberikan, kue khas Banyuwangi ini mempunyai bentuk yang berputar-putar atau seperti diuntir. Rasa yang lezat, manis, gurih dan juga renyah menjadikan kue untir-untir banyak diminati oleh wisatawan untuk dijadikan sebagai oleh-oleh saat berkunjung ke Banyuwangi.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau, sehingga tidak akan membuat kantong Anda jebol. Biasanya para wisatawan akan membeli kue yang satu ini dalam jumlah banyak sekaligus karena rasanya yang nikmat dan juga harga yang murah.

5 Toko Oleh-Oleh Khas Banyuwangi

1. Osing Deles

Osing deles adalah nama dari salah satu toko oleh-oleh yang sudah cukup terkenal oleh para wisatawan saat berkunjung ke Banyuwangi. Berbagai macam oleh-oleh khas Banyuwangi dapat Anda temukan disini, mulai dari cemilan, makanan, pakaian, souvernir dan juga beragam kerajinan tangan.

Setelah puas berkeliling dan berbelanja, Anda bisa pergi ke lantai 2 dari osing deles. Di lantai tersebut Anda dapat menikmati café dengan menu makanan dan juga minuman khas Banyuwangi yang beragam.

2. Toko Sherly

Berbeda dengan toko oleh-oleh pada umumnya yang terletak di pusat kota atau jalan besar, toko sherly terletak di dalam gang yang cukup kecil. Meskipun demikian, ternyata toko ini mempunyai popularitas yang cukup tinggi, sehingga membuat toko tersebut selalu dipenuhi pengunjung setiap harinya.

Di toko sherly Anda bisa mendapatkan berbagai macam kuliner khas banyuwangi yang bisa dibawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Beberapa diantaranya yang paling laris adalah sale pisang, kue bagiak, keripik kulit ikan, rengginang aneka rasa dan juga abon ikan tuna.

3. Sun Osing

Sun Osing adalah nama toko oleh-oleh khas Banyuwangi yang tergolong masih cukup baru. Meskipun demikian, toko ini sudah mempunyai 2 cabang, yaitu di jalan brawijaya dan dusun krajan.

Anda bisa menjumpai berbagai macam kuliner tradisional khas Banyuwangi yang dapat dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Harga yang ditawarkan pun cukup murah, sehingga tidak akan membuat kantong jebol.

4. Istana Gandrung

Sesuai dengan namanya, toko oleh-oleh yang satu ini memiliki tampilan desain yang sangat megah. Oleh karena itu, tentunya jajanan yang ditawarkan disini juga sangat lengkap, mulai dari cemilan, souvenir, kuliner dan juga pakaian.

Setelah puas berbelanja, Anda bisa menikmati rest area yang biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong. Dengan harga yang bervariasi, Anda bisa menikmati suasana kota Banyuwangi di tempat ini sembari menyantap kuliner khas.

5. Pelangi Sari

Pelangi sari adalah toko oleh-oleh khas Banyuwangi yang diolah oleh masyarakat sekitar. Dengan beragam produk menarik tentunya membuat tempat ini menjadi sangat terkenal. Toko yang satu ini pun mempunyai ukuran yang sangat besar, sehingga Anda juga bisa menemukan berbagai macam kerajinan tangan di tempat ini.

Anda bisa menemukan berbagai jenis makanan dan camilan khas Banyuwangi di toko pelangi sari. Selain itu, harga yang ditawarkan pun cukup murah dan pas di kantong wisatawan, sehingga biasanya konsumen akan membeli oleh-oleh di tempat ini dalam jumlah yang cukup banyak.

Itulah informasi tentang 10 oleh-oleh khas Banyuwangi yang menjadi favorit para traveller. Selain itu, ada pula 5 rekomendasi toko oleh-oleh khas yang bisa Anda jadikan sebagai tempat membeli buah tangan saat berlibur di Banyuwangi.

Bangka Belitung Bengkulu Jambi Lampung Riau Sumatra Barat Sumatra Selatan Sumatra Utara
Tempat Makan Palembang
16 Tempat Makan Enak di Palembang Favorit Wisatawan
Minuman Makanan Khas Palembang
20 Minuman & Makanan Khas Palembang yang Populer
Wisata Kuliner Palembang
15 Wisata Kuliner di Palembang yang Enak & Wajib Anda Coba
Banten DI Yogyakarta DKI Jakarta Jawa Barat Jawa Tengah Jawa Timur
Wisata Kuliner Tasikmalaya
15 Wisata Kuliner di Tasikmalaya yang Enak & Wajib Anda Coba
Oleh-oleh Khas Tasikmalaya
9 Oleh-Oleh Khas Tasikmalaya Paling Populer
Tempat Makan Karawang
14 Tempat Makan Enak di Karawang Favorit Wisatawan
Gorontalo Sulawesi Barat Sulawesi Selatan Sulawesi Tengah Sulawesi Tenggara Sulawesi Utara
Minuman Makanan Khas Manado
26 Minuman & Makanan Khas Manado yang Populer
Tempat Makan Manado
13 Tempat Makan Enak di Manado Favorit Wisatawan
Wisata Kuliner Manado
10 Wisata Kuliner di Manado yang Enak & Wajib Anda Coba
Tempat Wisata Bima
21 Tempat Wisata Favorit di Bima
Tempat Makan Ubud Bali
12 Tempat Makan di Ubud Bali Paling Enak
Tempat Makan Denpasar Bali
13 Tempat Makan di Denpasar Bali Paling Enak
Tempat Makan Bali
17 Tempat Makan Enak di Bali Favorit Wisatawan
Tempat Wisata Samarinda
16 Tempat Wisata Populer di Samarinda
Tempat Wisata di Banjarbaru
15 Tempat Wisata Favorit di Banjarbaru
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
13 Tempat Wisata Terbaik di Bontang
Tempat Wisata di Pontianak
15 Tempat Wisata Hits di Pontianak