10 Oleh-Oleh Khas Jember Paling Populer

Oleh-Oleh Khas Jember

Jember dinobatkan menjadi kota karnaval karena konsisten menyelenggarakan Jember fashion carnival sejak 16 tahun yang lalu. Adanya karnaval ini membuat banyak orang mengenal kota Jember sebagai salah satu tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Jawa Timur.

Jember memiliki berbagai destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi. Ketika berkunjung ke Kota Jember jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas dan membawa pulang aneka oleh-oleh khas dari Jember.

Ada berbagai oleh-oleh khas dari Jember yang memiliki citarasa yang sulit ditolak. Hal yang membedakan produk oleh-oleh dari Jember adalah bahan tradisional yang dipakai.

1. Suwar-suwir

Suwar-suwir

Image Credit by Wisataku.id

Oleh-oleh khas Jember di urutan pertama ada suwar-suwir. Suwar-suwir unik terdiri dari perpaduan rasa yang kecut, manis dan legit. Bentuk dari Suwar-suwir memanjang layaknya kue balok mini.

Suwar-suwir ini hadir dalam berbagai varian warna ada putih, merah, hijau dan cokelat. Oleh-oleh khas Jember ini  terbuat dari tape yang dibentuk layaknya dodol. Karena bentuknya yang mini Suwr-suwir cocok dibawa kemana-mana.

2. Pia tape

Pia tape

Image Credit by Travel.tribunnews.com

Masih seputar olahan dari bahan dasar tape, daftar favorit oleh-oleh khas Jember yang kedua ada pia tape. Pie tape tersedia dalam dua rasa yaitu cokelat dan keju. Satu kotak pie tape biasa dijual seharga 20 ribu rupiah isi 10 pcs.

Bedanya pie tape dengan pie lain ada pada tekstur kulit yang sangat lembut. Pie tape ini cocok dijadikan sebagai oleh-oleh teman ngopi atau minum teh di rumah.

3. Prol tape

Prol tape

Image Credit by Pricearea.com

Daftar favorit oleh-oleh khas Jember ketiga masih terbuat dari bahan dasar tape namanya prol tape. Prol tape ini memiliki ciri khas yaitu rasanya yang rame ada gurih, kecut, dan manis. Varian rasa yang bisa dipilih ada original, tiramisu, cokelat dan keju.

Prol tape terbuat dari bahan dasar  tape singkong dan terigu dimasak seperti membuat cake. Harga prol tape dibandrol mulai dari 19 ribu sampai 23 ribu untuk satu kotak ukuran besar.

4. Brownies tape

Brownies tape

Image Credit by Tokopedia.com (Purnama Jati Jemberreputation)

Jember punya brownies yang tidak hanya memiliki citarasa manis tetapi juga kecut karena terbuat dari bahan dasar tape. Brownies dengan tekstur yang lembut ini memiliki berbagai varian rasa antara lain kacang, keju dan cokelat.

Harga brownies tape sangat terjangkau mulai 20 ribu rupiah saja. Anda tidak perlu khawatir brownies tape akan cepat basi karena brownies tape dari Jember ini dibuat dari bahan alami yang lebih tahan lama.

5. Edamame

Edamame

Image Credit by Citra-rasa-jember.blogspot.com

Penasaran kenapa nama edamame bisa masuk daftar favorit oleh-oleh dari Jember. Itu karena edamame sejenis kedelai dari Jepang ini tumbuh subur di tanah Jember.

Edamame adalah komoditas unggulan dari Jember yang sudah mendapatkan pengakuan dunia. Edamame dijual dalam bentuk olahan yang sudah siap dibawa pulang yaitu ada pia dan bolu.

6. Jenang Waluh

Jenang Waluh

Image Credit by Pinterest.com @Jungny Suhakam

Jenang waluh oleh-oleh khas berbahan dasar labu kuning. Olahan seperti dodol ini terbuat dari labu, ketan dan kelapa yang sudah tua.

Perpaduan rasa legit, manis dan gurih bisa Anda dapatkan dalam satu paket jenang waluh. Anda bisa membeli jenang waluh dengan harga yang terjangkau di toko oleh-oleh khas Jember.

7. Olahan kopi dan kakao

Olahan kopi dan kakao

Image Credit by Blanja.com

Jember adalah kota yang menghasilkan kopi terbaik. Oleh-oleh khas dari Kota Jember yang terkenal ada aneka olahan dari kopi dan kakao. Mulai dari biji kopi sampai cake pun ada, begitu juga dengan cokelat.

Produk cokelat dan kopi bisa dijadikan produk oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Anda bisa mendapatkan aneka oleh-oleh dari kopi dan kakao di toko oleh-oleh.

8. Tahu Hwa

Tahu Hwa

Image Credit by Kenismiantik19.blogspot.com

Nama tahu hwa terdengar sangat unik dan membuat penasaran siapa saja yang mendengarnya. Tahu hwa merupakan makanan khas dari Jember yang berasal dari ampas tahu lalu disajikan dengan tambahan kuah jahe.

Sekilas bentuknya mirip dengan bubur sumsum. Rasa dari ampas tahunya sendiri sedikit pahit dipadukan dengan campuran jahe rasanya jadi lebih manis dan memberikan efek hangat di tubuh.

9. Martabak Malabar

Martabak Malabar

Image Credit by Jejakpiknik.com

Daftar oleh-oleh favorit yang selanjutnya ada martabak malabar. Martabak malabar berbeda dengan jenis martabak lain. Keunikan martabak malabar terletak pada daging kambing yang dipakai sebagai isian.

Daging kambing yang dipakai tidak berbau amis melainkan empuk dan sangat nikmat, membuat siapa saja yang memakannya lupa diri. Rasa nikmat didapatkan pada rempah-rempah khas yang dipakai.

10. Pecel Gudeg

Pecel Gudeg

Image Credit by Travelingyuk.com

Pecel makanan khas Jawa Timur dan gudeg makanan khas Yogyakarta dijadikan satu menjadi hidangan yang nikmat bernama pecel gudeg. Pecel gudeg makanan khas Jember.

Pecel gudeg adalah makanan nikmat yang cocok dimakan untuk sarapan. Harga seporsi pecel gudeg sangat terjangkau tergantung dengan lauk apa yang ingin ditambahkan ke dalam satu porsinya.

5 Pusat Oleh-Oleh Khas Jember

1. Toko Primadona Jember

Toko Primadona Jember

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.137, Kulon Pasar, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Primadonajember.blogspot.com

Pusat oleh-oleh yang ada di Kota Jember yang pertama ada Toko Primadona. Toko oleh-oleh primadona mudah ditemukan karena berada di pusat Kota Jember.

Selain toko fisik, Primadona juga memiliki online shop yang memudahkan konsumen jika tidak sempat datang ke toko. Jualannya Mulai dari aneka roti, brownies, olahan kopi, aneka produk cokelat, edamame, keripik, pia, manisan, olahan susu sampai terasi udang khas Jember bisa Anda temukan.

2. Sari Rasa

Sari Rasa

Lokasi: Jl. Trunojoyo No.91, Kauman, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Openrice.com

Toko Sari rasa pusat oleh-oleh khas Jember yang kedua. Toko Sari rasa memiliki beberapa outlet yang ada di Kota Jember. Beragam oleh-oleh khas Jember bisa ditemukan di toko Sari Rasa dengan harga yang terjangkau.

Untuk memperluas jaringan customer toko Sari Rasa sudah hadir di ranah digital seperti instagram, fan page facebook dan sudah tersedia di berbagai ecommerce. Produk suwar-suwir adalah andalan di toko ini.

3. Jember Online Store

Jember Online Store

Lokasi: Perum Pondok Gede Permai Blok DA-01, Gumuksari, Tegal Besar, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Brunbrun-paris.business.site

Jember Online Store adalah sebuah toko online yang menyediakan aneka produk oleh-oleh khas kota Jember. Selain toko online Jember Online Store juga menjadi pengelola dari pusat oleh-oleh khas Jember.

Di pusat oleh-oleh Jember tersedia aneka produk yang dibuat oleh home industri yang ada di Jember. Jember Online Store menyediakan fasilitas berupa antar pesanan ke tempat penginapan Anda selama berlibur di Jember.

4. Pundhi Male Group

Pundhi Male Group

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.195, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Pundhimalegroup.wordpress.com

Pundhi Male Grop adalah pusat oleh-oleh khas Jember yang sudah memiliki dua outlet. Berbagai jajanan ringan sampai kue khas Jember bisa Anda temukan disini.

Yang menjadikan Pundhi Male Group spesial yaitu buka 24 jam non stop. Anda tidak perlu khawatir jika kemalaman pulang dari tempat wisata karena tetap bisa berbelanja di outlet Pundhi Male Group.

5. Gajah Mada

Gajah Mada

Lokasi: Jl. Gajah Mada No.103, Jember Kidul, Kec. Kaliwates, Kab. Jember. – Image Credit by Openrice.com

Gajah mada adalah nama jalan yang ada di Jember. Di jalan ini Anda bisa menemukan berbagai toko oleh-oleh khas Jember.

Jalan yang berada di pusat kota ini jelas menjadi pilihan tepat wisata berburu oleh-oleh Anda. Tidak hanya pusat oleh-oleh di jalan ini juga rampai orang berjualan makanan.