12 Tempat Wisata di Batubara Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Batubara Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Batubara merupakan salah satu kawasan pesisir di Sumatera Utara yang menyimpan banyak tempat-tempat menarik. Paket wisata lengkap ditawarkan mulai dari waterboom, pantai, tempat sejarah, dan masih banyak lagi yang dapat memanjakan mata.

Setelah pemekaran dari Asahan, Kabupaten Batubara terus berbenah dan meningkatkan sektor pariwisatanya. Ada begitu banyak tempat menarik yang dapat ditemui di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Lokasinya yang berada di pesisir membuat kabupaten Batubara memiliki alam yang indah, lengkap, dan bervariasi.

Sebagian kawasan yang berada di tepi pantai Selat Malaka membuat Kabupaten Batubara memiliki pantai-pantai yang cantik. Selain alamnya yang menarik, wisata sejarah, wisata edukasi, hingga wisata air dapat ditemukan di daerah ini. Beberapa tempat wisata di Batubara berikut bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menjelajah.

1. Istana Niat Lima Laras

Istana Niat Lima Laras

Lokasi: Jl. Istana Desa, Lima Laras, Tj. Tiram, Kab. Batubara. – Image Credit by Gpswisataindonesia.info

Jika Anda tertarik dengan sejarah, Istana Niat Lima Laras ini wajib menjadi tujuan wisata Anda di Batubara. Berdasarkan sejarah, bangunan ini merupakan peninggalan dari Datuk Muhammad Yoeda dengan dana mencapai 150 ribu gulden.

Bangunan ini dibuat dengan arsitektur bergaya melayu dengan sebagian sisi memiliki arsitektur khas Cina. Istana yang memiliki anjungan di masing-masing penjuru angin ini juga menyimpan benda-benda sejarah dari Kerajaan Lima Laras.

2. Singapore Land Waterpark Batubara

Singapore Land Waterpark Batubara

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera No.KM 141, Perkebunan Sei Balai, Sei Balai, Kab. Batubara. – Image Credit by Pariwisatasumut.net

Salah satu tempat wisata yang populer di Batubara adalah Singapore Land Waterpark. Sesuai dengan namanya, tempat ini dibangun dengan miniatur negara Singapura sebagai daya tarik utamanya. Pengunjung bisa melihat miniatur dari hotel hingga patung Merlion versi Batubara.

BACA:  15 Tempat Wisata di Nias Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Tempat wisata ini buka setiap hari dan sudah memiliki fasilitas yang sangat lengkap. Selain miniatur Singapura, pengunjung bisa menikmati fasilitas seperti kolam ombak, kolam renang, mobil golf, family karaoke, lazy river, family side, hingga top hill café and resto.

3. Dogi Park Waterboom Indrapura

Dogi Park Waterboom Indrapura

Lokasi: Jl. H. Barus Siregar Desa Tanjung Kubah, Indrapura, Air Putih, Kab. Batubara. – Image Credit by Twitter.com @WIndrapura

Batubara memiliki tempat menarik bagi para pecinta wisata air, Dogi Park Waterboom. Tempat yang bagus dan suasana menyenangkan untuk bersantai. Waterboom di Batubara ini merupakan tempat favorit bagi masyarakat sekitar untuk melepas penat, terlebih lagi tiket masuknya yang relatif terjangkau.

Dogi park dapat menjadi alternatif tempat liburan untuk keluarga Anda. Selain permainan air, pengelola juga menyediakan banyak spot yang menarik untuk berfoto-foto. Pengunjung bisa menggunakan rumah hobbit, rumah terbalik, dan miniatur patung liberty untuk background foto yang keren.

4. Pulau Salah Namo

Pulau Salah Namo

Lokasi: Desa Bogak, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batubara. – Image Credit by Ksmtour.com

Nama dari tempat wisata ini memang unik dan menarik. Selain namanya, keunikan dan hal-hal menarik juga bisa ditemui dari pemandangan yang ada di pulau ini. Wisatawan yang datang akan disambut dengan bebatuan unik berwarna merah di sekeliling pulau.

Pulau unik ini memiliki pasir berwarna putih dengan pepohonan di pesisir pantai yang cukup rindang. Selain di pantai, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan bawah lautnya yang tidak kalah menarik. Laut di sekitar pulau ini menyimpan keindahan terumbu karang yang tidak boleh terlewatkan.

5. Pulau Pandang

Pulau Pandang

Lokasi: Desa Bogak, Kec. Tanjung Tiram, Kab. Batubara. – Image Credit by Halamankepri.blogspot.com

Pemandangan eksotis tersaji nyata di kawasan wisata Pulau Pandang. Tempat wisata yang dekat dengan Malaysia ini merupakan destinasi wisata bahari favorit bagi wisatawan yang datang ke Batubara. Pulau Pandang menjadi tempat terbaik untuk Anda menikmati pemandangan laut yang eksotis.

BACA:  10 Tempat Wisata di Tebing Tinggi Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Gradasi warna air laut yang begitu indah dapat dinikmati pengunjung, terutama saat air lautnya sedang pasang. Wisatawan yang ingin snorkeling di tempat ini bisa menikmati pemandangan bawah laut, namun pengunjung yang snorkeling dihimbau untuk berhati-hati terhadap bulu babi yang mungkin ditemui.

6. Kampung Songket

Kampung Songket

Lokasi: Desa Padang Genting, Kec. Talawi, Kab. Batubara. – Image Credit by Tribunnews.com

Produk songket dari Batubara sudah terkenal luas hingga ke seluruh nusantara. Jika Anda berada di Batubara, jangan terlewat dengan tempat wisata yang satu ini. Kampung Songket menjadi tempat terbaik untuk melihat-lihat dan juga membeli songket asli dari Batubara dengan motifnya yang khas.

Masyarakat di kampung songket sebagian besar memang membuat songket dari rumah-rumah mereka. Wisatawan dapat melihat langsung proses pembuatan kain songket dan membelinya sebagai buah tangan. Harga kain songket di Batubara sangat bervariasi mulai ratusan hingga jutaan Rupiah setiap kainnya.

7. PT Inalum

PT Inalum

Lokasi: Kwala Tanjung, Kec. Sei Suka, Kab. Batubara. – Image Credit by Inalum.id

Batubara menawarkan wisata yang cukup unik yaitu PT Inalum. Perusahaan BUMN ini merupakan salah satu tempat wisata edukasi yang wajib dikunjungi jika Anda berwisata ke Batubara. Perusahaan ini beroperasi di biang peleburan aluminium.

Jika tertarik, Anda harus mengunjungi PT Inalum secara berkelompok. Perlu izin terlebih dahulu untuk bisa masuk ke area PT Inalum. Setelah itu, biasanya akan ada seorang guide dari perusahaan ini yang akan membimbing rombongan dan menjelaskan berbagai hal yang ada di PT Inalum.

8. Danau Laut Tador

Danau Laut Tador

Lokasi: Laut Tador, Kec. Sei Suka, Kab. Batubara. – Image Credit by Eksisnews.com

Indonesia memang diberkahi dengan alam yang luar biasa indah dengan keanekaragaman hayati di dalamnya. Wisata alam merupakan hal yang tidak pernah membosankan untuk dilakukan. Jika sedang berada di Batubara, Danau Laut Tador ini sebaiknya Anda kunjungi.

BACA:  10 Tempat Wisata di Samosir Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Kawasan ini sangat luas sekitar 8 hektar dan menjadi salah satu kawasan konservasi di Batubara. Sekeliling danau dihiasi dengan berbagai pepohonan yang sangat rindang. Suasana di tempat wisata ini tentu menenangkan, apalagi Anda bisa menemukan berbagai jenis flora dan fauna langka di dalamnya.

9. Wisata Alam Datuk

Wisata Alam Datuk

Lokasi: Kwala Indah, Kec. Sei Suka, Kabupaten Batubara. – Image Credit by Pariwisatasumut.net

Tempat wisata ini menawarkan konsep forest adventure yang cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati ekowisata. Wisata Alam Datuk memadukan keindahan pantai dan suasana kawasan hutan mangrove yang menyenangkan.

Selain bersantai, pengunjung bisa menikmati fasilitas yang disediakan pengelola. Ada banyak spot menarik untuk berfoto-foto di kawasan Wisata Alam Datuk. Pengunjung juga akan ditemani dengan monyet-monyet yang mendiami tempat ini dan tidak perlu khawatir karena monyet di tempat ini sudah jinak.

10. Pantai Jono

Pantai Jono

Lokasi: Desa Lalang, Medang Deras, Kab. Batubara. – Image Credit by Plukme.com

Pantai terluas di Sumatera ini memiliki pasir putih dengan bibir pantai yang begitu panjang. Pantai Jono sangat cocok sebagai tempat liburan dan bersantai-santai dengan keluarga, sahabat, atau pasangan.

Suasananya sangat menyenangkan dengan angin yang berhembus segar dan pemandangan pantai yang indah. Wisata ini buka setiap hari dengan tiket masuk yang cukup murah bagi pengunjung.

11. Masjid Jamik Indrapura

Masjid Jamik Indrapura

Lokasi: Tanah Merah, Air Putih, Kab. Batubara. – Image Credit by Google Maps (Amiruddin Doloksaribu)

Salah satu wisata religi yang ada di Batubara adalah Masjid Jamik Indrapura yang dibangun tahun 1920 silam. Masjid ini bukan sebatas bangunan biasa melainkan simbol peninggalan sejarah tepatnya sejarah kesultanan Indrapura.

Bagi yang beragama muslim, masjid ini sangat wajib untuk dikunjungi. Bagi pengunjung yang ingin masuk harus mematuhi aturan yang ada.

12. Pemandian Air Panas Sumber Padi

Pemandian Air Panas Sumber Padi

Lokasi: Sumber Padi, Kec. Limapuluh, Kab. Batubara. – Image Credit by Google Maps (Sapriden SSi)

Satu-satunya tempat pemandian air panas di Batubara ini sudah dibuka sejak tahun 2016. Tempat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung yang ingin menikmati relaksasi di pemandian air panas.

Selain kolam air panas, tempat ini juga menawarkan pemandangan yang bagus dengan suasana pedesaan yang sejuk dan asri.

Itulah 12 tempat wisata yang populer di Batubara yang dapat menjadi rekomendasi pilihan destinasi liburan Anda dan keluarga. Wisata air, wisata alam, wisata edukasi, hingga wisata sejarah menjadi paket lengkap yang ditawarkan pariwisata Batubara.