Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Lubuk Jambi, Kec. Kuantan Mudik, Kab. Kuantan Singingi, Riau; Map: Cek Lokasi

Pesona alam Air Terjun Guruh Gemurai menjadi wisata yang populer di daerah Riau. Udara sejuk ditemani gemericiknya air membuat suasana terasa begitu alami. Terlihat banyak pengunjung yang melirik wisata ini karena keindahan alamnya yang menawan. Air yang langsung turun dari pegunungan itu memiliki dua tingkatan tempat jatuhnya air.

Kabarnya nama wisata tersebut diambil dari bahasa setempat kuantan singingi. Guruh yang memiliki makna air terjun yang turun terdengar bergemuruh. Sedangkan gemurai artinya suara gemericik air yang menenangkan. Pengelola melestarikan destinasi ini agar menjadi wisata alam yang menarik.

Air Terjun ini memiliki ketinggian sekitar 20 m. Air terjunnya juga nampak tertampung di sebuah kolam yang berada di bawahnya. Kawasan wisata yang masih natural membuat banyak wisatawan tertarik untuk mengunjunginya. Pemerintah setempat juga terus mengembangkan wisata ini agar semakin bagus dan dapat menambah penghasilan warga sekitar.

Daya Tarik yang Dimiliki Air Terjun Guruh Gemurai

Daya Tarik Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Instagram Novri Yanto

Setiap tempat pariwisata pasti memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memikat wisatawan. Begitu pula Air Terjun Guruh Gemurai sebagai salah satu destinasi yang banyak dikunjungi. Wisata ini menjadi salah satu tempat favorit yang memiliki berbagai keunikan di dalamnya.

1. Memiliki Banyak Pemandangan Alam

Destinasi alam yang terletak di kawasan hutan lindung bukit betabuh ini banyak menyimpan keindahan alam di dalamnya. Bukit terlihat mengelilingi sisi air terjun dengan warnanya yang hijau segar. Banyak pula pepohonan di sepanjang jalan mulai pintu masuk hingga pintu keluar. Pada saat siang hari tidak terasa panas menyengat karena banyaknya penghijauan di seluruh area.

Pengunjung dapat melihat pegunungan yang terpampang di belakang air terjun. Bebatuan yang tersusun dengan corak hitam tampak melengkapi derasnya air yang mengalir. Kawasan ini bisa dibilang masih alami karena belum banyak mengalami perubahan bangunan. Selain itu jalan yang masih tanah juga menghiasi keindahan alamnya.

2. Air Terjun yang Jernih

Air Terjun Guruh Gemurai dikenal memiliki air yang sangat jernih karena turun langsung dari pegunungan. Pada area sekitarnya juga ada peringatan tidak boleh membuang sampah sembarangan. Disana terdapat 7 tingkatan air dan tentunya dengan ketinggian yang berbeda-beda. Pengelola membuat tangga beton agar wisatawan bisa menuju lokasi bawah air dengan aman.

Namun setiap tingkatannya sebenarnya bisa dilalui oleh pengunjung. Jika ingin pergi ke tingkat paling atas, maka Anda harus melewati tangga bebatuan dengan berhati-hati. Wisatawan dapat melihat keindahannya dari atas maupun bawah karena air terjunnya yang bercabang tidak hanya satu.

3. Suasana Wisata yang Menenangkan

Suasana tempat wisata yang jauh dari kerumunan membuat wisatawan nyaman berlibur kesini. Jika di perkotaan banyak sekali suara bising kendaraan, maka disini Anda hanya akan menemui suara gemericik air mengalir. Penghijauan dan beningnya air terjun membuat udara di sekitar sangat segar tidak berpolusi. Pengunjung dapat sekedar melepas penat sambil bercengkrama dengan keluarga.

Pada kawasan sekitar pun tidak terlihat rumah penduduk, hanya ada pondok kecil yang disinggahi beberapa petugas. Hal itulah yang membuat pengunjung merasakan ketenangan saat mendatangi destinasi alam ini. Saat siang hari terdengar suara burung berkicauan melengkapi suasana wisata. Angin sepoi-sepoi pun dapat dinikmati wisatawan saat cuaca sedang cerah.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute lokasi Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Instagram Frederick Tarigan

Destinasi alam Air Terjun Guruh Gemurai tepat berada di Desa Kasang, Kecamatan Kuantan Mudik, Kabupaten Kuantan Senggigi, Riau. Dari arah bandara internasional sultan syarif kasim 2 ke wisata ini membutuhkan waktu sekitar 4,5 jam. Wisatawan lokal maupun mancanegara dapat menuju titik lokasi menggunakan kendaraan pribadi ataupun menaiki kendaraan umum yang tersedia.

Pengunjung yang baru datang pertama kali disarankan menanyakan langsung keberadaan air terjun ini ke warga sekitar. Meskipun lokasinya jauh dari pemukiman, namun akses jalannya mudah dilalui baik oleh sepeda maupun mobil. Jalanan aspalnya sudah mulus namun beberapa juga masih ada jalan berupa bebatuan saat mendekati lokasi wisata.

Selama perjalanan wisatawan akan melewati pasar tradisional lubuk Jambi yang nampak ramai apalagi saat pagi hari. Setelah itu lanjut belok ke kiri untuk melintasi Desa Koto yang jalanannya cukup menanjak. Berselang 15 menit perjalanan, Anda akan menemukan Desa Kasang untuk sampai ke tempat wisata. Pada pintu masuk pengunjung akan disambut dengan gapura selamat datang.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Instagram BEGAYA PRODUCTION

Salah satu tempat berlibur yang tidak menguras budget adalah wisata Air Terjun Guruh Gemurai. Wisatawan akan dikenai tarif tiket sebelum masuk, untuk anak-anak Rp 2.000 dan untuk dewasa Rp 3.000. Namun wisata ini tidak dibuka 24 jam sehingga pada sore hari nampak banyak orang yang berbondong-bondong untuk pulang.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi akan ada tarif karcisnya. Untuk sepeda motor dikenai tarif Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000. Sedangkan bagi yang membawa kendaraan besar seperti bis akan ada tarif yang berbeda. Harga tersebut berlaku untuk hari biasa maupun hari libur.

Pada area sekitar wisata terdapat beberapa warga yang menjual jajanan ringan. Pengunjung tidak perlu khawatir, karena harga yang ditawarkannya sangat murah mulai Rp 5.000 saja. Biaya berlibur yang ramah di kantong ini membuat destinasi gemurai selalu didatangi banyak orang. Biasanya hari biasa pun tidak sepi, nampak ada yang berdatangan 5 sampai 10 wisatawan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Guruh Gemurai

Aktivitas Menarik Guruh Gemurai
Image Credit: Google Maps Bernard Satriady

1. Mengabadikan Momen

Wisatawan yang berlibur memang selalu membawa kamera. Apalagi di Air Terjun Guruh Gemurai Anda akan menemui banyak spot foto yang menarik. Wisatawan dapat menggunakan latar belakang air yang jernih, pepohonan, jembatan, hingga tempat duduk kayu yang bisa mempercantik hasil foto. Mengabadikan momen seperti ini sangat seru dilakukan apalagi bersama teman atau keluarga.

2. Bermain Air

Tidak lengkap rasanya jika mengunjungi wisata ini tetapi tidak bermain air di sekitarnya. Terdapat kolam penampungan yang bisa dijadikan spot bermain air. Pengunjung juga bisa duduk langsung di bawah air terjun untuk bisa menikmatinya lebih dekat. Hal yang terpenting berhati-hati saat bermain air karena bebatuannya sangat licin.

3. Melihat Pentas Pertunjukan

Pada sudut tempat rekreasi terdapat pentas pertunjukan yang biasanya disewakan. Mulai dari penampilan tari, musik, dan penampilan budaya lainnya dapat dinikmati saat hari tertentu. Wisatawan banyak yang mengabadikannya lewat foto atau video di kamera. Pertunjukan ini biasanya tidak berlangsung lama, hanya sampai siang hari saja.

Aktivitas Menarik di Guruh Gemurai
Image Credit: Instagram Rizki Kurniawan

4. Bersantai

Berlibur ke tempat wisata alam memang sangat cocok digunakan untuk bersantai dan merilekskan pikiran. Letak Air Terjun Guruh Gemurai yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan membuat wisatawan sangat nyaman berada lama-lama disini. Anda dapat berkeliling atau duduk di kursi untuk menghirup udara segar. Bukit dan pepohonan hijau juga memanjakan mata saat memandangnya.

5. Camping

Tidak sedikit pengunjung yang berlibur sambil camping di area wisata ini. Anda dapat mendirikan tenda kecil di wilayah yang telah disediakan. Banyak wisatawan yang membawa sejumlah makanan ringan hingga berat saat camping. Suara gemericik air dan keindahan alamnya akan terasa sangat menenangkan.

6. Menyaksikan Festival Pacu Jalur

Festival pacu jalur adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh masyarakat Kuantan Sengingi. Bisa dibilang kegiatan ini hanya ada satu-satunya dan tidak ada di tempat lain. Para pendayung akan berlomba-lomba mendayung perahu agar bisa sampai ke garis finish. Namun sebelum melakukan festival ini, terdapat upacara ritual dahulu yang diadakan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Air Terjun Guruh Gemurai
Image Credit: Instagram Frederick Tarigan

Meskipun letak Air Terjun Guruh Gemurai jauh dari pemukiman warga, namun wisatanya memiliki beberapa fasilitas. Pengunjung yang ingin membasuh diri setelah bermain air dapat menggunakan kamar mandi yang telah tersedia. Fasilitas ini biasanya dikenai biaya Rp 2.000 saja per orang saat akan memakainya. Petugas penjaga juga akan mengecek agar kamar mandi ini selalu bersih.

Wisatawan yang ingin beribadah dapat mengunjungi mushola kecil di dekat air terjun. Biasanya ada pula orang yang duduk disana sambil beristirahat. Di sisi luar mushola terdapat pula tempat untuk berwudhu yang disekat untuk perempuan dan pria. Pengunjung diharapkan membawa sendiri peralatan ibadah dari rumah karena disini belum menyediakan.

Tak hanya itu, pada area luar kawasan wisata juga ada lahan parkir yang lumayan luas. Tempat duduk pun terlihat banyak berjejer untuk wisatawan yang ingin bersantai. Pengunjung diharapkan dapat menggunakan fasilitas yang ada dengan baik dan tidak mengotorinya. Pengelola juga mengupayakan pembangunan fasilitas penunjang lain agar lebih lengkap.

Itulah beberapa penjelasan mengenai destinasi Air Terjun Guruh Gemurai yang dapat dijadikan rekomendasi tempat berlibur. Anda dapat merasakan sensasi berbeda saat melihat keindahan alamnya. Sebelum berkunjung pastikan badan fit dan kendaraan yang dibawa tidak mengalami kendala saat perjalanan.