Harga Tiket: Rp 12.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Dago Pojok, Dago, Kec. Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bagi anda yang memiliki hobi trekking dan hiking, traveling ke Curug Dago merupakan tempat yang asyik, menarik, seru dan menantang. Destinasi wisata air terjun ini memiliki area yang cantik, eksotik, dan siap memanjakan mata. Kawasan berlibur sekaligus berpetualang ini tidak jauh dari pusat pemerintah kota Bandung, hanya berjarak sekitar 8 km saja.

Sebelum tiba di lokasi curug, wisatawan harus menyusuri area hutan dengan udara sejuk dan segar. Panorama alam seperti pepohonan hijau yang rimbun dan rindang, serta pohon pinus yang menjulang tinggi, selalu menemani dalam perjalanan menuju air terjun. Beragam daya tarik yang ada di air terjun ini juga akan membuat para pelancong terpukau dengan pesona keindahannya yang penuh sejarah.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Dago

Daya Tarik Curug Dago
Image Credit: Google Maps Achmad Afrie Sandi

Pada umumnya air terjun hanya menawarkan keindahan panorama alam saja, tidak ada nilai lebih di dalamnya. Namun berbeda dengan Curug Dago, destinasi wisata alam ini, selain memiliki air terjun yang cantik, juga bernilai sejarah yang unik dan mempunyai berbagai daya tarik yang menarik untuk di ulik bersama

1. Terdapat Prasasti Peninggalan Raja Thailand

Belajar sejarah merupakan cara untuk menghargai jasa para pahlawan, dan bekal untuk menghadapi masa depan agar tidak salah arah. Seperti halnya saat wisatawan berkunjung ke Curug Dago, di dekat air terjun tersebut terdapat prasasti peninggalan Raja Thailand. Di lokasi dekat air terjun ada bangunan mirip gazebo tempat untuk menyimpan benda prasasti seperti batu yang bertuliskan bahasa Thailand.

Selain itu, ada juga secarik pesan yang bertuliskan Bahasa Indonesia dan Bahasa Thailand. Perlu diketahui bahwa sekitar tahun 1818 Masehi, Raja Thailand pernah berkunjung ke sini, yaitu Raja Rama V dan Raja Rama VII. Sehingga mereka meninggalkan jejak sejarah di daerah dekat curug. Hal itu menunjukkan bahwa Negara Indonesia dan Negara Thailand memiliki hubungan yang dekat dan sangat erat.

2. Dinding Batu yang Cantik dan Eksotis

Selain terdapat prasasti peninggalan Raja Thailand, keberadaan Curug Dago juga cukup tersembunyi. Namun perjalanan menuju lokasi terbilang cukup unik, menarik dan seru. Para pelancong harus menyusuri area penuh pepohonan, sungai dengan arus yang tidak terlalu deras, melewati jembatan layang, dan berbagai tantangan ringan lainnya.

Saat tiba di zona air terjun, wisatawan dikejutkan dengan dinding batu yang cantik dan eksotis mengapit curug, mirip bebatuan yang ada di goa, namun skalanya kecil dan sederhana. Selain itu, ditumbuhi lumut dan tanaman hijau yang semakin menambah indah mempesona air terjun tersebut. Hal menarik lain ketika berada di lokasi curug yaitu banyak spot untuk beristirahat, bahkan seringkali dipakai untuk background foto para wisatawan.

3. Kolam Air Segar

Daya tarik lain selain prasasti peninggalan Raja Thailand, dinding batu yang cantik dan eksotis, di Curug Dago ada kolam air segar yang berada tepat di bawah air terjun. Saat perjalanan badan terasa gerah dan tubuh lelah kurang bersemangat, maka anda tidak perlu risau dan galau. Sebab melihat keindahan curug dan menghirup udara sejuk kaya oksigen, dapat mengobati kegundahan hati wisatawan.

Di area kolam air memiliki kedalaman yang berbeda, namun wisatawan tidak perlu khawatir. Sebab pihak pengelola telah memberikan pagar pembatas di sekitar kolam, sehingga keamanan dan kenyamanan para pengunjung tetap terjamin. Kolam air inilah yang menjadi daya tarik para pelancong untuk berkunjung ke kawasan wisata ini.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Rute Menuju Lokasi Curug Dago
Image Credit: Google Maps Don

Destinasi wisata alam air terjun Curug Dago, harus masuk ke dalam daftar liburan anda dan keluarga. Sebab kawasan piknik ini, selain area nya indah mempesona, cantik dan eksotik, juga merupakan tempat bersejarah. Bagi anda yang ingin berkunjung, lokasinya berada di Jalan Dago Pojok, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Apabila wisatawan memulai perjalanan dari Kota Bandung, tepatnya di Jalan Ir. H. Juanda, maka jarak tempuh sekitar 7 km, sedangkan waktu yang dibutuhkan hanya 25 menit saja. Tempat wisata ini bisa diakses dengan kendaraan sepeda motor atau mobil. Akan tetapi, saat tiba di Kelurahan Dago, maka pengunjung meletakkan kendaraan di area parkir. Karena medan menuju air terjun menanjak dan hanya bisa di akses dengan berjalan kaki.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug

Harga Tiket Masuk Curug Dago
Image Credit: Google Maps Jemmy Foses Edison Toge Kore

Berlibur ke tempat wisata alam yang penuh sejarah tidak harus mahal, hal itu bisa dibuktikan saat berkunjung ke Curug Dago. Hanya dengan Rp. 12.000, para pecinta keindahan alam air terjun sudah bisa menikmatinya. Selain itu juga mendapatkan bonus menyaksikan peninggalan prasasti Raja Thailand yang berusia hampir seribu tahun yang lalu. Akan tetapi, bagi wisatawan asing harga tiket masuk Rp. 52.000.

Harga tersebut suatu saat bisa berubah, tergantung kebijakan yang dikeluarkan oleh pihak pengelola. Namun jika masih berkisar puluhan ribu rupiah, harga tersebut masih relative murah, dibandingkan kepuasan, pengalaman dan ilmu yang didapatkan saat berkunjung di sana. Perlu diketahui, dicatat atau diingat bahwa destinasi wisata alam ini buka setiap hari mulai jam 08.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Dago

Aktivitas Menarik Curug Dago
Image Credit: Google Maps Iden

Beragam daya tarik yang ada di Curug Dago sudah membuat para wisatawan penasaran. Namun jika masih kurang, maka kegiatan menarik lah yang dapat menambah kemantapan para pengunjung. Oleh karena itu, perlu disampaikan beragam aktivitas menarik yang dapat dilakukan saat berada di lokasi.

1. Trekking Mendaki Bukit

Ketika tiba di Kelurahan Dago, kendaraan di letakkan ke area parkir, saat itulah persiapan trekking mendaki bukit menuju air terjun dimulai. Karena akses menuju lokasi hanya bisa di tempuh berjalan kaki menyusuri jalan setapak dengan ketinggian medan sekitar 800 Mdpl. Akan tetapi, wisatawan tidak perlu risau dan galau, sebab sepanjang jalan yang di lalui, keamanan dan kenyamanan nya sudah terjaga.

Inilah keseruan yang pertama di Curug Dago, apalagi saat berada pada ketinggian tertentu, pengunjung bisa melihat panorama alam yang indah mempesona. Pepohonan hijau, rimbun dan rindang senantiasa menghiasi dan menemani perjalanan wisatawan. Bahkan banyak pohon bambu yang tumbuh menutupi jurang, yang menghiasi sisi tebing di luar pagar pembatas area jalan yang di lalui pengunjung.

Hal itu menunjukkan bahwa tempat ini sangat cantik, eksotik dan menarik untuk diabadikan di kamera atau handphone. Saat angin bertiup, hawa sejuk akan begitu terasa merasuk jiwa. Selain itu, udara segar akan selalu anda dapatkan saat menyusuri jalan menuju lokasi air terjun. Apalagi tempat tersebut bebas polusi, sehingga udara yang dihirup, selain segar juga kaya oksigen dan dapat melancarkan peredaraan darah serta menyehatkan tubuh.

2. Berpetualang Menjelajahi Hutan

Tidak hanya trekking mendaki bukit, wisatawan juga bisa melanjutkan berpetualang menjelajahi hutan menuju pusat air terjun Curug Dago. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan minimal 5 orang, agar perjalanan lebih menarik, seru dan menantang. Sepanjang perjalanan menyusuri hutan, wisatawan akan dimanjakan oleh panorama alam yang cantik dan eksotik. Selain itu, gemercik air sungai menemani obrolan para petualang saat perjalanan.

Saat tiba di pusat air terjun, di sanalah terdapat berbagai prasasti peninggalan Raja Thailand yang telah menjadi ikonik dan penuh dengan nilai sejarah tinggi. Adapun peninggalan tersebut yaitu bebatuan yang bertuliskan bahasa Thailand, ada juga prasasti lain seperti secarik tulisan dengan dua bahasa yaitu Indonesia dan Thailand. Dimana hal tersebut menunjukkan keintiman hubungan kedua Negara.

3. Menikmati Indahnya Air Terjun

Berlibur ke Curug Dago dijamin asyik, seru dan menantang. Petualangan di mulai dari trekking mendaki bukit, dilanjutkan berpetualang menjelajahi hutan, dan finishing nya yaitu melihat keindahan air terjun. Hal itulah yang sering dilakukan oleh wisatawan, biasanya sambil bersantai dan menghirup udara segar di sekitar lokasi.

Meski tidak ada tanah lapang untuk aktivitas ini, namun ada beberapa gazebo yang siap memanjakan posisi duduk anda. Gazebo ini sekaligus menjadi satu-satunya fasilitas yang ada di sekitar curug. Letaknya tidak jauh dari air terjun yang dibatasi oleh pagar pengaman, jadi pemandangan terlihat cukup jelas.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Dago
Image Credit: Google Maps KhunYUONE 1956

Destinasi wisata alam Curug Dago kurang mendapatkan perhatian serius oleh pemangku kebijakan setempat. Hal itu bisa dilihat dari fasilitas yang kurang memadai di area ini. Tidak ada warung makan, sehingga wisatawan harus membawa bekal sebelum melakukan perjalanan menuju ke lokasi.

Toilet juga belum tersedia, sehingga pengunjung harus mencari kreativitas tersendiri saat ingin buang kecil dan buang air besar. Hanya ada gazebo dan tempat untuk duduk santai saat ingin melepas lelah selama di lokasiair terjun. Untuk fasilitas lain tentunya tempat parkir yang letaknya cukup jauh dari lokasi utama.

Itulah berbagai hal yang perlu sebelum mengunjungi objek wisata alam hits yang terletak di Bandung. Ulasan ini hanya sebagai gambaran awal, anda dapat mengunjungi Curug Dago secara langsung untuk mendapatkan pengalaman lebih menarik selama liburan. Oleh sebab minim fasilitas, pastikan anda menyiapkan dari rumah atau membelinya di warung dekat parkiran.