Harga Tiket: Rp 25.000, Jam Operasional: 08.00–17.00 WIB, Alamat: Jl. Gambung, Cibodas, Kec. Pasirjambu, Kab. Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Bandung membuktikan diri sebagai salah satu kota yang kaya akan destinasi wisata, salah satunya adalah Palalangon Park. Lokasinya berada di Ciwidey, Bandung selatan dengan balutan pesona alam yang masih segar dan jauh dari lokasi industri. Tidak heran jika banyak wisatawan asing maupun mancanegara menyempatkan berkunjung kesana jika datang waktu liburan.

Pemandangan alam yang indah tidak lepas dari lokasinya yang strategis, yaitu perbukitan. Dengan balutan konsep modern dan banyaknya spot wisata, sekali-kali anda harus datang ke lokasi yang masih berdekatan dengan objek wisata Barusen Hills ini. Apa saja daya tarik dari spot wisata yang berada di kecamatan Pasirjambu tersebut? Mari kita ulas lengkap di bab berikutnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Palalangon Park

Daya Tarik Palalangon Park
Image Credit: Google Maps Palalangon Park

Berbicara mengenai daya tarik Palalangon Park tentu tidak ada habisnya. Hal ini dikarenakan banyak sekali yang harus dibahas, mulai dari konsep bangunan, wahana yang tersedia, hingga pemandangan alam yang tampak indah dari berabagai sudut.

1. Wahana Waterboom

Sebagai objek wisata dengan panorama alam, tidak lengkap rasanya jika tidak tersedia wahana Waterboom. Anda bisa berenang sepuasnya bersama rombongan sambil menikmati suasana alam segar pegunungan. Bagian anak dan dewasa terpisah, sesuai dengan tingkat kedalaman kolam.

Meskipun tidak sebesar yang ada di tempat wisata lain, anda bisa menikmati seluncur air, guyuran air yang jatuh dari atas, serta hal menarik lainnya yang berkaitan dengan aktivitas di kolam renang.

2. Pesona Alam

Liburan yang baik yaitu bisa menyegarkan pikiran dari kepenatan karena aktivitas sehari-hari. Palalangon Park menjadi salah satunya yang bisa anda buat untuk keperluan tersebut. Pesona alam indah yang dikelilingi area persawahan dapat membuat pikiran melupakan kehidupan yang berat, meskipun sejenak.

Selain persawahan, anda bisa menikmati pemandangan berupa pegunungan dan perkebunan warga dengan hiasan bunga-bunga yang indah. Pastinya anda ingin sambil bersantai ketika menikmati sajian alam itu bukan? Silahkan gunakan Gazebo yang tersedia di gratis sana. Anda juga bisa memesan makanan dan minuman jika perlu.

3. Bermacam Spot Foto

Daya Tarik Dimiliki Palalangon
Image Credit: Google Maps abstrack 6626

Berlibur jika tidak membawa kenang-kenangan bisa dikatakan percuma. Banyaknya spot foto yang tersedia di Palalangon Park membuat anda tidak bosan melakukan swafoto atau selfie. Misalkan saja anda mengambil foto dari atas dengan view atau pemandangan yang ada dibawah. Hasilnya pasti menarik dan mengagumkan jika anda bisa mengambil sudut yang pas.

Selain itu, ada juga bangunan mirip empire atau kerajaan sunda dengan konsep modern. Memang tidak besar, namun bisa jadi pas untuk masuk kedalam bingkai kamera. Bagi anda yang suka bunga, ada juga spot foto berupa tempat duduk dengan hiasan bunga diatasnya berbentuk melingkar.

4. Villa dan Penginapan

Meskipun bukan yang utama dan termasuk dari salah satu fasilitas, villa juga menjadi daya tarik tersendiri bagi spot wisata yang ada di Jawa Barat ini. Apalagi jika konsep bangunan dan nama penginapan tersebut diambil dari nama pewayangan, pastinya terkesan unik.

Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan, mulai dari yang murah sampai yang bisa dikatakan mahal. Untuk yang paling murah, biasanya berupa tempat penginapan dengan satu kamar. Berbeda dengan kelas vila yang harganya hanya bisa dijangkau kelas menengah dan atas.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Palalangon Park
Image Credit: Instagram Aliya312009

Pastikan adan datang ke Jalan Gambung, Dusun Cisondari, Desa Cibodas, Kecamatan Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat jika tertarik dan ingin mengunjungi objek wisata Palalangon Park.

Untuk rute lokasinya bisa jadi bermacam, tergantung dari mana anda berasal. Kita ambil jalan umum saja, misalkan anda start di Tol Soreang. Dari tol tersebut, ambil arah ke Jalan raya Ciwidey hingga menuju kawasan Situ Patenggang. Lokasinya dekat dari sana, anda tinggal cari papan petunjuk atau bertanya ke warga setempat.

Berbeda lagi jika anda start di Terminal Leuwi Panjang, maka anda harus menempuh jarak sekitar 30km. Jalannya bagus dan lalu lintas nya lancar, jadi mungkin anda bisa tiba di lokasi hanya 30 menit atau lebih sedikit.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Palalangon Park
Image Credit: Tatang Rahmat

Terdapat perbedaan harga tiket masuk sesuai kategori hari dan usia. Untuk hari Senin – Jumat, harga tiketnya sebesar 25.000 rupiah. Sedangkan untuk Weekend atau hari libur, yaitu Sabtu dan Minggu, tarifnya sedikit mahal, yaitu 30.000 per orang. Berbeda lagi dengan anak-anak yang hanya dikenakan biaya masuk sebesar 10.000 rupiah. Dengan harga tersebut, anda bisa menikmati wahana Waterboom dan spot foto gratis.

Selain dari wahana diatas, anda dikenakan tarif tersendiri. Sebut saja spot bebek air dengan biaya masuk 15.000 rupiah, boom boom car sebesar 20.000 rupiah, atau jika ingin naik kereta mini juga dikenakan tiket 10.000 rupiah. Masih sangat murah dibandingkan dengan sensasi dan tingkat kepuasan yang didapat.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Palalangon Park

Aktivitas di Palalangon Park
Image Credit: Google Maps robbi current

Hal yang paling penting ketika berlibur di objek wisata menarik yaitu melakukan aktivitas yang sesuai dengan apa yang ada di sana. Palalangon Park sendiri banyak menawarkan aktivitas seru, baik untuk anak-anak maupun dewasa.

1. Selfie dengan Spot Unik

Bukan hanya pemandangan indah yang bisa anda jadikan sebagai spot foto untuk dijadikan profile atau posting di media sosial. Banyak juga spot untuk selfie maupun foto bareng yang tergolong unik. Sebagai contoh adalah kapal Titanic, tentu bukan kapal yang asli ya! Hanya sebuah tiruan yang jauh dari mirip, namun masih cocok dijadikan background foto tanpa harus melakukan proses editing.

Anda bisa mengambil gambar dari arah depan seperti biasanya melakukan foto. Namun kami sarankan untuk mengambil sudut pandang dari bawah, karena ada hiasan air terjun sebagai pelengkap. Meskipun hanya lukisan, hasilnya tidak kalah menarik dengan aslinya.

2. Berenang di Wahana Waterboom

Aktivitas menarik lainnya yaitu berenang di Waterboom yang menjadi salah satu daya tarik dari objek wisata Palalangon Park. Ukurannya memang agak kecil, namun permainan yang ada di dalamnya cukup lengkap. Ada seluncur air dengan track berliku yang dapat memacu adrenalin, ada juga ember raksasa yang siap tumpah ketika air sudah penuh.

Wahana yang satu ini cocok untuk kalangan anak-anak dan orang tua yang ingin menghabiskan masa liburan dengan mereka. Dua kolam yang tidak terlalu dalam merupakan salah satu alasannya. Meskipun begitu, anda tetap harus mengawasi anak dibawah umur agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Berkeliling dengan Perahu Bebek

Aktivitas Menarik di Palalangon Park
Image Credit: Google Maps Ceplin Murabati

Selain Waterboom, anda juga bisa melakukan aktivitas seru dengan menaiki perahu bebek mengelilingi danau. Tarifnya sudah kami sebutkan di bab harga tiket masuk diatas, yaitu sebesar 15.000 rupiah. Dengan harga murah tersebut, anda bisa mengelilingi danau sambil mengayuh bebek seperti halnya mengayuh sepeda.

Selain menyehatkan, anda juga bisa menikmati suasana alam di danau dengan pohon rindang hingga menyentuh permukaan air. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, karena ada batas waktu maksimal untuk satu kali tarif yang dibayar. Biasanya petugas memanggil sesuai dengan nomor perahu bebek jika waktunya sudah habis.

4. Permainan Anak

Jika anda membawa rombongan keluarga yang ada anak dibawah umur, silahkan ajak mereka untuk melakukan aktivitas seru di area bermain anak. Ada tempat khusus yang bisa digunakan dengan permainan yang cukup lengkap. Beberapa yang menjadi andalan yaitu mobil mini, becak mini, maupun sepeda roda dua dan tiga.

Jangan khawatir akan keselamatan mereka, karena area nya berada diatas rumput sehingga aman dan ramah anak. Namun ada baiknya jika anda selalu mendampingi mereka sambil bersenda gurau.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas di Palalangin
Image Credit: Google Maps Palalangon Park

Dalam hal fasilitas tidak kalah dengan objek wisata lainnya, di lokasi utama Palalangon Park, anda berhak mendapatkan fasilitas tempat parkir yang aman. Terdapat Gazebo yang bisa digunakan bersantai sambil mengawasi anak-anak bermain. Selain itu, rumah makan atau warung juga tersedia untuk mengisi perut yang lapar dengan menu bervariasi.

Adapun fasilitas wajib yang tersedia yaitu Mushola dan toilet. Jika anda ingin menginap, villa atau resort siap menyambut kedatangan anda dan rombongan. Beberapa lokasi atau titik spot memberikan fasilitas free Wi-fi, silahkan anda tanya informasi lebih lengkapnya pada petugas.

Kekayaan alam Indonesia bukan hanya dari produksi dari alam yang dihasilkan, melainkan juga banyaknya tempat wisata yang menjadi buktinya. Spot wisata Palalangon Park hanya secuil dari banyaknya objek wisata yang patut kita banggakan. Oleh sebab itu, tetap jaga kelestarian dan selalu cintai alam sekitar.