Museum Sang Nila Utama salah satu wisata museum favorit di Pekanbaru untuk mengenal sejarah dan budaya Melayu Riau. Museum yang memiliki ribuan koleksi benda unik bersejarah yang layak dikunjungi untuk menambah pengetahuan.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.194, Tengkerang Tengah, Kec. Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru, Riau; Map: Cek Lokasi

Wisata yang memiliki nilai sejarah salah satunya adalah museum, di Kepulauan Riau sendiri terdapat destinasi wisata bersejarah yang wajib Anda kunjungi. Nama tempat wisata ini adalah Museum Sang Nila Utama, yang masih terletak satu kawasan dengan Kantor Dinas Kebudayaan Riau.

Tidak ada salahnya jika memilih mendatangi wisata bersejarah untuk menghabiskan waktu liburan. Jika Anda ingin berkunjung di museum ini, akan dengan mudah Anda menemukan lokasinya. Letaknya yang strategis berada di pusat kota, tentu akan memudahkan untuk menjangkaunya.

Saat sedang berada di Pekanbaru, jangan lupa untuk menyempatkan waktu untuk berkunjung di wisata yang penuh akan nilai sejarah ini. Berikut ini ada beberapa informasi mengenai Museum Sang Nila Utama yang bisa Anda dijadikan informasi sebelum mengunjunginya.

Daya Tarik yang Dimiliki Museum Sang Nila Utama

Daya Tarik Museum Sang Nila Utama
Image Credit: Google Maps (Elvi Rahmi)

1. Koleksi Peninggalan Kerajaan

Tercatat lebih dari 4500 buah koleksi peninggalan sejarah yang tersimpan pada museum ini. Benda-benda peninggalan nenek moyang hingga masa kerajaan tersebut, dapat Anda lihat dengan tatanan yang rapi di setiap sudut dari museum ini.

Terdapat artefak kuno dengan bentuk beragam yang diperkirakan telah ada sejak zaman kerajaan Sriwijaya. Ada salah satu artefak dari batu yang berbentuk runcing di ujungnya, kegunaannya masih sama seperti pisau. Lalu ada beberapa artefak yang berbentuk lempengan.

Saat mengunjungi museum ini, Anda akan mengetahui kegunaan dari benda-benda pada zaman dahulu yang terbuat dari batu tersebut. Hal ini juga dapat menambah ilmu pengetahuan Anda tentang kehidupan pada masa kerajaan kuno.

2. Replika Adat dan Budaya Riau

Mengenal adat istiadat dari daerah lain adalah salah satu hal menarik untuk menambah cakupan wawasan. Tak terkecuali saat Anda mengunjungi wisata bersejarah yang ada di Provinsi Riau tersebut.

Setelah memasuki pintu masuk Museum Sang Nila Utama, Anda akan disambut oleh replika rumah adat khas Riau. Di sudut lain pun terpajang beberapa alat musik tradisional yang terbuat dari bahan sederhana.

Baju adat untuk pengantin daerah Riau pun dipajang dengan detail yang sama persis dengan yang aslinya. Perbedaan model dan corak busana dengan daerah lain akan dapat terlihat dengan jelas. Singgah sana kedua mempelai dari manekin ini juga tergambar jelas.

Pada setiap replika ini, terdapat pula keterangan yang menuliskan penjelasan-penjelasan dari benda tersebut. Penjelasan yang ditulis ini mencakupi nama, sejarah dibuatnya, hingga bahan pembuatan dari benda tersebut.

Pengunjung yang berasal dari luar daerah, akan mengetahui nilai-nilai budaya dan adat Riau setelah berkunjung di museum tersebut. Tentu hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung luar daerah yang hendak berkunjung di wisata bersejarah ini.

Daya Tarik Museum Sang Nila
Image Credit: Twitter.com @tripriau

3. Sejarah Museum

Cerita sejarah awal mulanya pembangunan museum ini ada pada tahun 1975. Pada tahun ini, pengumpulan beberapa benda bersejarah sudah mulai dilakukan. Baru kemudian memasuki tahun 1984, pembangunan tahap pertama bagian dari museum dilaksanakan.

Dibangun dengan mengambil desain Melayu tradisional, akan mengingatkan bahwa daerah Riau memang kental dengan budaya Melayu. Setelah selesai pada tahap penyempurnaan, Museum Sang Nila Utama ini diresmikan pada 9 Januari 1991.

Pemberian nama Sang Nila Utama ini diambil dari seorang putra raja dari kerajaan Sriwijaya. Menurut sejarah, pangeran tersebut juga merupakan raja dari kerajaan yang berdiri di Singapura. Oleh karena itu, nama pangeran ini juga banyak dikenal luas oleh masyarakat Singapura.

Karena hal ini pun, para budayawan yang berada di Provinsi Riau mengusulkan penggunaan nama pangeran tersebut sebagai penamaan dari museum ini. Selain karena terkenal hingga luar Nusantara, kerajaan Sriwijaya juga berpengaruh besar dalam kemajuan daerah tersebut.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Museum Sang Nila Utama

Alamat Museum Sang Nila Utama
Image Credit: Instagram.com @yuyunhidayatstmsc

Berada di pusat kota Pekanbaru, membuat Museum Sang Nila Utama ini akan dengan mudah ditemukan oleh para pengunjung lokal maupun mancanegara. Tepatnya, museum ini terletak di kawasan Kantor Dinas Kebudayaan Riau, Jalan Jendral Sudirman.

Untuk rute yang dapat Anda lewati bisa dari arah mana saja, baik itu dari kota ataupun luar kota sekalipun. Perjalanan Anda akan melintasi Jalan Lintas Sumatra, agar lebih mudah mencari lokasi museum, gunakan jalur utama ini saja.

Setelah menemukan persimpangan jalan yang menunjukkan lokasi Kantor Dinas Kebudayaan, itu berarti Anda tinggal berbelok ke kanan memasuki Jalan Jendral Sudirman. Kompleks museum tersebut berada di kanan jalan, yang berarti Anda diharuskan menyebrang terlebih dahulu.

Bagi pengunjung luar daerah, Anda bisa menggunakan transportasi udara terlebih dahulu untuk sampai ke lokasi museum ini. Jarak museum dengan bandara sangatlah dekat, hanya 3,9 km saja. Setelah tiba di bandara, kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kendaraan umum.

Dengan rute yang mudah ini, pengunjung dari berbagai daerah pun dapat dengan mudah menuju lokasi wisata bersejarah tersebut. Tak jarang pengunjung dari mancanegara pun sering mendatangi museum ini karena banyaknya daya tarik yang dimiliki.

Harga tiket yang dibandrol untuk wisata bersejarah ini adalah Rp5000 saja per orangnya. Dengan biaya tersebut, Anda sudah bisa berkeliling museum dari pukul 8 pagi sampai 4 sore.

Tiket tersebut bisa dibilang cukup murah, karena terdapat juga fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola museum. Cukup dengan harga murah tersebut, Anda dapat berwisata dengan banyaknya nilai sejarah yang disuguhkan oleh Museum Sang Nila Utama.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Museum Sang Nila Utama

Kegiatan di Museum Sang Nila Utama
Image Credit: Google Maps (Puja Ardila)

1. Berfoto

Walaupun museum ini termasuk dalam wisata bersejarah, tak ada salahnya bagi Anda yang hobi berfoto untuk mengambil beberapa gambar. Banyak sudut dari museum yang bisa Anda gunakan sebagai latar belakang foto Anda.

Saat memasuki halaman depan museum, Anda dapat mengambil foto terlebih dahulu dengan ukiran yang ada di pintu masuk sebagai latar belakang. Jangan lupa untuk memenuhi baterai ponsel, agar nantinya dapat digunakan untuk mengambil seluruh foto Anda.

Spot foto yang menjadi favorit pengujung adalah bagian mainan dan musik tradisional yang berada di lantai satu. Terdapat total tiga lantai pada Museum Sang Nila Utama ini, dimana lantai satu banyak dipajang benda-benda khas budaya Riau.

Kemudian Anda bisa mengeksplor lantai kedua dan ketiga untuk mengambil latar belakang foto yang berbeda. Pada lantai tiga, Anda bisa mengambil foto dari sebuah mahkota kerajaan Siak yang tersimpan rapi di sebuah etalase kaca.

2. Mengunjungi Taman Gemala

Di belakang bangunan museum ini, terdapat taman bunga yang dapat Anda kunjungi setelah keluar dari pintu masuk museum. Taman yang diberi nama Gemala ini memiliki pemandangan bunga dan hijaunya rumput yang tumbuh di sekitar area taman.

Anda bisa merilekskan sejenak pikiran Anda setelah dirasa cukup penat. Hembusan angin luar yang mengenai tubuh Anda akan terasa semilir dan pastinya membuat sejuk. Tak hanya suguhan sejarah yang ada di Museum Sang Nila ini, namun juga sebuah taman yang masih asri.

Anda bisa mengambil beberapa jepretan foto saat di area taman. Di salah satu sudut taman, terdapat sebuah mesin tebu dan padi yang sudah berumur. Pajangan ini sengaja diletakkan di luar bangunan museum, agar taman tersebut juga masih berisi dengan nilai sejarah.

3. Bersantai di Pendopo

Bangunan yang berbentuk seperti gasebo ini dapat digunakan untuk bersantai saat Anda kelelahan berkeliling area museum. Pendopo yang berada di Museum Sang Nila Utama tersebut terletak dekat dengan area taman.

Bila cuaca sedang panas dan terik matahari menyengat, Anda bisa berteduh dan duduk dahulu di pendopo ini. Lantai pendopo yang sudah di keramik, akan membuat tempat yang Anda duduki menjadi lebih nyaman.

Pendopo ini juga sering dijadikan tempat untuk berkumpul bagi para pengunjung yang datang secara rombongan. Terutama untuk siswa sekolah yang sedang mengadakan kunjungan wisata di museum ini, biasanya sering diadakan kuis yang bertempat di kawasan pendopo.

Fasilitas yang Tersedia di Museum Sang Nila Utama

Fasilitas Museum Sang Nila Utama
Image Credit: Google Maps (Yadi Fakhruzein TJ)

Berbicara mengenai fasilitas yang ada di Museum Sang Nila Utama, belum bisa dibilang cukup lengkap. Namun untuk fasilitas penting seperti toilet, sudah bisa Anda temukan di salah satu bagian sudut museum. Kondisi dan keadaan dari toiletnya sendiri pun lumayan bersih.

Kemudian ada lahan parkir yang disediakan untuk menempatkan kendaraan pribadi dari pengunjung. Tempat parkir ini cukup luas, bahkan muat hingga kendaraan besar seperti bus. Terdapat juga pendopo cukup luas yang bisa digunakan untuk pengunjung bersantai atau menggelar acara-acara kecil.

Informasi mengenai Museum Sang Nila Utama di atas, bisa Anda jadikan sebagai acuan sebelum mendatangi kawasan wisata di Pekanbaru tersebut. Tentunya selain berwisata seru, Anda juga bisa mendapatkan nilai-nilai sejarah dari benda peninggalan yang ada di museum ini.