Pasar Bawah Pekanbaru salah satu pusat perbelanjaan barang-barang unik di Kota Pekanbaru. Tempat belanja tradisional favorit pelancong baik barang-barang antik, aksesoris rumah hingga barang elektronik.

Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 08.00-17.00, Alamat: Jl. Jalan Saleh Abas, Kampung Dalam, Kec. Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau; Map: Cek Lokasi

Pasar Bawah di Pekanbaru pernah menjadi pemenang kategori objek wisata berbelanja terpopuler pada tahun 2017 lalu. Meski sudah lewat beberapa tahun, pasar ini masih tetap menjadi pasar ternama dan teramai di Pekanbaru. Selain populer, pasar tersebut juga menjadi pasar terlengkap. Semua kebutuhan yang Anda inginkan tersedia di pasar itu.

Pasar Bawah diberikan nama oleh masyarakat sekitar. Dimana lokasi bangunan pasar itu terletak di pinggir sungai Siak yang keberadaanya lebih bawah dari lokasi umumnya. Sehingga para masyarakat pun menyebutnya dengan nama Pasar Bawah.

Pasar tersebut kini menjadi ikon wisata di Kota Pekanbaru. Pasar ini ramai dikunjungi oleh beberapa pengunjung yang berasal dari sekitar kota maupun luar Kota Pekanbaru. Pasar unik ini adalah salah satu pasar dengan bangunan tertua di Pekanbaru. Sehingga pasar ini dikenal oleh banyak orang bahkan sampai luar negeri.

Daya Tarik yang Dimiliki Pasar Bawah

Daya Tarik Pasar Bawah
Image Credit: Twitter.com @pesonnahotelpku

1. Pasar yang Menyediakan Segala Kebutuhan Manusia

Daya tarik utama dan pertama yang diberikan di Pasar Bawah ini adalah karena menyediakan segala macam keperluan. Mulai dari keperluan anak sekolah, keperluan remaja, keperluan cowok dan cewek. Keperluan bapak-bapak bahkan semua keperluan ibu-ibu sudah tersedia.

Di pasar tradisional ini juga menyediakan oleh-oleh berupa jajanan, batik dan lainnya. Ada keperluan makanan, pakaian dan keperluan berupa papan sangat lengkap di pasar ini. Sehingga tidak salah jika Anda datang ke pasar ini untuk mencari segala kebutuhan Anda.

2. Lokasi yang Strategis

Lokasi Pasar Bawah yang strategis di Kota Pekanbaru membuat pasar tersebut selalu ramai. Lokasi pasar menjadi ramai karena Anda tidak perlu susah-susah untuk berputar-putar mencari lokasi ini.

Keberadaannya yang mudah ditemukan ini juga menjadi faktor utama kenapa orang-orang lebih suka berbelanja ke pasar ini. penempatan lokasi yang mudah dijangkau ini menjadi juga menjadi daya tarik bagi pengunjung untuk datang.

3. Bangunan Khas Rumah Tradisional Riau

Selain isi gedung pasar ini yang dibanjiri oleh segala barang dan makanan, Pasar Bawah memiliki bentuk bangunan yang unik. Dimana design ini dibuat dengan mengikuti model bangunan rumah tradisional khas Riau yaitu disebut dengan Selaso Jatuh Kembar.

Bangunan unik dan menarik ini juga menjadi daya tarik bagi para pengunjung. Beberapa pengunjung yang berasal dari luar Riau sering mengambil foto selfie dan berfoto bersama di depan gedung pasar ini. Di bagian samping gedung pasar juga sangat cantik dijadikan spot berfoto.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pasar Bawah Pekanbaru

Alamat Pasar Bawah Pekanbaru
Image Credit: Twitter.com @Fitriaayu86

Alamat objek wisata berbelanja ini yaitu di Jalan Ahmad Yani, Senapelan, Pekanbaru, Riau. Pasar ini terletak di bagian utara Kota Pekanbaru. Letaknya yang strategis menjadikan tempat wisata berbelanja ini sangat mudah untuk ditemukan.

Jika bingung, Anda hanya perlu bertanya pada orang-orang yang ada di pinggir jalan, mereka akan memberitahukan jalan menuju Pasar Bawah dengan ramah. Solusi lainnya yaitu gunakanlah transportasi umum untuk menuju lokasi ini. Ada taksi, bus ataupun transportasi online.

Untuk bisa masuk dan menikmati hunting berbelanja di pasar unik ini, Anda tidak akan dikenakan pembayaran tiket masuk. Anda hanya perlu membayar tiket parkir saja. Dimana pembayaran parkir untuk sepeda motor yaitu sekitar Rp 3000. Untuk tiket parkir mobil yaitu sekitar Rp 5000 saja.

Yang perlu Anda siapkan adalah budget yang cukup jika ingin datang ke pasar ini. Anda akan disuguhkan dengan berbagai macam kebutuhan dan keperluan yang dapat menarik hati dan ingin dibawa pulang.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Pasar Bawah

Aktivitas di Pasar Bawah
Image Credit: Google Maps (Surwano SNR)

1. Memborong Anekaragam Jualan mulai dari Lantai Basement

Di lantai basement Anda akan di sambut dengan aneka kuliner yang berasal dari beberapa daerah. Ada kripik khas yang berasal dari Minang. Selain itu kripik lain yang juga dijajakan khas Melayu. Kemudian jika Anda berjalan lurus menyusuri pasar, Anda akan menemukan penjual kaos yang memberikan logo dan gambar khas Pekanbaru.

Jika Anda mencari rempah-rempah, lurus saja maka Anda akan menemukan pasar basah. Dimana bagian ini menyediakan aneka rempah, bumbu-bumbu, ikan dan kebutuhan dapur lainnya. Selain itu jangan lewatkan ikan khas Pekanbaru yaitu Ikan Selai.

Ikan Selai ini adalah ikan segar yang diawetkan dengan metode tradisional. Dimana ikan segar yang dikeringkan kemudian di lakukan proses pengalaian atau disebut juga dengan sebutan proses pengasapan. Ikan khas Pekanbaru ini sangat laris. Banyak peminat yang berasal dari luar Pekanbaru dan dijadikan oleh-oleh.

Anda juga akan menemukan bumbu dapur yang sudah digiling atau diulek secara langsung oleh penjualnya. Anda bisa costum bumbu apa saja yang ingin digiling. Misalkan cabai segar, jahe segar dan bumbu-bumbu lainnya bisa Anda beli dan digiling. Bumbu-bumbu giling ini juga bisa dijadikan sebagai salah satu oleh-oleh dari Pasar Bawah Pekanbaru.

2. Lantai Satu Sarat dengan Oleh-Oleh

Jika naik ke lantai satu, Anda akan disuguhkan dengan aneka pakaian. Mulai dari pakaian adat dan khas Pekanbaru maupun pakaian-pakaian lain yang sedang viral saat ini. Selain pakaian jika lurus terus, Anda akan menemukan beberapa toko yang menjual tas, sepatu, aksesoris wanita dan pria.

Di lantai ini juga Anda bisa mendapatkan beberapa perhiasan. Namun perhiasan ini bukan terbuat dari emas. Ada perhiasan yang dibuat dari perak, batu Kristal dan stainless steel. Bahan-bahan pembuatan perhiasan ini dapat dijadikan aksesoris yang menarik dan kece untuk Anda. Tetap terlihat cantik dan anggun meski bukan emas. Karena model dan motif dari perhiasan ini sangat unik dan menarik.

Di pasar tersebut juga tersedia banyak cenderamata khas Pekanbaru. Cenderamata itu berupa aksesoris-aksesoris yang bisa digunakan menjadi hiasan. Ada miniatur yang kemudian dijadikan gantungan kunci. Ada tempat pena, mainan dan lainnya. Ada juga jajanan yang berasal dari beberapa tempat seperti jajanan khas Malaysia, jajanan Riau bahkan ada jajanan khas Singapura.

Perlengkapan rumah tangga adalah salah satu lokasi yang menjadi tempat teramai. Apalagi oleh ibu-ibu. Lokasi ini menyediakan perlengkapan, alat dan bahan yang bisa digunakan untuk memperindah dan mempercantik dalam rumah Anda.

Toko-toko ini berjejer menjajakan barang dagangan yang menarik hati pembeli. Seperti contoh bunga-bunga plastik yang cantik dan memiliki warna warni yang indah. Ada keramik antik, guci, ada bantal renda, ada penutup TV berenda yang unik dan perlengkapan rumah tangga lainnya. jika Anda ingin berkeliling di lantai satu ini, Anda dapat menemukan semua kebutuhan rumah tangga Anda.

3. Hunting Pakaian Cowok di Lantai Dua Pasar Bawah

Di lantai dua ini Anda akan disuguhkan beberapa pakaian yang umumnya lebih banyak pilihan untuk perlengkapan cowok. Ada kaos khas Pekanbaru khusus untuk cowok, ada kemeja, celana kain bahkan celana jeans. Ikat pinggang, berbagai pilihan untuk model sepatu dan tas.

Yang paling uniknya di pasar Bawah Pekanbaru juga terdapat toko yang menyediakan pakaian dan perlengkapan haji. Seperti misalnya ada busana untuk ihram, ada sarung, sajadah, mukena, peci dan perlengkapan Ibadah dan haji lainnya.

Di lantai dua juga tersedia beberapa toko yang menyediakan oleh-oleh. Ada beberapa yang menyediakan pakaian cewek. Sepeti gaun, ada kaftan, daster, dan banyak pilihan outfit lainnya yang bisa Anda pilih.

Aktivitas Dilakukan di Pasar Bawah
Image Credit: Google Maps (Suga Otradus)

4. Berburu Pakaian Bekas di Lantai Tiga

Di lantai tiga terdapat satu toko yang juga menyediakan mushola di sampingnya. Di toko ini menjual berbagai kebutuhan outfit Anda. Namun, pakaian di sini adalah berupa pakaian bekas yang bermerk. Pakaian-pakaian ini dijual dengan harga yang sangat murah.

Jika berminat, Anda dapat berburu pakaian dengan merk terkenal di sini. Kalau beruntung, Anda akan mendapatkan pakaian bagus yang hanya sekali atau dua kali pakai saja.

5. Jalan-Jalan Sekitar Bangunan Utama Pasar

Selain di bangunan pasar, terdapat juga beberapa toko di sekitar bangunan pasar. Dimana toko-toko tersebut menjual perlengkapan seperti perlengkapan motor, sepeda dan ada juga toko yang menyediakan jual beli barang bekas.

Misalkan seperti jual beli ban motor atau ban Mobil bekas. Ada toko yang menyediakan peralatan dan kebutuhan untuk mekanik lainnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pasar Bawah Pekanbaru

Fasilitas di Pasar Bawah Pekanbaru
Image Credit: Twitter.com @briansofficial_

Fasilitas yang disediakan di pasar terpopuler di Pekanbaru adalah tempat parkir, ada toilet, dan juga ada mushola bagi Anda yang ingin berbelanja cukup lama di lokasi ini. Musholla ini berada di Pasar Bawah lantai tiga.

Fasilitas lainnya yaitu banyak toko yang menyediakan berbagai macam keperluan dan kebutuhan Anda. Keperluan sehari-hari maupun kebutuhan lainnya.

Review tentang Pasar Bawah Pekanbaru yang menjadi ikon kota ini juga disebut sebagai surganya tempat berbelanja. Pengunjung pasar juga ada yang berada dari Singapura bahkan dari Malaysia. Jadi jangan sampai ketinggalan oleh wisatawan luar negeri. Anda sebagai penduduk negeri harus menyempatkan diri untuk datang berbelanja atau sekedar jalan-jalan di pasar ini.