15 Oleh-Oleh Khas Pekanbaru yang Paling Populer

Oleh Oleh Khas Pekanbaru

Oleh-oleh khas wajib untuk dibeli ketika Anda mengunjungi Kota Pekanbaru. Buah tangan yang populer harus masuk dalam daftar untuk dibawah pulang.

Pekanbaru merupakan salah satu kota industri di Indonesia yang kemajuannya sangat pesat. Banyaknya akses yang dapat ditempuh, membuat kota ini semakin banyak dikunjungi, terutama bagi orang yang ingin dinas maupun hanya sekedar jalan-jalan. Tidak jarang kalau sering dijumpai banyak wisatawan lokal maupun luar negeri di tempat ini.

Dengan kemajuan yang dimiliki oleh ibukota Provinsi Riau ini, menjadikan salah satu target destinasi wisata yang tidak kalah menarik dengan kota-kota besar di nusantara. Oleh sebab itu, banyak juga warga setempat yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menjual berbagai macam oleh-oleh yang menjadi ciri khas kota tersebut.

Buah tangan dari Kota Melayu ini sangatlah banyak macamnya, dari camilan hingga busana yang sangat identik dengan kota tersebut. Bila saat ini sedang berkunjung ke Pekanbaru, sangat disarankan untuk membawa pulang oleh-oleh khas berikut ini karena tidak akan didapat di kota asal Anda.

1. Pancake Durian

Pancake Durian

Image Credit: Kulinerpku.wordpress.com

Pancake Durian adalah salah satu maskot oleh-oleh yang berada di Pekanbaru. Cita rasa dari jajanan tersebut sangatlah lezat dan lembut di lidah. Dibungkus dengan lembaran kulit yang sangat dikhususkan untuk pancake ini, menjadikan aroma dari buah eksotis ini menjadi lebih terasa.

Bagi Anda yang gemar makan durian, sangat disarankan untuk segera mencoba dan memborong makanan yang satu ini. Di sepanjang jalan, Anda akan menemui banyak sekali toko-toko yang menjual Pancake Durian untuk di bawa pulang. Selain itu, makanan penutup ini sangat cocok kalau Anda makan pada saat cuaca dingin.

2. Lempok Durian

Lempok Durian

Image Credit: Brosispku.com

Kota penghasil durian terbesar ini memanglah sangat khas dengan makanan yang menggunakan bahan dasar buah yang berbau menyengat ini. Salah satu olahannya yakni Lempok Durian yang sangat terkenal di daerah Kepulauan Riau ini.

Bentuk dari manisan ini hampir sama dengan dodol pada umumnya, namun bahan pembuatannya saja yang berbeda. Dengan tekstur yang begitu padat, membuat rasa dari buah ini terasa serta sangat manis. Oleh sebab itu, jangan terlewatkan untuk memperoleh buah tangan tersebut.

BACA:  15 Tempat Makan Enak di Pekanbaru Favorit Wisatawan

3. Dodol Kedondong

Dodol Kedondong

Image Credit: Riaudailyphoto.com

Kedondong merupakan buah yang cukup terkenal di Indonesia. Namun hanya di Pekanbaru saja buah dengan rasa yang sangat masam ini dibuat menjadi sebuah jajanan super manis, yakni dodol. Dodol kedondong pastinya memiliki cita rasa yang tidak tersedia di dodol-dodol manapun.

Dengan rasa asam manis yang terdapat pada jajanan tersebut, menjadikan sebuah oleh-oleh yang sangat banyak diminati oleh para pelancong yang berkunjung ke Kota Melayu ini. Anda dapat menemukan oleh-oleh ini di berbagai macam toko souvenir yang terdapat di sepanjang jalan. Harganya sangat bersahabat sehingga bisa membeli dalam jumlah banyak sekalipun.

4. Bolu Kemojo

Bolu Kemojo

Image Credit: Falony.com

Oleh-oleh makanan yang sangat khas di Pekanbaru dan tidak boleh ketinggalan untuk dibeli yakni, Bolu Kemojo. Bentuk dari kue ini seperti kemojo yang berasal dari bahasa daerah setempat yang berarti bunga kamboja.

Dengan berbahan dasar gula dan santan, membuat rasa dari kue bolu ini sangat gurih serta manis saat digigit. Anda dapat memperoleh bolu ini dengan bentuk yang utuh maupun potongan di toko aneka kue oleh-oleh di kota tersebut.

5. Lopek Bugi

Lopek Bugi

Image Credit: Detik.com

Lopek Bugi adalah makanan ringan khas Pekanbaru, tepatnya daerah Kampar. Kue ini terbuat dari beras ketan dan dicampur dengan sari pandan yang dapat membuat kenyang perut. Biasanya jajanan ini banyak disantap waktu pagi hari bagi masyarakat setempat.

Rasa yang sangat khas dari daerah tersebut membuat kelezatan yang terdapat pada beras ketan tersebut menjadi sangat dominan manis. Anda dapat memperoleh kue ini untuk dimakan sewaktu perjalanan di pasar-pasar tradisional karena kurang begitu awet bila dikonsumsi untuk jangka waktu yang sangat lama.

6. Mie Sagu

Mie Sagu

Image Credit: Kelanariau.blogspot.com

Salah satu oleh-oleh yang sangat unik dari Kota Pekanbaru adalah mie yang bukan terbuat dari tepung, melainkan sagu. Rasanya juga sangat berbeda dengan yang mie berbahan dasar tepung, lebih padat serta kenyal. Serta warna yang sangat bening, membuat mie ini tampak begitu memikat mata.

BACA:  10 Tempat Wisata di Dumai Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Mie kas Kota Melayu ini bisa Anda dapatkan dengan kemasan kering agar mampu dibawa ke kampung halaman. Sehingga Anda dapat memasaknya dengan resep andalan untuk disantap bersama keluarga.

7. Keripik Nanas

Keripik Nanas

Image Credit: Okezone.com

Keripik merupakan sebuah camilan yang sudah banyak terdapat di mana-mana. Namun berbeda dengan Keripik Nanas yang rasanya lebih enak dibandingkan dengan tempat lain. Alasan buah tropis ini banyak dijadikan sebagai olahan keripik yakni terdapat perkebunan nanas terbesar di tempat ini.

Tekstur yang begitu renyah serta rasa yang manis membuat keripik nanas menjadi salah satu oleh-oleh yang banyak diminati untuk dibawa kembali ke rumah. Tentunya harganya juga pas dengan kantong, bahkan Anda dapat membelinya dengan jumlah banyak dari toko oleh-oleh.

8. Pastel Ikan Patin

Pastel Ikan Patin

Image Credit: Topijelajah.com

Ikan yang paling mendominasi di perairan Kepulauan Riau adalah patin. Oleh sebab itu banyak sekali orang yang memanfaatkan ikan berdaging banyak ini sebagai olahan camilan yang enak, salah satunya yakni pastel ikan patin.

Bercampur bersama sayur-sayuran di dalam sebuah pasta membuat lidah para pelancong menjadi ketagihan atas kegurihannya. Pastinya jangan lupa untuk membawanya dalam bentuk frozen agar lebih awet.

9. Kerupuk Amplang

Kerupuk Amplang

Image Credit: Shopee.co.id (Lancangkuningjkt)

Amplang merupakan sebuah camilan yang dapat menemani di segala kegiatan. Pekanbaru memiliki amplang yang terbuat dari ikan tengiri.

Dengan gurihnya bawang berpadu dengan asinnya ikan tengiri, membuat rasa baru yang cukup menarik untuk terus dimakan. Tidak heran kalau banyak toko di luar kota yang menjual amplang dari Pekanbaru.

10. Kue Bangkit

Kue Bangkit

Image Credit: Tribunnews.com

Jajanan kering tradisional yang menjadi ikon dari Kota Bertuah adalah Kue Bangkit. Berbentuk bunga serta rasanya sangat manis dan begitu renyah saat digigit.

Anda dapat memperoleh buah tangan ini dalam bentuk kemasan ataupun kiloan yang terdapat di toko-toko buah tangan di sepanjang jalan kota tersebut.

BACA:  20 Minuman & Makanan Khas Batam yang Terkenal Enak

11. Kacang Pukul

Kacang Pukul

Image Credit: Jualo.com (Andy SyahPutra)

Olahan kacang yang menjadi daya tarik wisatawan atau pengunjung Kota Pekanbaru adalah Kacang Pukul. Gurihnya kacang berpadu dengan manisnya gula, rasanya akan membuah nagih.

Banyak yang memakan Kacang Pukul ini dan ditemani secangkir teh panas pada sore hari. Biasanya dikemas seperti bentuk permen. Oleh sebab itu, banyak yang menjual jajanan ini dalam kemasan kiloan yang siap Anda bawa pulang.

12. Salai Ikan Patin

Salai Ikan Patin

Image Credit: Okezone.com

Salai ikan patin merupakan sebuah oleh-oleh berupa ikan patin asap yang dapat di bawa pulang ke tempat asal Anda. Tentunya rasa dan aromanya sangat khas.

Anda dapat menyajikan dengan berbagai macam bumbu jenis masakan. Namun, banyak yang mengolah salai ikan patin ini dengan bumbu balado yang begitu menggugah selera.

13. Peyek Jangkrik

Peyek Jangkrik

Image Credit: Tokopedia.com (Tempo.co)

Jangkrik merupakan serangga yang jarang sekali orang gunakan sebagai bahan masakan mereka. Namun berbeda di Pekanbaru, yang mana serangga ini dijadikan rempeyek. Bila Anda pernah menyicipi Peyek Jangkrik, pastinya akan ketagihan akan rasanya.

Dengan kandungan protein yang begitu tinggi, membuat oleh-oleh ini banyak dicari oleh para pengunjung. Tidak hanya menantang saat memakannya, namun sangat bergizi untuk kesehatan tubuh.

14. Viz Cake

Viz Cake

Image Credit: Traveloka.com

Viz Cake adalah roti bolu durian yang sangat terkenal di Pekanbaru. Karena terkenal dari buah duriannya, menjadikan olahan satu ini banyak dicari oleh para wisatawan lokal maupun asing.

Bolu durian ini tidak memiliki aroma yang sangat menyengat seperti halnya olahan buah berbau tajam lainnya. Bagi yang tidak suka dengan bau yang dihasilkan, sangat disarankan untuk memakan jajan ini.

15. Kerupuk Ikan Tengiri

Kerupuk Ikan Tengiri

Image Credit: Makananoleholeh.com

Selain amplang, Kerupuk Ikan Tengiri juga sangat terkenal di Kota Melayu ini. Banyak sekali perusahaan krupuk jenis ini ke luar kota.

Rasanya yang gurih serta memanjakan lidah membuat krupuk ini banyak diminati oleh orang yang gemar ngemil. Harganya sangat terjangkau untuk diperoleh dalam bentuk kiloan.

Itulah berbagai jenis oleh-oleh khas Kota Pekanbaru yang dapat Anda bawa pulang saat berkunjung ke sana. Tidak hanya makanan manis saja yang dapat Anda borong, namun ada juga makanan gurih lainnya yang dapat dibawa pulang ke kota asal.