Rumah Atsiri Karanganyar, Taman Aromatik Terindah di Indonesia

Rumah Atsiri Karanganyar, Taman Aromatik Terindah di Indonesia

Rumah Atsiri salah satu objek wisata edukasi favorit di Karanganyar yang menarik dikunjungi. Wisatawan disuguhkan pengalaman berwisata mengenal berbagai macam minyak atsiri yang dihasilkan dari tumbuhan yang ada di Indonesia.

Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 10.00-17-00 WIB, Alamat: Jl. Watusambang, Watusambang, Plumbon, Kec. Tawangmangu, Kab. Karanganyar, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Liburan panjang tentunya paling cocok diisi dengan berbagai aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan bersama dengan keluarga. Salah satu jenis wisata yang menarik untuk dilirik ialah wisata edukasi. Rumah Atsiri di Karanganyar merupakan salah satu wisata edukasi mengenai minyak atsiri yang dapat Anda jumpai di kawasan Tawangmangu.

Di kawasan wisata ini Anda dapat menikmati berbagai bentuk wisata yang menyenangkan hanya dalam satu area saja. Hal ini tentu cukup menarik perhatian bagi Anda yang menggemari botani ataupun yang ingin mengenalkan anak-anak mengenai industri botani. Anda dapat menikmati wisata di Rumah Atsiri yang menyenangkan dengan hawa yang sejuk.

Rumah Atsiri ini sangat cocok untuk Anda kunjungi di akhir pekan ataupun ketika libur panjang. Anda dapat mengunjungi kawasan ini dalam kelompok kecil maupun dalam kelompok yang besar. Oleh karena itu, berikut ini beberapa informasi yang terkait dengan Taman Aromatik di Karanganyar yang dapat Anda simak di bawah ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Rumah Atsiri Indonesia

Daya Tarik Rumah Atsiri

Image Credit: Google Maps (Rumah Astiri Indonesia)

1. Udara yang Sejuk

Kawasan ini terletak cukup tinggi dengan posisinya yang berada di atas bukit. Oleh karena itu udara di Rumah Atsiri ini cukup dingin. Anda perlu membawa jaket jika datang pada pagi ataupun sore hari. Hal ini cukup penting, terutama jika Anda berasal dari kawasan yang berada di dataran rendah dengan suhu kawasan yang lebih tinggi.

2. Taman Aromatik

Taman di kawasan wisata ini cukup unik. dibandingkan dengan taman bunga yang memiliki berbagai warna yang menarik, taman di kawasan ini dihiasi dengan tanaman-tanaman aromatik yang harum. Anda dapat menemukan berbagai tanaman yang memiliki aroma menyengat seperti sereh, rosemary, mint dan lain sebagainya.

Taman ini cukup menyita perhatian wisatawan oleh karena aromanya yang dapat tercium dari kejauhan. Tanpa perlu merusak taman ini, Anda dapat menebak pohon yang ditanam di taman aromatik ini. Hal ini tentu cukup menarik untuk Anda yang senang mengkoleksi tanaman yang dapat dimakan ataupun memiliki bau yang harum dan khas.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Purworejo Paling Populer

3. Habitat Kupu-Kupu Indah

Di taman ini Anda dapat melihat kupu-kupu dengan berbagai warna. Tentunya hal ini dikarenakan kawasan Rumah Atsiri yang hijau mengundang banyak serangga cantik ini ke dalam kebunnya. Anda dapat melihat beberapa kupu-kupu ini di dalam rumah hijau maupun di taman yang berada di alam bebas.

Daya Tarik Rumah Atsiri Indonesia

Image Credit: Google Maps (Rohman Prasedhitaja)

4. Spot Foto Menarik

Layaknya kawasan wisata pada umumnya, rumah tanaman wangi ini juga memiliki kawasan dengan dekorasi yang indah untuk Anda berfoto bersama keluarga maupun kerabat. Selain itu Anda juga dapat berfoto-foto pada setiap sesi kegiatan ataupun di setiap sudut dari tempat wisata ini yang menurut Anda menarik untuk digunakan sebagai background.

5. Rumah Kaca yang Besar

Oleh karena Rumah Atsiri merupakan kawasan wisata yang dirancang untuk tanaman, tentunya Anda dapat menikmati rumah kaca yang cukup besar. Rumah kaca ini berisi dengan berbagai macam dan jenis tanaman yang memiliki kandungan minyak atsiri pada daun maupun batangnya. Tanaman ini memiliki ciri utama dengan bau yang cukup khas dan menyengat.

Perjalanan Anda menyusuri rumah kaca ini akan ditemani dengan seorang tour guide. Ia akan membantu Anda untuk mengenali setiap tumbuhan yang ada di dalam rumah kaca ini. ia juga akan menjawab beberapa pertanyaan yang ingin Anda ketahui mengenai tumbuhan yang berada di dalam rumah kaca. Dari fungsi, ciri, hingga cara berkembang biak dari tanamannya.

6. Museum Rumah Atsiri

Museum yang satu ini menyimpan kenangan mengenai rumah atsiri. Dari sejarah, dokumentasi, foto, hingga acara-acara penting yang pernah diselenggarakan di kawasan ini. Selain itu, di museum ini Anda juga dapat menemui berbagai bentuk tanaman yang sudah diawetkan dan juga berbagai alat yang digunakan untuk memproduksi minyak atsiri di jaman dahulu.

Museum ini memiliki fokus pada perkembangan minyak atsiri. Dari awal mula manusia mengenal minyak ini hingga ditemukannya berbagai fungsi yang menguntungkan manusia. Anda dapat melihat berbagai koleksi wadah minyak atsiri dari 50 tahun yang lalu hingga berbagai alat tua yang menarik untuk ditelaah sejarahnya.

BACA:  14 Tempat Wisata di Sragen Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Masuk Rumah Atsiri

Alamat & Harga Tiket Rumah Atsiri

Image Credit: Google Maps (Maria Charistina Purnomo)

Kawasan wisata yang berada di Jawa Tengah ini terletak tidak jauh dari Kota Solo. Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 1 jam dengan kendaraan bermotor saja. Selama perjalanan Anda dapat mengikuti petunjuk arah menuju Tawangmangu. Rumah tanaman wangi ini terletak tidak jauh dari Terminal Tawangmangu.

Sistem tiket masuk pada kawasan wisata Rumah Atsiri ini cukup unik. Anda perlu membayar voucher sejumlah 50.000 yang dapat digunakan di dalam kawasan wisata ini. Anda dapat menghabiskan nominal ini, ataupun jika kurang, Anda dapat menambah nominal dari voucher sesuai dengan kebutuhan.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Rumah Atsiri

Aktivitas Menarik di Rumah Atsiri

Image Credit: Google Maps (Imam Budidhirma)

1. Workshop

Di Rumah Atsiri, Anda dapat menyimak berbagai pengetahuan mengenai minyak atsiri. Dari sejarah awal terkenalnya hingga penggunaan minyak atsiri modern. Anda akan diajarkan berbagai teori dan juga cara untuk mengekstrak minyak atsiri yang didapatkan dari tanaman-tanaman tertentu yang mengandung banyak kandungan minyak atsiri.

Tentunya di workshop ini Anda juga belajar untuk mengenali berbagai perbedaan dari minyak atsiri berdasarkan tanaman sumbernya. Fungsi dari minyak atsiri ini juga cukup beragam seperti minyak sereh yang digunakan sebagai desinfektan ataupun minyak kayu putih yang digunakan sebagai minyak urut sehari-hari agar tidak masuk angin.

2. Demo Pembuatan Minyak Atsiri

Di sesi ini Anda dapat melihat secara langsung cara untuk mengekstrak minyak atsiri secara langsung. Anda dapat memperhatikan bagaiman profesional mengerjakan minyak ini hingga dapat dikemas dan digunakan sesuai dengan kebutuhan dan manfaat dari minyak atsiri ini.

3. Praktek Pembuatan Minyak Atsiri

Anda juga dapat mencoba membuat minyak atsiri sendiri menggunakan peralatan yang disediakan. Di sesi ini Anda dapat memilih sumber tanaman untuk minyak atsiri yang Anda hasilkan. Prosesnya tidak memakan waktu cukup lama, sehingga Anda dapat menikmati dan menyimak proses pembuatan minyak ini hingga Anda paham.

Anda juga akan dikenalkan dengan alat-alat dan juga peralatan untuk membuat minyak ini secara modern. Tidak perlu khawatir, karena Anda akan didampingi oleh tour guide ataupun petugas yang menjaga dalam setiap langkah Anda membuat minyak ini agar tidak gagal. Anda juga dapat membawa pulang minyak atsiri yang Anda buat ini.

Aktivitas di Rumah Atsiri

Image Credit: Google Maps (Dimas Suyatno)

4. Berkeliling Museum

Di museum ini Anda dapat berkeliling dengan bebas. Anda dapat memperhatikan setiap detail dari benda benda yang dipajang di museum ini. Walaupun Anda akan dipandu oleh tour guide di museum ini, setelah selesai menjelaskan tentunya Anda akan dibebaskan untuk mengelilingi museum yang unik ini.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Banjarnegara Paling Populer

Tentu saja Anda tidak boleh menyentuh ataupun merusak properti yang dipajang di museum yang satu ini. Anda diperbolehkan untuk menyimak, berfoto ataupun menulis catatan di sepanjang kunjungan Anda ke Museum Rumah Atsiri Karanganyar. Selama berada di kawasan ini Anda tetap harus menjaga kondisi benda-benda yang sudah tua agar tidak rusak ataupun pecah.

5. Berkeliling Taman

Di kawasan wisata favorit di Karanganyar ini Anda dapat menjumpai beberapa taman yang indah dan juga menarik. Anda dapat berjalan-jalan di area taman ini dengan bebas. Walaupun kebanyakan tanaman yang ada di taman bukan merupakan tanaman bunga yang ditanam khusus agar dapat berbunga, namun Anda tetap dapat melihat beragam kombinasi warna yang unik.

6. Kebun Atsiri

Kebun seluas 2.5 hektar ini ditumbuhi oleh tanaman yang mengandung minyak atsiri. Anda dapat menikmati luasnya kebun dan juga berjalan jalan di tengah kebun ini. Kebun ini juga merupakan kebun yang digunakan untuk menghasilkan produksi minyak atsiri yang dapat Anda beli di toko sovenir wisata rumah atsiri ini.

Fasilitas yang Tersedia di Rumah Atsiri Indonesia

Fasilitas di Rumah Atsiri Indonesia

Image Credit: Google Maps (Ikhsan Famadi)

Fasilitas yang disediakan di kawasan ini cukup lengkap. Tentunya Anda dapat menikmati fasilitas dasar seperti toilet, musholla dan juga tempat duduk yang disediakan di setiap pojok dari kawasan ini. Namun, di Wisata Rumah Atsiri ini Anda dapat menemukan berbagai fasilitas penunjang yang cukup menarik untuk dinikmati.

Anda dapat menikmati rumah aromaterapi yang mengenalkan Anda pada berbagai aroma yang didapatkan dari minyak atsiri. Tentu saja Anda dapat membeli aromaterapi ini untuk dijadikan sovenir yang unik. Selain itu, Anda juga dapat makan di restoran yang menggunakan bahan-bahan organik yang berasal dari kebun Rumah Atsiri.

Ulasan ini merupakan sebagian dari berbagai keindahan dan juga keseruan dari berbagai aktivitas yang dapat Anda lakukan di Rumah Atsiri Karanganyar. Anda dapat mengunjungi kawasan ini pada hari Sabtu ataupun Minggu agar dapat bergabung dengan rombongan lain dengan hobi yang serupa.