15 Tempat Wisata di Demak Terbaru & Terhits Dikunjungi

15 Tempat Wisata di Demak Terbaru & Terhits Dikunjungi

Inilah Daftar Tempat Wisata Populer di Demak, Jawa Tengah. Destinasi Wisata Terbaru, Terhits dan Kekinian yang Layak Anda Kunjungi Saat Berlibur Bersama Orang Tercinta.

Demak adalah kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Daerah ini menjadi terkenal karena menjadi pusat pemerintahan kerajaan Demak di masa lalu. Selain itu, orang akan langsung mengingat tentang Masjid Agung Demak saat membahas daerah tersebut. Akan tetapi, masih banyak wisata lain yang bisa dikunjungi.

Destinasi wisata yang dimaksud adalah terkait alam budaya, religi, kuliner, dan pendidikan. Kabupaten ini terletak di pesisir sehingga mempunya potensi wisata laut. Demak juga memiliki lokasi strategis karena dekat dengan ibukota provinsi yaitu Semarang serta kabupaten lain seperti Kudus dan Jepara.

Berbagai destinasi baru di Demak mulai bermunculan. Pemerintah mulai mengembangkan pariwisata tidak hanya berpusat di Masjid Agung. Mereka menambahkan wisata modern untuk keluarga. Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat yang masih terjaga keaslian. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan rekomendasi tempat wisata di Demak berikut ini.

1. Masjid Agung Demak

Masjid Agung Demak

Image Credit: Flickr.com (Yohanda Mandala)

Berkunjung ke Demak tidak lengkap tanpa objek wisata terkenal bernama Masjid Agung Demak. Ini adalah ikon pariwisata di kabupaten tersebut. Akses ke lokasi sangat mudah bahkan mayoritas bus wisata akan melewati tepat di masjid ini. Anda bisa melihat desain arsitektur unik yang menggambarkan harmoni antara Jawa dan Islam

Masjid ini bisa Anda singgahi untuk tujuan istirahat sejenak dan ibadah. Di sekitar masjid, ada beberapa area kuliner dan buah tangan khas Demak. Anda dapat menelusuri bagian masjid dan melihat langsung bangunan berusia sekitar 500 tahun masih kokoh berdiri. Inilah tujuan utama jika ke Demak tetapi hanya untuk singgah sebentar.

Lokasi: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

2. Makam Sunan Kalijaga

Makam Sunan Kalijaga

Image Credit: Pinterest.com @wisatareligi99

Demak dan walisongo sangat berkaitan erat. Salah satu ulama yang berhasil menyebarkan Islam dengan kearifan lokal adalah Sunan Kalijaga. Anda bisa berkunjung ke makamnya dan melihat langsung suasana asri. Makam tersebut dekat dengan masjid.

Objek wisata religi ini juga memiliki beberapa area khusus yang menunjukkan suasana masa lampau. Anda bisa melihat dan mengambil foto. Tentu saja, pengunjung harus sopan dan tidak membuat gaduh apalagi membawa pusaka. Makam ini adalah warisan budaya yang sangat dihormati oleh masyarakat Demak dan sekitarnya.

Lokasi: Kadilangu, Kec. Demak, Kab. Demak.

3. Museum Masjid Demak

Museum Masjid Demak

Image Credit: Detik.com

Saat berkunjung ke Masjid Demak, Anda ingin mengetahui lebih lanjut tentang penyebaran islam dan benda peninggalan sejarah terkait Demak. Untuk memenuhi keinginan tersebut, terdapat museum yang tepat berada di sebelah masjid. Ini adalah objek wisata sesungguhnya.

Museum ini memiliki koleksi lengkap terkait masa penyebaran tersebut. Selain itu, Anda juga bisa melihat secara langsung rekonstruksi masjid Demak saat dibangun. Pengunjung juga mendapatkan informasi dan edukasi mengenai sejarah di masa lampau.

BACA:  9 Oleh-Oleh Khas Salatiga Paling Populer

Lokasi: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

4. Hutan Mangrove Morosari

Hutan Mangrove Morosari

Image Credit: Eksapedia.com

Demak berada di pesisir sehingga area pantai dan laut menjadi pusat wisata yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah hutan mangrove Morosari. Ini adalah hutan khusus untuk konservasi mangrove. Anda bisa menikmati udara dari deretan tanaman mangrove yang tumbuh subur.

Lokasinya juga menjadi bagian dari pantai Morosari. Jika sudah puas melihat keindahan laut, Anda segera beralih ke hutan ini. Sebagai destinasi wisata, pihak pengelola menambahkan beberapa fasilitas seperti jembatan dan jalan setapak yang nyaman serta aman.

Lokasi: Tambaksari, Bedono, Kec. Sayung, Kab. Demak.

5. Pantai Tirangan

Pantai Tirangan

Image Credit: Kabaredemak.com

Pantai khas laut jawa memang sangat menarik untuk dikunjungi. Di Demak, Anda dapat melihat langsung suasana khas pantai di daerah Tirangan. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di pantai ini. Pantai putih nan lembut serta air yang tenang merupakan suasana yang tidak ada di tempat lain.

Untuk berkunjung, Anda sebaiknya memilih sore hari karena sudah tidak terik. Selain itu, pantai akan menunjukan gambaran horizon matahari terbenam. Selain keindahan alam, wisatawan juga dapat menikmati kuliner makanan laut. Berbagai tenda dan warung makan sudah tersedia. Bahan-bahan makanan tersebut diambil langsung dari laut.

Lokasi: Desa Babalan, Kec. Wedung Kab. Demak.

6. Makam Raja Demak

Makam Raja Demak

Image Credit: Detik.com

Selanjutnya, tempat wisata sejarah dan religi di Demak adalah makam raja. Anda penasaran tentang kerajaan Demak lalu ingin mendalami lebih lanjut. Lokasi yang tepat untuk memenuhi keinginan tersebut adalah makam raja. Ini adalah area khusus untuk pemakaman raja-raja yang memerintah semasa kerajaan tersebut.

Lokasinya tidak jauh dari masjid bahkan Anda cukup berjalan kaki. Pengunjung bisa melihat suasana makam yang khas jawa. Beberapa raja dimakamkan di lokasi ini. Sebelum masuk, pengunjung harus membersihkan diri dan menitipkan barang. Makam ini adalah bukti keberadaan kerajaan Demak.

Lokasi: Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

7. Sentra Kerajinan Batik

Sentra Kerajinan Batik

Image Credit: Infobatik.id

Demak juga mempunya kerajinan batik. Sama dengan kota lain di Jawa, batik lokal asli Demak memiliki ciri dan corak yang khas. Anda bisa melihat langsung pembuatan batik dari bahan mentah hingga menjadi kain yang siap pakai. Corak untuk batik tersebut menggambarkan masjid Demak dan desain lokal lain.

Wisata ini sangat direkomendasikan karena Anda akan melihat suasana baru. Selain sekedar melihat, wisatawan juga dapat mencoba langsung di proses tersebut. Setelah puas berkeliling, sentra ini memiliki galeri dan area untuk penjualan langsung. Anda wajib membeli karena menandakan sudah ke kota ini.

BACA:  17 Tempat Wisata di Boyolali Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Lokasi: Desa Wedung, Kec. Demak, Kab. Demak.

8. Sentra Kerajinan Kaligrafi

Sentra Kerajinan Kaligrafi

Image Credit: Yangrame.com

Objek wisata selanjutnya adalah sentra kaligrafi Demak. Di daerah sekitar Bintoro atau masjid Demak, Anda akan menemukan penjual kaligrafi. Kualitasnya sangat baik dan harga terjangkau. Produk tersebut berasal dari pengrajin yang sudah berkecimpung di bisnis ini secara turun temurun. Kaligrafi ini juga menembus pasar luar negeri.

Jika membeli masih belum cukup, Anda bisa berkunjung ke pengrajin. Mereka akan senang hati menunjukkan proses pembuatan. Selain itu, kaligrafi bisa dibentuk sesuai dengan keinginan. Jika Anda ingin pesanan khusus, mereka siap mewujudkannya. Kaligrafi tersedia dengan beberapa level kualitas sehingga menyesuaikan dengan kebutuhan.

Lokasi: Desa Rejosari RT 2/RW 4, Kec. Mijen, Kab. Demak.

9. Brown Canyon

Brown Canyon

Image Credit: Mytrip123.com

Nama objek wisata selanjutnya adalah Brown Canyon. Meskipun menggunakan bahasa Inggris, destinasi ini masih terletak di Demak. Secara sekilas, ini adalah area dengan tebing tinggi dengan warna coklat mendominasi. Anda akan melihatnya mirip dengan tempat wisata di luar negeri.

Area ini tidak terbentuk secara alami. Brown Canyon adalah hasil penggalian untuk tambang, akan tetapi, perusahaan menilai tidak memiliki prospek sehingga meninggalkan lokasi tersebut. Anda masih bisa melihat bekas galian tersebut dan menjadi daya tarik tersendiri. Saat ini, wisata tersebut cukup terkenal untuk pengunjung lokal.

Lokasi: Desa Kebonbatur, Kec. Mranggen, Kab. Demak.

10. Kolam Renang Polaris

Kolam Renang Polaris

Image Credit: Rismaamelia23.blogspot.com

Bagi yang ingin bermain air, wahana kolam renang Polaris adalah tujuan yang tepat. Ini adalah tempat wisata yang khusus untuk wahana air. Selain itu, area ini juga terdapat beberapa permainan sehingga pengunjung tidak akan bosan. Terdapat pula tempat untuk berseluncur dengan berbagai level.

Kolam renang ini cocok untuk wisata keluarga. Setiap tempat memiliki kategori tersendiri. Orang tua bisa membawa anak-anak ke kolam yang sudah ditentukan. Pengelola menambahkan fasilitas penunjang seperti kamar mandi, toilet, dan tempat ibadah serta loker untuk penyimpanan barang ditambah ruang ganti.

Lokasi: Jl. Sunan Kalijaga, Botorejo, Kec. Wonosalam, Kab. Demak.

11. Grebeg Besar Demak

Grebeg Besar Demak

Image Credit: Dinperpusar.demakkab.go.id

Demak adalah daerah yang masih menjunjung tinggi budaya. Hal tersebut tampak dari prosesi grebeg Besar yang diselenggarakan satu hari sebelum idul adha. Tradisi ini sudah menjadi tujuan wisata budaya. Banyak orang menunggu acara tersebut dan mereka datang dari berbagai daerah bahkan luar negeri.

Grebeg mengikut sertakan berbagai elemen masyarakat dan pemerintah. Anda bisa mengikuti prosesi ini dari pendopo kabupaten hingga area Masjid Agung. Setelah itu, masyarakat menikmati santapan

tumpeng. Wisata ini masih dilestarikan dan Anda harus berada di waktu yang tepat jika ingin menyaksikan langsung kegiatan tersebut.

BACA:  10 Oleh-Oleh Khas Pekalongan Paling Populer

Lokasi: Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

12. Kelenteng Hok Tek Bio

Kelenteng Hok Tek Bio

Image Credit: Dinperpusar.demakkab.go.id

Demak juga memiliki kelenteng bernama Hok Tek Bio. Ini adalah tempat ibadah untuk umat beragama Konghucu. Anda akan melihat desain khas kelenteng dengan dominasi warna merah dan ornamen sepasang naga di bagian atas. Selain itu, lokasinya juga mudah dijangkau karena masih terletak di kota.

Kelenteng ini terbuka untuk umum. Anda tidak perlu ragu ketika mengunjungi. Suasana yang nyaman membuat kelenteng layak untuk dimasukkan sebagai objek wisata. Anda bisa berkeliling di sekitar destinasi wisata ini secara aman dan mudah.

Lokasi: Jl. Siwalan No 3, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

13. Pantai Glagah Wangi

Pantai Glagah Wangi

Image Credit: Instagram.com @pesonaistambul

Demak masih memiliki lokasi wisata pantai yaitu Glagah Wangi. Anda mungkin belum mengenalnya dengan baik sebab tempat ini masih baru. Akan tetapi, pantai sudah memiliki fasilitas lumayan lengkap. Selanjutnya, Glagah Wangi terletak di pesisir yang mudah dijangkau oleh pengunjung dari arah manapun.

Keunikan pantai ada pada ombak lebih tenang dan pasir putih lembut. Orang tua bisa membawa anak-anak mereka ke pantai dan bermain ombak. Keamanan memang menjadi hal prioritas di lokasi ini. Satu lagi yang membuat orang suka berkunjung adalah pantai terbuka untuk umum artinya tidak ada tiket masuk kecuali membayar parkir untuk kendaraan.

Lokasi: Desa Tambakbulusan, Dukuh, Bongsari, Kec. Karangtengah, Kab. Demak.

14. Taman Ria Demak

Taman Ria Demak

Image Credit: Berwisata.id

Objek wisata berikutnya adalah taman ria Demak. Anda mungkin sering berkunjung taman ria dengan wahana dan desain modern. Akan tetapi, versi Demak berbeda karena menggunakan desain luar dengan gaya Jawa. Ini merupakan taman ria yang unik dan layak untuk dikunjungi.

Beberapa spot di taman ria tampak indah sehingga cocok untuk pengambilan foto. Pengunjung dapat menikmati wahana permainan dari yang biasa hingga ekstrem. Tentu saja, orang tua wajib memperhatikan anak mereka ketika sedang berkeliling. Taman ria ini menjadi destinasi wisata yang wajib ada di daftar Anda saat ke Demak.

Lokasi: Desa Katonsari, Kec. Demak, Kab. Demak.

15. Alun-Alun Kota Demak

Alun-Alun Kota Demak

Image Credit: Demakkublog.wordpress.com

Ciri khas kota-kota di Jawa adalah alun-alun. Ketika berkunjung ke Demak, Anda akan melewati alun-alun ini sebagai pusat kota. Lokasinya berada di sekitar masjid sehingga alun-alun akan sepaket dengan tujuan wisata tersebut.

Tempat ini menjadi lokasi untuk yang cocok untuk sekedar berjalan santai menikmati keindahan kota. Anda juga bisa membeli makanan setempat. Di malam hari, alun-alun sering ada acara atau event sehingga bisa untuk tontonan.

Lokasi: Jl. Sultan Fatah, Kauman, Bintoro, Kec. Demak, Kab. Demak.

Demak kadang hanya sebagai tempat singgah sebelum ke Semarang atau kudus. Akan tetapi, Anda harus berhenti lebih lama dan mencoba berbagai destinasi wisata. Selain Masjid Agung, masih banyak tujuan lain terutama di sekitar pesisir. Beberapa pantai di Demak sangat cocok untuk wisata keluarga. Setelah itu, Anda bisa membeli cenderamata dan mencoba kuliner lokal dari daerah tersebut.