Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Desa Batur Tengah, Central Batur, Kec. Kintamani, Kab. Bangli, Bali; Map: Cek Lokasi

Tempat wisata menjadi destinasi liburan favorit wisatawan ketika weekend maupun hari libur nasional. Menjelajah tempat wisata di suatu daerah yang ada di Indonesia tidak bisa dilakukan hanya sehari dua hari saja. Oleh karena itu, wisatawan membutuhkan tempat penginapan yang nyaman untuk bermalam. Contohnya di Bali ada glamping Black Lava Camp.

Glamping merupakan kependekan dari glamour camping yang menyajikan suasana kemah namun bukan seperti kemah biasa di tenda. Glamping yang ada di Bali tersebut bukan hanya sekedar tempat penginapan saja, namun juga merupakan tempat wisata menarik bagi wisatawan. Tidak heran jika glamping unik ini kerap dikunjungi wisatawan.

Suasana yang disuguhkan dari Black Lava Camp ini tentu berbeda dengan berkemah mendirikan tenda biasa. Disana wisatawan bisa memanfaatkan beragam fasilitas yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Berbeda dengan tenda biasa dimana wisatawan lah yang harus membawa berbagai kebutuhan selama bermalam di dalam tenda yang didirikan.

Daya Tarik yang Dimiliki Black Lava Camp

Daya Tarik Black Lava Camp Bangli
Image Credit: Google Maps Rizal Sopo

1. Pemandangan Alam yang Disuguhkan Tiada Duanya

Sudah bukan rahasia umum lagi jika Bali menyimpan segudang tempat wisata bernuansa alam dengan pemandangan yang memukau. Antara satu tempat wisata dengan tempat wisata lainnya memiliki lanskap yang berbeda sehingga Bali tidak henti-hentinya kedatangan wisatawan baik wisatawan domestik dan mancanegara.

Dengan berkunjung ke Black Lava Camp, wisatawan bisa menyaksikan Gunung Batur secara langsung. Pemandangan yang disuguhkan benar-benar membuat pikiran menjadi rileks sehingga tempat wisata tersebut cocok dikunjungi bagi wisatawan yang membutuhkan tempat untuk melepas penat dari kepenatan pikiran sehari-hari.

Selain pemandangan Gunung Batur, wisatawan juga bisa menyaksikan panorama matahari terbit atau sunrise yang begitu cantik dan mempesona. Menariknya, panorama tersebut bisa disaksikan setiap harinya. Hal ini dikarenakan lokasi glamping berada di area Bukit Payang.

2. Memiliki Konsep Kamar yang Unik

Mengunjungi tempat wisata tersebut tidak akan membuat wisatawan kecewa karena selain menyuguhkan pemandangan alam yang cantik, konsep yang diusung glamping ini tergolong unik. Konsep kamar glamping terlihat dari interior dan furniture yang ada di dalamnya. Konsepnya adalah ‘the story about the onion & potato tents’.

Jika diterjemahkan, Black Lava Camp mengusung konsep tenda mewah yang menceritakan tentang bawang dan kentang. Makna tersebut diwujudkan dalam bentuk tenda yang mirip dengan bentuk bawang dan kentang. Interior dan furniture di dalam glamping sangat bagus dan instagramable untuk dijadikan background foto.

Harga kamarnya beragam tergantung dengan jenis kamar yang wisatawan pilih. Di glamping tersebut tersedia 14 camp dan 2 suite yang cocok digunakan sebagai office dan tempat untuk melakukan gathering keluarga.

3. Menawarkan Kegiatan Menarik untuk Wisatawan

Black Lava Camp menyuguhkan kegiatan menarik berupa Mount Batur Trekking pada wisatawan dimana kegiatan tersebut merupakan kegiatan trekking menuju ke Gunung Batur bagian puncak. Pihak pengelola memasukkan kegiatan ini ke dalam paket wisata.

Kegiatan trekking dimulai pukul 03.30 WITA. Wisatawan membutuhkan waktu kurang lebih dua jam dari lokasi glamping hingga sampai di Gunung Batur bagian puncak. Panorama matahari terbit termasuk daya tarik favorit setiap pengunjung karena wisatawan bisa menikmati sunrise secara leluasa dari puncak gunung tersebut.

Jalur trekking menuju puncak gunung tergolong aman bagi wisatawan yang belum pernah melakukan trekking ke puncak gunung sama sekali. Sehingga pengalaman trekking ini akan menjadi pengalaman seru dan menyenangkan bagi wisatawan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Black Lava Camp Bangli
Image Credit: Google Maps Umar Taufik Dado

Lokasi Black Lava Camp terletak di daerah Kintamani, Bangli tepatnya di Jalan Bukit Payang Nomor 88. Lokasi tempat wisata dengan pusat kota yakni Denpasar Bali terbilang jauh karena jaraknya adalah sekitar 57,1 km. Dengan kata lain, perjalanan wisatawan yang berangkat dari Denpasar Bali menuju ke lokasi membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam 23 menit.

Sementara itu, wisatawan dari luar kota bisa berangkat dari lokasi Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dengan menggunakan mobil. Waktu tempuh perjalanan dari bandara ke lokasi adalah sekitar 2 jam. Meski akses ke lokasi terbilang menantang, akan tetapi beberapa jenis mobil bisa melewati akses tersebut dengan mudah.

General manager dari Black Lava Camp memiliki akses yang cukup ekstrim dengan jalanan terjal dan juga sedikit bumping. Hal ini dikarenakan karena jalanan menuju lokasi bukan berupa aspal. Pihak pengelola menyediakan fasilitas berupa layanan antar jemput untuk wisatawan yang merasa kesulitan mengakses jalan ke lokasi.

Tim dari tempat wisatalah yang akan melayani antar jemput kepada wisatawan dengan menggunakan mobil Toyota Hilux, Toyota Land Cruiser, Mitsubishi Pajero, atau Toyota Fortuner. Titik penjemputan wisatawan ada di Madu Sari Restoran dan Tegu Kopi. Kedua lokasi tersebut juga bisa menjadi tempat parkir untuk mobil dan motor wisatawan.

Biaya Wisata Black Lava Camp

Tiket Black Lava Camp Bangli
Image Credit: Google Maps Kevin P. Anda

Jam operasional Black Lava Camp adalah 24 jam untuk bagian resepsionis. Sementara itu, untuk jam check-in adalah pukul 02.00 WITA dan jam check out adalah pukul 12.00 WITA. Tidak terdapat tiket masuk namun wisatawan bisa memilih ingin menginap di jenis kamar dengan menyesuaikan budget.

Untuk jenis kamar Deluxe dengan kapasitas maksimal 4 orang biayanya adalah Rp 2.500.000 per malam. Kamar Onion Camp 1-2 dengan kapasitas maksimal 2 orang biayanya adalah Rp 750.000 per malam dan Onion Camp 4-5 dengan kapasitas maksimal 3 orang biayanya adalah Rp 500.000 per malam.

Ada juga jenis kamar Potato Camp 1-5 dengan kapasitas kamar maksimal 2 orang biayanya adalah Rp 500.000 per malam. Jenis kamar Potato Camp 6-7 dengan kapasitas kamar maksimal 2 orang biayanya adalah Rp 700.000 per malam. Dan yang terakhir adalah Potato Camp 8-9 dengan kapasitas kamar maksimal 2 orang biayanya Rp 1.000.000 per malam.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Black Lava Camp

Aktivitas Black Lava Camp Bangli
Image Credit: Google Maps Heryanto Setiawan

1. Trekking Menuju ke Puncak Gunung

Pihak Black Lava Camp menyediakan kegiatan Mount Batur Trekking yang bisa diikuti oleh setiap pengunjung. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 03.30 WITA dengan menempuh perjalanan trekking kurang lebih 2 jam. Kegiatan ini sangat aman bagi wisatawan yang belum pernah melakukan trekking sebelumnya.

2. Berburu Sunrise

Kegiatan trekking ke puncak Gunung Batur seolah memfasilitasi para pengunjung yang senang berburu sunrise. Panorama matahari terbit di tempat wisata tersebut sangat memorable karena wisatawan bisa mendapatkan pengalaman mendaki gunung dengan bonus mendapatkan momen matahari terbit yang sangat cantik.

3. Menikmati Panorama Alam

Black Lava Camp menjadi tempat favorit banyak wisatawan karena selain menginap di glamping dengan konsep unik, wisatawan juga bisa menikmati keindahan alam area sekitar glamping di momen matahari terbit. Oleh karena itu, tempat wisata di Kintamani ini cocok dikunjungi keluarga maupun bersama pasangan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Black Lava Camp Bangli
Image Credit: Google Maps Seng Howat

Terkait fasilitas, pihak pengelola Black Lava Camp sudah menyediakan beragam fasilitas memadai untuk wisatawan yang berkunjung. Terdapat tempat parkir, akses wifi, toilet, stop kontak, gift shop, hingga baggage store.

Selain itu, tersedia juga visual atau audio equipment rental, lounge, laundry service, welcome drink, infinity pool bar, hingga room service. Semua fasilitas tersebut bisa dimanfaatkan wisatawan.

Untuk jenis fasilitasnya menyesuaikan jenis kamar yang dipilih. Semakin mahal harga sewa kamar per malamnya, maka semakin lengkap pula fasilitas yang didapatkan. Sehingga wisatawan bisa memilih kamar menyesuaikan budget.

Black Lava Camp merupakan tempat wisata menarik yang ada di Kintamani dan menyediakan beragam fasilitas untuk wisatawan. Pihak pengelola juga menyediakan layanan antar jemput untuk wisatawan yang kesulitan mengakses jalan menuju ke lokasi.