Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 09.00–16.00 WIB, Alamat: Jl. Boyong No.97, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Suraloka Zoo adalah salah satu objek wisata terbaru yang ada di Jogja, tepatnya di Kaliurang. Sesuai namanya, objek wisata ini berupa kebun binatang yang mengoleksi berbagai hewan lucu dan menggemaskan. Menariknya, konsep zoo ini dipadukan dengan wahana permainan dan taman bermain anak sebagai daya tarik utamanya.

Perpaduan antara keduanya memang tidak salah, karena sampai saat ini banyak wisatawan yang datang berkunjung. Meskipun masih tergolong baru, yakni diresmikan pada akhir tahun 2021, namun jumlah pengunjung tidak kalah dengan kebun binatang lain yang sudah beroperasi lama. Penataan ruangannya pun rapi sehingga terkesan bersih, tidak heran setiap pengunjung yang datang selalu ingin berlama-lama.

Objek wisata Sleman ini cocok dikunjungi semua kalangan, baik yang membawa keluarga maupun pasangan. Bagi anak-anak, mereka dapat bermain serunya wahana yang disediakan di Suraloka Zoo. Sedangkan untuk pemuda dan dewasa dapat berburu spot foto yang cantik untuk dipamerkan di media sosial. Selain itu, kebun binatang di Jogja ini pun pantas dijadikan sebagai media edukasi bagi anak-anak.

Daya Tarik yang Dimiliki Suraloka Zoo

Daya Tarik Suraloka Zoo Sleman
Image Credit: Google Maps Malion Malion

Setiap objek wisata pastinya memiliki daya tarik masing-masing, begitu juga dengan Suraloka Zoo Kaliurang. Kebanyakan wisata kebun binatang hanya memiliki daya tarik dari koleksi hewan di dalamnya. Untuk kali ini pun demikian, namun ada beberapa daya tarik lain sebagai pelengkapnya.

1. Koleksi Satwa Suraloka Zoo

Sebagian besar koleksi binatangnya dari hewan jinak, seperti burung merpati kipas, kelinci, rusa, bebek peking, merak, dan masih banyak lainnya. Setiap hewan ditempatkan di dalam area tersendiri yang disesuaikan dengan habitatnya. Tata kelola nya sangat baik dan rapi sehingga tidak bosan meskipun lama memandangnya.

Sebut saja untuk merpati kipas, dimana disediakan rumah khusus dengan ruangan bersusun yang lengkap dengan masing-masing pintunya. Posisinya terletak sedikit diatas dan dikelilingi dengan tumbuhan rindang. Pengunjung bebas masuk di kawasan Suraloka Zoo ini, biasanya banyak merpati yang terbang liar di sekitar mereka.

Contoh lain adalah area bebek peking yang unik dan mengesankan. Dibuat seperti habitat aslinya dengan aliran air sebagai sungai yang biasanya digunakan bebek berenang. Area ini dikelilingi pagar sebagai pembatas agar bebek tetap berada pada tepatnya. Menariknya, di sekeliling lokasi disediakan wahana kereta mini sehingga pengunjung dapat menyaksikan bebek sambil berputar dengan kereta.

2. Tersedia Taman Bermain Anak

Taman bermain atau yang biasa disebut dengan Playground menjadi daya tarik Suraloka Zoo berikutnya. Permainan yang disediakan tidak jauh berbeda dengan taman lain, yakni perosotan, jaring laba-laba, ayunan, dan panjat tebing mini. Anak-anak pastinya suka bermain di taman ini dan bisa jadi lupa waktu.

Selain permainan dengan konsep outdoor, tersedia pula konsep indoor yang tidak kalah menarik. Dengan berbagai lukisan bertema hutan, permainan indoor ini menyediakan mobil-mobilan, susun balok, hingga mandi bola. Ada yang menarik dari salah satu ruangan yang dimaksud, yakni menggunakan pasir putih sebagai alasnya.

3. Berbagai Wahana Lengkap

Jika sebelumnya untuk usia anak dibawah umur, daya tarik Suraloka Zoo selanjutnya adalah wahana menantang. Wahana ini cocok bagi usia TK hingga SD, tidak disarankan untuk usia remaja atau dewasa apalagi dibawah umur. Contohnya adalah wahana flying fox dengan lintasan lumayan panjang diatas ketinggian.

Selain itu, ada juga high rope yang tidak kalah menarik. Wahana ini menggunakan tali tambang sebagai lintasan dan sekaligus akses jalannya. Anak-anak berjalan dengan menapaki tali dan pegangan yang juga terbuat dari tali. Bukan hanya itu yang menjadi tantangan, namun juga dari ketinggiannya yang lumayan.

4. Suraloka Orchid

Suraloka Zoo Kaliurang bukan hanya objek wisata yang cocok dikunjungi anak-anak karena banyaknya wahana permainan yang disediakan. Objek wisata ini pun pantas dikunjungi bagi usia dewasa atau remaja, khususnya yang menyukai tanaman jenis anggrek. Di sini, pengunjung dapat menikmati indahnya macam-macam bunga anggrek di area Suraloka Orchid.

Area nya dibuat khusus dengan bentuk bangunan menyerupai limas. Bangunan yang terbuka dengan warna putih ini sangat luas. Koleksi bunganya pun sangat banyak, jadi tidak membosankan meskipun berlama-lama di sana. Menariknya, pengunjung tidak hanya bisa melihatnya, namun juga membelinya jika tertarik dengan keindahannya.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Suraloka Zoo Sleman
Image Credit: Google Maps Muhammad Yunan Andipa

Langsung saja menuju ke Jalan Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta, apabila anda tertarik mengunjungi Suraloka Zoo. Objek wisata keluarga ini berada tidak jauh dari pusat kota Jogja, hanya sekitar 25 kilometer. Dengan jarak tersebut, kira-kira waktu yang dibutuhkan hanya 50 menit dengan kecepatan kendaraan normal.

Patokan utamanya adalah Museum Gunung Merapi yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari lokasi wisata. Anggap saja anda berada di pusat kota Jogja, ambil perjalanan yang mengarah ke Monumen Tugu Yogyakarta. Lanjutkan perjalanan menuju ke Bundaran UGM yang sebelumnya melewati Jalan Jendral Sudirman.

Setelah itu, silahkan belok iri menuju ke Jalan Persatuan dan berakhir di Underpass Kentungan sebagai check poin selanjutnya. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan di dekat Lapangan Panti Asih, kemudian belok kiri. Tidak jauh dari titik terakhir, anda sudah berada di Jalan Boyong dan ikuti papan petunjuk yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Tiket Suraloka Zoo Sleman
Image Credit: Google Maps Asyhar Basyari

Tidak jauh berbeda dengan objek wisata kebun binatang di tempat lain, Suraloka Zoo juga mewajibkan wisatawan membayar tiket masuk. Satu orang pengunjung dikenakan tiket sebesar 30.000 rupiah di hari aktif atau weekday. Sedangkan untuk weekend sedikit lebih mahal, yaitu 40.000 rupiah.

Selain tiket dasar, pengunjung dapat memilih paket atau tiket terusan yang disediakan. adapun paket 1 dikenakan biaya 50.000 rupiah dengan fasilitas Kereta Thomas, foto burung merpati di tangan, dan memasuki area kelinci. Paket 2 disediakan dengan harga 75.000 rupiah dengan fasilitas high rope, flying fox, dan foto bersama burung.

Apabila ingin tiket terusan yang lebih lengkap, ada pilihan paket 3 yang ditawarkan dengan harga 150.000 rupiah. Dengan paket ini, pengunjung mendapatkan fasilitas indoor playground, flying fox, Kereta Thomas, high rope, dan foto burung di tangan. Perlu diketahui, objek wisata ini dibuka setiap hari pada pukul 09.00 – 16.00 WIB.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Suraloka Zoo

Aktivitas Suraloka Zoo Sleman
Image Credit: Google Maps RM Sakanti Kuswardono

Pada umumnya, aktivitas yang menarik ketika mengunjungi kebun binatang adalah melihat tingkah lucu hewan. Suraloka Zoo Kaliurang juga demikian, namun masih banyak lagi yang bisa dilakukan, berikut selengkapnya!

1. Sehat dengan Terapi Ikan

Di salah satu titik di lokasi wisata keluarga ini, terdapat sebuah kolam yang dilengkapi air mancur di tengahnya. Kolam ini berisi ikan kecil yang dapat digunakan sebagai terapi ikan untuk kesehatan. Pengunjung hanya perlu mencelupkan kakinya di dalam kolam, kemudian tugas ikan untuk menggigit dan memakan sel kulit mati sebagai pelancar peredaran darah.

2. Berkeliling dengan Kereta Thomas

Bagi orang tua, melihat anak ceria merupakan kebahagiaan tersendiri. Untuk mendapatkan hal ini ketika berada di Suraloka Zoo tidaklah sulit. Anda dapat menggunakan Kereta Thomas dan biarkan mereka berkeliling melihat lokasi sekitarnya. Apalagi kereta ini menggunakan jalur bebek peking yang cantik dan lucu, pasti menambah keceriaan mereka.

3. Memberi Makan Hewan

Apabila hanya dengan melihat saja kurang seru, anda pun bisa memberi makan binatang selama berada di lokasi. Tidak semua hewan dapat diberi makan sesuai kebijakan pengelola. Diantara hewan yang boleh langsung berinteraksi dengan wisatawan adalah rusa, kelinci, dan burung. Pada umumnya, pengunjung memilih memberi makan rusa sambil sedikit mengelus nya.

Aktivitas Lain Suraloka Zoo Sleman
Image Credit: Google Maps Sylvert Tahalea

4. Bermain di Playground

Dikatakan tadi bahwa Suraloka Zoo adalah wisata edukasi yang cocok bagi anak-anak. Jika ingin bermain perosotan, ayunan, atau jembatan mini, silahkan masuk ke area permainan outdoor. Lain halnya jika ingin kegiatan yang dapat merangsang saraf otak, ada baiknya jika memilih permainan indoor seperti susun balok atau puzzle.

5. Outbound Seru dan Menantang

Mengajari anak untuk tampil berani bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah wahana seru dari outbound. Apalagi di kebun binatang ini banyak pilihan outbound seru dan menantang, seperti flying fox dan high rope. Jangan khawatir mengenai keamanan mereka, karena wahana ini sudah memiliki sertifikat yang sesuai dengan standar internasional.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Suraloka Zoo Sleman
Image Credit: Google Maps Suraloka Zoo

Supaya lebih meyakinkan, anda pun harus mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan pengelola Suraloka Zoo. Meskipun masih baru, dalam hal fasilitas sudah sangat baik dan terbilang lengkap. Bukan hanya fasilitas wajib seperti area parkir, mushola, dan toilet.

Pengunjung juga mendapatkan fasilitas lainnya berupa café, spot foto, dan berbagai wahana permainan. Selain itu, ada juga fasilitas penting di era digital ini, yakni akses Wifi gratis.

Bukan hanya konsep kebun binatang dengan koleksi satwa nya, objek wisata di Sleman ini layak dikunjungi karena adanya wahana permainan di dalamnya. Apabila saat ini anda sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya mampir dan memberikan kebahagiaan kepada anak-anak dengan mengunjungi Suraloka Zoo Kaliurang. Terlebih, harganya pun masih bersahabat dan banyak pilihan paket yang disediakan.