Kuntum Farmfield salah satu destinasi wisata alternatif bagi keluarga yang hendak ke Bogor, Jawa Barat. Dengan panorama alam yang tersaji, wisatawan bisa melakukan berbagai hal menari, mulai dari memberi makan ternak hingga menunggang kuda.

Harga Tiket: Rp 50.000, Jam Operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Raya Tajur No.291, Sindangrasa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Objek wisata yang satu ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk menghabiskan waktu bersama dengan keluarga. Beragam aktivitas bisa dilakukan oleh siapapun yang melawat ke sana untuk sekadar menghabiskan waktu. Pengunjung Kuntum Farmfield bisa menikmati beragam sarana yang disediakan oleh pihak pengelola.

Lokasinya tidak terlalu sulit untuk dijangkau, sehingga orang-orang yang pergi ke sana pasti bisa menemukannya dengan mengendarai berbagai macam moda transportasi. Keindahannya pun juga akan menghipnotis siapapun yang hendak mengunjungi tempat tersebut untuk sekadar menikmati waktu bersama saudara ataupun teman-teman.

Tempat ini memang sudah cukup lama dikenala sebagai alternatif wisata lainnya yang ada di Bogor. Dengan konsep Agrowisata, rekreasi ke tempat itu menjadi suatu pengalaman yang menyenangkan sekaligus mengedukasi wisatawannya. Berbagai ilmu mengenai cocok tanam bisa didapatkan oleh pengunjung, bahkan bisa secara langsung menanam tumbuh-tumbuhan.

Daya Tarik yang Dimiliki Kuntum Farmfield

Daya Tarik Kuntum
Image Credit: Google Maps (Azis Turindra)

1. Wisata Pertanian yang Menyenangkan

Inilah yang menjadi daya tarik paling utama dari Kuntum Farmfield. Bagaimana tidak? Di tempat tersebut mengusung sebuah konsep yang sangat unik dan menarik perhatian siapapun yang mendengarnya. Dengan lokasi yang ada di dataran tinggi yang berhawa sejuk, pengunjung bisa mencoba berbagai hal berkaitan dengan aktivitas pertanian dan peternakan.

Di tempat tersebut, para wisatawan bisa melihat secara langsung tumbuh-tumbuhan yang biasanya berada di dapur ataupun sudah diolah menjadi berbagai santapan yang lezat. Objek yang satu ini memang terdapat cukup banyak jenis sayur mayur yang tumbuh alami. Pengunjung juga dapat secara langsung mengamati proses perkemabangannya.

Petani di sana secara bebas menjaga dan merawat semua tumbuhan tersebut di sana dan pengunjung bisa juga ikut berpartisipasi dalam proses tersebut. Mulai dari menanam benih hingga bagaimana proses memanen berlangsung, bisa secara langsung dirasakan oleh pengunjung. Oleh sebab itulah tempat ini memiliki sesuatu yang berbeda dari tempat-tempat lainnya.

Uniknya lagi, tempat ini menyediakan sayur mayur tersebut dalam bentuk organik. Artinya, proses yang digunakan untuk membudidayakannya sangat amat dijaga kealamiannya sehingga jauh dari berbagai macam campur tangan manusia. Penggunaan pestisida hampir tidak akan dilihat karena itulah hasil bumi dari sana sangat aman untuk dikonsumsi bahkan jika tidak disterilkan dahulu.

Beberapa jenis buah-buahan juga tumbuh subur di tempat tersebut. Iklim sekitarnya memang sangat mendukung pertumbuhan berbagai jenis flora-flori itu, sehingga tidak terlalu mencengangkan memang. Dibalut dengan layanan yang sempurna, siapapun akan merasakan sensasi yang tak terlupakan ketika memutuskan untuk berekreasi di tempat wisata yang satu ini.

Kuntum Farmfield juga menyediakan berbagai hewan yang menjadi komoditas peternakan di area itu. Pengunjung bisa juga mengunjungi kandang-kandang seluruh hewan yang hidup di tempat tersebut. Beberapa jenis hewan yang dirawat di sana yaitu, Domba, Sapi, dan juga Biri-Biri. Namun, ada juga beberapa fauna yang bisa ditemukan seperti Marmut, Kuda, hingga kelinci.

Merawat semua hewan itu menjadi salah satu bagian dari paket wisata yang cukup menyenangkan untuk dilakukan. Bahkan jika beruntung, beberapa anakan hewan-hewan itu bisa ditemukan kalau memasuki musim melahirkan. Menjumpai versi mini dari sapi, kuda, atau hewan lainnya memang cukup menyenangkan hati mengingat penampilan mereka yang masih imut nan menggemaskan.

2. Beragam Permainan yang Ditawarkan

Tidak hanya belajar akan bermacam hal mengenai agrobisnis, di sana para pengunjung juga bisa melakukan berbagai macam permainan. Meskipun banyak dari wahana tersebut juga berkaitan dengan budidaya yang dilakukan oleh pengunjung tempat wisata ini. Beberapa diantaranya yaitu menangkap ikan dan juga berkuda menyusuri tanah hijau yang rimbun dengan rerumputan.

Melakukan berbagai kegiatan di sana memang sangat menarik untuk dijajal, mengingat tidak semua tempat wisata serupa menyediakan permainan tersebut. Pengunjung juga bisa melakukannya dengan teman, kerabat, ataupun keluarga. Sembari berwisata dan bermain-main, keakraban hubungan pun menjadi semakin erat.

Aktivitas kreatif lain juga bisa ditunjukkan oleh orang-orang yang menyukai jiwa seni. Pengunjung bisa melukis pemandangan yang indah terpampang di depan mata dengan kuas ke media kanvas yang sudah disediakan. Hal ini bisa menambah jiwa kreativitas terutama untuk anak kecil.

Daya Tarik Kuntum Farmfield
Image Credit: Twitter.com @detikcom

3. Pesona Alam Bogor yang Asri

Tanah bogor memang dikenal sebagai tempat yang memberikan pemandangan menjanjikan bagi masyarakat sekitarnya dan yang baru saja berkunjung. Selain terkenal akan tempat wisata puncak yang begitu fenomenal, Kuntum Farmfield juga tak kalah menjanjikannya. Pemandangan yang ditawarkan sangat memanjakan mata yang melihat.

Suasana damai nan syahdu hadir karena tempat ini nampak begitu hijau. Pengunjung bisa melihat berbagai vegetasi alam yang tubuh subur sengaja dilestarikan oleh masyarakat sekitarnya. Tempat ini begitu menyegarkan tubuh melalui nafas segar dari udara yang jernih hasil proses fotosintesis tumbuh-tumbuhan yang hidup di tempat ini.

Pikiran pun dijamin akan kembali segar setelah menikmati panorama yang tersaji. Objek ini memang cocok bagi mereka yang penat akan rutinitas sehari-hari yang cukup melelahkan dan membuat penat. Sehingga, tidak hanya edukatif namun tempat agrowisata ini juga memberikan pengalaman indah berkunjung ke sebuah daerah yang asri dan rindang akan pepohonan.

Alamat, Rute Lokasi dan Harga Tiket Masuk Kuntum Farmfield

Alamat Kuntum Farmfield
Image Credit: Google Maps (Kamal Nuti Bogor)

Kuntum Farmfield berada di Bogor Timur, tepatnya daerah Sindangrasa. Alamat tepatnya yaitu di Jalan Raya Tajur No. 291. Untuk menjangkaunya cukup mudah. Pengunjung disarankan untuk memakai kendaraan pribadi dan melewati Tol Jagorawi. Ketika keluar dari tol tersebut, maka ikuti papan penunjuk jalan mengikuti arah kiri langsung ke Jalan Raja Tajur dan akan sampai di lokasi.

Untuk memasuki kawasan peternakan, pengunjung perlu mengeluarkan sejumlah biaya untuk mendapatkan tiket masuknya. Pada hari-hari biasa yakni Senin hingga Jumat, pengunjung perlu membayar 50.000 rupiah baik untuk anak-anak maupun orang dewasa. Namun, pada akhir pekan dan juga hari-hari libur lainnya harga tiket bertambah sebesar 10.000 rupiah.

Bagi pengunjung yang membawa bayi di bawah dua tahun, maka akan diberlakukan harga yang berbeda. Bagaimanapun, harga tersebut terbilang wajar karena di dalamnya pengunjung bisa menjajal berbagai hal yang sudah disediakan dengan baik oleh pengelola.

Ditambah dengan pilihan aktivitas yang sangat menyenangkan bisa dilakukan di tempat tersebut. Hal ini semakin menambah keseruan tatkala berkunjung ke sana. Tidak hanya pemandangan hijau yang indah khas pedesaan saja, akan tetapi juga hewan ternak serta fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Kuntum Farmfield

Aktivitas di Kuntum Farmfield
Image Credit: Google Maps (Gilang Fajar Ramadhan)

1. Memberi Makan Hewan Ternak

Karena di sana terdapat berbagai macam hewan ternak yang dipelihara, maka akan sangat mudah bagi para pengunjung untuk memberikan mereka makanan. Namun, pastinya tidak sembarang makanan bisa diberikan kepada mereka. Pengunjung harus memberikan makanan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola untuk diberikan kepada hewan-hewan itu.

Terkadang yang menjadi menarik yaitu ketika memberi makan marmut ataupun kelinci. Dengan kelucuan hewan-hewan tersebut, pengunjung banyak yang menyukainya. Karena hewan tersebut memang mengemaskan, maka tak jarang yang sangat bersemangat ketika memberinya makanan.

2. Menunggang Kuda

Aktivitas yang menjadi kegemaran pengunjung Kuntum Farmfield yaitu mencoba sensasi berkuda di sana. Tempat ini memang menjadi rumah bagi beberapa ekor kuda, dan wisatawan bisa menungganginya mengeliling area yang cukup luas tersebut.

Berkuda di tempat tersebut menjadi lebih menarik karena area sekitarnya berupa kawasan peternakan dan juga pertanian, sehingga pengunjung akan melewati berbagai medan yang seru. Hawa sejuk yang menyelimuti tempat ini juga menjadi salah satu hal yang dicari oleh orang-orang.

Tidak perlu khawatir ketika hendak melakukan hal ini, karena terdapat beberapa pemandu wisata yang selalu siap sedia dalam melayani pengunjung. Bagi yang ingin menunggangi kuda, maka akan ditemani oleh pemandu tersebut. Mereka merupakan orang-orang profesional yang akan membantu dalam menikmati momen indah di tempat tersebut.

3. Bercocok Tanam Sayuran

Inilah yang menjadi kegiatan yang utama perlu dicoba ketika berwisata ke Kuntum Farmfield. Banyak dari luas lahan yang tersedia merupakan area pertanian dari berbagai macam sayuran. Pengunjung akan diberikan pengetahuan dan langsung mempraktikkan bagaimana cara menanam sayuran secara organik.

Berbeda dari tempat lainnya, di sana para pengunjung akan diberikan sebuah caping khas petani ketika mencoba melakukan hal ini. Dengan begitu, nuansa yang dirasakan akan benar-benar terasa seperti aslinya.

Pertanian organik memang menjadi semacam ciri khas dari tempat yang satu ini. Proses perawatannya merupakan bagian yang paling berbeda. Untuk itu, tidak sembarang teknik bisa digunakan. Tujuan dibentuknya agrowisata di sana juga sebagai wahana untuk mengedukasi masyarakat terkait hal tersebut.

Aktivitas Seru di Kuntum Farmfield
Image Credit: Facebook.com @sekolahdombakecil

4. Memanen Hasil Bumi

Tidak hanya bagaimana menanam, di sana juga akan diberikan cara untuk memanen hasil bumi tersebut. Pengunjung juga akan mempraktekkannya secara langsung sehingga akan dapat mengingatnya untuk jangka waktu yang lama. Beberapa teknik tidak berlaku untuk jenis tanaman yang berbeda, sehingga akan diberikan sebagian cara saja untuk beberapa tanaman.

5. Melatih Kreativitas Anak dengan Melukis Kerajinan

Di tempat tersebut juga ada satu aktivitas yang cukup seru terutama bagi anak-anak. Terdapat beberapa benda yang bisa dilukis, yaitu bakul ataupun caping. Di sana memang perlu banyak bakul untuk menjadi wadah hasil panen yang diperoleh. Selain itu caping yang berperan seperti topi agar petani tidak kepanasan terhadap teriknya sinar matahari.

Anak-anak bisa saja mengecat kedua benda tersebut dengan berbagai warna yang indah. Hal ini akan sangat melatih kemampuan mereka dan yang paling utama yaitu daya pikir mereka. Ini adalah kegiatan yang menyenangkan sekaligus bermanfaat bagi tumbuh kembang si kecil.

6. Menangkap Ikan

Kegiatan lain yang sangat bermanfaat melatih kemampuan si kecil yaitu menangkap ikan-ikan yang ada di sebuah kolam khusus. Pengelola akan memberikan jaring agar bisa dipakai untuk menangkan ikan yang hidup di sana.

Fasilitas yang Tersedia di Kuntum Farmfield Bogor

Fasilitas di Kuntum Farmfield
Image Credit: Google Maps (Propagendhy)

Objek wisata edukasi ini memiliki banyak fasilitas seperti toilet, tempat parkir, dan juga mushola untuk ibadah pengunjung yang beragam Islam. Beberapa tempat makan dan restoran juga ada di sana menghadirkan hidangan yang akan memuaskan perut pengunjung yang lapar. Terdapat aula besar di dalamnya yang bisa digunakan untuk rehat sejenak.

Berkunjung ke daerah Bogor, dirasa kurang lengkap jika tidak singgah ke objek wisata ini. Kuntum Farmfield memang akan memberikan pengalaman luar biasa dan tak terlupakan sehingga pengunjung akan merasakan suasana wisata berbeda dan lebih menyenangkan di tempat tersebut.