Pantai Lamaru, Pantai Indah yang Asri di Balikpapan

Pantai Lamaru Balikpapan

Pantai Lamaru, pantai yang masih asri di Balikpapan dengan keindahan pohon cemaranya. Pantai cantik yang ramah keluarga memiliki fasilitas pendukung yang cukup lengkap.

Lokasi: Jl. Mulawarman, Kec. Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.
Map: Cek Lokasi

Pantai Lamaru merupakan salah satu alternatif wisata di Balikpapan. Menyuguhkan pemandangan indah dari Selat Makassar. Pantai ini menjadi destinasi favorit bagi masyarakat Balikpapan dan sekitarnya yang ingin bersantai di alam bebas.

Objek wisata ini sangat terkenal dengan deretan pohon cemara di sepanjang pantai. Wisatawan juga akan dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang lebih lengkap dari objek wisata pantai pada umumnya.

Pantai yang menyediakan beragam fasilitas wisata ini banyak dikunjungi karena lokasinya juga mudah diakses. Daya tarik dan fasilitas pantai yang lengkap membuat kawasan wisata ini banyak direkomendasikan untuk liburan.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Lamaru

Daya Tarik Pantai Lamaru

Image Credit: Youtube.com @catur aja

Daerah pesisir Balikpapan ini memiliki pantai indah dengan pemandangan laut atau Selat Makassar. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga menarik untuk dijadikan destinasi liburan keluarga. Pengunjung dapat menikmati suasana pantai dan bermain di dekat laut dengan aman.

Salah satu daya tarik dari objek wisata ini adalah adanya pohon cemara yang begitu rindang di tepi pantainya. Pohon-pohon tersebut memberikan suasana yang sejuk di sekitar pantai. Hal ini tentu menarik terutama bagi wisatawan yang tidak suka panas-panasan di pantai.

Pemandangan laut dengan ombak yang tenang dapat dinikmati wisatawan sambil berteduh di bawah pohon cemara. Pemandangannya akan semakin indah menjelang sore hari. Pesona matahari terbenam menjadi daya tarik lain dari objek wisata Pantai Lamaru.

Daya Tarik Dari Pantai Lamaru

Image Credit: Google Maps (Agnes Agustina Prasetya)

Selain pemandangan dan suasana pantainya, banyak wisatawan tertarik berkunjung ke tempat wisata ini karena fasilitasnya yang sangat lengkap. Berbeda dari kebanyakan pantai yang menawarkan fasilitas standar untuk aktivitas di pantai atau tepi laut. Pantai cantik ini menyediakan fasilitas cukup lengkap untuk kegiatan wisata seru dan menyenangkan.

Pantai Lamaru merupakan salah satu kawasan yang dikelola pihak swasta. Penataan kawasan ini sangat bagus dan rapi. Fasilitasnya sangat lengkap sehingga pengunjung dapat merasa lebih aman dan nyaman saat berwisata ke pantai ini. Pengunjung pantai biasanya akan meningkat saat akhir pekan atau saat musim libur tiba.

BACA:  13 Tempat Wisata di Bontang Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Banyak wisatawan dari sekitar pantai dan bahkan dari luar kota datang untuk berlibur di pesisir Balikpapan ini. Lokasinya yang mudah diakses membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Banyak papan penunjuk jalan dan informasi yang memudahkan wisatawan menemukan pantai ini.

Hal menarik lain yang dapat ditemui di kawasan pantai ini adalah Anda bisa menemukan benteng Jepang peninggalan zaman penjajahan. Pantai Lamaru bisa menjadi pilihan destinasi yang menarik untuk wisata alam sekaligus sejarah dalam satu kawasan.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Pantai Lamaru

Alamat Pantai Lamaru

Image Credit: Google Maps (Putri 8787)

Lokasi pantai indah ini berjarak kurang lebih 10 km dari Bandara Sepingan. Sedangkan untuk Anda yang berada di pusat kota Balikpapan, jarak ke pantai sekitar 20 km. Perjalanan menuju kawasan pantai ini tidak sulit karena semua jalan yang dilalui untuk sampai ke pantai sudah beraspal.

Perjalanan menuju pantai juga bisa dicapai menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Gerbang selamat datang akan menjemput Anda di pintu masuk kawasan wisata Pantai Lamaru.

Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai

Harga Tiket Kawasan Pantai

Image Credit: Tripadvisor.com

Wisatawan yang ingin menikmati Pantai Lamaru dan berbagai fasilitas di dalamnya, harus membayar tiket masuk di loket atau gerbang masuk. Setiap pengunjung dikenai tiket masuk dengan harga Rp 10.000,- per orang.

Selain membayar tiket masuk, wisatawan yang membawa kendaraan juga harus membayar biaya parkir. Biaya parkir untuk kendaran roda dua adalah Rp 5.000,- dan Rp 15.000,- untuk kendaraan roda empat.

Kegiatan Menarik Dilakukan di Pantai Lamaru

Kegiatan di Pantai Lamaru

Image Credit: Youtube.com @fathoni yasir

1. Bermain di Tepi Laut

Pantai ini menjadi salah satu pilihan untuk liburan keluarga. Wisatawan termasuk anak-anak dapat bermain di tepian lautnya Ombak yang tidak terlalu besar dengan hamparan pasir pantai yang cukup luas sangat mendukung kegiatan wisatawan di area pantai. Anak-anak bisa diajak mencari hewan-hewan khas pantai seperti kerang.

2. Bersantai di Bawah Pohon Cemara

Pohon yang sengaja ditanam di sepanjang pantai ini bisa dimanfaatkan untuk tempat berteduh. Wisatawan tidak harus menyewa payung pantai karena pohon-pohon cemara di pantai ini cukup rindang. Anda bisa bersantai sambil makan-makan atau hanya menikmati pemandangan laut di depannya.

BACA:  Pulau Maratua, Surga Tersembunyi Mirip Maldives di Kalimantan Timur

3. Berenang

Kawasan pantai ini aman untuk aktivitas wisatawan seperti berenang. Ombaknya cukup tenang bahkan tidak sampai ke bibir pantai. Jika ingin lebih nyaman dan aman, wisatawan bisa menyewa pelampung untuk berenang di laut sekitar Pantai Lamaru.

4. Mencoba Wahana Banana Boat

Fasilitas permainan air yang satu ini bisa dimanfaatkan untuk mengusir rasa bosan. Cocok untuk Anda yang berlibur ke pantai ini ramai-ramai dengan teman atau rekan kerja. Keseruan bermain banana boat akan menjadi pengalaman yang menyenangkan saat berlibur di pantai favorit Balikpapan.

5. Berkeliling Dengan Andong

Pengelola objek wisata ini juga menyediakan andong untuk wisatawan yang ingin berkeliling pantai. Aktivitas ini sangat menyenangkan terutama untuk anak-anak. Kereta kuda bisa menjadi alternatif untuk berkeliling pantai tanpa harus lelah berjalan kaki.

6. Menjajal Flying Fox

Aktivitas yang cukup seru di kawasan wisata ini adalah menjajal wahana flying fox. Wisatawan akan diikat dengan sabuk dan tali pengaman untuk kemudian meluncur sambil menikmati pemandangan pantai. Sensasi terbang dengan ditemani suasana pantai yang asri tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan.

7. Naik Mobil Golf

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dicoba di Pantai Lamaru. Salah satunya adalah menyewa mobil golf untuk berkeliling kawasan wisata ini. Kegiatan ini mungkin jarang ditemui di kawasan wisata pantai pada umumnya. Bagi Anda yang belum pernah naik mobil golf, Anda bisa mencobanya di tempat ini.

8. Melihat Benteng Jepang

Jika Anda berkeliling di sekitar pantai, Anda bisa menjumpai sebuah benteng tua yang dikenal dengan sebutan Benteng Jepang. Bangunan yang menjadi saksi sejarah dari keberadaan tentara Jepang di Kalimantan.

9. Berburu Sunset

Salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat berlibur ke Pantai Lamaru adalah berburu sunset. Cocok untuk muda-mudi atau pasangan yang ingin menikmati suasana hangat dan romantis. Jika tujuan Anda adalah untuk berburu sunset, sebaiknya datang sekitar jam 3 atau jam 4 sore.

10. Bermain Layang-Layang

Wisatawan dapat menjajal banyak kegiatan seru di sekitar pantai. Salah satunya adalah bermain layang-layang. Menerbangkan layang-layang di tepi pantai tentu menyenangkan karena angin di kawasan pantai yang kencang. Wisatawan pun dapat dengan mudah menerbangkan layang-layang kecil di kawasan pantai ini.

BACA:  Taman Cibodas Bontang, Tujuan Rekreasi Favorit Keluarga

Penginapan di Sekitar Pantai Lamaru

Penginapan di Sekitar Pantai Lamaru

Image Credit: Grandtjokro.com

Akomodasi bagi wisatawan yang ingin menginap di sekitar pantai ini bisa dicari di Kota Balikpapan. Hal tersebut karena hotel atau penginapan di kawasan pantai ini belum tersedia. Penginapan yang ada di pusat kota adalah yang terdekat dengan jarak sekitar 30 menit perjalanan.

Hotel di Balikpapan yang dekat dengan Pantai Lamaru antara lain Grand TJokro Hotel, Hotel Santika, Sepinggan Hotel, Fave Hotel, dan masih banyak lagi. Tarif menginap per malamnya bervariasi. Namun kebanyakan hotel di kota tersebut cukup terjangkau dan banyak yang di bawah 1 juta per malamnya.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Lamaru

Fasilitas di Pantai Lamaru

Image Credit: Pantainesia.com

Saat berlibur ke Pantai Lamaru, Anda akan mendapati banyak fasilitas yang disediakan di kawasan ini. Fasilitas wisata yang bisa dijumpai di pantai ini antara lain kuda atau andong, flying fox, golf club car, hingga banana boat. Semua fasilitas tersebut disediakan dengan biaya mulai dari Rp 10.000,- hingga yang paling mahal sebesar Rp 75.000,-.

Bagi wisatawan yang ingin bersantai di area pasir pantai tetapi tidak membawa tikar, maka bisa menyewanya di pantai ini. Fasilitas sewa tikar ini cukup terjangkau hanya sekitar Rp 10.000,- yang bisa digunakan seharian. Fasilitas lain seperti sewa ban atau pelampung juga biayanya sama sekitar Rp 10.000,-.

Kawasan wisata pantai yang terkenal sangat bersih ini juga memiliki fasilitas pendukung yang sangat lengkap. Tersedia bangunan klinik, tempat ibadah, hingga kamera pengawas atau CCTV. Pengunjung pun dapat lebih aman berwisata ke Pantai Lamaru. Fasilitas wisata pantai yang umum yaitu toilet dan gazebo juga sudah tersedia.

Jika Anda berkunjung dan tidak sempat membawa bekal makanan, tidak perlu khawatir. Anda bisa menjumpai beberapa warung makan di tepi pantai yang menyediakan makanan dan minuman. Wisatawan bisa menikmati suasana pantai sambil menyantap aneka kuliner seperti soto, nasi campur, gado-gado, dan lain sebagainya.

Pantai cantik ini juga menyediakan fasilitas pendukung lain seperti kantor terbuka, aula untuk pertemuan, hingga toko souvenir. Sebelum pulang, Anda bisa berbelanja di toko-toko souvenir yang berjejer di kawasan pantai.

Itulah beberapa informasi penting dan menarik dari objek wisata Pantai Lamaru. Jangan lupa juga untuk membawa kamera saat berkunjung ke kawasan wisata ini. Abadikan keindahan pemandangan pantai dan juga aktivitas liburan Anda untuk pengalaman yang tak terlupakan.