Puncak Becici Dlingo, Wisata Hutan Pinus & Panorama Senja di Bantul Jogja

Puncak Becici Dlingo

Puncak Pinus Becici merupakan objek wisata alam yang menawan dan kekinian di Bantul, Jogja. Wisata hutan pinus di Dlingo menawarkan panorama senja dan spot foto yang instagramable.

Lokasi: Desa Muntuk, Kec. Dlingo, Kab. Bantul.
Map: Cek Lokasi

Puncak Becici, sebuah destinasi wisata yang berada di puncak bukit. Di sini terdapat banyak sekali pohon pinus yang hijau dan memanjakan mata, serta menyuguhkan pemandangan Yogyakarta beserta Gunung Merapi, Pantai Selatan, dan beberapa tempat lain yang bisa Anda lihat dari sini.

Terletak di Dlinggo, puncak yang menjorok ke arah Barat ini menawarkan keindahan yang sangat disukai oleh wisatawan. Pepohonan yang hijau, pemandangan indah, suasana yang sejuk dan tenang, serta fasilitas hiburan yang menyenangkan. Beberapa dari fasilitas ini disukai dan menjadi favorit pengunjung, seperti gardu pandang, hammock, dan lain-lain.

Suasana asri dan alami tentu terasa di sini. Terletak tidak jauh dari jalan besar, destinasi wisata ini seakan menciptakan kesan tenang dan damai. Jika Anda memiliki rencana berlibur ke area perbukitan, Puncak Becici di Dlinggo dapat menjadi pilihan Anda

Daya Tarik yang Dimiliki Puncak Becici Dlingo

Daya Tarik Puncak Becici

Image Credit: Twitter.com @aangwepe

Wisata yang berada di ketinggian bukit ini memiliki luas 4.4 hektar dengan deretan pohon pinus yang menjulang tinggi dan berjejer rapi. Terdapat pula beberapa jenis pohon lain yang tumbuh di sini. Jika Anda membutuhkan liburan yang tenang dan sejuk, Anda dapat memilih Puncak Pinus Becici sebagai spot liburan Anda.

1. Pemandangan Senja yang Mengagumkan

Senja atau pemandangan langit saat matahari terbenam adalah hal yang difavoritkan oleh sebagian banyak orang. Kondisi dimana semburat warna jingga yang disuguhkan alam seolah membuat keindahannya menjadi dua kali lipat. Ditambah jika cuacanya cerah berawan, matahari terbenam seolah memiliki background yang indah.

Pada ketinggian yang ditawarkan Puncak Becici, juga posisinya yang lebih condong ke arah Barat akan membuat pengalaman Anda melewati waktu senja terasa istimewa. Menghabiskan waktu ditemani cemilan dan minuman atau mengobrol bersama sahabat sangat cocok dilakukan ketika Anda berlibur ke tempat ini.

2. Pesona yang Bisa Dilihat dari Gardu Pandang

Pesona yang tentu akan Anda dapatkan di sini adalah pemandangan dari ketinggian yang sangat elok dipandang mata. Anda juga akan menemui spot foto yang cocok sebagai latar belakang foto Anda ketika ada di sini.

Gardu pandang sendiri adalah sebutan bagi tempat duduk khusus yang dibuat di atas pohon atau spot tinggi dengan menggunakan kayu Pinus. Dari ketinggian yang ada di sini, Anda dapat melihat sibuknya Kota Yogyakarta, indahnya pemandangan Gunung Merapi, dan hijaunya pepohonan yang masih tumbuh serta berjejer rapi di bawah bukit. Spot ini merupakan tempat favorit bagi para wisatawan.

Daya Tarik Puncak Becici Dlingo

Image Credit: Facebook.com @wahyu.oktavia.7

3. Udara yang Sejuk dan Pepohonan Hijau yang Menenangkan

Seperti yang Anda ketahui kalau tempat ini memiliki puluhan bahkan ratusan pohon Pinus yang menjadi keistimewaan destinasi wisata ini. Anda akan menemukan ketentraman dan ketenangan ketika melihat jejeran pohon yang hijau tersebut. Letak Puncak Becici yang berada di atas bukit membuat tempat ini sejuk dan nyaman.

BACA:  Candi Sewu, Candi Buddha Megah & Eksotis Dekat Prambanan

Tidak hanya itu, beberapa fasilitas yang disediakan pengelola seperti ayunan dan tenda akan menambah kenyamanan pada waktu Anda berlibur di sini. Hal tersebut juga akan menjadi daya tarik serta nilai tambah bagi destinasi wisata kekinian di Bantul ini.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Puncak Pinus Becici

Alamat Puncak Pinus Becici

Image Credit: Google Maps (Yohanes Sapto Prabowo)

Berjarak kurang lebih 30 meter dari Kota Yogyakarta, Anda dapat menemukan destinasi wisata ini di Kabupaten Dlinggo, Bantul. Alamat pasti dari tempat ini sendiri ada di Dusun Gunung Cilik, Desa Gunung Muntuk, Yogyakarta. Perlu waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam perjalanan untuk sampai ke lokasi tujuan.

Jika Anda memulai perjalanan dari titik nol Yogyakarta, Malioboro, Anda akan memakan waktu sekitar satu jam dan membutuhkan jarak tempuh kurang lebih 23.8 kilometer. Jalan yang harus Anda lewati ketika sudah keluar dari kawasan Malioboro adalah Jalan Jenderal Katamso. Jalan ini akan mengarahkan Anda menuju lokasi tujuan.

Mengambil arah ke kanan dari perjalanan ini akan membawa Anda menuju Jalan Kolonel Sugiyono. Setelahnya, Anda harus mengambil lagi jalan ke arah kanan dan terus berkendara lurus sampai menemukan swalayan yang berada di sisi kanan Jalan Sisingamangaraja.

Setelah itu, Anda akan diarahkan menuju Jalan Manding Imogiri, lalu ke Jalan Imogiri Timur sebelum akhirnya tiba di Jalan Pramuka. Tentu perjalanan masih berlanjut. Setelah ini Anda akan melewati Jalan Nogosari, butuh beberapa belokan hingga Anda sampai di Jalan Margo Mulyo, sejelasnya bisa Anda lihat pada map daring.

Setelah melewati jalan tersebut, membutuhkan jarak sekitar 1.5 kilometer sampai Anda tiba di tempat tujuan Anda, yaitu destinasi wisata Puncak Becici. Untuk alamat desanya ada di RT 07/ RW 02. Tempat ini sedikit dekat dari jalan raya.

Ketika sudah sampai di sini pun perjalanan Anda belum selesai. Puncak Pinus Becici, sesuai nama depan destinasi, tempat ini berada di puncak bukit. Anda harus mendaki terlebih dahulu sejauh 100 meter dimulai dari area parkir untuk benar-benar sampai ke tujuan. Dari sana, Anda dapat mulai menikmati waktu liburan Anda dengan bersantai di ayunan atau menatap pemandangan kota di gardu pandang.

BACA:  15 Wisata Pantai di Wonosari Gunung Kidul Paling Hits Dikunjungi

Jam bukanya sendiri dimulai dari jam 7 pagi sampai jam 11 malam, karenanya Anda memiliki kesempatan menonton matahari terbenam ketika berada di sini. Anda tidak perlu takut melewatkan sesuatu di tempat ini karena Puncak Becici buka seterusnya di setiap hari pada waktu yang sudah ditentukan.

Jam malam yang berlaku hingga pukul 11 ini membuat banyak pengunjung ingin merasakan berlibur di puncak ini malam hari. Sembari berhiaskan lampu perkotaan dan langit yang cerah, dua kombinasi momen ini sangat cocok diabadikan dalah foto.

Harga Tiket Masuk Wisata Puncak Becici Jogja

Harga Tiket Puncak Becici

Image Credit: Google Maps (Fauzan Azim)

Untuk bisa memasuki kawasan wisata ini, Anda akan dipungut biaya untuk beberapa hal. Parkir dibayarkan sebesar Rp 2000 untuk kendaraan bermotor, Rp 4000 untuk mobil, dan Rp 20.000 untuk kendaraan besar seperti bus dan lain-lain.

Ketika memasuki wisata Puncak Bucici sendiri Anda akan membayar biaya masuk sejumlah Rp 3000 sampai Rp 10.000. Biaya yang sangat murah untuk sebuah destinasi wisata yang sangat indah seperti puncak ini. Selain itu, fasilitas yang tersedia di sini ada yang berbayar dan juga yang tidak dipungut biaya. Anda dapat menikmati pemandangan dari ketinggian yang indah dan memanjakan mata.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Wisata Puncak Becici

Kegiatan di Puncak Becici

Image Credit: Facebook.com @rachmawatinuswantoro

1. Berfoto Bersama Sahabat atau Keluarga

Terdapat banyak spot foto yang bisa Anda temukan di sini. Beberapa yang menarik dan paling favorit adalah mengabadikan foto dari gardu pandang, pepohonan pinus, area foto yang berisi banyak payung, saat matahari terbenam, dan pemandangan malam dari puncak bukit.

Terdapat juga tempat di sisi Barat puncak yang akan memberikan Anda pemandangan dari ketinggian yang memukau. Di tempat ini terdapat pagar kecil yang terbuat dari kayu yang membatasi area dalam dengan tanah miring yang bagian bawahnya terdapat jurang. Anda harus berhati-hati saat di sini karena pagar kayu yang kecil tersebut ditakutkan membahayakan keselamatan pengunjung.

2. Melihat Pemandangan

Seperti pemandangan kota, pepohonan hijau, dan lain-lain yang dapat Anda lihat di sini. Anda juga dapat melihat sisi lain pemandangan tersebut ketika mengunjungi Puncak Becici pada malam hari. Kelap-kelip lampu perkotaan yang tetap sibuk seolah cocok dengan sinar ribuan bintang di langit.

Jam tutup tempat ini pada jam 11 malam juga memberi Anda kesempatan melihat pemandangan matahari terbenam yang indah. Persiapkan kamera ponsel Anda ketika berkunjung kemari.

BACA:  19 Tempat Wisata di Bantul Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

3. Bersantai di Ayunan

Terdapat ayunan yang dipasang di pohon-pohon. Ayunan tersebut akan menambah kenyamanan Anda dalam menikmati masa liburan di destinasi wisata ini. Terdapat beberapa spot penyewaan ayunan ini dengan harga miring, tentu saja jika Anda pandai menawar. Banyak ukuran dan warna dari ayunan ini yang bisa Anda pilih.

4. Menikmati Berkemah di Puncak

Camping adalah kegiatan yang menarik dilakukan di alam terbuka. Di sini Anda juga dapat merasakan rasanya berkemah dan menetap di dalam tenda. Pengelola objek wisata ini menawarkan spot untuk berkemah dan menghabiskan waktu liburan Anda. Tendanya sendiri akan disediakan di sana dengan mematok harga sewa.

5. Outbond

Outbond juga merupakan kegiatan favorit bagi wisatawan yang ingin menantang diri. Spot outbond di wisata puncak ini sudah termasuk aman dan nyaman digunakan sebagai tempat menghabiskan waktu libur. Anda harus menyiapkan sepeda beserta alat keamanannya untuk menambah pengalaman Anda dalam berlibur.

6. Piknik Bersama Keluarga

Membawa makanan ringan dan menikmatinya bersama orang terdekat seperti keluarga juga cocok dilakukan di tempat ini. Lokasi liburan yang sempurna untuk merasakan kesejukan udara yang ada di sana. Untuk tempat menggelar acara piknik ini dapat Anda lakukan di lahan tepat wisata yang luas dialasi karpet atau bisa juga dilakukan di gazebo. Gazebo di sini adalah spot favorit pengunjung.

Fasilitas yang Tersedia di Puncak Pinus Becici Jogja

Fasilitas di Puncak Pinus Becici

Image Credit: Google Maps (Ctrico Revolve)

Ketika Anda berkunjung kemari, Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang masih asri dengan pepohonan Pinus yang hijau dan berjejer rapih. Hal tersebut tentu akan menciptakan kesan sejuk dan dingin bagi para wisatawan yang berkunjung.

Dan untuk mendapatkan sensasi liburan yang menyenangkan, tentu fasilitas adalah hal yang penting. Di Puncak Becici, fasilitas yang ditawarkan sudah lengkap. Ayunan, tenda, gardu pandang, dan lain-lain ini dapat Anda nikmati ketika berkunjung kemari.

Fasilitas yang tersedia di objek wisata ini sudah termasuk lengkap dan cukup untuk menunjang kebutuhan para wisatawan yang ingin berlibur di sini. Fasilitas hiburan seperti ayunan hamock, gardu pandang, dan spot foto adalah beberapa yang menjadi favorit di tempat ini.

Selain hal itu, terdapat pula fasilitas tambahan seperti toilet, mushola, tempat istirahat, dan lain-lain, Semua fasilitas ini cukup untuk memberi rasa kenyaman pada pengunjung. Walau begitu, destinasi wisata ini tidak menutup kemungkinan untuk menambah fasilitas yang ada, mengingat lokasi wisata ini lumayan ramai dikunjungi.

Puncak Becici, sebuah lokasi destinasi wisata yang berada di Dlinggo, Bantul ini menawarkan segala pemandangan dan fasilitasnya yang dapat Anda nikmati ketika berkunjung ke sana. Tempat ini juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin merasakan ketenangan dan mencoba suasana baru liburan dengan pemandangan keren dari ketinggian.