Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Kediwung, Mangunan, Kec. Dlingo, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Panorama alam yang diberikan Bukit Panguk Kediwung seakan tidak ada matinya. Hamparan tanah luas dengan kontur khas perbukitan selalu menemani saat perjalanan menuju lokasi. Di puncak bukit, banyak keindahan yang sulit diungkapkan dengan kata-kata. Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana negeri di atas awan, lokasi wisata ini layak menjadi pilihan utama. Setiap hari, banyak pengunjung berdatangan untuk menjadi saksi atas keindahannya.

Wisata yang menyajikan keindahan alam memang menjadi pilihan utama untuk mengisi liburan. Apalagi jika tempat yang dituju memberikan keindahan alami, artinya tanpa campur tangan manusia. Bukit merupakan tepat yang paling cocok untuk melepas penat dari kesibukan sehari-hari. Tentu bukan hanya sekadar bukit, melainkan bukit yang memberikan keindahan dan membuat siapa saja ingin datang kembali untuk menikmati keindahan karya Tuhan tersebut.

Meskipun banyak bukit yang ada di Yogyakarta, namun tidak semua memberikan panorama indah seperti halnya ketika anda berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung. Suasana alam dibalut dengan keindahan pepohonan di sekitar lokasi menjadi pemandangan indah di setiap perjalanan. Gumpalan awan putih layaknya lukisan selalu menanti kedatangan wisatawan setelah sampai di puncak bukit. Inilah yang menjadikan tempat wisata alam ini selalu ramai dikunjungi dan sekaligus menjadi daya tariknya.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Panguk Kediwung

Daya Tarik Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps Suki Suki

Berbicara mengenai daya tarik, tentu tidak lepas dari apa yang diberikan objek wisata tersebut. Dalam hal ini, pastinya pemandangan alam yang mejadi daya tarik utama dari bukit yang ada di dusun Kediwung ini. Bagi anda yang belum pernah berkunjung dan ada rencana untuk mengunjunginya, berikut daya tarik Bukit Panguk Kediwung yang paling utama!

1. Hamparan Bukit Indah

Setiap wisatawan yang datang ke lokasi wisata berupa hamparan bukit indah ini pastinya ingin menikmati keindahan alam di sekitarnya. Lokasi yang sulit dijangkau tidak membuat mereka mengurungkan niat untuk menikmati keindahannya. Tanah, batuan, pohon, semua bersatu membentuk sebuah lukisan alam yang menakjubkan. Apalagi ketika berada di atas bukit, kabut tebal yang datang oleh hembusan angin semakin mempercantik suasana.

Daya tarik inilah yang menjadikan wisatawan datang dari berbagai daerah. Mereka yang datang ingin menikmati suasana menakjubkan yang tidak di dapat di lokasi lain, meskipun sama-sama berupa bukit. Di pagi hari, embun yang datang tanpa diundang juga turut menyejukkan suasana. Secara keseluruhan, Bukit Panguk Kediwung memberikan kesan bagi wisatawan seolah-olah mereka sedang berada di atas awan.

2. Suasana Alami

Bukan hanya keindahannya yang menjadi daya tarik bagi wisatawan, namun juga suasana yang masih alami. Lokasinya yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan membuatnya semakin hijau dengan udara segar tanpa polusi. Warna hijau dari pepohonan berpadu dengan warna putih awan membuat suasana tampak romantis, apalagi jika datang di sore hari. Di lokasi ini, semua masih alami tanpa campur tangan manusia. Hanya saja ada beberapa titik yang memang sengaja dibangun untuk mendukung fasilitas bagi pengunjung.

3. Spot Foto Menakjubkan

Daya tarik berikutnya adalah banyaknya spot yang bisa digunakan untuk mengabadikan momen. Di sinilah ada sedikit campur tangan manusia, dimana ada bangunan yang memang sengaja untuk memenuhi fasilitas. Pengunjung yang datang tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam, namun juga bisa mengabadikan momen indah yang jarang di dapat ditempat lain.

Spot foto yang dimaksud dikenal dengan garda pandang dengan desain cukup unik. Meski demikian, diharapkan wisatawan untuk tetap berhati-hati dalam mengambil gambar. Pasalnya, beberapa gardu andang sengaja dibuat di bagian ujung bukit yang bawahnya mengarah langsung pada jurang. Jadi tetap utamakan keselamatan ketika ingin mengambil foto dari spot tertentu.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps Theresa Tonanga

Bagi wisatawan yang tertarik dengan semua yang diberikan Bukit Panguk Kediwung, silahkan langsung menuju ke Dusun Kediwung, desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan jarak tempuh 24km. Baik roda dua maupun roda empat, anda bisa menggunakannya untuk menuju lokasi wisata. Hanya saja lebih disarankan untuk menggunakan roda dua karena di beberapa titik, akses jalannya sedikit lebih sempit.

Dari pusat kota Jogja, silahkan ambil rute jalan yang menuju ke Terminal Giwangan. Dari terminal, arahkan kendaraan menuju ke lintas Giwangan yang mengarah ke Pasar Imogiri. Silahkan belok kiri yang mengarahkan kendaran ke makam Raja. Sebelum sampai di makam, ada pertigaan yang harus anda ambil arah yang menuju ke Kebun Buah Mangunan. Dari titik tersebut, ada papan petunjuk yang akan memandu anda untuk sampai di lokasi wisata tujuan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Bukit Panguk
Image Credit: Google Maps Itok Kristianto

Jangan lupa untuk menyiapkan uang tiket masuk ketika anda sampai di kawasan Bukit Panguk Kediwung. Dengan melihat apa yang akan didapatkan nantinya, harga tiket masuk sebesar 3.000 riah tentunya sangat murah. Apalagi harga tersebut juga termasuk memanfaatkan beberapa spot foto yang ada di lokasi wisata. Hanya beberapa, artinya ada spot foto tertentu yang mengharuskan anda membayar biaya lebih, kira-kira 3.000 rupiah untuk satu spot foto cantik.

Selain harga tiket masuk, pastinya ada lagi biaya retribusi yang harus dikeluarkan, yakni untuk parkir kendaraan. Setiap kendaraan dikenakan harga bervariasi, untuk motor dengan 3.000, mobil 5.000, Elf dan minibus 10.000 rupiah, sedangkan untuk bus memang seharusnya lebih mahal, yakni 20.000 rupiah. Tidak perlu mahal untuk mendapatkan pengalaman berharga selama liburan bukan?

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Bukit Panguk Kediwung

Aktivitas di Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps wisata Jogja21

Selain mengisi liburan, tentu anda setuju bahwa inti dari mengunjungi tempat wisata adalah untuk melakukan aktivitas seru. Hal yang sama juga bisa anda lakukan ketika berkunjung ke Bukit Panguk Kediwung. Berbagai aktivitas menarik bisa anda lakukan selama di lokasi. Memang tidak ada wahana seru di dalamnya, juga tidak dapat bermain air seperti halnya di air terjun. Akan tetapi aktivitas berikut mungkin sangat cocok dilakukan, terutama bagi anda yang masih belum mempunyai ide sama sekali!

1. Menikmati Keindahan Panorama Bukit

Boleh dikatakan pasti dilakukan untuk aktivitas ini, yakni menikmati pemandangan alam di sekitar bukit. Setiap pengunjung yang datang tentunya terpukau dengan keindahan yang disajikan. Seperti yang dibahas sebelumnya, perpaduan alam darat dan udara seolah menyatu dalam satu lokasi. Di darat ada hamparan bukit yang dipenuhi tumbuhan dan pohon rindang, sedangkan di udara ada gumpalan awan putih yang indah.

Di saat cuaca cerah, bukan awan yang menjadi pemandangan utama, melainkan landscape kota Jogja. Namun jangan salah, indahnya kota Jogja dari ketinggian Bukit Panguk Kediwung juga menjadi daya tarik bagi setiap wisatawan. Bahkan di malam hari, tampak jelas lampu yang menghiasi rumah warga. Belum lagi lampu penerangan jalan yang tampak berjejer rapi dari kejauhan.

2. Menyaksikan Panorama Sunrise

Selain menikmati keindahan bukit, anda juga bisa menikmati panorama matahari terbit. Kali ini bukan matahari tenggelam atau sunset, karena untuk hal itu ada penghalang. Akan tetapi tidak kalah indahnya ketika matahari sedang perlahan menampakkan diri dan memulai tugas hariannya. Di arah timur, tampak jelas bahwa matahari dengan ukuran terbesar muncul secara perlahan. Seketika itu juga suasana yang sebelumnya menggigil menjadi lebih hangat.

Supaya tidak ketinggalan dalam menyaksikan sunrise, setidaknya anda mulai perjalanan menuju ke bukit pada pagi hari. Setelah subuh adalah waktu yang sangat tepat untuk memulai perjalanan mendaki. Mengingat jarak dari bawah hingga ke atas Bukit Panguk Kediwung lumayan jauh, belum lagi rintangan yang siap menghadang selalu menyapa.

3. Berburu Spot Foto Cantik

Aktivitas ini tidak boleh ditinggalkan selama mengisi waktu liburan dengan berwisata, apalagi wisata alam. Aktivitas fotografi semakin lengkap dengan adanya spot foto yang disediakan pihak pengelola. Ada dua spot yang terbagi menjadi dua menurut letaknya, yakni sebelah timur dan barat. Beberapa spot yang meknjadi favorit adalah kereta kuda yang dinamakan Delman Langit. Di spot tersebut, ada sebuah kereta yang ditarik dengan kuda bersayap yang tampak dari kejauhan mirip dengan phoenix.

Tidak jauh dari spot tersebut, ada Perahu Langit yang juga tidak pernah sepi peminatnya. Desain perahu yang sangat mirip degan aslinya bukan hanya dibuat untuk pemandangan saja, melainkan bisa dinaiki. Tampak jelas bahwa perahu tersebut menggunakan layar seperti Perahu Pinisi pada zaman dahulu. Uniknya, layar tersebut bukan terbuat dari kain, melainkan dari serutan bambu yang dibuat mirip tirai.

Bagi pengunjung yang ingin mengabadikan momennya seperti di sebuah negeri di atas awan, ada spot foto dari Bukit Panguk Kediwung yang wajib anda coba. Spot yang dimaksud dikenal dengan Istana langit, dimana mempunyai desain cukup sederhana. Hanya sebuah bangunan menara dengan warna putih yang di bawahnya diberi karpet warna hijau. Dengan pengambilan sudut yang tepat ketika foto, anda bisa menghasilkan gambar yang benar-benar sedang berada di atas awan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Bukit Panguk Kediwung
Image Credit: Google Maps Nanong Nury

Pihak pengelola tidak pernah mengabaikan kenyamanan pengunjung. Hal ini terbukti dari berbagai fasilitas pendukung yang diberikan. Sebagai tempat wisata yang selalu ramai pengunjung, Bukit Panguk Kediwung memberikan fasilitas toilet dengan kebersihan yang selalu terjaga. Ada juga tempat parkir yang menjadi fasilitas wajib bagi setiap tempat wisata.

Bagi anda yang ingin menunaikan kewajiban, ada pula Mushola kecil namun bersih yang bisa digunakan. Fasilitas lain yang bisa anda nikmati adalah beberapa gazebo yang dibangun di sekitar lokasi. Fasilitas ini cocok dijadikan tempat istirahat sekaligus berteduh jika anda datang di siang hari. Beberapa wisatawan juga menggunakannya untuk bersantai sambil menikmati pemandangan alam khas perbukitan.

Pengunjung yang sedang kehabisan bekal juga tidak perlu khawatir. Banyak warung makanan di sekitar lokasi yang bisa digunakan untuk mengisi ulang energi. Harganya juga sangat terjangkau, tidak lebih dari 10.000 rupiah untuk satu porsi makanan berupa soto ayam. Selain makanan, ada juga minuman yang siap menghangatkan tubuh, seperti kopi, teh hangat, wedang jahe, dan masih banyak lainnya.

Sangat menarik pembahasan kali ini yang mengambil topik utama Bukit Panguk Kediwung. Yogyakarta memang selalu bisa diandalkan dalam hal pariwisata. Terbukti dari banyaknya objek wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi liburan. Sedikit tips ketika anda pergi berkunjung, selalu jaga kebersihan dan hargai alam sekitar. Selain itu, patuhi setiap peraturan yang dibuat pihak pengelola, yang mana pastinya dibuat demi kenyamanan bersama.