Harga Tiket: Rp 3.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Citamiang, Kec. Maniis, Kab. Purwakarta, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Objek wisata di Provinsi Jawa Barat memang seperti tak ada habisnya untuk dikunjungi satu persatu. Salah satu yang menjadi favorit wisatawan lokal maupun dari luar daerah adalah Waduk Cirata, yang berada di kawasan dengan luas mencapai 43 ribu hektar.

Selain memiliki fungsi utama untuk pengairan di daerah sekitarnya, waduk atau bendungan dalam bahasa Jawa ini juga dimanfaatkan untuk menjadi lokasi wisata untuk berlibur. Keindahan pemandangannya yang dapat menarik setiap pasang mata, tercipta dari panorama perbukitan yang membingkai seluruh wilayah waduk.

Pembangunan infrastruktur pendukung wisata di area Waduk Cirata sudah dapat dikatakan cukup baik, dengan beberapa layanan fasilitas yang dapat dengan mudah ditemukan. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata satu ini, berikut ini ada informasi mengenai tempat wisata tersebut.

Daya Tarik yang Dimiliki Waduk Cirata

Daya Tarik Waduk Cirata
Image Credit: Google Maps (Z_Fitriani)

1. Tempat Berdirinya PLTA Terbesar di Asia Tenggara

Indonesia patut bangga dengan pencapaian salah satu prestasi yang diraih oleh daerah Purwakarta, Jawa Barat ini. Pasalnya Waduk Cirata yang berada di kabupaten tersebut, menjadi tempat berdirinya sebuah perusahaan pembangkit listrik terbesar di Asia Tenggara.

PLTA Cirata yang mulai dibangun pada tahun 1988 ini, menghasilkan energi listrik yang mencapai angka 1428 GWH. Pembangunan pembangkit listrik tenaga air ini mengalami dua tahap, yakni tahap pertama selesai pada tahun 1988 dan yang kedua rampung pada tahun 2007.

Air dari sungai Citarum yang menuju waduk tersebut mengalir cukup deras, sehingga dapat menghasilkan tenaga listrik yang cukup. Hal itu juga menjadi alasan lain mengapa perusahaan tersebut membangun sebuah tenaga pembangkit dengan memanfaatkan tenaga air.

2. Beragam Kisah Mistis yang Menyertai Waduk

Berbagai macam tempat memang tak lepas dari yang namanya kisah mistis, bahkan kisah tersebut sudah melekat sejak lama. Tak terkecuali dengan tempat wisata yang bernama Waduk Cirata ini, penduduk sekitarnya percaya banyak kisah mistis yang melekat pada waduk tersebut.

Konon pada hari-hari tertentu, beberapa makhluk halus penghuni setiap sudut waduk tersebut sering usil mengganggu para wisatawan yang datang. Para penghuni tak kasat mata ini dipercaya kerap membuat bingung wisatawan dengan mengubah tulisan pada penunjuk jalan yang ada.

Inilah kenapa setiap wisatawan yang mendatangi waduk tersebut tidak diperbolehkan untuk memiliki niat yang jahat, karena pasti akan mendapat gangguan dari makhluk gaib tersebut. Selain karena ulah makhluk halus yang jahil ini, ada cerita mistis lain yang cukup menarik untuk dibahas.

Kisah mistis ini mengacu pada kemunculan seekor ular raksasa yang diyakini penduduk sekitar sering memangsa beberapa ternak milik warga. Namun, hewan melata ini bukan merupakan hewan nyata yang dapat dengan mudah ditangkap. Melainkan ular gaib, yang dipercaya si penjaga waduk tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Menuju Lokasi
Image Credit: Google Maps (Syarif Udin)

Letak dari Waduk Cirata ini berada di tiga wilayah sekaligus, yakni di Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Cianjur, dan Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya dapat dikatakan cukup strategis, karena berada di jalur utama antar dua kota besar yakni Bandung-Jakarta.

Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum yang dapat dengan mudah ditemukan di daerah sekitarnya. Jika Anda berangkat dari arah Jakarta, maka rute yang dapat ditempuh adalah dengan melewati jalan Tol Jatiluhur.

Setelah masuk di jalan bebas hambatan tersebut, Anda dapat mengarahkan kendaraan Anda untuk menuju daerah Plered. Perjalanan selama mengikuti daerah kawasan Plered tersebut, akan mengantarkan Anda menuju kawasan Cirata, yang menjadi tempat dimana waduk itu berada.

Selain itu, ada rute lain jika Anda berangkat dari kawasan Bandung. Rute tersebut melewati jalan bebas hambatan kawasan Cipularang, yang selanjutnya akan keluar dari arah pintu Tol Cikalong wetan. Rute ini cukup banyak dipilih oleh beberapa wisatawan, karena kondisi jalannya yang relatif lebih mudah dilalui.

Dari beberapa rute tersebut, tujuan Anda sebelum sampai di Waduk Cirata ini adalah mencari keberadaan Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy. Jangan khawatir akan salah jalan, karena di sepanjang perjalanan akan terlihat banyak petunjuk jalan yang mengarahkan ke berbagai tempat.

Perjalanan yang memakan waktu selama kurang lebih satu hingga dua jam ini, akan terbayar dengan keindahan pemandangan yang telah disuguhkan oleh tempat wisata tersebut. Alasan inilah yang membuat wisata waduk ini semakin banyak didatangi oleh banyak wisatawan lokal maupun luar kota.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Objek Wisata
Image Credit: Google Maps (Doni Wahyudi)

Sebelum memasuki tempat wisata Waduk Cirata ini, Anda perlu menyiapkan biaya untuk membeli tiket masuk. Harganya sendiri dibedakan bagi setiap jenis kendaraan, untuk kendaraan roda dua, cukup membayar biaya retribusi sebesar Rp 3000 saja.

Kemudian bagi wisatawan yang datang bersama keluarga atau teman dengan membawa kendaran roda empat, biaya tiket masuk tersebut harus dibayar dengan harga Rp 10.000. Tidak hanya itu, rombongan wisatawan yang berkunjung menggunakan minibus, akan dikenai biaya sebesar Rp 50.000.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Waduk Cirata

Kegiatan di Waduk Cirata
Image Credit: Google Maps (Dwi Wisnu)

1. Olahraga Bersepeda atau Jogging Pagi

Bagi Anda yang menyukai olahraga saat pagi atau sore hari, maka Anda perlu mencoba melakukannya di kawasan wisata Waduk Cirata ini. Karena lokasinya yang mudah dijangkau oleh berbagai macam kendaraan, berangkat pagi pun tidak akan terasa berat untuk Anda lakukan.

Untuk Anda yang memiliki tempat tinggal tidak jauh dari lokasi wisata ini, Anda bisa melakukan kegiatan berolahraga sepeda. Bahkan kegiatan bersepeda ini dapat Anda lakukan sejak berangkat dari rumah. Tentu udara pagi hari dan suasana yang lebih sejuk akan menyambut Anda selama di perjalanan menuju waduk tersebut.

Sesampainya di waduk pun Anda bisa berkeliling mengitari waduk menggunakan sepeda ini, dengan melewati jalanan aspal yang telah disediakan oleh pihak pengelola setempat. Tak jarang wisatawan yang sedang bersepeda di kawasan waduk ini, berhenti sejenak untuk mengabadikan sebuah gambar di jembatan yang memiliki pemandangan indah.

Tak hanya itu, Anda bisa melakukan kegiatan olahraga seru lainnya seperti jogging. Tentu olahraga satu ini tidak perlu tambahan peralatan khusus, kecuali sepatu lari dan musik dari smartphone jika perlu.

2. Berkeliling Menggunakan Perahu

Di area waduk yang memiliki luas sekitar 43.000 hektar ini, terdapat fasilitas sederhana yang disediakan oleh penduduk sekitar bagi para wisatawan. Fasilitas ini berupa perahu nelayan sederhana yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling area waduk.

Namun fungsi utama keberadaan perahu ini bukanlah ditujukan untuk para wisatawan berkeliling waduk, melainkan digunakan oleh para nelayan dari penduduk sekitar untuk menuju keramba. Oleh karena itu, Anda yang menggunakan perahu ini juga akan diajak melihat keramba ikan miliki para nelayan tersebut.

Setelah berada di keramba ikan yang dibuat oleh para nelayan dari penduduk sekitar tersebut, Anda dapat membeli beberapa jenis ikan untuk dibawa pulang. Atau jika Anda ingin segera merasakan kelezatan ikan tersebut, Anda bisa mengolahnya di beberapa rumah makan sekitar waduk ini.

3. Memancing

Banyak kegiatan seru lain yang dapat Anda lakukan di kawasan wisata Waduk Cirata ini, salah satunya memancing. Kawasan waduk ini bahkan dapat dikatakan sebagai spot favorit bagi para wisatawan yang memiliki hobi memancing ikan.

Beragam jenis ikan bisa Anda dapatkan, ukurannya pun cukup bervariasi, mulai dari ikan kecil hingga yang berukuran lebih dari telapak kaki orang dewasa. Tentu sebelum melakukan kegiatan memancing satu ini, Anda perlu menyiapkan beberapa kebutuhan peralatannya.

Untuk jenis alat pancingnya sendiri, Anda tidak perlu menggunakan pancing khusus. Anda bisa menggunakan jenis alat pancing biasa yang digunakan juga untuk memancing di sungai. Tetapi untuk umpan memancing, Anda bisa menggunakan serangga kecil agar mendapatkan ikan dengan ukuran yang lebih besar.

Kegiatan Menarik di Waduk Cirata
Image Credit: Google Maps (BOENHAW 88)

4. Berwisata Kuliner Khas Sunda

Mendatangi salah satu tempat wisata, memang tidak lengkap rasanya jika tak mencicipi kuliner khas dari daerah dimana tempat wisata tersebut berada. Kawasan wisata waduk terkenal dari Jawa Barat ini, Anda bisa berwisata kuliner khususnya makanan khas Sunda.

Beberapa rumah makan dapat dengan mudah Anda temukan di wilayah waduk tersebut, bahkan desain dari rumah makan tersebut bisa dibilang cukup menarik perhatian. Karena pengelola rumah makan tersebut mengambil tema tradisional untuk bangunan luar serta interior yang digunakan.

5. Menikmati Keindahan Sunset

Sebagai penutup kegiatan berlibur Anda di Waduk Cirata ini, Anda bisa menikmati keindahan sunset yang sekaligus ditawarkan dengan keindahan panorama alamnya. Momen dimana matahari tenggelam dan warna langit sore mulai berubah menjadi jingga ini, akan melengkapi liburan Anda di kawasan wisata waduk satu ini.

Agar kegiatan Anda saat menikmati sunset ini semakin lengkap, beberapa camilan bisa Anda bawa untuk dimakan disana, serta tikar gulung untuk alas duduk. Tentunya sunset serta siluet dari perbukitan yang mengelilingi waduk, dapat menjadi momen yang tak terlupakan.

Fasilitas yang Tersedia di Waduk Cirata

Fasilitas di Waduk Cirata
Image Credit: Google Maps (Syamsi Rd)

Wisata waduk terkenal yang berada di Purwakarta ini, telah memanjakan setiap wisatawannya dengan beragam fasilitas yang memadai. Mulai dari fasilitas dasar yang berupa kamar mandi, hingga mushola bagi wisatawan beragama muslim yang ingin melakukan ibadah sholat.

Tak hanya itu, beberapa rumah makan di sekitar Waduk Cirata ini juga menawarkan beragam sajian khas tanah Sunda. Anda bisa menikmatinya sembari melihat keindahan alam yang tampak cantik dengan paduan warna hijau dari perbukitan dan kilauan air dari waduk itu sendiri.

Lalu bagi Anda yang ingin menginap beberapa malam di kawasan waduk tersebut, bisa memesan kamar dari sebuah penginapan yang telah disediakan oleh pihak pengelola. Suasana sejuk dan udara segar, akan menemani pagi hari Anda saat menginap di kawasan waduk tersebut.

Selain itu, jalanan di sekitar waduk pun sudah memiliki kondisi aspal yang baik. Sehingga para wisatawan dapat berjalan kaki atau berolahraga santai. Wisatawan yang datang menyambut baik dengan segala fasilitas tersebut, hal ini tentu saja akan menambah kenyamanan dari setiap wisatawannya.

Itulah informasi mengenai Waduk Cirata, yang menjadi sebuah ikon wisata dari Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Tentu dengan beragam kegiatan serta daya tarik yang ditawarkan oleh tempat wisata tersebut, liburan Anda akan menjadi pengalaman yang tak akan terlupakan.