Harga Tiket: Gratis, Jam Operasional: 07.45-16.00 WIB, Alamat: Jl. Padang Mengatas, Mungo, Kec. Luak, Kab. Lima Puluh Kota, Sumatera Barat; Map: Cek Lokasi

Padang Mangateh yang berlokasi di Sumatera Barat ini dibuka pada tahun 1916 oleh pemerintah Belanda untuk dijadikan peternakan kuda. Kemudian pada tahun 1936 peternakan ini menambahkan sapi sebagai hewan ternaknya. Setelah beroperasi cukup lama pada tahun 1950 wakil presiden Moh. Hatta membuat peternakan ini menjadi milik pemerintah pusat dan diolah dengan baik.

Padang rumput yang berada di ketinggian 700 sampai 900 meter diatas permukaan laut dengan suhu yang berkisaran antara 18 sampai 28 celcius ini berhasil menjadi salah satu peternakan terbesar di Asia Tenggara. Lalu karena keindahan alam dan asrinya alam sekitar membuat peternakan ini dibuka untuk umum dan dijadikan tempat pariwisata oleh pemerintah.

Namun, karena masih banyak wisatawan yang tidak menaati aturan dengan membuang sampah sembarang dan memberikan makanan yang tidak jelas kepada hewan ternak yang mengakibatkan hewan jadi sering sakit. Hai tersebut membuat Padang Mangateh sempat tidak dibuka untuk umum, tapi kemudian dibuka lagi tapi harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebelum bisa masuk ke sini.

Daya Tarik yang Dimiliki Padang Mangateh

Daya Tarik Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @jelajahi.indonesiaku

Ada beberapa daya tarik yang menjadikan padang savana dijadikan tempat wisata. Berikut adalah beberapa daya tarik dari padang rumput yang berlokasi di Sumatera Barat ini.

1. Gunung dan Bukit

Daya Tarik dari Padang Mangateh yang pertama ada gunung dan bukit yang bisa disaksikan dari padang rumput ini. Dengan luas padang rumput yang sangat luas membuat para wisatawan bisa menikmati keindahan gunung dan perbukitan sekitar dari mana saja. Sangat cocok untuk bersantai dan menghilangkan stres.

Banyak orang yang datang ke peternakan ini untuk hunting foto-foto bagus. Tidak hanya itu dengan latar belakang gunung dan bukit yang bisa disaksikan dari dalam area peternakan membuat beberapa pasangan menjadikan lokasi ini menjadi tempat foto prewedding mereka.

2. Hutan Sekitar

Karena berada di kaki gunung membuat lokasi wisata yang satu ini menjadi sangat sejuk dan segar. Buat kamu yang merasa pusing dengan keramaian kota dan bisingnya suara kendaraan yang lewat setiap saat, berlibur ke tempat ini adalah rekomendasi yang tepat.

Dengan banyaknya pohon hijau yang berada di sekitaran padang rumput ini menjadikan alam ini sangat indah untuk disaksikan. Bersantai sambil melihat dedaunan hijau dan rumput hijau di area padang ini adalah obat alami yang paling mujarab untuk bersantai.

Daya Tarik Dimiliki Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @minang.official

3. Padang Rumput

Daya tarik berikutnya dari Padang Mangateh adalah padang rumputnya. Banyak wisatawan yang membandingkan padang rumput ini dengan padang rumput yang berada di North Island negara bagian New Zealand. Hal ini karena keindahan padang rumput ini dinilai cukup untuk disandingkan dengan padang rumput dari New Zealand tersebut.

Memiliki luas yang sangat besar dan banyak rumput hijau disepanjang padang rumput ini membuat keindahannya cukup untuk dinikmati. Apalagi sapi yang bisa ditemukan di sekitaran padang rumput membuat para wisatawan bisa sedikit bercanda dengan hewan tersebut.

4. Hewan Ternak

Daya tarik yang terakhir dari padang rumput ini adalah hewan ternaknya. Terdapat sekitar 1200 ekor sapi yang diternak di padang rumput ini. Para wisatawan bisa belajar bagaimana cara memelihara sapi yang baik dan benar langsung dari ahlinya ketika berlibur ke Padang Mangateh.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @rawnalufiaz

Berjarak 136 kilometer dari Kota Padang yang merupakan Ibukota Sumatera Barat yang bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor selama 3 jam 30 menit melalui Jl, Lintas Sumatera. Lokasi tepatnya berada di Jl. Padang Mengatas Kecamatan Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat.

Untuk rute menuju Padang Mangateh bisa dimulai dari Kota Padang menuju ke Loeboek Aloeng melewati Jl, Lintas Sumatera Barat Padang Bukittinggi. Setelah itu ambil jalur menuju Kayutanam. Terus di jalan tersebut hingga menemukan Ampera anak bundo lalu belok kanan ke Jl. Raya Sungai Pua.

Dari Jl. Raya Sungai pua terus hingga ke perempatan lalu belok kanan ke Jl. Raya Canduang hingga masuk ke Jl. Raya Batusangkar lalu masuk ke Jl. Sumbar Riau. Setelah itu belok kanan ke Jl. Singa Harau lalu belok kiri ke Jl. Khatib Sulaiman. Setelah itu belok kanan di pertigaan ke Jl. Moh Yamin dan belok kanan ke Jl. Padang Mengatas terus di jalan tersebut hingga menemukan lokasi padang.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Padang Mangateh
Image Credit: Google Maps (Sutrisno Sutris)

Untuk tiket masuk ke Padang Mangateh adalah gratis atau tidak dikenakan biaya. Asalkan para wisatawan sudah memiliki surat izin untuk berkunjung. Cara mendapatkan surat berkunjung bisa di proses secara online di website yang disediakan, kemudian lakukan pendaftaran kunjungan setelah itu di print dan bawa hasil print tersebut untuk ditujukan ke pihak penjaga padang rumput.

Nanti pihak penjaga akan melakukan konfirmasi ke kantor untuk mendapatkan izin membiarkan para wisatawan masuk. Tidak hanya untuk berlibur atau berkunjung, peternakan ini juga menerima para pengunjung yang datang melakukan perjalanan bisnis.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Padang Mangateh

Aktivitas di Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @Explore-foto

Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh para wisatawan ketika datang ke padang rumput ini. Dari perjalanan bisnis sampai ke rekreasi atau liburan. Berikut adalah beberapa kegiatan yang menarik untuk dilakukan seputaran liburan di Padang Mangateh.

1. Berfoto

Banyak orang yang datang ke tempat wisata yang satu ini dengan tujuan untuk berfoto. Baik yang berfoto sendiri atau beramai-ramai. Berfoto dengan konsep padang rumput yang hijau dan luas memang masih sedikit. Hal itu yang membuat tempat ini begitu disukai untuk berburu foto-foto bagus.

Tidak hanya itu, tempat ini juga kadang kedatangan wisatawan yang akan melakukan pernikahan. Tujuan mereka datang ke padang rumput ini adalah untuk melakukan foto prewedding.

2. Menikmati Alam Sekitar

Dengan alam sekitar yang luar biasa indah, dari gunung, bukit, padang rumput, dan pepohonan hijau membuat bersantai dan berlibur ke lokasi padang rumput ini menjadi obat penghilang stres yang sangat ampuh. Dengan luas padang yang sangat besar membuat para wisatawan bisa berlarian sepuasnya, namun tetap perhatikan kebersihan ketika memasuki daerah wisata ini.

Aktivitas Menarik di Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @reihan.zaharani

3. Belajar Bagaimana Cara Memelihara Sapi

Karena terdapat banyak sekali sapi di lokasi Padang Mangateh membuat para wisatawan bisa bertemu dengan sapi yang ada. Para wisatawan bisa berfoto bersama sapi tersebut atau belajar bagaimana cara merawat sapi dari kecil hingga besar secara baik dan benar.

Perlu diingat sapi-sapi disini tidak diperbolehkan untuk diberi makan oleh para wisatawan, kecuali diperbolehkan oleh para penjaga peternakan. Itu pun diberi makan dengan makanan yang disediakan oleh pihak pengelola peternakan, bukan makanan yang dibawah oleh para wisatawan. Karena untuk mencegah terjadinya keracunan sapi atau menyebabkan sapi tersebut sakit.

4. Menikmati Sunset

Momen terbenamnya matahari memanglah satu momen yang paling indah untuk disaksikan. Dari padang rumput yang berada di Sumatera Barat ini para wisatawan juga bisa menikmati momen sunset yang indah. Dengan warna langit yang berubah dari biru menjadi merah ke kuningan dan perbukitan hijau di sekitar membuat mata yang menyaksikan sunset akan terpana sesaat.

Fasilitas yang Tersedia di Padang Mangateh

Fasilitas di Padang Mangateh
Image Credit: Facebook.com @indoflashlightid

Ada beberapa fasilitas yang bisa ditemukan saat berkunjung ke padang savana ala Tanah Minang, Padang Mangateh. Berikut adalah beberapa fasilitas tersebut.

1. Area Parkir

Yang pertama ada area parkir kendaraan bagi para wisatawan. Area tersebut berada dalam lokasi padang rumput dan akan dijaga dengan aman oleh security yang bertugas. Jadi para wisatawan tidak perlu khawatir untuk menitipkan kendaraan bermotor mereka di tempat parkir tersebut.

2. Spot Foto

Berikutnya ada spot foto. Spot foto tersebut bukanlah spot yang sengaja dibuat untuk menarik pengunjung, namun spot-spot tersebut adalah alam yang indah dengan beberapa fasilitas tambahan seperti jalan di tengah padang rumput yang menjadikan tempat ini bagus untuk berfoto.

3. Jalan

Karena padang rumput ini begitu luas membuat didalamnya terdapat jalan yang bisa digunakan untuk kendaraan bermotor lewat. Namun hanya beberapa kendaraan yang diperbolehkan masuk, biasanya kendaraan pengelolaan padang rumput yang diperbolehkan melalui lokasi ini.

4. Gazebo

Berikutnya adalah tempat duduk beratap atau gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Terdapat beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat yang bisa ditemukan di dalam area padang rumput ini.

5. Toilet Umum

Berikut ada toilet umum untuk para wisatawan yang ingin buang air kecil atau air besar. Di toilet umum tersebut dibagi menjadi 2 bagian yaitu toilet umum pria dan toilet umum wanita. Hal ini dilakukan untuk menjaga privasi dan menghindari sesuatu yang tidak diinginkan.

Ketika sudah mendapat izin berlibur ke Padang Mangateh sebaiknya membawa bekal dari rumah. Hal ini karena tidak ada warung makan di dalam area padang rumput. Ketika sudah sampai di dalam lokasi wisata tetap patuhi peraturan yang ada. Jangan membuang sampah secara sembarangan terlebih sampah plastik. Jangan memberi makan sapi tanpa sepengetahuan petugas setempat.