Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 11.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Nitiprayan No.88, Sanggrahan, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Sangkring Art Space merupakan suatu wisata Bantul berupa pameran galeri seni yang berada di Yogyakarta. Galeri seni tersebut dibagi menjadi tiga kelompok, yakni seni rupa (lukisan), seni instalasi, dan patung. Museum ini merupakan salah satu wujud apresiasi penampungan karya anak bangsa yang dibangun oleh seniman Putu Sutawijaya sejak 31 Mei tahun 2007.

Galeri seni ini bisa dinikmati oleh semua wisatawan dari berbagai penjuru. Khususnya para pecinta seni. Mereka bisa bereksperimen untuk mencoba hal-hal baru. Memperlihatkan karyanya kepada mata dunia. Oleh sebab itu, biasanya pada bulan-bulan tertentu sering diadakan pameran karya seni di lokasi ini.

Selain untuk melihat berbagai seni pengunjung bisa menjadikan lokasi Sangkring Art Space nan menarik ini untuk melakukan swafoto. Dengan background berupa lukisan yang bernilai seni tinggi maka kesan gambar yang dihasilkan sangat unik. Maka dari itu persiapkan kamera terbaik dan kostum yang mendukung ya untuk mendapatkan hasil kamera yang instagramable.

Daya Tarik yang Dimiliki Sangkring Art Space

Daya Tarik Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Oky

1. Terdapat Banyak Karya Seni

Sangkring Art Space memiliki banyak karya seni yang bisa disaksikan oleh pengunjung. Mulai dari seni lukisan, instalasi, dan seni patung. Semuanya terpisah dalam bagian atau ruangan masing-masing. Sehingga penataannya terkesan rapi dan enak untuk dilihat.

Pada ruangan pertama, pengunjung akan disambut oleh keanekaragaman seni lukis. Beberapa gambar hasil seni para seniman dari semua kalangan ada di ruangan ini. Diantaranya ada lukisan pemandangan, orang, tumbuhan, hewan, dan masih banyak lainnya.

Begitu juga dengan ukuran lukisan. Semuanya bervariasi. Ada yang kecil, sedang bahkan besar hingga menutupi hampir seluruh dinding ruangan.

Pada bagian kedua, pengunjung dapat menyaksikan aneka ragam seni patung. Para pembuat seni mengungkapkan perasaanya melalui patung-patung tersebut. Sehingga kesannya benar-benar hidup.

Bahkan ada patung yang berupa ekspresi manusia. Jika Anda melihatnya secara lebih jelas maka akan terlihat ekspresi kekesalan. Raut wajah yang seperti orang marah mungkin adalah salah satu ungkapan emosi oleh sang pembuat patung.

Nah, di ruangan terakhir pengunjung akan disambut oleh seni instalasi. Mungkin sekilas nama seni ini masih kurang familiar di telinga Anda. Ya, seni instalasi yang ada di Sangkring Art Space merupakan seni yang tidak membedakan antara seni patung maupun seni lukisan. Semuanya digabung untuk dijadikan ke media baru.

2. Memiliki Sejarah yang Mengesankan

Galeri seni ini dibangun oleh seorang seniman yang namanya sudah sangat populer karena karya-karyanya (Putu Sutawijaya). Tujuan dibangunnya Sangkring Art Space merupakan wadah atau tempat untuk mengingat hasil karya seniman dari tahun ke tahun. Mulai pada zaman klasik hingga modern.

Selama ini banyak para seniman merasa memiliki ruang terbatas untuk menyalurkan bakatnya. Maka dengan adanya galeri seni di Jogja diharapkan bisa menjadi tempat untuk menghargai hasil-hasil karyanya. Bahkan bisa dijadikan inspirasi untuk seniman di tahun yang akan datang.

3. Sebagai Wahana Pengetahuan

Berkunjung ke galeri seni ini tidak hanya untuk berwisata melihat aneka ragam seni ataupun berfoto saja. Akan tetapi, pengunjung bisa melihat makna yang terkandung dalam seni tersebut.

Meskipun nilai atau makna seni tidak bisa ditentukan oleh satu orang, tetapi setidaknya secara inti sudah bisa menangkap makna dibuatnya seni tersebut. Khususnya bagi para pecinta seni, lokasi ini bisa menjadi sarana penambah pengetahuan.

Daya Tarik Dimiliki Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps tri iman

4. Memiliki Nuansa Keren untuk Berfoto

Setiap pengunjung dipersilahkan untuk mengabadikan momen berharga di Sangkring Art Space. Misalnya mengambil foto pada salah satu seni yang dianggap paling menarik. Selanjutnya, bisa juga berfoto dengan latar seni yang unik dan menarik.

Dengan gaya yang elegant serta pakaian yang sesuai tema nampaknya cocok untuk dijadikan sebagai inspirasi.

5. Lokasi Strategis

Galeri seni nan unik ini berada tidak jauh dari lokasi Mallioboro, Yogyakarta yakni tempat berkumpulnya para turis lokal maupun mancanegara untuk menikmati keindahan Jogja.

Dengan begitu, para turis bisa berkunjung ke galeri seni ini untuk melihat keanekaragaman seni dari zaman dulu hingga modern seperti saat ini. Tanpa harus membutuhkan akses jalan yang begitu sulit ataupun jauh dari pusa kota.

6. Mengobati Rasa Penat

Biasanya untuk menghilangkan rasa jenuh ataupun penat, seseorang akan menghiburnya dengan berwisata ataupun nongkrong. Nah, termasuk salah satu cara yang efektif yaitu menyaksikan karya seni yang bervariasi di Sangkring Art Space yang unik ini.

Keanekaragaman seni dapat Anda lihat sehingga memunculkan pertanyaan-pertanyaan tentang makna yang dimilikinya. Hal ini akan membantu menyegarkan otak Anda dari penatnya rutinitas sehari-hari.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

 

Alamat Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Yusdi Bachtiar

Sangkring Art Space terletak di Kabupaten Batul, Yogyakarta. Tepatnya berada di Kecamatan Kasihan, Ngestiharjo, Sanggragan, Jalan Nitiprayan Nomor 88. Jika Anda populer dengan Mallioboro maka lokasinya hanya berjarak sekitar 16 menit saja.

Adapun rute untuk menuju galeri seni yakni dari Mallioboro ambil arah ke Jl. Raya Sosrokusuman. Belok ke arah kanan menuju Jl. KH. A. Dahlan hingga melewati pasar Serangan. Sesampainya di pasar Serangan, ambil arah belok kiri untuk melanjutkan ke Jl. Nitipuran.

Arahkan kendaraan menuju Jl. Kesejahteraan. Kurang lebih jarak 100 meter ambil arah ke Jl. Adimurti (belok kanan). Selanjutnya belok kiri menuju Jl. Nitiprayan letak lokasi galeri berada.

Jika Anda ingin lebih mudah melihat akses jalannya, maka bisa menggunakan google maps. Bisa juga bertanya dengan penduduk setempat yang terkemah dengan keramahannya.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Masuk Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Shantika Effendi

Sangkring Art Space ini dibuka setiap hari mulai pukul 11.00 WIB hingga 17.00 WIB. Biaya yang ditetapkan untuk setiap pengunjung juga sangat murah. Hanya dengan membayar tiket masuk seharga Rp 10.000 per orang, pengunjung bisa menikmati keindahan karya seni bahkan pertunjukan seni di momen-momen tertentu.

Namun, penetapan harga tiket masuk tersebut bisa berubah-ubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan pihak pengelola. Meskipun kenaikan harganya dimungkinkan tidak terlalu tinggi. Yang terpenting, sediakan uang lebih untuk mengantisipasi terjadinya hal itu.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Sangkring Art Space

Aktivitas Menarik Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Very

1. Melihat Karya Seni

Sesampainya di ruangan galeri seni tujuan utama pengunjung pasti ingin melihat gambar-gambar seni lukis yang bervariasi. Untuk mendapatkan pesan yang terkandung dalam setiap karya seni dibutuhkan waktu minimal 15 menit. Karena jika hanya dilihat sekilas, tentu Anda tidak bisa menyerap makna dalam yang ada di seni tersebut.

2. Melakukan Penelitian

Selain dijadikan sebagai tempat wisata, Sangkring Art Space ini juga sering dijadikan sebagai tempat penelitian oleh beberapa mahasiswa ataupun lainnya. Mereka akan melakukan penelitian berdasarkan tugas yang diembannya.

Tak lain diantara beberapa mahasiswa sering menjadikan lokasi ini sebagai tempat penelitian untuk analisis dari judul skripsi mereka.

3. Menyaksikan Pertunjukan Seni

Jika Anda ingin menyaksikan pertunjukan seni oleh kolaborasi beberapa seniman maka bisa berkunjung di momen-momen tertentu. Biasanya keberadaan acara tersebut akan dipublikasikan di akun isntagram milik galeri seni ini.

Anda bisa memfollow nya ataupun mencari tahu bulan-bulan yang biasanya dijadikan ajang pertunjukan seni di lokasi ini. Jangan lupa ajak sesama pecinta seni agar Anda bisa lebih santai bertukar argumen saat menyaksikannya.

Aktivitas Menarik di Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Kisa Kiyanun

4. Berburu Foto Genic

Di Sangkring Art Space, pengunjung bisa mendapatkan angle foto yang menarik untuk dijadikan penambah album koleksi. Dengan background seni lukisan ataupun patung yang terkesan unik membuat hasil gambar menjadi lebih estetis.

Namun, selama berfoto tetaplah ingat untuk menjaga etika dan tidak merusak seni yang sudah tertata rapi. Apalagi sampai membuat salah satu seni menjadi patah ataupun pecah. Oleh sebab itu, menjaga perilaku menjadi hal yang sangat ditekankan.

5. Menemukan Inspirasi Baru

Berkunjung di Sangkring Art Space ini bisa dijadikan sebagai penemuan inspirasi baru dalam berkarya. Terutama bagi pecinta seni. Misalnya ingin menambah koleksi seni hasil karyanya yang belum ada di lokasi.

Inspirasi tersebut tentu muncul dengan sendirinya ketika melihat karya-karya seni lainnya. Dengan begitu Anda akan semakin merasa percaya diri untuk menuangkan apa yang dirasakan di dalam benak jiwa Anda.

Bisa menuangkannya dalam bentuk lukisan, bisa juga mengukirnya dalam bentuk patung. Keduanya memiliki khas yang berbeda. Jika ingin menuangkan dalam bentuk patung, tentu waktu yang dibutuhkan akan lebih lama dibandingkan ke dalam bentuk gambar lukisan.

6. Belajar Mengenal Ragam Seni

Salah satu manfaat berkunjung ke Sangkring Art Space di Bantul, Yogyakarta ini adalah untuk mempelajari atau mengenal seni. Anda bisa membedakan karya seni A dengan karya seni lainnya.

Bahkan setelah membandingkan beberapa hasil seni yang dibuat dari berbagai seniman, Anda bisa menentukan ciri khas yang dimilikinya. Mulai dari cara menggambar, mewarnai atau yang lainnya.

Ya, bagi seniman secoret kanvas saja sudah memiliki arti yang mendalam. Sehingga jiwa para seniman sering diistilahkan sebagai jiwa yang sulit untuk diterka/ ditebak.

Dari beberapa seni yang telah Anda lihat, tentu hal ini bisa menjadi bukti pemersatu budaya seni yang ada di seluruh Indonesia. Tidak ada perbedaan khusus antara seniman A dan seniman B. Semua hasil karyanya di pajang pada dinding-dinding dengan bingkai yang penuh keunikan.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Sangkring Art Space
Image Credit: Google Maps Rosfita Hanis Astuti

1. Coffe Shop

Setelah Anda merasa lelah mengitari beberapa hasil seni di ruangan yang cukup besar, maka Anda bisa nongkrong di coffe shop. Di Sangkring Art Space ini juga terdapat kafe untuk menikmati secangkir kopi khas Jogja. Dibuat oleh barista yang profesional tentunya.

2. Perpustakaan Mini

Bagi pengunjung yang ingin menambah pengetahuan berkaitan dengan seni-seni di galeri ini, langsung saja berkunjung ke perpustakaan yang tersedia. Meskipun tempatnya tidak terlalu besar, tetapi banyak buku yang bisa Anda baca sebagai penambah wawasan atau pengetahuan.

3. Lokasi Parkir

Setibanya di lokasi, langsung saja parkirkan kendaraan Anda di area parkir yang tersedia. Jarak tempat parkir dengan bangunan galeri seni tidaklah jauh. Sehingga Anda bisa menempuhnya cukup dengan berjalan kaki.

4. Ruang Musik

Salah satu daya tarik yang membuat pengunjung semakin mencintai seni yaitu terdapat ruang khusus untuk musik. Biasanya ada beberapa band yang menghibur pengunjung dengan lagu dan suara khasnya yang merdu.

Demikianlah informasi seputar Sangkring Art Space yang saat ini mulai ramai dikunjungi oleh beberapa wisatawan. jika Anda sedang berlibur ke Jogja, jangan lupa untuk mampir di galeri seni ini ya. Temukan sensasi liburan yang berbeda di lokasi nan unik ini