Harga Tiket: Rp 15.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Karang Suraga, Kec. Cinangka, Kota Serang, Banten; Map: Cek Lokasi

Pantai Marina Anyer yang berlokasi di Kota Serang ini memiliki pemandangan pantai yang luar biasa indah. Dengan pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai membuat suasana sejuk terasa di sekitaran pantai ini. Tidak hanya pemandangan dan suasana nyaman saja yang menjadikan pantai ini populer, namun terdapat beberapa wahana permainan yang bisa dicoba oleh para wisatawannya.

Pantai cantik di Anyer ini sangat cocok untuk liburan bersama keluarga, karena pantai ini menyediakan banyak sekali fasilitas untuk menghibur wisatawannya. Fasilitas seperti permainan air hingga wisata kuliner juga bisa ditemukan di sekitaran pantai yang berlokasi di Banten ini. Oleh sebab itu, tidak heran jika pantai ini selalu ramai dengan wisatawan baik dari dalam atau luar Kota Serang.

Karena keindahan dan fasilitas yang disediakan di Pantai Marina membuat hampir setiap hari baik hari kerja atau hari libur pantai ini selalu ramai dengan wisatawan. Namun, dengan ukuran pantai yang cukup panjang membuat hal itu tidak terlalu masalah. Para wisatawan masih dapat bermain dan menikmati suasana pantai tanpa mengganggu wisatawan lainnya.

Daya Tarik yang Dimiliki Pantai Marina

Daya Tarik Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Faris Hasbi Ridha)

Ada beberapa daya tarik dari Pantai Marina yang menjadikannya begitu ramai di setiap harinya. Berikut beberapa daya tarik dan keunikan dari pantai hits di Serang ini.

1. Pesona Pantai

Daya tarik yang pertama berasal dari keindahan alamnya. Pesona pasir putih sepanjang bibir pantai ditambah pepohonan di sekitar pantai membuat keindahan alam dan suasana sejuk begitu terasa. Deru ombak yang berbunyi bersama tiupan angin yang sejuk dan santai membuat pantai ini sangat cocok untuk menghilangkan kepenatan untuk sesaat.

Bagi Anda yang merasa capek dan penat dengan suasana riuh perkotaan cobalah untuk datang ke pantai yang berada di Kota Serang ini untuk menenangkan pikiran. Berbaring di pasir pantai sambil menggunakan headset ditemani lagu-lagu santai membuat pikiran Anda akan menjadi lebih baik.

2. Wahana Permainan

Berikutnya adalah wahana permainan yang disediakan pihak pengelolah wisata Pantai Marina yang menjadikan tempat wisata alam ini menjadi populer di kalangan wisatawan. Wahana permainan seperti banana boat bisa dicoba oleh para wisatawan yang datang ke tempat wisata ini.

3. Wisata Kuliner

Tidak hanya menyediakan wisata alam dan beberapa wahana permainan yang bisa di lakukan di pantai ini, namun ada beberapa warung makan yang menyediakan beragam makanan laut bagi para wisatawan yang datang. Makanan seperti ikan laut, gurita atau cumi-cumi, hingga udang bisa ditemukan di sekitar pantai.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Pantai Anyer
Image Credit: Instagram.com @smk_dharmakaryajkt

Pantai Marina Anyer berada di Kota Serang, Karang Suraga, Kecamatan Cinangka, Provinsi Banten. Jarak dari Kota Serang ke pantai sekitar 49 kilometer dengan lama perjalanan menggunakan kendaraan bermotor memakan waktu sekitar 1 jam 19 menit melalui Cipait dan Bantarwaru.

Untuk perjalanan dari alun-alun Kota Serang ambil Jl. Kejaksaan 1 menuju Jl. Yusuf Martadilaga hingga memasuki Jl. Raya Serang Pandeglang. Ketika sampai di perempatan SPBU Palima belok kanan ke Jl. Raya Palka terus lurus hingga menemukan pertigaan Indomaret Cipait lalu belok kanan ke Jl. Arah Ke Carita.

Dari Jl. Arah Ke Carita terus lurus hingga menemukan Jl. Nasional 3. Kemudian belok kiri di pertigaan Jl. Nasional 3. Terus lurus sampai menemukan lokasi wisata pantai yang berada di kanan jalan.

Harga Tiket Masuk Objek Wisata

Harga Tiket Pantai Anyer
Image Credit: Twitter.com @DhiekaSetyawan

Untuk harga tiket masuk ke Pantai Marina di hari biasa (senin sampai kamis) adalah Rp 15.000 per orangnya dan di hari libur dan weekend (sabtu dan minggu) adalah Rp 25.000 per orangnya. Jika berlibur bersama rombongan di hari biasa seharga Rp 50.000 sampai Rp 100.000 per mobil, dan di hari libur atau weekend seharga Rp 250.000 sampai Rp 500.000 per mobil.

Harga tiket tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan. Dimana harga parkir kendaraan roda 2 adalah seharga Rp 2.000 per unitnya, dan kendaraan roda 4 sebesar Rp 5.000 per unitnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Pantai Marina

Kegiatan Menarik di Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (HEI Hei)

Terdapat beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan bersama keluarga atau rekan yang datang untuk berlibur bersama. Kegiatan tersebut bisa mencakup permainan hingga mencoba beberapa wisata kuliner. Berikut adalah beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Marina Anyer.

1. Menikmati Pesona Pantai dan Alam Sekitarnya

Kegiatan pertama adalah menikmati keindahan alam dari pantai ini. Lautan biru yang berada sejauh mata memandang ditambah dengan pasir putih pantai membuatnya terlihat begitu indah. Pepohonan yang tumbuh disepanjang pantai kemudian membuat teduh bagi wisatawan untuk berlindung dari sinar matahari.

Suara ombak dan angin pantai silih berganti membuat suasana terasa begitu nyaman. Berbaring di pinggir pantai atau duduk menonton wisatawan lain bermain air cukup untuk membuat kenyamanan tersendiri.

2. Bermain Air Laut atau Berenang

Ketika sudah sampai di pantai tidak lengkap rasanya jika tidak membasahkan diri dengan air asin alami ini. Tidak perlu khawatir dengan ombak yang ada di pantai ini, karena pantai ini memiliki ombak yang cukup kecil sehingga aman bagi Anda yang ingin bermain air namun tidak tau berenang. Jika sudah memasuki lokasi pantai kita akan melihat begitu banyak orang yang bermain air laut disini.

Bagi Anda yang tidak tahu berenang bisa menyewa pelampung yang ada di sekitar pantai. Tidak hanya berenang masih ada beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan di pantai yang berasal dari Kota Serang ini seperti bermain beberapa wahana air yang disediakan oleh pihak pengelola Pantai Marina.

3. Bermain Banana Boat

Kegiatan menarik berikutnya adalah bermain banana boat. Salah satu wahana permainan ini cukup digemari oleh para wisatawan ketika berkunjung ke pantai ini. Dengan menaiki sebuah balon berbentuk pisang dan ditarik menggunakan speedboat membuat semua orang yang menaiki banana boat akan teriak karena keseruannya.

Kegiatan di Pantai Marina
Image Credit: Google Maps (Susena)

4. Bermain Parasailing

Berikutnya yang tidak kalah seru dengan banana boat adalah bermain parasailing atau sebuah parasut khusus yang ditarik oleh speed boat sehingga membuatnya terbang di sekitar laut. Parasailing bisa dinaiki oleh 2 orang sekaligus sambil menikmati pesona pantai dari atas ketinggian. Mencoba wahana permainan yang satu ini akan membuat pengalaman tersendiri.

5. Berfoto

Kegiatan wajib yang harus dilakukan ketika berlibur adalah mengabadikan momen tersebut dengan kamera. Ada beberapa spot bagus yang bisa digunakan untuk tempat berfoto. Momen ketika bermain air bersama juga bisa diabadikan untuk diposting di sosial media.

6. Wisata Kuliner

Memang bukan tempat yang pas untuk melakukan wisata kuliner. Namun pantai ini cukup untuk memuaskan rasa penasaran tentang makanan, terlebih yang memiliki unsur makanan laut. Beberapa warung yang berada di pinggir pantai menyediakan beragam makanan bagi para wisatawan yang datang, jadi jangan lupa untuk mencicipi makanan di sekitar pantai.

Penginapan Murah di Sekitar Pantai

Penginapan Sekitar Pantai Marina
Image Credit: Facebook.com @ancotte

Bagi Anda yang berlibur dari luar kota atau yang berniat bermalam. Di sekitaran pantai juga terdapat beberapa penginapan yang bisa digunakan untuk bermalam. Berikut adalah 3 penginapan disekitar Pantai Marina.

1. Anyer Cottage

Yang pertama ada penginapan yang bernama anyer cottage yang menyediakan fasilitas tambahan seperti outdoor pool, game corner, bbq dan restaurant. Untuk menginap di sini wisatawan harus membayar seharga Rp 480.000.

2. Villa Marina Anyer

Berikutnya ada sebuah villa dengan fasilitas seperti outdoor pool, restaurant, coffee shop, dan business center. Penginapan yang cocok bagi wisatawan yang datang bersama keluarga. Untuk harganya diperkirakan sekitar Rp 1.800.000.

3. Patra Comfort Anyer

Penginapan terakhir adalah patra comfort anyer yang memiliki fasilitas seperti layanan kamar 24 jam, free wifi, dan free parkir. Untuk wisatawan yang mau menginap disini harus membayar sekitar Rp 600.000.

Fasilitas yang Tersedia di Pantai Marina Anyer

Fasilitas di Pantai Marina Anyer
Image Credit: Google Maps (HEI Hei)

Ada beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelolah pantai untuk menarik wisatawan. Berikut adalah beberapa fasilitas yang ada di pantai yang berasal dari Kota Serang Banten ini.

1. Area Parkir Kendaraan

Fasilitas yang pertama adalah lahan parkir yang luas bagi para wisatawan memarkirkan kendaraan mereka. Di Dalam tempat parkir kendaraan tersebut akan dijaga selama para wisatawan menikmati liburan mereka.

2. Saung

Saung atau pondok yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bersantai bersama keluarga atau teman yang datang bersama untuk berlibur. Di Pantai Marina, para wisatawan bisa bersantai atau meletakan bekal dan barang bawaan mereka dari rumah.

3. Wahana Permainan

Terdapat tempat untuk menyewa wahana permainan di pantai ini. Terdapat beberapa wahana populer seperti banana boat dan parasailing yang sama-sama menggunakan speedboat untuk menariknya. Para wisatawan bisa menyewa wahana permainan tersebut jika ingin merasakan bagaimana keseruan dari permainan air yang memacu adrenalin.

4. Mushola

Berikutnya ada mushola atau tempat ibadah bagi umat muslim. Bagi wisatawan muslim yang berlibur tidak perlu khawatir ketika tiba waktunya untuk menunaikan ibadah sholat. Para wisatawan yang ingin menunaikan ibadah sholat bisa menuju ke mushola yang tersedia untuk sholat.

5. Kamar Mandi dan Toilet Umum

Ada kamar mandi bagi wisatawan yang ingin membersihkan diri dengan air bersih setelah puas bermain air laut. Terdapat toilet umum juga untuk mereka yang ingin buang air besar atau kecil. Baik kamar mandi maupun toilet umum keduanya dipisah menjadi bagian pria dan bagian wanita jadi tidak perlu khawatir.

6. Warung Makan

Sepanjang pantai juga para wisatawan bisa menemukan beberapa warung makan. Di Warung makan ini menjual makanan ringan dan berat untuk bisa dinikmati oleh para wisatawan yang berlibur. Menu yang dijual kebanyakan berjenis seafood. Jadi buat Anda yang suka makanan laut bisa mencoba beberapa menu yang disediakan.

Pantai Marina Anyer adalah pantai yang jarang sepi di Serang, Banten. Hal ini karena berbagai fasilitas menarik yang tersedia. Jika ingin berlibur ke pantai yang satu ini sebaiknya perhatikan cuaca agar bisa bermain sepuasnya. Jagalah kebersihan ketika akan meninggalkan lokasi wisata, agar pantai ini tetap bersih dan bisa dinikmati oleh wisatawan lain.