10 Tempat Makan Enak di Serang Favorit Wisatawan

Tempat Makan Serang

Serang termasuk dalam wilayah Banten yang memiliki seni dan budaya yang menarik, begitu pula kulinernya. Apabila Anda berniat mengunjungi Serang untuk menghabiskan masa liburan, akan lebih baik bila Anda sekaligus menjajal wisata kuliner di daerah ini.

Wisata kuliner tidak harus mengunjungi pelosok kampung untuk menikmati makana khas dan tradisional mereka. Anda bisa melakukannya di rumah makan maupun restoran yang menyajikan menu makanan tradisional. Selain mudah dijangkau, baik harga atau jarak, tempat makan juga menawarkan suasana yang menyenangkan.

Sebelum berangkat ke Serang, sebaiknya Anda mengetahui tempat makan enak ini, agar Anda tidak kesusahan mencari lokasi bersantap setelah selesai mengunjungi tempat wisata. Berikut merupakan daftar 10 tempat makan enak di Serang.

1. Nasi Timbel Alam Sari

Nasi timbel Alam Sari

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman No.8, Panancangan, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang. – Image Credit by Reservasiku.com

Rumah makan ini buka dari jam 10 pagi hingga 10 malam. Menu makanan yang disajikan berupa makanan cita rasa khas Sunda, seperti nasi timbel, sambal, lalapan, ikan peda serta berbagai menu ikan, dan tumisan  daun.

Selain makanan yang lezat, rumah makan Alam Sari juga menawarkan pemandangan yang indah. Lokasinya sendiri terletak di tengah persawahan, sehingga menimbulkan kesan yang santai dan nyaman. Anda dapat memanjakan mata dan perut sekaligus di rumah makan ini, sembari menikmati hijaunya tanaman padi.

2. Rumah Makan Taman Taktakan

Sup Ikan Taman Taktakan

Lokasi: No 17, Jl. K.H. Abdul Hadi No.17, 14, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Intisari.grid.id

Disini menu yang disajikan berupa berbagai macam olahan ikan. Sajian yang paling sering direkomendasikan adalah sup ikan, yang berisi 4 potong daging ikan, irisan bawang bombai, tomat hijau serta daun kemanggi dan cabe rawit. Rasanya asam pedas dengan kuah yang segar.

BACA:  15 Tempat Wisata di Rangkasbitung Lebak Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Rumah makan ini buka dari pukul 8 pagi hingga 9 malam. Harga makanannya pun beragam, berkisar antara 25.000 rupiah untuk satu porsinya, hingga 100.000 rupiah. Terdapat pula menu paket yang bisa Anda pesan jika makan bersama. Anda bisa menikmati beragam sajian ikan berbagai varian, dari goreng, bakar, rebus hingga panggang.

3. Nasi Sumsum Bakar Puri

Nasi bakar Puri

Lokasi: Jl. Kapten Swardo No.15B, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Indonesiakaya.com

Merupakan salah satu masakan khas Serang yang jarang terdengar, nasi sumsum ini berupa nasi yang dibakar dengan cita rasa gurih. Sebelumnya nasi dicampurkan dengan sumsum tulang kerbau sehingga menghasilkan cita rasa yang unik. Satu porsinya berisi dua potong nasi dengan lalapan.

Pengolahannya pun masih terbilang sederhana. Nasi sumsum menggunakan bahan-bahan alami serta rempah yang membuat rasanya kian lezat. Tempat makan nasi sumsum ini buka setiap hari dari pukul 4 sore hingga 10 malam.

4. Rumah Makan Ibu Entin

Rumah makan Bu Entin

Lokasi: Jl. Raya Serang – Pandeglang KM. 5, Karundang, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang. – Image Credit by Namnamstory.blogspot.com

Menyajikan beragam menu seafood, seperti cumi-cumi, berbagai olahan ikan serta menu lainnya, ditambah dengan sambal terasi yang pedas, membuat rumah makan Ibu Entin tidak pernah sepi pembeli.

Jika berniat berkunjung ke rumah makan ini, usahakan tidak pada saat jam makan siang, karena antrinya pasti panjang. Rumah makan Bu Entin bisa Anda kunjungi setiap hari dari pukul 8 pagi dan tutup sekitar jam 9 malam.

5. Rumah Makan Sate Cilegon

Sate Cilegon

Lokasi: Jl. SA. Tirtayasa No.143, Masigit, Kec. Jombang, Kota Cilegon. – Image Credit by Ksmtour.com

Buka setiap hari dari pukul 11 pagi hingga 10 malam, rumah makan sate Cilegon menjual berbagai macam varian sate, yaitu ayam, kambing serta sapi. Bumbu dan saus yang di gunakan juga memiliki dua varian, yakni bumbu kecap manis dan bumbu saus kacang yang gurih.

BACA:  15 Tempat Wisata di Tangerang Selatan Terbaru & Paling Hits Dikunjungi

Rumah makan ini terkenal karena rasa satenya yang mantap dan memiliki harga yang cukup terjangkau. Selain sate, pengunjug juga bisa memesan makanan lain, seperti sayur asam, gulai, sop buntut serta berbagai minuman yang disediakan.

6. Bubur Setan Pasar Lama

Bubur Setan Pasar Lama

Lokasi: Gang rendah pasar lama, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Korantangerang.com

Bubur setan atau sering disingkat buset, merupakan kuliner Serang yang sedang naik daun. Bubur ini merupakan kuliner warisan Tiongkok yang diadaptasi oleh masyarakat Serang. Disebut bubur setan karena lokasinya yang sering berpindah-pindah, sehingga membuat pengunjung kebingungan.

Berdiri sejak tahun 1963, sekarang bubur setan telah memiliki tiga cabang, sehingga Anda tidak perlu lagi kesusahan mencari lokasinya, yakni di Mangga Dua, Pasar Lama Serang dan Mall Ramayana Serang. Tempat makan ini buka setiap hari dari pukul 5 sore hingga 11 malam.

7. Rumah Makan Langganan Anda

Rumah Makan Langganan Anda

Lokasi: Jl. Kantor PDAM, No. 86 Kedalingan, Cipare, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Rumah-makan-langganan.business.site

Rumah makan ini terkenal karena olahan bandenganya yang lezat. Olahan bandenganya juga beragam, mulai dari goreng, rebus, sup, bakar, hingga dibuat sate. Anda bisa memilih menu sesuai selera dan keinginan Anda.

Menu unggulannya adalah ikan bandeng tak berduri yang menjadi primadona pelanggan. Selain itu ada sate bandeng yang lezat dan seringkali malah dijadikan buah tangan khas kota Serang. Rumah makan Langganan Anda buka setiap hari selama 24 jam penuh, sehingga Anda tak perlu khawatir terlambat datang.

8. Pecak Bandeng Sawah Luhur

Pecak bandeng Sawah Luhur

Lokasi: Jl. Pontang KM.10, Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kota Serang. – Image Credit by Backpackerjakarta.com

Berdiri di pinggir tambak ikan bandeng dan jauh dari keramaian jalan raya sertas riuh perkotaan, membuat suasana warung ini asri dan tenang. Pecak sendiri merupakan sambal pedas yang kemudian digabungkan dengan ikan bandeng. Berdiri sejak tahun 2010, rumah makan ini menawarkan menu makanan tradisional khas Serang.

BACA:  15 Oleh-Oleh Khas Tangerang Paling Populer

Pecak Bandeng Sawah Luhur buka dari hari senin sampai Sabtu, yang dimulai sejak jam 9 pagi dan tutup sekitar jam 6 sore. Menu andalannya adalah pecak bandeng, menu lainnya berupa makanan khas Serang yang Anda bisa Anda nikmati dengan harga yang terjangkau.

9. Bebek Goreng Hj. Slamet

Bebek Goreng Hj. Slamet

Lokasi: Jl. Mayor Safei No.2, Pocis, Kotabaru, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Panggon.com

Restoran yang terkenal berkat berbagai olahan menu bebek ini, tentunya sudah tidak asing bagi Anda, yang memiliki kecintaan pada masakan berbahan dasar unggas berkaki dua ini. Menu yang sering di rekomendasikan oleh pengunjung adalah bebek bakar dan goreng yang empuk hingga ke tulang, yang ditemani sambal maupun lalapan.

Buka setiap hari dari pukul 10 pagi hingga 10 malam, tempat makan ini tidak hanya menyediakan menu bebek saja. Anda bisa mencicipi menu lainnya, seperti otak-otak, pangsit keju, lumpia dan berbagai macam gorengan. Satu porsi bebek goreng dihargai 95.000 rupiah, sedang untuk setengah porsinya dibanderol harga 47.000 rupiah saja. Terjangkau bukan?

10. Warung Gonjleng

Warung Gonjleng

Lokasi: Cipare, Kec. Serang, Kota Serang. – Image Credit by Dayanaikhrsm25.blogspot.com

Warung ini berlokasi tepat di depan Hotel Cilegon, sehingga tidak pernah sepi pembeli. Menu andalannya berupa rabeg, makanan khas Serang yang biasanya hanya bisa ditemukan ketika ada pernikahan dan hajatan besar lainnya. Bahan utamanya adalah daging kambing yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan rasa yang lezat.

Kuliner rabeg konon telah ada sejak masa kepemimpinan Sultan Hasanudin, yang berarti rabeg merupakan kuliner yang resepnya diwariskan secara turun temurun. Menu lainnya berupa nasi gonjleng yang berisi nasi dengan aroma rempah yang disajikan bersama gulai. Warung gonjleng buka dari jam 7 pagi dan tutup jam 8 malam tiap harinya.

Itulah 10 tempat makan di Serang yang tidak boleh Anda  lewatkan apabila berkunjung kesana. Anda bisa mampir ke daftar tempat makan tersebut untuk mencicipi beragam masakan tradisional khas Serang yang tidak akan Anda temukan di tempat lain.