Taman Kyai Langgeng, Tempat Rekreasi Keluarga Favorit di Magelang

Taman Kyai Langgeng, Tempat Rekreasi Keluarga Favorit di Magelang

Selain terkenal dengan kemegahan Candi Borobudur, Magelang juga memiliki taman rekreasi Kyai Langgeng dengan pesona alam yang menawan dan wahana yang lengkap sebagai tujuan rekreasi keluarga dan edukasi favorit.

Harga Tiket: Rp 30.000, Jam Operasional: 08.00-14.00 WIB, Alamat: Jl. Cemp. No.6, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah; Map: Cek Lokasi

Magelang adalah salah satu kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah. Salah satu yang menjadikan Kota Magelang terkenal adalah Candi Borobudur yang termasuk dalam keajaiban dunia. Selain itu, wajik week juga menjadi ikon kuliner milik Kota Magelang. Kota ini juga memiliki banyak destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Taman Kyai Langgeng adalah salah satu objek wisata menyenangkan bagi siapa saja yang mengunjunginya. Objek wisata ini sangat dianjurkan bagi yang akan berlibur dengan membawa rombongan keluarga. Di tempat ini para wisatawan akan mendapat edukasi baru dengan kemasan yang menarik tentunya. Selain itu berbagai wahana disediakan di tempat ini sebagai sarana penunjang wisata.

Bagi para wisatawan yang sedang berada di Magelang, selain merencanakan liburan ke Candi Borobudur jangan lupa juga untuk berwisata ke Taman Kyai Langgeng ini. Sangat disayangkan jika Anda melewati objek wisata keluarga satu ini.

Daya Tarik yang Dimiliki Taman Kyai Langgeng

Daya Tarik Taman Kyai Langgeng

Image Credit: Google Maps (Danoenk Haircut)

Taman Wisata Kyai Langgeng memiliki daya tarik tersendiri yang mampu menjadikan tempat ini sebagai sasaran utama untuk wisata keluarga. Taman ini hampir mirip dengan tempat wisata Dufan Ancol yang terletak di Jakarta. Hanya saja taman yang berada di Magelang ini dalam versi mininya Ancol. Dengan beberapa daya tarik yang dimiliki seperti:

1. Destinasi Wisata Edukatif

Tempat wisata ini sangat direkomendasikan bagi wisata keluarga. Pasalnya anak-anak maupun orang dewasa akan mendapat berbagai edukasi di tempat ini. Tentu saja pembelajaran di tempat wisata ini sangat menyenangkan dan tidak membosankan. Hal ini juga didukung dengan lingkungan yang asri dan juga sejuk dengan berbagai pepohonan yang mengitarinya.

Tempat ini dikatakan edukatif karena memiliki infrastruktur yang dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bagi para pengunjung. Di antara penunjang pembelajaran tersebut yaitu adanya replika pesawat terbang yang bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Lalu adanya tanaman langka dan juga taman satwa yang disertai dengan nama latin dan penjelasan serta adanya desa buku yang menarik.

BACA:  Candi Cetho, Candi Hindu Dengan Pesona Alam Menakjubkan

2. Fasilitas Wahana yang Memadai

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa taman ini hampir mirip dengan Dufan Ancol dengan berbagai suguhan wahana yang ditawarkan. Wahana yang ada di taman ini pun dikelompokan berdasarkan kategorinya masing-masing. Terdapat wahana petualangan, wahana air, dan juga wahana permainan.

Di dalam kategori wahana tersebut, terdapat berbagai wahana yang mengasyikkan dan menarik untuk dikunjungi. Misalkan ada flying fox, kereta mini, bioskop 6D, dan juga mobil keliling bagi yang ingin berpetualang di wilayah taman ini. Sedangkan untuk wahana air terdapat kolam renang, becak air dan sebagainya. Untuk permainan pun tak kalah menarik juga seperti adanya becak mini dan bianglala.

Alamat & Rute Menuju Lokasi Taman Kyai Langgeng

Alamat Kyai Langgeng

Image Credit: Google Maps (Chusnatul Ashfiyyah)

Lantas, di Magelang sebelah mana Taman Kyai Langgeng ini berada? Taman ini berada tepat di Kemirirejo, Kecamatan Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah. Bagi yang belum mengetahui lokasi ini, maka Anda bisa mengetikkan di google maps nama tempat wisata ini dan tentunya akan ditunjukkan keberadaannya.

Sedangkan untuk rute menuju lokasi maka Anda bisa memanfaatkan gps yang ada di google maps karena lokasi tempat ini sudah tersedia di maps. Bagi pengunjung yang berasal dari arah Jogja, maka Anda bisa mengambil jalan utama Jogja-Magelang yang kemudian melalui Mungkid dan kemudian bertemu dengan Artos Mall. Setelah itu ambil arah menuju Akademi Militer lalu maju sekitar 3 km untuk sampai di tempat.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Kyai Langgeng

Harga Tiket Wisata Kyai Langgeng

Image Credit: Google Maps (Taman Kyai Langgen-Tempat Wisata Magelang)

Para wisatawan yang akan berkunjung ke taman ini tentu saja harus menentukan hari untuk berlibur dan yang pasti isi dompet jangan sampai lupa. Hari yang tepat untuk berlibur sudah pasti ketika weekend tiba. Akan tetapi untuk wisata satu ini lebih baik ketika weekday atau hari biasa saja. Hal ini dikarenakan perbedaan pada tiket masuk objek wisata ini.

Ketika para wisatawan memutuskan untuk berlibur di akhir pekan, maka akan dikenakan tiket masuk dengan harga Rp 30.000. Akan tetapi jika berkunjung di hari-hari biasa maka untuk tiket masuknya dipatok dengan harga yang lebih murah yaitu Rp 24.000 saja. Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08:00 WIB sampai dengan 17:00 WIB.

BACA:  10 Tempat Makan Enak di Pekalongan Favorit Wisatawan

Selain akan dikenakan biaya untuk tiket masuk, para wisatawan juga akan dikenakan beberapa biaya lainnya. Seperti untuk tiket parkir yang tentunya dibedakan antar jenis kendaraan. Untuk kendaraan roda dua akan dikenakan biaya Rp 2.000, dan untuk kendaraan roda empat seperti mobil Rp 5.000 dan untuk bis dikenakan biaya Rp 10.000.

Selain itu karena di taman ini juga disediakan berbagai wahana, maka bagi para wisatawan yang akan mencoba wahana tersebut akan dikenakan biaya tersendiri. Namun bagi para wisatawan yang tidak ingin mencoba wahana maka tidak akan dikenakan biaya masuk wahana tersebut.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Taman Kyai Langgeng

Kegiatan Menarik di Taman Kyai Langgeng

Image Credit: Google Maps (Taman Kyai Langgen-Tempat Wisata Magelang)

Karena basis dari taman ini yaitu sarana rekreasi yang edukatif, maka sudah tentu terdapat berbagai kegiatan menarik yang dapat dilakukan di taman ini. Bagi Anda yang akan berkunjung ke taman ini maka dapat melakukan berbagai kegiatan di antaranya:

1. Kegiatan Outbound

Taman rekreasi ini sangatlah cocok untuk dilakukan kegiatan outfoor di dalamnya meski keberadaannya di tengah kota. Hal ini dikarenakan taman ini memiliki hutan buatan dan tempatnya memang strategis dan mendukung untuk diadakannya outbound. Tak perlu khawatir untuk mengundang event organizer sebagai pemandu, karena di taman ini sudah tersedia pemandunya.

Tak heran jika banyak sekali yang berkunjung ke tempat ini dengan membawa rombongannya. Seperti keluarga besar, anak-anak sekolah, atau hanya sekedar anak muda yang bermain bersama temannya ke taman ini.

2. Mengelilingi Taman dengan Kereta Air

Selain didesain dengan adanya hutan buatan di tengah kota, Taman Kyai Langgeng pun lokasinya juga tidak jauh dari keberadaan Sungai Bangkong. Meski berdekatan dengan keberadaan sungai alami, akan tetapi di tempat wisata ini juga dibuat sungai buatan untuk menunjang kegiatan rekreasi tersebut. Banyak wahana air yang disuguhkan oleh tempat wisata ini.

Kereta air merupakan salah satu wahana air yang dapat dinikmati oleh para wisatawan dari berbagai kalangan umur. Kereta air ini menjadi salah satu alternatif bagi siapa saja yang ingin menikmati keindahan taman ini tetapi tidak ingin berjalan kaki. Dengan menaiki kereta ini maka para wisatawan akan mengelilingi taman ini dengan cara menyusuri sungai buatan ini.

3. Menonton Bioskop 6 Dimensi

Salah satu wahana penunjang pembelajaran di taman ini adalah adanya bioskop 6 dimensi yang tentunya sangat sayang jika dilewatkan begitu saja. Jika sebuah bioskop menyuguhkan film dalam 3 dimensi maupun 4 dimensi, hal itu sudah biasa di mata para wisatawan. Akan tetapi untuk bioskop di taman ini dirancang dan ditampilkan dengan 6 dimensi.

BACA:  10 Wisata Kuliner di Jepara yang Enak & Wajib Anda Coba

Akan menjadi sebuah pengalaman baru jika Anda berkunjung ke tempat ini. Banyak hal unik yang dikemas dalam kegiatan kali ini.

Kegiatan di Taman Kyai Langgeng

Image Credit: Google Maps (Indar Fitriyaningsi)

4. Mengendarai Sepeda Tandem

Bagi para wisatawan yang menyukai kegiatan gowes atau sepedaan, maka di taman ini juga disediakan tempat penyewaan sepeda. Sepeda milik taman ini sangatlah khas karena berupa sepeda tandem. Jika normalnya sebuah sepeda dikayuh oleh satu orang saja, akan tetapi jika Anda menyewa sepeda tandem maka dibutuhkan dua orang untuk mengayuhnya.

Kegiatan bersepeda ini tentunya membutuhkan kekompakan dari dua orang yang mengayuhnya. Tanpa adanya kekompakan, maka dapat dipastikan orang yang mengendarainya akana jatuh dari sepeda tandem ini. Harga penyewaan sepeda tandem ini sangatlah murah yaitu Rp 10.000 saja maka Anda sudah dapat mengelilingi taman ini dengan sepeda tandem.

5. Berfoto di Berbagai Spot Keren

Untuk para wisatawan yang sedang berlibur, tentu ingin sekali untuk mengabadikan momen terindah tersebut. Di taman ini banyak spot foto menarik dan juga instagramable dengan latar alam maupun wahana. Di taman ini juga terdapat penyewaan fotografer jika Anda menginginkan hasil yang asthetic.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Kyai Langgeng Magelang

Fasilitas di Taman Kyai Langgeng

Image Credit: Google Maps (Anton Rahmadi)

Hal terakhir yang memiliki peran penting agar semua kegiatan bisa berjalan lancar yaitu fasilitas yang memadai. Tanpa adanya fasilitas sudah tentu tempat wisata ini tidak akan menarik. Untuk tempat wisata kali ini yaitu Taman Kyai Langgeng yang memiliki berbagai fasilitas untuk para wisatawan di antaranya area parkir yang sangat luas. Untuk kendaraan jenis bus juga mampu untuk parkir di area parkir.

Selain adanya area parkir, di tempat wisata ini juga terdapat mushola yang disediakan bagi umat Islam yang akan melakukan ibadah. Untuk toilet pun juga disediakan di beberapa titik wisata demi kenyamanan para pengunjung.

Bagi para pengunjung yang merasa lapar, jangan risau karena di tempat ini juga terdapat food court di dekat area parkir dan juga toko souvenir bagi yang ingin membeli buah tangan untuk keluarga.

Itulah berbagai ulasan mengenai Taman Kyai Langgeng yang berada di Magelang. Selain berkunjung ke Candi Borobudur, jangan lupa untuk berkunjung ke taman wisata ini juga saat liburan dan berakhir pekan bersama keluarga!