Taman Pintar salah satu taman rekreasi yang populer di Yogyakarta untuk kegiatan bermain dan belajar. Wisata edukasi ini menawarkan beragam wahana menarik, seperti wahana bahari, science theater, kampung kerajinan hingga playground.

Harga Tiket: Rp 18.000, Jam Operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, DI Yogyakarta; Map: Cek Lokasi

Yogyakarta memiliki banyak wisata yang menarik, dari wisata alam hingga wisata edukasi. Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu wisata edukasi yang sering dikunjungi oleh pelajar dan wisatawan. Di dalam taman edukasi ini, Anda bisa menemukan berbagai informasi menarik yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan.

Untuk Anda yang ingin berwisata dan belajar sekaligus, mengunjungi taman di Yogyakarta ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Apalagi harga tiket yang ditawarkan cukup terjangkau, hal yang membuat tempat wisata ini lebih unggul dibandingkan dengan tempat lain di daerah Yogykarta.

Akses menuju tempat wisata ini juga mudah dijangkau, dekat dengan jalan raya dan pusat oleh-oleh Malioboro, Anda bisa berwisata, menambah ilmu pengetahuan dan berbelanja setelahnya. Jika tertarik untuk datang ke Taman Pintar, berikut adalah beragam informasi penting yang perlu Anda ketahui.

Wahana yang Ditawarkan Taman Pintar Yogyakarta

Wahana Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Gracia Luciana)

1. Wahana Kampung Kerajinan

Anda bisa melihat berbagai kerajinan tangan khas daerah pedesaan dan kota Yogyakarta. Berbagai kerajinan tersebut sudah jarang ditemukan saat ini, diantaranya ada gegabah, batik yang dibuat dengan teknik tulis, berbagai model canting, kaos yang dilukis, serta gerabah yang dilukis.

Pada bagian ini, tidak hanya anak-anak yang dapat belajar, namun orang tua juga dapat berperan aktif untuk mengajari anak berbagai kerajinan yang tersedia disana. Sehingga pembelajaran dan edukasi antara orang tua dan anak dapat berjalan dengan maksimal.

2. Playgoriund Area

Di Taman Pintar Yogyakarta, tidak hanya area belajar yang ramai dikunjungi oleh anak-anak, area playground juga menjadi tempat wajib untuk didatangi. Pada bagian ini, anak-anak bisa bermain dan melakukan kegiatan fisik, diantaranya bermain jungkat-jungkit hingga memasuki terowongan pohon.

Di area tersebut, juga terdapat pembangkit listrik sederhana yang bisa dilihat oleh anak-anak, lengkap dengan penjelasannya, sehingga anak-anak bisa ikut belajar. Di playground area juga terdapat gong perdamaian, berukuran besar dan bisa dimainkan oleh anak-anak. Tersedia pula sepeda spectrum warna untuk anak-anak yang ingin belajar warna visual.

3. Wahana Bahari

Sungai buatan bisa Anda temukan di area Taman Pintar, yang dibuat khusus untuk kegiatan air dan bahari. Meski sungai buatan ini tidak besar, namun ia tetap bisa digunakan untuk beraktifitas anak-anak dan wisatawan yang berkunjung disana.

Sungai buatan ini dibuat mengelilingi area taman ini, jadi jika Anda ingin mengelilingi area wisata dengan cara yang berbeda, Anda bisa menyewa perahu. Nantinya Anda bisa mengitari berbagai area permainan yang ada disana dan menikmati pemandangan menarik yang tersaji di taman edukasi ini.

Wahana Taman Pintar Yogyakarta
Image Credit: Google Maps (Wage Aji)

4. Teater Sains

Area teater memang mampu menampung jumlah wisatawan yang terbatas, untuk satu kali penayangan teater, Anda bisa masuk bersama dengan 50 sampai 60 orang saja. Anda yang masuk bisa menikmati berbagai film sains yang diputar disana.

Seperti berbagai area lain di Taman Pintar, untuk masuk di area ini, Anda tidak perlu membayar sebab sudah termasuk dalam tiket masuk. Di dalam teater tersebut, kadang terdapat praktikum dan demo sains yang bisa diikuti oleh wisatawan.

5. Perpustakaan

Fasilitas lain yang tersedia dan cukup menarik adalah perpustakaan, dimana pengunjung dapat menemukan berbagai macam buku yang disusun secara rapi oleh pengelola. Untuk menemukan buku, Anda bisa menelusuri tiap rak atau menggunakan komputer yang disediakan untuk tujuan tersebut.

Di dalam komputer, Anda juga bisa melihat berbagai video dan film yang tersedia, sehingga untuk Anda yang memiliki model belajar audio visual, langsung duduk dan menikmati videonya menjadi pilihan yang direkomendasikan. Di perpustakaan juga sering dilakukan pertunjukkan boneka yang dapat dilihat pengunjung.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Taman Pintar

Alamat Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Muhlison)

Anda dapat menuju Taman Pintar dengan datang ke lokasi di Jalan Panembahan Senopati, No. 1-3. Anda bisa datang menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum, sebab akses menuju tempat wisata ini sudah masuk dalam rute kendaraan umum di Yogyakarta, khususnya Trans Jogja.

Lokasinya juga tidak jauh dari Malioboro maupun Bank Indonesia Yogyakarta, Anda bisa berjalan kaki jika sebelumnya datang dari area Malioboro. Karena cukup strategis, Anda bisa langsung menuju ke tempat wisata lain yang ada di sekitar taman edukasi ini, yakni Taman Budaya, Gedung Agung dan juga Benteng Vredeburg.

Rute ke lokasi taman cukup mudah diingat, Anda bisa berjalan jika memulainya dari Malioboro. Anda juga bisa naik kendaraan pribadi mulai dari arah kota Yogyakarta. Cukup dengan mengikuti jalan menuju Malioboro, Anda bisa langsung menemukan Taman Pintar di dekatnya.

Harga Tiket Masuk Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Harga TiketTaman Pintar
Image Credit: Google Maps (Muhammad Muhlison)

Untuk tiket masuk, Taman Pintar memiliki harga yang relatif terjangkau, Anda bisa datang secara pribadi atau langsung datang model rombongan. Anda hanya perlu membayar 10 ribu rupiah bagi anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa sekitar 18 ribu rupiah saja.

Harga tersebut hanya harga tiket masuk saja, jika Anda ingin menikmati berbagai wahana lain yang ada di taman ini, Anda harus membayar tiket tambahan. Meski menggunakan sistem yang demikian, namun harga tiket tambahan juga tidak begitu mahal.

Ada beberapa pilihan wahana yang bisa Anda ikuti, diantaranya adalah program kreativitas dari kreasi batik, gerabah hingga lukis kaos. Untuk mengikuti program tersebut, Anda bisa membayar sekitar 10 ribu hingga 35 ribu rupiah untuk satu orang.

Sedangkan wahana lain yang ada dan perlu biaya tambahan adalah Planetarium, PAUD yang ada di Barat dan Timur, Wahana Bahari, Dino Adventur, Teater 4 dimensi dan beberapa wahana lainnya. Jangan khawatir, sebab tersedia fasilitas informasi dan brosur yang bisa Anda manfaatkan.

Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Pintar

Kegiatan di Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Agus Prianto)

1. Bermain Sambil Belajar

Tidak hanya bermain di area Taman Pintar, Anda juga bisa belajar di berbagai wahana yang tersedia. Tersedia banyak wahana yang bisa Anda manfaatkan untuk belajar dan bermain, diantaranya adalah playground sebagai area bermain, kampong kerajinan dan gedung planetarium untuk belajar.

Tidak hanya anak-anak saja yang bisa belajar dan menambah pengetahuan, namun orang tua dan pendamping yang datang juga bisa belajar dan menikmati berbagai wahana yang ada. Tempat wisata ini tepat untuk Anda yang memang ingin datang ke Yogyakarta untuk berwisata sekaligus menambah pengetahuan.

2. Menikmati Wahana yang Menarik

Wahana yang ditawarkan cukup beragam, ada sekitar 35 zona yang bisa Anda masuki, baik untuk bermain atau edukasi. Tersedia pula sekitar 35 ribu permainan yang bebas dimainkan oleh pengunjung yang datang.

Semua wahana yang ada di Taman Pintar Yogyakarta dikelompokkan sesuai dengan tema dan objek pengetahuan. Misalnya untuk Anda yang tertarik dengan fisika, Anda bisa masuk ke wahana fisika yang tersedia. Begitu pula dengan tema pengetahuan yang lain, seperti biologi, astronomi, dan juga kreasi budaya.

3. Melihat Teater Edukasi

Di taman edukasi ini terdapat teater yang secara rutin akan menayangkan berbagai video dan film edukasi. Anda bisa masuk kesana secara rombongan, sehingga tidak perlu menunggu lama untuk menikmati film yang hendak ditayangkan.

Untuk satu kali masuk, Anda bisa bersama sekitar 50 orang, namun jangan khawatir karena tempat duduk dan fasilitasnya yang ada di dalamnya cukup baik. Anda juga bisa menikmati agenda lain, seperti pameran pengetahuan yang sering dilakukan disana.

Kegiatan Seru di Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Taman Pintar Yogyakarta)

4. Melihat Budaya Khas Yogyakarta

Ada banyak budaya khas Yogyakarta yang bisa Anda lihat disana, ini cocok untuk Anda yang ingin melihat secara langsung berbagai kebudayaan khas Yogyakarta di masa yang lampau. Apalagi saat ini, budaya tersebut sudah tidak jarang ditemukan di masyarakat.

Bentuk budaya yang ditampilkan tidak hanya berbentuk fisik, namun juga berbentuk budaya dan kultur, seperti pembuatan seni batik menggunakan canting. Anda juga bisa menemukan budaya khas Yogyakarta dalam berbagai aktivitas masyarakat di area sekitar Taman Pintar.

5. Menikmati Tempat Wisata Lainnya

Selain menikmati berbagai fasilitas dan wahana yang ada, Anda juga bisa menikmati berbagai tempat wisata lain yang ada di area sekitar taman bermain ini. Beberapa tempat wisata tersebut antara lain Malioboro, Taman Budaya, Benteng Vredeburg, hingga Keraton Yogyakarta yang jaraknya tidak begitu jauh.

Apalagi akses dan lokasi Taman Pintar yang ada di pusat kota Yogyakarta, Anda bisa menuju kemana saja dari taman ini, baik untuk mengunjungi tempat wisata yang lain ataupun menuju ke fasilitas umum yang ada di Yogyakarta. Anda yang ingin datang dan menikmati banyak wisata, bisa memulainya dari taman edukasi di Yogyakarta.

Fasilitas yang Tersedia di Taman Pintar Yogyakarta

Fasilitas di Taman Pintar
Image Credit: Google Maps (Shally Ayuchintya)

Tidak kalah dengan tempat wisata lain yang ada di Yogyakarta, ada banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan di area ini, diantaranya adalah:

1. Parkir yang Luas

Karena merupakan tempat wisata yang banyak dikunjungi setiap tahunnya, Anda tidak perlu khawatir mengenai masalah tempat parkir. Tempat parkir yang tersedia cukup luas, selain itu keamanannya cukup baik sehingga Anda bisa menikmati wahana dengan aman.

2. Toilet atau Kamar Kecil

Selanjutnya terkait dengan toilet dan kamar mandi, karena merupakan tempat wisata dengan area yang luas, Anda bisa menemukan toilet dan kamar mandi di area Taman Pintar Yogyakarta yang tersebar di banyak tempat. Toilet dan kamar mandi tersebut dalam keadaan bersih dan siap untuk digunakan.

3. Ruang Kesehatan

Selain fasilitas yang biasanya ada di tempat wisata, Anda bisa menemukan ruang kesehatan jika Anda maupun pengunjung lain mengalami kecelakaan atau kurang enak badan. Disana tersedia peralatan pertolongan pertama yang cukup lengkap dan bisa digunakan oleh pengunjung.

4. Pelayanan Pengunjung

Berikutnya adalah pelayanan pengunjung yang baik, Anda bisa bertanya mengenai jalan, wahana, dan berbagai informasi lain di pusat layanan yang tersedia. Jadi Anda tidak khawatir tersesat atau kebingungan ketika berada disana.

Demikianlah informasi singkat mengenai berbagai wahana yang ada di Taman Pintar Yogyakarta, semoga bisa membantu Anda yang hendak datang kesana dalam waktu dekat. Taman Pintar bisa menjadi tempat yang tepat untuk Anda yang ingin datang untuk berwisata bersama keluarga.