Bukit Bintang, Destinasi Wisata Malam Romantis di Jogja

Bukit Bintang Jogja

Bukit Bintang memberikan sensasi melihat cantiknya pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Destinasi wisata malam nan romantis dan tempat nongkrong favorit di Yogyakarta.

Lokasi: Srimulyo, Kec. Patuk, Kab. Gunung Kidul.
Map: Cek Lokasi

Wisata di kota Jogja seakan tak ada matinya. Geliatnya selalu bersemangat menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Wisatawan yang berkunjung ke kota ini tidak akan pernah kebingungan bagaimana cara menghabiskan waktu. Karena tidak hanya siang hari, malam adalah waktu yang juga dapat digunakan untuk menjelajah Jogja.

Siapapun yang ingin melihat wajah malam kota Jogja harus menyempatkan diri datang ke tempat ini. Namanya, Bukit Bintang. Terletak di Kabupaten Gunung Kidul, salah satu destinasi wisata malam ini menawarkan wisatawan melihat malam Jogja dari ketinggian. Bukit ini terletak di atas bukit perbukitan Pathuk.

Sudut pandang merupakan sesuatu hal yang mahal. Maka, jika ada suatu tempat yang menawarkan sudut pandang baru, Anda tidak perlu ragu lagi untuk mendatanginya. Bukit Bintang menawarkan point of view baru untuk melihat keindahan kota Jogja.

Daya Tarik yang Dimiliki Bukit Bintang Jogja

Daya Tarik Bukit Bintang Jogja

Image Credit: Twitter.com @xploreindokita

1. Suasana Malam Jogja

Indahnya malam Jogja pasti diamini oleh wisatawan yang pernah menghabiskan malamnya di kota ini. Istimewanya malam Jogja dari ketinggian begitu terasa ketika pengunjung berada di bukit ini.

Melihat kerlap kerlip aktivitas Jogja di malam hari, di temani bintang-bintang yang tersebar memenuhi gugusan langit dan angin malam di pegunungan.

Hal ini bisa wisatawan nikmati tanpa terhalang apapun. Tidak ada pagar pembatas yang menghalangi, hanya diri sendiri dan bentangan alam kota Jogja. Sungguh suasana yang romantis untuk dinikmati bersama dengan orang-orang terkasih.

2. Surga Bagi Pecinta Fotografi

Panorama yang ditawarkan Bukit Bintang sangatlah apik baik siang maupun malam hari. Ketika siang hari, wisatawan dapat melihat deretan perbukitan hijau dengan hiasan rumah-rumah warga di bawah sana. Nampak pula jalan-jalan yang membelah kota. Saat cuaca cerah, dapat dilihat gagahnya Gunung Merapi dan Merbabu.

Ketika malam hari, wisatawan dapat menikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Kerlap kerlip lampu terlihat harmoni dan bersinar di tengah gelapnya suasana malam hari. Pada waktu tertentu sesuai dengan siklusnya, bulan akan terlihat menemani malam Anda. Cahaya kendaraan yang bergerak-gerak menambah semarak pemandangan yang terlihat.

Pagi pecinta fotografi, Anda tidak akan kehabisan spot untuk mengambil gambar di lokasi ini. Pengunjung dapat memanfaatkan spot gardu pandang dan kursi beton panjang yang ada.

3. Wisata Kuliner

Di bukit cantik ini berjajar tempat yang menjual makanan dan minuman. Mulai dari warung-warung kecil hingga restoran berjajar di lokasi ini. Menu yang disajikan adalah menu khas daerah pegunungan yang dingin.

BACA:  25 Tempat Wisata di Sleman Terbaru & Lagi Hits Dikunjungi

Anda dapat menikmat hangatnya secangkir kopi dan teh ditemani dengan roti bakar dan jagung bakar. Tersedia pula menu seperti wedang jahe, kopi, dan bandrek. Harga yang ditawarkan untuk semua menu cukup terjangkau di kantong.

Atau jika menginginkan suasana lebih berkelas, Anda bisa datang ke resto yang ada di Bukit Bintang ini. Restoran ini memiliki konsep outdoor dan berada di lokasi yang strategis sehingga mudah ditemukan.

Daya Tarik Bukit Bintang

Image Credit: Instagram.com @hikari_shiro

4. Spot untuk Melihat Sunset

Salah satu yang dapat wisatawan temui ketika berkunjung sebelum malam datang adalah matahari tenggelam. Matahari tenggelam di sini terkenal indah. Dengan perpaduan antara pegunungan Jogja, pemandangan gunung Merapi dan Merbabu serta hamparan hijau kota Jogja membuat setiap mata yang melihatnya akan tertawan.

5. Melihat Aktivitas Bandara

Dari atas bukit pengunjung akan mendapat pemandangan aktivitas Bandara Adisucipto. Dari sini akan nampak proses kedatangan dan keberangkatan pesawat. Anda dapat memperhatikan perjalanan pesawat dan hilir mudiknya hingga pada ketinggian dan jarak tertentu.

Alamat, Rute Lokasi & Harga Tiket Bukit Bintang

Rute Bukit Bintang

Image Credit: Facebook.com @tribunjogjafanspage

Tempat wisata ini terbilang berada di lokasi yang mudah dijangkau oleh pengunjung karena berada di pinggir jalan utama. Akses menuju Bukit Bintang ini dilewati oleh kendaraan umum sehingga Anda yang tak memiliki kendaraan pribadi dapat berkunjung ke sini dengan mudah.

Namun, kendaraan umum tidak beroperasi selama 24 jam penuh sehingga perlu diperkirakan waktu jika ingin datang menggunakan kendaraan umum. Biasanya kendaraan umum akan berhenti beroperasi ketika matahari tenggelam. Alternatif lain, pengunjung dapat menginap di penginapan yang tersedia di sekitar bukit.

Letak Bukit Bintang termasuk pada wilayah Kabupaten Gunung Kidul yang berbatasan dengan Kabupaten Bantul. Lokasi tepatnya berada di Dusun Plesetan RT 05, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan.

Berada di kawasan Pathuk, bukit ini berada di Jalan Yogyakarta KM 15. Untuk sampai ke sini, Anda cukup melewati jalan menuju Wonosari, Gunungkidul. Bukit Bintang terletak di pinggir jalan sebelum Kecamatan Pathuk dan setelah menanjak dari kawasan Piyungan.

Jika berangkat dari kota Yogyakarta, Anda dapat menuju Jalan Yogyakarta-Wonosari, kemudian jalan terus menuju Piyungan. Ikutilah jalan hingga menemukan jalan yang menanjak. Setelah sampai di tikungan Bokong Semar, lanjutkan perjalanan menuju Hargo Dumilah. Anda akan menghabiskan waktu sekitar 30 menit perjalanan untuk melewati Yogyakarta menuju lokasi bukit yang berjarak sekitar 20 km.

Bukit Bintang berada di bawah pengelolaan pemerintah daerah dan masyarakat setempat. Kawasan yang terletak di pinggir jalan ini tidak memungut biaya untuk tiket masuk memasuki wilayah. Pengunjung hanya akan ditarik tiket untuk kendaraan yang Anda bawa. Biaya satu kali parkir untuk sepeda motor adalah Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil dan kendaraan roda empat lainnya.

BACA:  Candi Ratu Boko, Wisata Situs Purbakala Kaya Pesona di Yogyakarta

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Bukit Bintang Jogja

Kegiatan di Bukit Bintang Jogja

Image Credit: Instagram.com @nurainii_399

1. Makan Malam Bersama Keluarga

Bukit ini menawarkan suasana romantis yang dapat digunakan untuk mempererat suasana kekeluargaan. Pemandangan malam yang cantik dan menawan menambah suasana menyenangkan yang di dapat. Kerlap-kerlip lampu perkotaan menjadi hiasan yang dapat dinikmati dari mulai hingga selesai makan,

Kegiatan makan malam, bagi keluarga tertentu menjadi sebuah ritual yang digunakan untuk mengetahui kabar masing-masing anggota keluarga. Momen ini dapat dimanfaatkan untuk menguatkan ikatan dalam keluarga jika disertai suasana yang hangat.

Malam di Bukit Bintang yang dingin dan makan bersama adalah perpaduan yang sangat baik untuk dilakukan bagi wisatawan yang ingin menikmati waktu bersama keluarga. Tertawa bersama sambil menikmati makanan kesukaan akan jadi sangat istimewa seperti latarnya, Jogja istimewa.

2. Berfoto Ria

Bukit Bintang merupakan tempat dengan suasana yang bukan main indah ketika menjelang malam dan malam hari. Kawasan yang tepat untuk mengabadikan kejadian apapun yang terjadi di sini. Atau menyengaja datang untuk mengambil objek potret di lokasi ini.

Ada banyak sekali spot yang dapat dimanfaatkan untuk mengambil gambar. Hamparan kota Jogja dengan kerlap kerlip lampu kota yang bersinar terang, bulan yang menggelantung di langit menjadi salah satu dari banyak hal yang dapat dimanfaatkan untuk berfoto.

Ada juga berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola untuk digunakan oleh pengunjung. Spot ini umumnya sengaja dibuat untuk menunjang kepentingan ambil gambar pengunjung. Anda bisa berfoto dari atas gardu pandang, kursi panjang, dan spot khusus yang ada di tempat makan masing-masing.

3. Melamar

Suasana romantis sangat kental ada di bukit ini. Beberapa tempat makan menghadirkan konsep outdoor dengan menggunakan cahaya temaram yang hangat. Bintang-bintang bertebaran memenuhi langit di atas sana. Angin sepoi-sepoi ringan akan menemani Anda menghabiskan waktu di bukit dengan ketinggian 150 mdpl ini.

Suasana tadi sangat pas jika digunakan untuk membicarakan masalah yang serius yang berkaitan dengan masa depan. Suasana tenang akan menghadirkan jiwa pada setiap pembicaraan yang hendak dibahas. Mungkin, Anda dapat menggunakan latar ini sebagai tempat untuk momen berharga di hidup Anda seperti melamar orang yang Anda sayangi.

BACA:  Goa Pindul Yogyakarta, Menyusuri Sungai Bawah Tanah yang Menakjubkan

Anda dapat bekerja sama dengan pengelola tempat makan terkait rencana baik yang ingin digelar sehingga efek kejut akan dirasa oleh pasangan. Selamat menciptakan momen yang indah dalam hidup Anda!

4. Nongkrong

Berkumpul bersama kawan-kawan menjadi waktu yang sangat ditunggu bagi sebagian besar orang. Di waktu ini, orang biasanya akan membagikan beban yang ada di hidupnya hingga bercerita tentang apapun yang sedang dirasa. Kemudian pulang dengan jiwa baru yang lebih tenang dan tertata.

Nongkrong kadang bukan cuma soal bersama siapa, tapi di mana tempat menghabiskan waktu bersama. Tempat memberikan pengaruh yang begitu besar pada suasana obrolan karena suasana hati manusia mudah terpengaruh dengan suasana di sekitarnya.

Bukit Bintang bisa jadi tempat yang sangat ramah untuk berkumpul bersama kawan-kawan seperjuangan. Ada banyak tempat makan yang dapat didatangi mulai dari warung kecil di pinggir jalan hingga resto dengan makanan yang cukup tinggi.

Atau bisa saja jika Anda hanya ingin menikmati jagung bakar dan segelas bandrek di tepian bukit sambil menikmati panorama kota Jogja dari atas ketinggian. Tentu saja, ngopi bersama sahabat tak boleh dilupakan sebagai agenda nongkrong di sini.

5. Resepsi Pernikahan

Untuk Anda yang sedang merencanakan akan melangkah ke jenjang yang lebih serius, Anda bisa memasukkan Bukit Bintang ke dalam list tempat untuk resepsi Anda. Ada banyak pilihan tempat yang dapat Anda gunakan untuk acara ini.

Selain suasana unik dan baru, Anda akan mendapatkan hasil foto yang anti mainstream untuk hari bahagia Anda. Anda dapat menggunakan konsep outdoor sehingga indahnya pemandangan ketika malam hari dapat ditangkap oleh lensa kamera.

Anda dapat memulai acara ketika menjelang malam sehingga momen saat matahari tenggelam dapat diabadikan pula.

6. Mencoba Makanan Khas Pegunungan

Daerah bukit yang berada di ketinggian menawarkan berbagai makanan khas yang sesuai untuk dinikmati saat kondisi lumayan dingin. Makanan dan minuman sangat mudah Anda temukan di kawasan ini.

Fasilitas yang Tersedia di Bukit Bintang Jogja

Fasilitas di Bukit Bintang Jogja

Image Credit: Twitter.com @merapi_uncover

Sebagai salah satu tempat nongkrong favorit di Jogja, Bukit Bintang telah memiliki fasilitas yang lumayan memadai. Terdapat tempat makan yang romantis serta nyaman dengan makanan yang enak dan murah. Ada area khusus parkir kendaraan yang luas, serta toilet dan tempat ibadah.

Bagi wisatawan yang ingin menghabiskan malamnya di bukit ini, tersedia pula beberapa penginapan. Dengan tarif yang variatif, wisatawan tinggal memilih penginapan maupun hotel yang diinginkan. Beberapa hotel menyediakan spot foto yang menarik untuk dicoba.

Bukit Bintang menawarkan pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Dari tempat ini pengunjung akan dibawa memandangi hamparan lanskap kota Jogja tanpa halangan gedung maupun pepohonan.