Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 05.00-18.00 WIB, Alamat: Kampung Sentakdulang, Cikored, Mekarmanik, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jawa Barat; Map: Cek Lokasi

Curug Batu Templek merupakan salah satu objek wisata alam yang vital di Bandung. Tempat ini biasanya digunakan sebagai spot khusus bersepeda sambil menikmati pemandangan alam yang indah. Namun karena banyak pengunjung yang pamer eksotisme nya, saat ini wisatawan dari luar kota Bandung dibuat penasaran dan mengunjunginya.

Tidak sedikit pengunjung yang datang setiap harinya karena terkesan dengan keindahan yang dimiliki. Beberapa dari mereka bahkan menyempatkan diri kembali lagi atau mampir ketika dalam perjalanan. Curug atau air terjun ini memiliki ciri khas dari batu tebing yang cukup unik, mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain.

Terbentuknya air terjun yang mengalir indah diatas batu tebing tidak lain karena adanya aktivitas penambangan sebelumnya. Kawasan ini memang digunakan untuk penambangan batu, khususnya batu andesit yang memiliki nilai jual tinggi. Sebagian pengunjung bahkan tidak percaya kalau air terjun di Bandung ini terbuat secara alami karena ada bekas pahatan.

Daya Tarik yang Dimiliki Curug Batu Templek

Daya Tarik Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps owen yoga

Dinamakan Curug Batu Templek sepertinya sesuai dengan kondisi air terjunnya. Batu tebing berukuran tipis seperti lempengan terlihat menempel antara satu dengan lainnya. Ini adalah salah satu daya tarik yang dimiliki, untuk selengkapnya telah kami rangkum sebagai berikut!

1. Eksotisme Batu Tebing

Dari semua daya tarik yang dimiliki, batu tebing bisa dikatakan yang terbaik. Eksotisme nya mampu menyedot perhatian wisatawan supaya datang berkunjung. Bukan hanya dari warga lokal dan sekitar, wisatawan asing pun sesekali terlihat karena penasaran. Dari kejauhan, terlihat jelas keindahan batu yang tipis dan bertumpuk, di tengahnya ada air yang mengalir.

Warna batu semakin melengkapi keindahan Curug Batu Templek dengan warna kuning kecokelatan nya. Adapun warna lain yaitu sedikit kehitaman, dimana merupakan area yang selalu dialiri air. Batu tebing memiliki undakan dengan ukuran yang bervariasi, mirip seperti tangga yang tidak beraturan. Meski tidak semuanya dialiri air, namun sebagian besar kondisinya licin.

Gradasi warna yang tercipta secara alami membuat pemandangannya semakin eksotis. Selain warna kekuningan dan hitam karena aliran air, batu tebing yang tidak pernah dialiri air sama sekali memiliki warna putih. Jika kondisi cuaca cerah, keindahannya pun membuat hati yang memandangnya ikut cerah.

2. Suasana Asri dan Alami

Suasana di Curug Batu Templek tidak jauh berbeda dengan air terjun pada umumnya, terkesan asri dan alami. Banyaknya pohon rindang di sekitar lokasi lah yang menjadikan pemandangan memanjakan mata ini. Meskipun pohon tumbuh tidak beraturan, namun keberadaannya semakin membuat kesan alami.

Pohon rindang yang ada di sekitar curug dimanfaatkan wisatawan sebagai tempat berteduh. Menikmati indahnya air terjun semakin menarik sambil bersantai dan menyantap hidangan yang dibawa dari rumah. Tidak heran jika pengunjung yang datang betah berlama-lama, bahkan ada yang datang di pagi hingga siang hari.

3. Air Terjun Unik tanpa Kolam

Daya Tarik di Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps badrunsuradrun oke

Ketinggian Curug Batu Templek diperkirakan mencapai 50 meter dengan lebar yang batu tebingnya membentang sepanjang 300 meter. Untuk lebar air terjun sendiri mencapai 3 meter jika aliran airnya deras. akan semakin sempit jika berkunjung pada musim kemarau. Keunikan didapat dari aliran air yang tidak menuju kolam.

Air yang mengalir melewati beberapa undakan batu yang eksotis, kemudian langsung menuju sungai kecil dan berakhir ke hulu. Dikatakan unik karena pada umumnya air terjun selalu didampingi dengan kolam sebagai penadah air yang turun dari ketinggian. Tidak demikian dengan curug yang kita bahas ini, karena itulah dianggap unik.

Meskipun Curug Batu Templek tidak memiliki kolam, namun wisatawan tetap dapat bermain air di aliran sungai. Batu yang ada di aliran sungai tidak pernah gagal memanjakan mata. Oleh karena termasuk air terjun musiman, ada baiknya jika anda datang ketika musim hujan. Pasalnya, aliran air ketika musim kemarau sangat minim, jadi tidak begitu nampak pesonanya.

4. Sebagai Objek Foto

Bagi kalangan pemuda, mengunjungi objek wisata alam berupa air terjun kebanyakan bertujuan untuk mencari objek foto. Apabila anda termasuk tipe yang seperti ini, maka mengunjungi Curug Batu Templek tentunya tidak salah. Eksotisme air terjun secara keseluruhan memang cocok dijadikan objek foto utama.

Belum lagi aliran airnya yang perlahan namun pasti, semakin indah terlihat tentunya. Selain spit utama berupa air terjun, ada juga spot yang tidak kalah menarik dari batu tebing menjulang tinggi di sebelahnya. Memang tidak ada spot khusus yang dibuat pengelola, namun spot liar di sini dijamin memuaskan.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi

Alamat Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps badrunsuradrun oke

Untuk menikmati pesona yang dimiliki Curug Batu Templek, anda tidak perlu bersusah payah seperti mengunjungi air terjun di tempat lain. Lokasinya mudah dijangkau, akses jalannya pun cukup baik. Tetapi karena berada di dataran tinggi, jalanan yang harus dilalui sedikit menanjak dan berkelok.

Silahkan menuju ke Desa Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat apabila ingin mampir atau dengan niat awal berkunjung. Jarak dari pusat Bandung cukup dekat, hanya sekitar 13 kilometer menuju ke arah timur laut. Dengan rata-rata kecepatan kendaraan pada umumnya, diperkirakan akan tiba di lokasi dengan waktu 30 menit.

Misalkan saat ini anda berada di Alun-alun Bandung, rute terbaik mengunjungi Curug Batu Templek adalah dengan mengarahkan kendaraan menuju ke Kiara Artha Park yang terletak di Jalan Merdeka. Selanjutnya melintasi sepanjang Jalan Ahmad Yani, lalu ke Jalan AH Nasution. Berjarak kurang lebih 400 meter dari ATM BRI, silahkan belok kiri ke Jalan Pasir Impun.

Jalanan di titik ini mulai berkelok dan menanjak, sebaiknya berhati-hati dan tetap fokus. Apabila anda tiba di Zona Soccer Pasir Impun, artinya objek wisata tujuan berjarak 2 kilometer lagi. Terus ikuti jalu utama jalan raya hingga tiba di kawasan Babakan. Usahakan menggunakan aplikasi Google Maps supaya tidak tersesat, selain melihat rambu petunjuk tentunya.

Harga Tiket Masuk Wisata Curug

Harga Tiket Masuk Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps Bambang Sumanto

Pesona alam yang indah dan batu tebing eksotis Curug Batu Templek ternyata hanya dihargai dengan biaya masuk sebesar 5.000 rupiah. Sangat murah tentunya, mengingat keindahan ini belum tentu didapatkan di tempat lain. Perlu diketahui, ada beberapa tambahan biaya yang dibutuhkan, jadi silahkan disiapkan budget dari awal.

Tambahan yang dimaksud adalah retribusi parkir, dengan biaya 2.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 untuk mobil. Selain itu, ada lagi tambahan biaya jika anda ingin bermalam atau camping. Biaya ini digunakan untuk administrasi perizinan dengan harga 30.000 rupiah. Jika datang dengan tujuan camping, anda dapat bermalam di lokasi yang telah tersedia.

Aktivitas yang Menarik Dilakukan di Curug Batu Templek

Aktivitas Menarik Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps Arif ibdu

Setelah mengetahui daya tarik Curug Batu Templek dan juga letak persis lokasinya, sekarang kita bahas apa saja aktivitas yang menarik dilakukan. Tidak dapat di pungkiri bahwa aktivitas menjadi hal paling penting selama liburan supaya tidak membosankan.

1. Panjat Tebing

Bagi yang suka tantangan, silahkan mencoba serunya panjat tebing. Ketinggian tebing sama seperti air terjun, yakni sekitar 50 meter. Dengan ketinggian ini, adrenalin dipastikan naik drastis. Tidak masalah jika anda baru pertama kali ini melakukannya, karena ada pemandu yang siap mengajarkan bagaimana teknik memanjat yang baik dan benar.

2. Bersepeda Keliling Lokasi

Akses jalan yang cukup baik membuat aktivitas di Curug Batu Templek yang menarik adalah bersepeda. Berkeliling lokasi sambil memandang keindahan alam dan menikmati suasana sejuknya dijamin bakal lupa waktu. Aktivitas ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari, dimana udara masih terasa segar dan terlihat alaminya.

3. Berburu Spot Foto

Aktivitas Menarik di Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps Qiblat Hati

Aktivitas berikutnya adalah berburu spot foto, sepertinya wajib bagi semua wisatawan yang datang. Spot utama tidak lain adalah panorama air terjun yang dengan keindahannya mampu menghasilkan foto yang indah. Spot lain bisa menggunakan jembatan antung yang menghubungkan satu tebing dengan tebing lainnya, latar belakangnya pun tetap air terjun.

4. Berkemah

Tidak jauh dari lokasi Curug Batu Templek, terdapat sebuah tanah lapang yang dikhususkan bagi pengunjung yang ingin berkemah. Tidak terlalu luas, namun hamparan rumputnya menyejukkan mata. Lokasinya yang tidak terlalu jauh dari air terjun membuat suara gemercik air tetap terdengar jelas. Suasana malam yang seharusnya sepi pun menjadi ramai.

Fasilitas yang Tersedia di Kawasan Wisata

Fasilitas Curug Batu Templek
Image Credit: Google Maps David Wicaksono

Karena lokasinya yang strategis, objek wisata alam di Bandung ini memiliki fasilitas yang cukup memadai. Pertama adalah area parkir, sampai saat ini masih tergolong aman karena dijaga petugas. Selain itu, ada juga mushola yang hanya membutuhkan perjalanan kaki dari lokasi Curug Batu Templek.

Pengunjung yang basah karena bermain air bisa menggunakan toilet yang disediakan. Toilet ini juga digunakan sebagai tempat mandi atau bilas, juga keperluan air lainnya. Apabila lapar, silahkan menuju café yang memiliki konsep alam terbuka, yang mana dibangun dengan nuansa asri dan alami.

Objek wisata lam mash menjadi favorit sebagian besar pelancong dari penjuru nusantara. Alasannya sederhana, biasanya digunakan sebagai media refreshing atau healing dari padatnya aktivitas harian. Curug Batu Templek adalah salah satunya yang memiliki pesona untuk keperluan yang dimaksud, jadi pastikan anda menyempatkan diri untuk berkunjung.