Paralayang Batu menjadi pilihan aktivitas seru saat berwisata ke Kota Batu, Malang. Olahraga menantang sekaligus menikmati keindahan alam dari atas ketinggian yang dijamin menjadikan liburan Anda semakin berkesan.

Harga Tiket: Rp 10.000, Jam Operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl. Gunung Banyak, Songgokerto, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur; Map: Cek Lokasi

Paralayang adalah sebuah olahraga yang dilakukan dengan terbang bebas menggunakan bantuan parasut. Jenis olahraga ini boleh dimainkan oleh setiap orang dengan batasan usia minimal 18 tahun. Dimana permainan ini dilakukan bersama dengan instruktur profesional. Keamanan Anda akan dijamin saat Anda terbang di udara.

Salah satu lokasi permainan paralayang terbaik adalah Kota Batu, Malang. Paralayang memiliki peminat yang cukup banyak di Indonesia. Lokasi wisata tersebut tidak pernah sepi oleh pengunjung. Meskipun banyak pengunjung yang datang untuk menonton dan menyaksikan. Selain itu, ada pengunjung yang duduk dan menikmati keindahan alam.

Wisata pemacu adrenalin ini sangat cocok bagi Anda yang tidak pobia dengan ketinggian. Permainan paralayang tersebut dapat memberikan pengalaman yang luar biasa dengan keseruan yang tidak terkalahkan dengan permainan lainnya. Selain bisa terbang di udara dengan ketinggian 1000 meter lebih. Anda juga bisa menikmati keindahan pesona alam.

Daya Tarik yang Dimiliki Paralayang Batu

Daya Tarik Paralayang Batu
Image Credit: Google Maps (Regina Alia)

1. Keindahan Tempat Wisata Paralayang

Di lokasi wisata paralayang ini Anda dapat menikmati keindahan alam yang membuat terpesona. Lokasinya yang berada di ketinggian 1.315 mdpl. Membuat suhu cukup dingin.

Dari ketinggian tersebut, wisata bukit paralayang ini memberikan angin yang sepoi-sepoi dan sejuk. Suhunya selalu dingin dengan deretan pohon yang mengelilingi. Kondisi dan keadaan di bukit Batu Malang tersebut sangat cocok dijadikan lokasi untuk paralayang. Tidak heran jika lokasi ini tersebut tidak pernah sepi dari pengunjung.

2. Banyak Spot Foto Indah

Tempat berfoto dengan latar yang indah sangat banyak di lokasi wisata Paralayang Batu. Ada rumah pohon yang berada di ketinggian dengan pemandangan bukit dan alam yang mempesona.

Ada pemandangan pegunungan dan laut yang memukau. Pemandangan dengan latar hijaunya alam yang memanjakan pandangan mata. Spot foto paling populer yaitu saat terbang diudara bagi pemain paralayang

Daya Tarik Dimiliki Paralayang Batu
Image Credit: Twitter.com @fabianssk

3. Suasana Malam yang Menakjubkan

Saat malam hari di kawasan wisata paralayang ini tidak kalah indahnya dengan pemandangan pada siang hari. Anda akan disuguhkan dengan ribuan lampu yang berasal dari rumah-rumah di Kota.

Dari atas bukit, cahaya lampu ini terlihat seperti gemintang yang bersinar. Duduk santai menikmati udara malam dan menyaksikan keindahan pemandangan ini adalah salah satu daya tarik pengunjung untuk datang saat malam hari.

Pemandangan ini diberikan nama city light oleh para pengunjung. Dimana Anda juga bisa menikmati ribuan lampu yang bersinar di kota dari tingginya rumah pohon di lokasi wisata tersebut.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Wisata Paralayang Batu

Alamat Wisata Paralayang Batu
Image Credit: Twitter.com @fabianssk

Alamat wisata Paralayang yaitu Jawa Timur, Jalan Arumandalu Songgokerto, Kota Batu. Jalur menuju kawasan wisata tersebut cukup mudah. Dimana lokasinya juga dekat kota.

Ada beberapa rute yang bisa dilewati untuk bisa sampai ke lokasi wisata populer itu. Jalur pertama yaitu dari Kota Malang. Dari kota Malang, Anda bisa menuju ke Kota Batu. Setelah itu menuju Pujon dan kemudian lurus menuju Desa Pandesari. Lurus saja dan Anda akan segera menemukan lokasi bukit untuk wisata paralayang.

Kemudian jalur yang kedua yaitu adalah jika Anda berada di Jombang atau dari di Kediri. Anda bisa melalui Kandangan, setelah itu lurus saja melewati Kesembon. Kemudian akan sampai di Pujon. Setelah menemukan desa Pandesari, lurus saja. Dari desa tersebut Anda akan menemukan wisata Paralayang Batu Malang tidak jauh dari tempat itu.

Harga Tiket dan Tarif Bermain Paralayang

Harga Tiket Paralayang
Image Credit: Google Maps (Miftahul Ulum Store)

Wisata tersebut buka dan mulai beroperasi pada jam 7 pagi sampai dengan jam 5 sore. Anda bisa masuk ke lokasi wisata dengan membayar tiket dan membayar parkir. Untuk pembayaran tiket, hanya Rp. 10.000 saja. Sedangkan untuk parkir sepeda motor Rp. 5000 dan bayar untuk parkir mobil yaitu Rp. 10.000.

Jika Anda ingin menikmati bagaimana menantangnya olahraga paralayang tersebut, Anda akan dikenakan biaya tambahan. Untuk satu orang akan membayar Rp. 400.000. Dimana pembayaran tersebut juga akan memberikan asuransi dan sertifikat untuk pelanggan.

Namun ada beberapa pilihan paket bagi Anda yang ingin bermain paralayang di Kota Batu. Ada lima pilihan yaitu paket E dengan tarif Rp. 850.000, ada paket D dengan tarif Rp. 650.000. Ada paket C dan dengan tarif yang ditawarkan Rp. 600.000. Ada paket B dengan Rp. 550.000 dan yang terakhir paket A dengan tarif Rp. 450.000

Pilihan paket tersebut memberikan fasilitas yang berbeda. Dimana untuk paket E yaitu terbang saat malam hari. Menyaksikan pesona alam yang mengagumkan.

Fasilitas yang diberikan yaitu tandem paralayang saat malam sehingga Anda bisa menikmati bulan di atas kepala Anda. Fasilitas antar dan jemput dari lokasi dan saat pendaratan. Ada kaos, stiker, pin, jagung bakar, dan video saat terbang.

Untuk paket D atau paket premium. Paket ini memberikan fasilitas antar dan jemput saat pendaratan. Ada 12 gambar yang bisa diambil berupa soft copy. Ada minuman, stiker, pin dan kaos paralayang.

Paket C mendapatkan fasilitas yang hampir sama dengan paket D. hanya saja pada paket C pemain tidak mendapatkan kaos paralayang. Untuk paket B atau Medium memberikan fasilitas berupa antar dan jemput di lokasi pendaratan. Ada 8 soft file foto dan ada minuman.

Untuk paket A, fasilitas yang diberikan yaitu tandem paralayang dan minuman. Selain itu ada 8 soft file foto saat persiapan terbang dan saat terbang.

Bagi Anda yang ingin mencoba paralayang, disarankan datang saat cuaca dan angin sedang bersahabat. Hal ini dapat memudahkan Anda saat berada di atas dan saat mendarat. Selain paralayang, tersedia flying fox. Jika ingin bermain di wahana tersebut Anda bisa membayar tiket sebesar Rp. 15.000 saja untuk sekali meluncur.

Aktivitas Menarik Dilakukan di Paralayang Batu

Aktivitas di Paralayang Batu
Image Credit: Twitter.com @fabianssk

1. Menikmati Keindahan Alam

Tidak hanya olahraga paralayang, di lokasi wisata ini Anda juga akan disuguhkan dengan keindahan yang menakjubkan. Anda bisa duduk dan bersantai menikmati hempasan angin perbukitan di pinggir bukit.

Selain itu pemandangan berupa persawahan, bukit-bukit, dan rumah milik penduduk di kota terlihat sangat keren. Dari ketinggian ini juga Anda dapat menikmati hamparan lautan di kejauhan. Selain itu, melihat para paraglider yang berhamburan di udara juga menjadi salah satu pemandangan unik dan menarik di lokasi wisata ini.

2. Menikmati Kuliner Tradisional

Sambil duduk bersantai di pinggir bukit, Anda bisa menikmati jajanan dan makanan yang tersedia di beberapa warung di lokasi wisata ini. Menikmati lezatnya makanan sambil bersantai adalah kegiatan yang sering dilakukan bagi pengunjung yang tidak berani mencoba paralayang.

Makanan yang disediakan di tempat itu sangat lezat, apalagi dinikmati saat masih hangat bersama segelas cokelat hangat. Ini akan menambah romantis suasana saat Anda datang bersama pasangan.

3. Menyaksikan Senja dari Ketinggian

Saat sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke lokasi wisata ini. selain sudah tidak panas, Anda bisa menunggu saat matahari terbenam dari ketinggian bukit tersebut.

Matahari terbenam dari ketinggian ini akan terlihat lebih indah dari tempat lain. Anda bisa menikmati senja yang sangat indah di atas bukit itu. Apabila jika Anda datang bersama pasangan, maka suasana ini akan lebih seru untuk diabadikan.

4. Bermain Olahraga Paralayang

Olahraga ini adalah permainan khusus bagi Anda yang memiliki nyali. Olahraga ekstrim tersebut dapat memberikan pengalaman yang luar biasa untuk Anda.

Untuk Anda yang belum bisa dan belum tahu bagaimana cara kerja dan menggunakan alat paralayang, jangan khawatir. Anda akan dibantu dan dibimbing oleh seorang instruktur professional.

Selama bermain paralayang tersebut, Anda dapat menikmati keindahan alam Kota Batu. Selain itu Anda bisa menikmati sensasi terbang di udara dengan ketinggian ini. sekali mencoba, pemain akan mendapatkan sertifikat, asuransi dan terbang tandem.

Hal yang paling menarik dari bermain paralayang adalah dapat mengabadikan foto saat berada di ketinggian. Saat terbang di udara, pengalaman tersebut harus diabadikan dengan berselfie ria.

Alat yang digunakan saat terbang dengan paralayang itu adalah alat yang aman. Instruktur yang menemani akan mengarahkan Anda untuk setiap stepnya. Saat mendarat pun Anda akan dipandu supaya mendarat dengan selamat.

Aktivitas Menarik di Paralayang Batu
Image Credit: Twitter.com @Notyourbebigurl

5. Kegiatan Outbond Seru

Jika tidak ingin bermain paralayang, Anda bisa berbelok kanan dan bermain di area outbond. Di lokasi outbond diberikan wahana seru. Ada flying fox yang dapat meningkatkan produksi adrenalin Anda.

Permainan ini juga diminati oleh banyak pengunjung yang datang ke lokasi wisata tersebut. Jika tidak berani dengan paralayang karena terlalu tinggi, Anda bisa mencoba flying fox ini terlebih dahulu.

6. Sewa Sepeda Gunung

Kegiatan menarik lainnya yaitu bersepeda di sekitar tempat wisata Paralayang Batu. Berkeliling di kawasan wisata ini dengan menggunakan sepeda adalah hal yang seru dilakukan bersama teman-teman.

Berpetualang di sekitar bukit atau berkeliling tempat wisata dengan sepeda. Hal ini sering dilakukan bagi pengunjung pecinta jalan-jalan.

7. Berfoto di Rumah Kayu

Rumah kayu tersebut dibuat di atas ketinggian pohon. Rumah kayu itu diberikan nama Omah Kayu. Lokasi tersebut adalah lokasi favorit bagi para pengunjung. Setiap pengunjung yang ingin masuk ke rumah kayu tersebut harus membayar sebesar Rp 5.000.

Dengan tarif tersebut, Anda dapat berfoto dengan puas, menikmati keindahan alam yang dapat menyejukkan mata. Di rumah pohon ini Anda akan mendapatkan antrian untuk bisa masuk. Dimana setiap orang hanya diberikan kurang lebih 5 menit untuk menikmati suasana rumah kayu itu.

Fasilitas yang Tersedia di Paralayang Batu Malang

Fasilitas di Paralayang Batu Malang
Image Credit: Google Maps (Tri Evelina)

Ada penginapan Omah Kayu yang dapat disewakan dengan harga Rp 350.000 di hari biasa. Untuk weekend, harga sewa Omah Kayu yaitu Rp 540.000. Penginapan Omah Kayu ini berupa rumah pohon unik di atas ketinggian yang mampu menarik perhatian Anda.

Sensai yang akan diberikan saat tertidur di dalam rumah pohon ini akan menjadi pengalaman yang berkesan saat berkunjung ke wisata paralayang yang berada di Kota Batu.

Selain penginapan ada beberapa wahana yang dapat membuat seru hari-hari Anda. Ada banyak spot foto yang instagramable. Ada warung yang menyediakan makanan. Ada fasilitas umum seperti toilet dan mushola yang bersih dan wangi. Terakhir yaitu ada tempat parkir yang aman, luas dan cukup bagus.

Itulah beberapa hal menarik tentang wisata paralayang di Kota Batu yang menarik untuk dikunjungi. Berada di ketinggian sekaligus menikmati keindahan kota ini yang menjadikan liburan Anda lebih menyenangkan.