Teluk Kiluan, Wisata Bahari Nan Eksotis di Lampung

Teluk Kiluan, Wisata Bahari Nan Eksotis di Lampung

Teluk Kiluan salah satu destinasi bahari yang memukau di pedalaman Lampung, tepatnya di Kabupaten Tenggamus. Sejuta keindahan tersembunyi di Lampung dengan daya tarik keberadaan Lumba-Lumba, pantai berpasir putih dan lokasi yang masib asri.

Harga Tiket: Rp 5.000, Jam Operasional: 24 Jam, Alamat: Jl. Kiluan Negeri, Kec. Kelumbayan, Kab. Tanggamus, Lampung; Map: Cek Lokasi

Wisata Teluk Kiluan adalah destinasi bahari yang menjadi surga alam terbentang indah di perairan Lampung. Wilayahnya dihiasi oleh berbagai penampakan alam eksotis dengan warna air laut biru dan gradasi kehijauan. Pesona sekitarnya juga tidak kalah menarik untuk dinikmati.

Bukit-bukit hijau dan berbagai pepohonan yang tumbuh di bagian hutannya, menjadi pemanis pemandangan eksotis yang ditawarkannya. Kehidupan lautnya sangat kaya sekali dengan terumbu karang, dan biota laut langkah yang tidak ditemui di tempat lain.

Di sana berbagai kegiatan menarik bisa Anda lakukan. Segala bentuk sarana prasarana telah tersedia guna menunjang aktivitas pengunjung. Segala daya tarik alamnya membuat siapapun akan betah untuk berlama-lama.

Daya Tarik yang Dimiliki Teluk Kiluan

Daya Tarik Dimiliki Teluk Kiluan

Image Credit: Google Maps (Dar Grind)

1. Bentuk Lautnya

Daya tarik utama yang dimiliki oleh Teluk Kiluan salah satunya yaitu bentuk laut yang dimilikinya. Warna hijau dan juga biru yang membentuk kombinasi dengan gradasi warna nampak begitu eksotis dipandang. Garis laut yang dimiliki juga cukup panjang dengan perairan yang tenang dan tidak berbahaya.

Airnya sangat jernih dan juga segar untuk dinikmati. Terlihat perahu nelayan mondar-madir mencari ikan di atasnya. Berbagai hal menarik bisa di lakukan di perairannya. Anda akan merasa tenang mendengarkan deburan air yang kadang terlihat menyapu bagian pasir putihnya.

2. Bentangan Pasir Putih

Bentangan pasir putih yang luas dan juga lembut membuat nyaman untuk berjalan di atasnya. Berbagai kegiatan pantai bisa Anda lakukan di sana. Bermain bola voli, bermain pasir ataupun segala hal yang sejenis, bahkan untuk sekedar duduk di atasnya juga nyaman dilakukan.

Pasir putih yang menyelimuti bagian datarannya, menambah lengkap pesona alam yang ditawarkannya. Keadaannya juga termasuk bersih dari sampah sehingga sangat nyaman untuk melakukan kegiatan apapun. Pengelola telah memberikan perhatian terbaik untuk spot utama ini, karena yang paling nampak setelah air lautnya adalah pesisirnya.

3. Biota Bawah Laut

Teluk Kiluan menyimpan harta karun di bagian bawah lautnya. Bukan emas atau logam mulia lain, melainkan sebuah kehidupan biota laut yang sangat beragam jenisnya. Ikan-ikan kecil, dan berbagai jenis lainnya menghiasi pemandangan di bagian dasar perairan.

BACA:  16 Oleh-Oleh Khas Lampung Paling Populer

Keberadaan terumbu karang yang masih tetap terjaga dengan baik memberikan ruang bagi ikan kecil untuk tumbuh dan berkembang biak. Kehidupan di bagian bawah lautnya masih sangat alami dan juga terlindungi dari kerusakan yang tidak diinginkan. Sehingga tidak heran jika saat Anda berada di sana terlihat perahu nelayan berlalu lalang menjalan aktivitas di sekitar pantai teluk kiluan.

Daya Tarik Teluk Kiluan

Image Credit: Google Maps (Farid Rohman Sholeh)

4. Bentang Alam dan Datarannya

Selain bentang lautnya yang terlihat indah dengan air yang jernih dan juga segar, bagian alam sekitarnya tidak kalah menarik untuk diulas. Bukit-bukit hijau yang menghiasi setiap sudut dan sisi dari bagian Teluk Kiluan memberikan sentuhan teduh dan juga asri di tengah eksotisnya lokasi sekitar. Pohon-pohon hijau tumbuh dan memberikan kesegaran bagi setiap mata yang memandang.

Nampak seperti gugusan pulau, begitulah gambaran dari bukit-bukit tersebut. Bagian ini juga menjadi pelengkap dari wilayah dataran atau pesisirnya. Keberadaannya menjadi perpaduan dan kombinasi yang sangat serasi, dengan daya tarik ini tidak heran jika kemudian banyak orang yang tertarik untuk mengunjunginya.

5. Laguna

Bagian ini menjadi salah satu spot yang banyak menarik perhatian dari wisatawan. Sebuah cekungan pada bagian batu yang terisi oleh air laut menjadi lokasi pilihan untuk menikmati liburan di teluk eksotis ini. Laguna atau lagoon itulah namanya yang sering disebutkan untuk mendeskripsikan tempat ini.

Bagian ini sebenarnya adalah sebuah pantai yang berada satu wilayah. Pesonanya menjadi pelengkap keeksotisan yang ditawarkan. Anda juga bisa memanfaatkannya untuk berbagai kegiatan menarik selama berada di sana.

6. Teluk Kiluan dengan Legenda Keberadaannya

Selain penampakan alam, legenda tentang keberadaannya juga menjadi salah satu daya tarik sering diperbincangkan oleh warga. Cerita ini masih sangat dihormati oleh orang-orang sekitar. Dikisahkan bahwa seorang yang memiliki kesaktian datang berkelana ke wilayah tersebut. Namanya adalah Raden Mas Arya, dipercaya berasal dari Banten atau Malaka masa itu.

Kemampuannya dalam meramal masa depan menjadikannya tahu kapan ajal akan menjemput. Hal ini kemudian dimanfaatkanya untuk meminta para kerabat yang ingin membunuhnya, membawa dirinya ke Teluk Kiluan. Karena hanya di tempat tersebut Raden Arya bisa dibunuh dan dikalahkan. Kebenaran akan cerita tersebut masih dipercaya dan dikaitkan dengan kesakralan wilayah tersebut.

BACA:  10 Mall Terbaik di Bandar Lampung untuk Belanja & Nongkrong

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Teluk Kiluan

Alamat Lokasi Teluk Kiluan

Image Credit: Google Maps (Fredy Mukti)

Lokasi dari Teluk Kiluan yang indah dan menawan ini berada tepat di daerah Kiluan Negeri bagian dari Kelumbayan wilayah administratif Kabupaten Tanggamus, Propinsi Lampung. Letaknya berjarak sekitar 3-4 jam dari daerah pusat kota Bandar Lampung. Akses jalan yang dilalui untuk mencapai destinasi terbilang lumayan sulit, oleh karenanya diperlukan kewaspadaan.

Rute terbaik yang bisa Anda gunakan untuk menemukan lokasi wisata ini yaitu melalui daerah pusat kota Bandar Lampung. Dari lokasi tersebut bisa dilanjutkan dengan mengendarai kendaraan menuju ke area jalan Morotai. Setelah beberapa saat pilih arah menuju ke Jalan Laksamana RE Martadinata, hingga akhirnya sampai di daerah jalan raya Way Ratay.

Lanjutkan perjalanan dengan mengikuti petunjuk jalan yang ada. Jika sampai di wilayah jalan Pematang Awi, kemudian arahkan menuju jalan Dirt Road. Dari sana lokasi Teluk Kiluan tidak jauh lagi. Jika ingin mencari alternatif jalan pintas bisa kemudian melalui daerah Bandar Lampung dan mengarah ke jalan Padang Cermin.

Setelahnya lewati daerah pangkalan TNI AL, ambil jalur bagian kiri dan belok menuju Punduh Pidada. Dari sini akan terlihat sebuah penunjuk arah bertuliskan Teluk Kiluan, ikuti dan sampai di lokasi.

Kunjungan yang paling direkomendasikan adalah di pagi hari dan saat musim kemarau. Di sana aliran tenaga listrik masih belum bagus, bahkan sinyal HP juga sulit didapatkan. Jika musim hujan tiba, medan jalanannya juga akan semakin lincin serta berbahaya. Untuk itu memilih waktu yang tepat saat berkunjung juga akan mengurangi resiko terburuk.

Harga Tiket Masuk Wisata Teluk Kiluan Lampung

Harga Tiket Teluk Kiluan

Image Credit: Google Maps (Aisah)

Karena tidak ada pembatas yang dibuat di bagian teluk dan juga pulau kecil di sekitarnya maka sudah barang tentu jam buka kunjungan adalah 24 jam. Namun, tetap harus diingat bahwa datang di waktu malam tidak disarankan, karena lokasi tidak memiliki penerangan. Selain itu, untuk harga tiket masuk yang harus dibayarkan dalam setiap kunjungan per orangnya hanya sekitar Rp 5000, saja.

BACA:  20 Makanan & Minuman Khas Lampung yang Terkenal Enak

Jika Anda ingin mengeksplorasi daerah pulau lepas dan pantai yang ada dalam satu bagiannya, diperlukan sekitar Rp 15.000 per orang untuk sewa perahu. Sedangkan biaya menginap dan juga parkir kendaraan pribadi ditambah Rp 2000 per malamnya.

Kegiatan yang Menarik Dilakukan di Teluk Kiluan

Kegiatan Menarik di Teluk Kiluan

Image Credit: Google Maps (Farid Rohman Sholeh)

1. Snorekelling

Hal menarik yang bisa Anda lakukan di sana salah satunya adalah snorekelling. Keindahan serta keberagaman kehidupan bawah lautnya sangat menarik untuk diselami. Mengamati lebih dekat dengan spot terumbu karang dan juga ikan kecilnya. Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan bisa Anda dapatkan dengan menyewa di bagian penyewaan yang disediakan oleh pengelola.

2. Berenang

Kegiatan lain yang bisa dilakukan yaitu berenang. Anda bisa memanfaatkan perairan yang ada di bagian Laguna. Di sana Airnya lebih tenang, serta pemandangan sekitarnya juga sangat menawan. Tentu aktivitas ini menjadi alternatif yang tidak memerlukan biaya tambahan namun tetap menarik untuk dilakukan.

Kegiatan di Teluk Kiluan

Image Credit: Google Maps (Farid Rohman Sholeh)

3.  Menyewa Perahu

Bosan hanya bermain di sekitar pesisir dan juga lautnya, sewa perahu dan jelajahi keindahan perairannya secara lebih dekat. Dimana Anda bisa meyewanya? warga sekitar yang berprofesi sebagai nelayan membuka penyewaan perahu dengan harga yang seragam. Anda bisa memilih atau juga meminta pemiliknya untuk memandu perjalanan bersama rombongan agar lebih aman.

4. Melihat Gerombolan Lumba-Lumba

Ada yang menarik untuk dinikmati di Teluk Kiluan yaitu pemandangan dari gerombolan lumba-lumba melintas di perairannya. Keberadaannya menjadi salah satu daya tarik yang langkah di dapatkan di tempat lain. Di waktu-waktu tertentu akan terlihat berlalu dan melintas, jika Anda beruntung untuk melihatnya jangan lupa untuk mengabadikan dalam sebuah foto ataupun gambar.

Fasilitas yang Tersedia di Teluk Kiluan Lampung

Fasilitas di Teluk Kiluan Lampung

Image Credit: Google Maps (Tripwisatalampung)

Terkait dengan kelengkapan fasilitas yang ada di sana hanya minus di bagian penerangan saja. Karena aliran listrik yang belum merata, sebagian besar warga memanfaatkan generator untuk menunjang kegiatan sehari-harinya. Sehingga saat berkunjung alangkah lebih baik untuk memastikan kamera ataupun Hp memiliki cadangan daya. Toilet dan juga tempat parkir sudah tersedia dengan cukup nyaman.

Begitulah gambaran singkat tentang keindahan yang ada di Teluk Kiluan Tenggamus, Lampung. Berkunjung ke wisata ini akan memberikan pengalaman berkesan. Jauh dari kebisingan dan juga polusi udara. Keterbatasan penerangan menjadi satu kekurangan yang bisa dimanfaatkan untuk merasakan kehidupan lebih dekat dengan alam.